Jurnal Lensa Pendas
Vol 2 No 2 (2017): September 2017

PENGARUH METODE MNEMONIC TIPE SISTEM LOCI TERHADAP KETAJAMAN MEMORI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Cunandar, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mnemonics tipe sistem loci terhadap ketajaman memori siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitiannya yaitu one group pretest posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Wilangara Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data penelitian melaui tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 48,13 dan nilai rata-rata posttest 73 sehingga mangalami peningkatan sebesar 24,87. Ini berarti ketajaman memori siswa pada materi pokok membaca berbagai teks setelah menggunakan metode mnemonics tipe sistem loci mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil perhitungan uji t adalah 9,63, dengan mengambil taraf signifikan 5% diperoleh t tabel= 2,021. Karena 2,021>9,63 artinya terdapat pengaruh metode mnemonics tipe sistem loci terhadap ketajaman memori siswa pada materi pokok membaca berbagai teks.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...