Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan
Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan

Pengaruh Exploratory Fitness Education terhadap Konsep Diri

risma, risma (Unknown)
rohendi, andang (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari exploratory fitness education terhadap kontrol diri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PJKR FKIP Universitas Galuh Ciamis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang mahasiswa yang terdiri dari laki-laki 46 orang dan perempuan 10 orang.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang diadaptasi dari Social Scale Rating System (SSRS) yang dikembangkan oleh Frank M. Gresham Stephen N. Elliott (1990). Penilaian dengan SSRS fokus dalam beberapa area yakni Keterampilan sosial (Social Skills), terdiri dari sub indikator : kerjasama, sikap tegas, tanggung jawab, empati dan kontrol diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji paired t test, sig 2 tailed sebesar 0,000 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara sebelum perlakuan dengan setelah perlakuan. Kesimpulan peneilitian diketahui bahwa exlporatory fitness education memliki dampak terhadap nilai kontrol diri pada mahasiswa. Hal ini terjadi karena dalam exlporatory fitness education memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya semaksimal mungkin. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara berkelompok memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kontrol diri dalam diri mereka.Keyword : exploratory fitness education, kontrol diri AbstractThe purpose of this study was to determine the effect of exploratory fitness education on self control. This research is an experimental research. The population in this study were students of PJKR Study Program FKIP Galuh Ciamis University. The sample in this study amounted to 56 students consisting of 46 men and 10 women. The instrument used in this study was a questionnaire adapted from the Social Scale Rating System (SSRS) developed by Frank M. Gresham Stephen N. Elliott (1990). Assessment with SSRS focuses in several areas, namely Social Skills (Social Skills), consisting of sub-indicators : cooperation, assertiveness, responsibility, empathy and self-control. The results showed that the paired t test, sig 2 tailed was 0,000 0,05 which means that there was a difference between before treatment and after treatment. The conclusion of the study is that exlporatory fitness education has an impact on the value of self-control in students. This happens because in the exlporatory fitness education provides an opportunity for students to be able to develop their knowledge and skills as much as possible. The learning approach carried out in groups provides opportunities for students to develop self-control skills within themselves.

Copyrights © 2018