Jurnal Lensa Pendas
Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

Hernasih, Hernasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pengaruh motivasi siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan terbimbing Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri 2 Nanggela Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra Test, Siklus I, dan Siklus II, yaitu masing-masing 33,33%, 63,336%, dan 90, 00 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa IV SD Negeri 2 Nanggela Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...