cover
Contact Name
Ashadi Cahyadi
Contact Email
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Phone
+6285245805803
Journal Mail Official
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116 Telp. (0561) 748219
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Olah Raga
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 20892829     EISSN : 24071528     DOI : http://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published twice a year, in June and December. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports, and with p-ISSN: 2089-2829 and e-ISSN: 2407-1528. (https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/about/editorialPolicies#focusAndScope)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 317 Documents
PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN GERAK DASAR LEMPAR UNTUK SISWA KELAS V SDN TAWANGARGO 4 KARANGPLOSO MALANG Agus Tomi, Syaiful Hasan, M. E. Winarno,
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.154 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v4i2.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan permainan gerak dasar lempar bagi siswa kelas V di SDN Tawangargo 4 Karangploso Kabupaten Malang Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model konseptual. Prosedur  penelitian meliputi: analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji coba produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini valid digunakan siswa kelas V di SDN Tawangargo 4 Karangploso Kabupaten Malang. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar mendapat rata-rata persentase 89,26%. Angka tersebut menunjukkan bahwa model permainan ini praktis digunakan oleh siswa kelas V di SD dan efektif meningkatkan gerak dasar lempar kelas V SD. Kata Kunci: model permainan, gerak dasar lempar, siswa SD.
Hubungan Koordinasi Mata-tangan dengan Servis Atas Bola Voli Mahasiswa Putra Penjaskes IKIP-PGRI Pontianak Iskandar, Iskandar
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.673 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara koordinasi mata-tangan dengan keterampilan servis atas bola voli.Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa penjaskes STKIP PGRI Pontianak semester dua. Sampel penelitian 50 orang yang diambil secara acak sederhana. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen (1) koordinasi mata-tangan, (2) Keterampilan dan Servis Atas Bola Voli. Penelitian memberikan hasil sebagai berikut: terdapat hubungan positif yang signifikan antara koordinasi mata-tangan dengan keterampilan servis atas bola voli dengan koefisien korelasi ry2  = 0,473. Implikasi studi ini adalah keterampilan servis atas bola voli pada mahasiswa penjaskes STKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat. Kata kunci: koordinasi mata-tangan,servis atas bolavoli
BAKAT OLAH RAGA SUKU MELAYU DI KALIMANTAN BARAT (Deskripsi tentang potensi bakat olahraga usia 11 - 14 tahun suku Melayu di Kalimantan Barat) Permana, Adiyudha
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.536 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v2i2.182

Abstract

Bakat olahraga anak - anak berdasarkan kesukuan di Kalimantan Barat belum pernah teridentifikasi secara terperinci. Pemanduan bakat (sport search) sebagai satu alternatif yang dapat ditawarkan pada pusat pendidikan, pembinaan dan pengembangan olahraga pelajar berbakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bakat olahraga dari suku melayu di Kalimantan Barat.Penelitian yang dilakukan pada 30 siswa anak berusia 11 sampai dengan 14 tahun pada murid Sekolah Menengah Pertama yang memiliki nilai mata pelajaran penjaskes diatas 7 di Kabupaten Sambas dengan teknik purposive random sampling.Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil identifikasi bakat olahraga yang dimiliki melayu di Kalimantan Barat adalah olahraga loncat indah (Diving) suku dayak melayu memiliki 64% dari sampel yang diteliti. Bakat olahraga Atletik lompat tinggi (Atletics High Jump) suku melayu memiliki 30% dari sampel. Bakat olahraga Angkat beban (Powerlifting) suku melayu memiliki 3% dari sampel yang diteliti.  Bakat olahraga Atletik tolak peluru dan lempar cakram (Atletics shot put and discus) suku melayu memiliki hasil 3% dari sampel yang diteliti. (2) Bakat olahraga suku melayu di Kalimantan Barat yakni loncat indah (diving) dengan persentasi bakat diatas 50 % dari sampel yang diteliti. Sehingga rekomendasi dalam pemilihan bibit atlet cabang olahraga loncat indah (diving) adalah suku melayu. Kata Kunci: Bakat Olahraga, melayu di Kalimantan Barat.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVICE ATAS BOLAVOLI MELALUI METODE BERMAIN Rajidin, Rajidin
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.464 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i1.311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan service atas permainan bolavoli melalui metode bermain mahasiswa semester IV Penjasjesrek IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas B Pagi IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 23 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan service atas bolavoli. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan service atas bolavoli. Kesimpulan penelitian iniadalah: Metode bermaindapat meningkatkan keterampilan service atas bolavoli. Kata Kunci: Bolavoli, Service Atas, Metode Bermain.
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN MASSED PRACTICE, DISTRIBUTED PRACTICE, DAN KOORDINASI MATAKAKI TERHADAP KEMAMPUAN PASSING MENDATAR SEPAKBOLA Agusniwati, Dwi Hartanto, Ramdani Amrullah, Abdillah, Putra Sastaman,
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.346 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v6i1.572

