Jurnal Lensa Pendas
Vol 3 No 2 (2018): September

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA KABAR (KARTU BERGAMBAR) MATERI SIFAT – SIFAT CAHAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SIDOHARJO 01 KABUPATEN TEGAL

Laila Cahya Pratiwi (Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang)
Fine Reffiane (Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang)
Choirul Huda (Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2018

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Kabar (Kartu Bergambar) Materi Sifat – Sifat Cahaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match berbantu kabar (kartu bergambar) materi sifat – sifat cahaya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. .Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan rata-rata pada skor pretest mencapai 58 sedangkan pada posttest mencapai 72,211. Nilai ketuntasan klasikal pretest mencapai 39% sedangkan pada posttest mencapai 61% diketahui dari uji t dengan thitung lebih dari ttabel (5,663 > 2,026). Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match berbantu kabar (kartu bergambar) materi sifat – sifat cahaya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...