Hasil pengajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kurang memuaskan. Kenyataan tersebut pernah penulis jumpai dalam beberapa kali pengalaman mengoreksi hasil ujian mengarang bahasa Indonesia. Tujuan penelitian tindakan ini adalah: 1) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela, 2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela Kecamatan Cidahu. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (70,73%), siklus I (80,50%), siklus II (100 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah merode pembelajaran imajinatif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran mengarang bahasa Indonesia.
Copyrights © 2017