Jurnal Lensa Pendas
Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018

PENERAPAN METODE MENGHAFAL DAN PROBLEMATIKANYA DALAM PENGAJARAN AL-QUR'AN HADITS

Usamah, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

Kajian tentang metode menghafal merupakan obyek penelitian yang sangat luas, untuk memberikan pemahaman yang mendalam peneliti memfokuskan pada penerapan metode dan problematikanya. Dalam hal ini peneliti mengambil kancah penelitian di MI PUI Cikaso Kab. Kuningan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk memahami peristiwa pelaku dalam situasi tertentu yang bersifat ilmiah dan natural. Data-data yang terkumpul berbentuk kata-kata tulisan yang mencakup catatan dan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru MI PUI Cikaso Kab. Kuningan menerapkan metode menghafal, walaupun pada kenyataannya permasalahan yang dialami dalam menerapkan metode menghafal pada pembelajaran al-Qur'an Hadits di MI PUI Cikaso Kab. Kuningan adalah kurang tepat dalam menempatkan antara tahap klasikal dan tahap privat, sehingga berakibat pada kekurangan waktu, yang nantinya berakibat pada pelaksanaan fase-fase yang lain. Saran bagi guru adalah dalam menerapkan metode menghafal pada pembelajaran alQur'an Hadits pembelajaran yang didahulukan adalah bentuk klasikal dulu baru kemudian pembelajaran tahap privat

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...