Jurnal Lensa Pendas
Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA

Nurfirdaus, Nunu (Unknown)
Husen, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pemahaman guru terhadap model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk memahami peristiwa, kejadian, pelaku dalam situasi tertentu yang bersifat ilmiah dan natural. Penelitian kualitatif selalu bersifat deskriptif artinya data yang dianalisis berbentuk deskriptif fenomena, tidak berupa angkaangka. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata tulisan mencakup catatan, laporan dan foto. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Student Teams AchievementDivision (STAD) di SD Negeri II Garajati dilakukan dengan cara yang lain, yaitu dengan cara guru menerangkan materi lalu siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian tiap kelompok diberi soal-soal lalu dibacakan hasilnya secara perwakilan kelompok. Pemahaman guru terhadap model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar siswa akan meningkat jika guru lebih memahami suatu model pembelajaran dan menerapkan sesuai dengan langkah-langkah yang seharusnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...