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh pendekatan latihan massed practice dan distributed practice; (2) pengaruh kemampuan koordinasi matakaki tinggi dan kemampaun koordinasi matakaki rendah; dan (3) interaksi antara pendekatan latihan massed practice, distributed practice, dan koordinasi matakaki terhadap kemampuan passing mendatar dalam permainan sepak bola mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 40 mahasiswa yang kemudian dikelompokkan sesuai rancangan faktorial 2x2 yaitu menjadi 4 kelompok yang dipilih dengan teknik random. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran dengan alat pengumpulan data berupa tes. Koordinasi matakaki diukur menggunakan soccer wall voley test dan tes menendang bola untuk mengukur kemampuan passing mendatar. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) ada perbedaan latihan massed practice dengan distributed practice; (2) ada perbedaan pengaruh antara koordinasi tinggi dan koordinasi rendah; dan (3) tidak ada interaksi antara metode latihan dan koordinasi matakaki dalam peningkatan kemampuan tendangan mendatar dalam permainan sepakbola mahasiswa IKIP PGRI Pontianak.Kata Kunci: massed practice, distributed practice, koordinasi matakaki, passing mendatar.
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN METODE KOMANDO Adrianus Rendi, Ashadi Cahyadi,
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.865 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v4i2.81

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran Shooting dalam permainan sepak bola mengunakan metode Komando pada siswa kelas XI SMA N 1 Ledo Kabupaten Bengkayang.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif, sedangkan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yang digunakan adalah 35 siswa kelas XI SMA N 1 Ledo Kabupaten Bengkayang. Alat pengumpulan data yang digunakan lembar observasi dan tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis berdasarkan nilai rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan shooting yang cukup baik, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,0 jadi peningkatannya sebesar 12,39%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 78,3, jadi peningkatannya sebesar 29,42%. Kata Kunci: Shooting, metode Komando. 
OPTIMALISASI ASUPAN GIZI DALAM OLAHRAGA PRESTASI MELALUI CARBOHYDRAT LOADING Daryanto, Zusyah Porja
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.07 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v4i1.34

Abstract

Pencapaian prestasi yang optimal dalam olahraga ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu asupan gizi yang baik. Komponen asupan gizi berupa karbohidrat dapat berpengaruh besar bagi metabolisme tubuh dalam aktivitas olahraga. Karbohidrat merupakan  salah satu sumber terbentuknya energi, namun harus diperhatikan dalam pemberian sebelum, saat dan setelah pertandingan agar dapat menimbulkan dampak yang baik bagi atlet atau olahragawan. Pemberian asupan gizi berupa karbohidrat enam hari sebelum pertandingan guna mendapatkan simpanan glikogen dalam otot disebut carbohydrate loading. Carbohydrate loading bermanfaat untuk menunda kelelahan atau hitting the wall sampai 90-120 menit serta dapat mencegah hipoglikemia atau bonking. Setelah mengetahui kebutuhan yang diperlukan oleh seorang atlit atau olahragawan khususnya tentang asupan gizi dalam metabolisme tubuh hingga terbentuknya energi dalam melakukan aktifitas olahraga tertentu, maka diharapkan tercapainya prestasi yang maksimal. Kata Kunci: Gizi, Olahraga, Carbohydrate Loading.
PERANAN AKTIVITAS OLAHRAGA BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK Rubiyatno, Rubiyatno
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.281 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v3i1.138

