Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini
Vol 9, No 1

Entrepreneurial Marketing : Mengintegrasikan Pemasaran dan Kewirausahaan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Muhni Pamuji (Universitas Tridinanti Palembang)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2018

Abstract

AbstractEntrepreneurial Marketing is a appropriate concept for SMEs that deals with conflicting resources and problems. In this article will be discussed about the concept of entrepreneurial marketing and analyse the importance of those concept applied for SME’s  The data source used is secondary data where the data obtained through online publication and literature study. Entrepreneurial Marketing is defined as a highly effective program for finding and improving customer satisfaction and strong resources. customers, or through entrepreneurship and innovation orientation.  Based from several previous studies Entrepreneurial Marketing is able to provide positive information on sales performance, innovation and marketing performance. By using Entrepreneurial marketing orientation concept, it is expected to improve the performance of SME’s and ultimately can improve the competitive advantage. Keywords : Entrepreneurial Marketing, SME’s and conceptual model Abstrak Entrepreneurial Marketing merupakan pendekatan konsep yang lebih sesuai diimplementasikan untuk  UMKM disebabkan  keterbatasan sumber daya dan permasalahan yang  dihadapi. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai konsep entrepreneurial marketing dan untuk menganalisis pentingnya pendekatan tersebut diterapkan pada UMKM. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dimana data-data diperoleh melalui publikasi online dan studi pustaka. Entrepreneurial Marketing didefinisikan sebagai identifikasi proaktif dan eksploitasi peluang untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang paling menguntungkan melalui pendekatan inovatif  pada manajemen risiko dan pemanfaatan sumber daya serta penciptaan nilai (value)  Model orientasi pemasaran kewirausahaan yang diimplementasikan untuk UMKM terdiri dari empat komponen yaitu orientasi pasar, orientasi pelanggan, orintasi kewirausahaan dan  orientasi inovasi. Dari beberapa penelitian sebelumnya Entrepreneurial Marketing mampu memberikan dampak positif pada kinerja penjualan, keinovatifan serta kinerja pemasaran.  Dengan menggunakan model konseptual tersebut, maka diharapkan dapat meningkatkan kinerja UMKM dan pada akhirnya dapat meningkatkan keunggulan kompetitif.Kata Kunci : Entrepreneurial Marketing, UMKM dan model konseptual

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

EGMK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonomi Global Masa Kini merupakan majalah ilmiah Universitas Indo Global Mandiri yang mencakup hasil penelitian, makalah review, dan komunikasi singkat bidang ilmu Ekonomi. Topik-topik yang tercakup dalam jurnal ini adalah semua bidang terkait dengan ilmu ekonomi. Jurnal ini terbit dua kali dalam ...