YUME : Journal of Management
Vol 2, No 2 (2019)

PENGARUH DIKLAT DAN KOMPETENSI APARATUR TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI MUTU PELAYANAN PEGAWAI DI KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SDM KABUPATEN SOPPENG

Sulfa Sulfa (PPs STIE Amkop Makassar)
Abdul Razak Munir (Unknown)
Buyung Romadhoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menganalisis pengaruh diklat terhadap mutu pelayanan pegawai di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng (2) untuk menganalisis pengaruh kompetensi aparatur terhadap mutu pelayanan pegawai di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng (3) untuk menganalisis pengaruh diklat terhadap kinerja pegawai di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng (4) untuk menganalisis pengaruh kompetensi aparatur terhadap kinerja pegawai di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng (5) untuk menganalisis pengaruh diklat terhadap kinerja pegawai melalui Mutu pelayanan pegawai di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng (6) untuk menganalisis pengaruh kompetensi aparatur terhadap kinerja pegawai melalui Mutu pelayanan pegawai di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng (7) untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanan pegawai terhadap kinerja pegawai di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppengPenelitian ini dilaksanakan pada Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng. Sampel menggunakan metode total sampling, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Semua sampel berjumlah 36 responden pada Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara langsung kepada pihak – pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas serta memberikan kuesioner kepada pegawai yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa regresi linear berganda dan analisis jalur.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa semua variable berpengaruh positif dan signifikan, dengan demikian Diklat berpengaruh terhadap mutu pelayanan pegawai di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng dan mutu pelayanan pegawai berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten soppeng.Kata Kunci: Pendidikan dan Pelatihan, Kompetensi Aparatur, Mutu Pelayanan Pegawai dan Kinerja Pegawai ABSTRACTThis research aims (1) to analized the influence of education and training on employees service quality at BKPSDM Office of Soppeng Regency, (2) to analized the influence of apparatus competence on employees service quality at BKPSDM Office of Soppeng Regency, (3) to analized the influence of education and training on employees performance at BKPSDM Office of Soppeng Regency, (4) to analized the influence of apparatus competence on employees performance at BKPSDM Office of Soppeng Regency, (5) to analized the influence of education and training on employees performance trough employees service quality at BKPSDM Office of Soppeng Regency, (6) to analized the influence of apparatus competence on employees performance trough employees service quality at BKPSDM Office of Soppeng Regency, (7) to analized the influence of employees service quality on employees performance at BKPSDM Office Of Soppeng Regency.These research applied in BKPSDM Office of Soppeng Regency. The sample uses the total sampling, that is, all members of the population used as samples. All samples of 36 respondents at BKPSDM Office of Soppeng Regency. A method of data used is live interview to the many involved in the problem under discussion and give a questionnaire for employees according to research conducted. Data analysis was done using multiple linear regression analysis and path analysis.Research results shows that all of variables have positive and significant influence, thus education and training is an influence service quality to employees at BKPSDM Office of  Soppeng Regency. And employees service quality is an influence to employees performance at BKPSDM Office of  Soppeng Regency .Keywords: Education and training, Apparatus competence, Employees service quality and Employees’ performance

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Library & Information Science

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...