Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini
Vol 9, No 2

Pengaruh Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, dan Pengalaman Auditor Terhadap Auditor Judgement (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Kota Palembang)

Andini Utari Putri (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

AbstractThis study aims to analyze the effect of obedience pressure, task complexity and auditor experience on auditor judgement. This study uses primary data collected by distributing questionnaires to the auditor who worked in the Public Accountant Office located in Palembang city. From 66 questionnaires distributed to nine Public Accountant Office, total questionnairs returned and can be processed is 50 questionnaires. After validitiy and reliability test done, data is analyzed using multiple linear regression method with IBM SPSS (Statistical Product and Service Solution) statistical tools 22. The research results show obedience pressure have positive impact on the auditor judgement, auditor experience have positive impact on the auditor judgement, while the task complexity causes negative effect on auditor judgement.Keywords: obedience pressure, task complexity, auditor experience, and auditor judgment.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tekanan ketaatan, kompleksitas tugas dan pengalaman auditor terhadap penilaian auditor. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik yang terletak di kota Palembang. Dari 66 kuesioner yang dibagikan ke sembilan Kantor Akuntan Publik, total kuesioner yang dikembalikan dan dapat diolah adalah 50 kuesioner. Setelah uji validitiy dan reliabilitas dilakukan, data dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan IBM SPSS (Statistik Produk dan Solusi Layanan) alat statistik 22. Hasil penelitian menunjukkan tekanan kepatuhan memiliki dampak positif pada penilaian auditor, pengalaman auditor memiliki dampak positif pada penilaian auditor, sedangkan kompleksitas tugas menyebabkan efek negatif pada penilaian auditor.Kata kunci : tekanan ketaatan, kompleksitas tugas dan pengalaman auditor.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

EGMK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonomi Global Masa Kini merupakan majalah ilmiah Universitas Indo Global Mandiri yang mencakup hasil penelitian, makalah review, dan komunikasi singkat bidang ilmu Ekonomi. Topik-topik yang tercakup dalam jurnal ini adalah semua bidang terkait dengan ilmu ekonomi. Jurnal ini terbit dua kali dalam ...