Comvice : Journal of community service
Vol. 2 No. 1 (2018): April (2018)

Kegiatan Survey Kepuasan Pelanggan Jalan Tol Ruas ABC yang dikelola oleh PT. XYZ

Wenda Wahyu Christiyanto (STIE PGRI Dewantara Jombang)
Benih Hartanti (STIE PGRI Dewantara Jombang)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

PT. XYZ dituntut menjadi perusahaan profesional dan modern dalam pengelolaan Jalan Tol, serta memiliki kompetensi yang baik di tingkat nasional dan regional. Oleh karenanya, PT. XYZ melakukan evaluasi layanan dengan mengadakan survey kepada para pelanggan ruas tol ABC, untuk mengetahui tingkat kepuasan serta mengetahui masukan dari para pelanggan. Sumber data dari kegiatan survey ini adalah data primer, di mana diperoleh dengan teknik pengambilan sampel non probabilitas, dengan hasil response rate sebesar 82,25%. Teknik Analisa dalam survey ini menggunakan analisis angka indeks dan analisis deskriptif. Hasil survey dari responden menyatakan bahwa perlu dilakukan peningkatan sosialisasi penggunaan E-Payment, isi ulang E-Toll Card, pemanfaatan GTO, layanan jasa derek gratis, dan layanan Senkom. Selain itu, juga perlu dilakukan pelatihan petugas gardu tol agar lebih ramah, penambahan PJU, penambahan frekuensi patroli petugas PJR, peningkatan respon petugas terhadap kejadian di sepanjang Tol ABC, perbaikan jalan yang bergelombang, pengecekan infrastruktur secara berkala, serta inovasi produk layanan juga hendaknya terus dilakukan, mengingat penilaian pelanggan Tol ABC terhadap layanan Jalan Tol Pembanding semakin baik, meskipun masih tergolong dalam kategori tidak puas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

COMVICE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

COMVICE: Journal community of cervices diterbitkan oleh Lembaga Publikasi dan Penerbitan Karya Ilmiah STIE PGRI Dewantara Jombang mulai tahun april 2017 dan konsisten sampai saat ini terbit dua kali setiap tahun yaitu pada bulan April dan Oktober, jurnal ini diterbitkan untuk mempublikasikan karya ...