Jurnal Lensa Pendas
Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA RUMPANG SISWA KELAS IV

Nana Sutarna (Unknown)
Agatha Kristi Pramudika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Praktek pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN II Cengal Kabupaten Kuningan, ditemukan beberapa masalah,yaitu aktivitas siswa serta rendahnya hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart, yang terurai dalam suatu siklus, setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan media gambar dalam pembelajaran menulis cerita rumpang, proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN II Cengal mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan bertambahnya jumlah siswa yang dinyatakan tuntas pada setiap siklusnya dimulai dari data awal sebanyak 12 orang siswa atau 40%, siklus I meningkat menjadi 20 orang atau 67%, pada siklus II meningkat menjadi 28 orang atau 93% Dengan demikian, terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan media gambar telah memberikan hasil yang baik terhadap proses pembelajaran menulis cerita rumpang serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN II Cengal Kabupaten Kuningan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...