Jurnal Lensa Pendas
Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017

MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DAN MEDIA KARTU PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN IDENTITAS DIRI, KELUARGA, DAN KEKERABATAN UNTUK SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR NEGERI 3 CIHERANG

Sudaeti, Sudaeti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan prestasi peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran IPS pokok bahasan identitas diri, keluarga dan kekerabatn dikelas satu Sekolah Dasar Negeri Tiga Ciherang Desa Ciherang. Demi optimalnya hasil belajar IPS siswa Kelas I SD Negeri 3 Ciherang maka penulis berupaya untuk menerapkan model pembelajaran bermain peran secara kolaborasi dengan mengunakan media kartu anggota keluarga sebagai salah satu alternatif pembelajaran bermakna yang bermuara pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Peningkatan tersebut berlangsung secara bertahap, diawal pembelajaran masih bersifat adaptif, memasuki proses pembelajaran kedua dan ketiga peserta didik mulai terbiasa dan menikmati pembelajaran. Ini membuktikan peningkatan peserta didik tidak hanya secara kognitif, tetapi juga mengalami peningkatan secara afektif dan psikomotorik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...