INTEGRALISTIK
Vol 30, No 1 (2019): Januari 2019

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pengertian dan Pentingnya Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas V di SDN 2 Ngembak Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2015 / 2016

Sriwahyuni, D (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2019

Abstract

Proses pembelajaran PKn kurang sesuai yang tujuan yang diharapkan. Hal ini juga terjadi pada kelas V di SD Negeri 2 Ngembak. Peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Prosedur penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robbin MC Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu: 1) Perencanaan (planning), 2) Aksi/tindakan (acting), 3) Observasi (observing), 4) Refleksi (refleting). Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) adalah (1) Adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V dalam Peraturan Perundang-undangan dari kondisi awal ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II; (2) Nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V pada materi Peraturan Perundang-undangan minimal 71, atau masuk predikat baik; (3) Ketuntasan belajar individual minimal sebesar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75, dengan ketuntasan klasikal minimal 80% dari hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V pada materi Peraturan Perundang-undangan, dan masuk predikat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa Kelas V di SD Negeri 2 Ngembak, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2015/ 2016 pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Peraturan Perundang-undangan dapat meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

integralistik

Publisher

Subject

Description

Integralistik is a peer reviewed journal that covers the fields of scientific knowledge or academic that civics education studies. The Integralistik is a academic journal that centered in citizenship studies i.e. civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political ...