Jurnal Lensa Pendas
Vol 3 No 2 (2018): September

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN READER RESPONSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI ISI DONGENG

Cunandar, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pendekatan Reader Response terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Isi Dongeng Di Kelas V SD Negeri 2 Karoya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, penulis mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel karena siswa kelas IV SD Negeri 2 Karoya kurang dari 100 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menujukan bahwa (1) hasil belajar siswa dalam memahami isi dongeng di Kelas V SD Negeri 2 Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan sebelum penerapan pendekatan Reader Response masih rendah, nilia rata-rata sebesar 57.64. (2) hasil belajar siswa dalam memahami isi dongeng di Kelas V SD Negeri 2 Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan setelah penerapan pendekatan Reader Response meningkat, nilai rata-rata sebesar 82,55. (3) terdapat pengaruh penerapan pendekatan Reader Response terhadap hasil belajar siswa dalam memahami isi dongeng di Kelas V SD Negeri 2 Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan, hal ini berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan Sig. (0,000) < 0,05.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...