Jurnal Lensa Pendas
Vol 3 No 1 (2018): Februari

DESAIN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE

Eliya Rochmah (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

Perkembangan teknologi internet telah mempengaruhi ke segala aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. E-learning menjadi salah satu alternatif penunjang pembelajaranblended learning. Blended learning adalah pembelajaran dengan menggabungkan pemanfaatan e-learning dan pembelajaran tatap muka konvensional. Moodle adalah salah satu alternatif LMS yang menyediakan fasilitas pembelajaran blended learning. Tujuan daripenelitian ini adalah menganalisis, mendesain, dan mengembangkan sekaligusmenerapkan konten mata kuliah khususnya Dasar-dasar Teknologi Informasi danKomunikasi berbasis LMS Moodle untuk menunjang pembelajaran blended learning. Model yang digunakan untuk mendesain pembelajaran blended learning menggunakan moodle adalah dengan model ADDIE dengan melalui tahapan (1) analysis, (2) design, (3)development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Hasil analisis yaitu perkuliahan dilaksanakan dengan empat model setting pembelajaran yakni Sinkron Langsung, Sinkron Maya, Asinkron Mandiri, Asinkron Kolaboratif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...