Jurnal Lensa Pendas
Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017

HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KALAPAGUNUNG KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Setyani, Tya (Unknown)
Salam, Dudung Abdu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui keterampilan sosial siswa di kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung, mengetahui motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung, mengetahui hubungan keterampilan sosial dengan motivasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional (asosiatif), jumlah sampel sebanyak 31 responden, teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung berada pada kategori tinggi. Selain itu dilihat dari motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung berada pada kategori tinggi. Disimpulkan bahwa berdasarkan perhitungan korelasi dua variabel dan taraf signifikansi yang digunakan sebesar 5% diperoleh persamaan regresi 23,54 + 0,72 maka regresinya adalah linier. Sehingga ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan sosial dengan motivasi belajar siswa pada Pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung. Hal itu, ditunjukkan dengan keaktifan, proses interaksi komunikasi, dan semangat siswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...