Jurnal Lensa Pendas
Vol 3 No 2 (2018): September

PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA SISWA KELAS II MI PUI KABUPATEN KUNINGAN

Usamah, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan bernyanyi dalam mengembangkan kosakata bahasa Arab siswa MI Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan Kepala Sekolah. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dengan cara membandingkan siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan kosakata bahasa Arab siswa MI PUI Kabupaten Kuningan melalui kegiatan bernyanyi. Sebelum tindakan sampai dengan sesudah, yaitu sebelum tindakan 39,71%, siklus I 70,69% dan siklus II 81,91%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui kegiatan bernyanyi dapat mengembangkan kosakata bahasa Arab siswa pada MI PUI Kabupaten Kuningan” terbukti kebenarannya dan dapat diterima kebenarannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...