Fakultas Ekonomi
Vol 3, No 2 (2018)

PENGARUH MARKETING MIX, TERHDAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDY UMKM ROTI FADHILAH JL. RAYA TLOGOMAS 21 RT. 004/006 TLOGOMAS LOWOKWARU MALANG)

Zainuddin, Zainuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

Didunia pemasaran global saat ini diwarnai dengan persaingan yang sangat ketat dan hebat. Perkembangan teknologi yang semakin pesat yang canggihmenjadi tantangan para pelaku bisnis dan mendorong pelaku bisnis untuk menguasai teknologi,selain itu para pelaku bisnis juga harus mampu menyesuaikan dengan konsumen karena dalam kegiatan pemasaran konsumenlah yang mampu memegang peran yang berarti bahwa minat beli ada pada tangan konsumen,minat beli konsumen dalam memilih dan menggunakan produk identik dengan minat beli konsumen.Banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen terhadap suatu produk, seperti produk, harga,tempat,dan promosi. Elemen-elemen marketing mix yang sering disebut 4P yaitu: Product (produk), Price (harga), Place (tempat/ lokasi/ saluran distribusi), Promotion (promosi) merupakan variabel-variabel yang dapat dikontrol perusahaan sebagai sarana komunikasi dalam memahami dan memuaskan konsumen.Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan jumlah kuiioner 100 responden. Dengan menggunakan metode wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwadata dalam penelitian ini signifikan dan variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Dengan demikian, hipotesis pertama yang dinyatakan bahwa produk (X1),harga (X2), tempat (X3) dan promosi (X4) secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) dinyatakan terbukti.Secara simultan setelah dilakukan uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, tempatdan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. apabila Produk, Harga, tempatdan Promosi bersama-sama dijalankan, maka akan semakin banyak minat beli konsumen untuk meningkatkan pelangga. terlihat (sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.Begitu juga apabila dilihat dari perbandingan Fhitung dan Ftabel, Fhitung sebesar 35,929 sedangkan Ftabel sebesar 2,2654, dilihat dari Fhitung>Ftabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi ...