Jurnal Lensa Pendas
Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Noor, Muhammad (Unknown)
Hasanah, Lusy Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) pada materi perubahan lingkungan fisik untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Darma. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Darma yang berjumlah 40 siswa, yang sampelnya dipilih secara keseluruhan (sampling jenuh) dimana siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen (pembelajarannya menggunakan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar) dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol (pembelajarannya tanpa menggunakan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar). Pengumpulan data dengan cara pemberian tes awal dan tes akhir sebagai data primer, serta lembar observasi sebagai data sekunder. Hasil Pretest diketahui bahwa nilai ratarata kelompok eksperimen yaitu 60,8 dan kelompok kontrol 54,7. Sedangkan dari hasil postest diketahui bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 87,2 dan kelompok kontrol 66,7. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 6,43 dan ttabel 2,02. Karena 6,43 > 2,02 maka H0 ditolak H1 diterima, artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik dengan menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...