Jurnal Online Insan Akuntan
Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Online Insan Akuntan (Desember 2017)

Biaya Produksi, E-Commerce dan Penjualan Produk Pada Sentra Kaos Bandung

Dwi Puryati (Akuntansi
STIE Ekuitas)

Susinah Kuntadi (Keuangan Perbankan
STIE Ekuitas)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2017

Abstract

Abstrak: Keberhasilan perusahaan dalam menjual produknya akan sangat dipengaruhi oleh harga jual dan strategi pemasaran produk yang digunakan. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan utama dalam menetapkan harga jual produk adalah biaya produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui praktik perhitungan biaya produksi dan penggunaan E-Commerce serta menguji pengaruh ketepatan perhitungan biaya produksi dan pengunaan E-Commerce terhadap Peningkatan penjualan pada UKM sentra industri kaos Suci Bandung Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Sampel penelitian berjumlah 75 perusahaan dari populasi 236 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan random sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan rumus solvin. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan observasi langsung ke lapangan. Analisis data menggunakan regresi berganda dan uji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebanyak 94,44% UKM sentra kaos Suci sudah melakukan perhitungan biaya produksi dengan tepat dan 98,78% sudah menggunakan E-Commerce untuk mendukung keguatan operasional perusahaan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial ketepatan perhitungan biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan produk, sedangkan penggunaan E-Commerce tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan. Secara simultan ketepatan perhitungan biaya produksi dan penggunaan E-Commerce berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai koefesien determinasi sebesar 23,10 % . Kata kunci: Biaya produksi, E.Commerce, Penjualan Abstract: The company's success in selling will be influence by the selling price and marketing strategy. One of the main factors in determining the selling price of a product is the cost of production. This reserch is performed to understand the practice of calculating the cost of production and use of E-Commerce and to find the influence the accuracy of production cost calculations and the use of E-Commerce to Increase sales on SMEs industrial center in Suci, Bandung. The research method was used descriptive and verificative. The sample of the research is 75 companies from a population of 236 companies on SMEs indrustrial centre in Suci, Bandung. Random sampling method was used to determine research sample and the number of samples determined by solvin formula. The research data were collected from questionnaires and observations directly to the field. The analysis data were used multiple regression, and hypothesis test with F test and t test. By using questionaires of sample respondence , show that 94,44% of SME T-shirt center have done the calculation of production cost with accuracy and 98,78% have used E-Commerce to support the operational matters. This conclusion is supported by result of this research concludes that by using partial rergession analysis as the research method, the results shown that the accuracy of production cost calculation significant influenced to the increase of sales. However use of E-Commerce was no significant influenced to the increase of sales. And multiple regression analysis the results shown that the accuracy of production cost calculation and the use of E-Commerce were significant influenced the increase of sales with coefficient of determination was 23,10%. Keywords: Production cost, E.Commerce, Sales

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JOIA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ONLINE INSAN AKUNTAN (JOIA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Akademi Akuntansi BINA INSANI. Jurnal ini berisi karya ilmiah dengan bidang kajian penelitian meliputi: Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keperilakuan, Sistem Informasi Akuntansi, ...