Abstract

Olahraga merupakan sebuah proses kegiatan yang sistematis untuk mendorong membina serta mengembangkan potensi jasmani, rohani dan sosial. Olahraga merupakan sebuah wadah bagi manusia untuk mengeksplorasi pengalaman geraknya dengan olahraga individu akan menjadi bugar serta kualitas hidup menjadi lebih baik tak terkecuali pada anak usia dini sekalipun mereka juga sedini mungkin harus diperkenalkan oleh aktivitas olahraga atau aktivitas jasmani walaupun itu hanya olahraga yang sifat nya tidak terstruktur seperi jalan, bersepeda, bermain lompat tali dan berlari-larian dengan melakukan aktivitas gerak seperti itu motorik anak akan lebih baik serta tumbuh kembang mereka menjadi optimal. Kata kunci : Olahraga, usia dini, motorik
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN STRATEGI SERANGAN DALAM PERMAINAN FUTSAL ( Studi pada Pemain Futsal Putra Tingkat Intermediate di Kota Pontianak ) Daryanto, Zusyah Porja
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.017 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v2i1.261

Abstract

The purposes of this research are; (1) to organize a training program of a good attack training, (2) the implementation of try out practice model to improve the attack ability of male futsal player in intermediate level in Pontianak effectively and efficiently, (3) to find out the result of effectiveness test training model in improving the ability of attacking to male futsal player in intermediate level. The method of this research is Research and Development. The technique of data collecting was using interview, questionnaires, test and observation. The result finding of evaluation data from the experts is 71.31%. The result finding of limited try out is 68.32%. The result finding of expansive try out is 82.04% and it was interpreted that the product design of attacking training model development to intermediate level can be tested to the effectiveness test stage. The result of effectiveness test product by comparing two groups; treatment group which using development product, and control group which using pretest and posttest design. Mean score of each group based on the test is the effectiveness of experiment group is higher than the control group. The effectiveness score of control group is 65.6% and experiment group is 84.4%. The player rotation in control group is 62.5% and experiment group is 87.5%. The movement without ball in control group is 62.5% and in experimental group is 87.5%. The ball control in control group is 75% and experiment group is 87.5%. Team work in control group is 62.5% and expreiment group is 75%. Based on the data above it can be seen that the training by using attacking strategy training model in playing futsal can increase the player rotation from 62.5% into 87.5%, the ball control from 75% into 87.5% and team work from 62.5% into 75%. Based on the comparison of those test results, the improvement of test result for the expreiment group is incresing significantly than in the control group. The last was obtained after the training program was implemented to each group. In conclusion, the product is profoundly effective in improving the player ability in attacking strategy. Keywords: Futsal, Development, Model, Training, Attacking Strategy
MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MICRO TEACHING PENJAS DENGAN METODE PROBLEM SOLVING MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK Ashadi Cahyadi, Iskandar,
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.734 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.382

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningatkan kreativitas mahasiswa dalam memodifikasi media pembelajaran penjas. Penelitian ini dilakukan di IKIP-PGRI Pontianak Kalimantan Barat pada semester Genap Tahun Akademik 2015/2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan orientasi pada kreativitas mahasiswa  sebagai solusi dari permasalahan pembelajaran penjas yang muncul dengan menggunakan teknik pembelajaran Problem Solving . Penelitian ini dilakukan di IKIP-PGRI Pontianak pada mahasiswa semester VI pada mata kuliah Micro Teaching Kelas A Sore sebanyak 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas mahasiswa dalam memodifikasi media pembelajaran  penjas pada mata kuliah micro teaching Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatandan Rekreasi sebagai dampak dari problem solving. Kata Kunci: Kreativitas, modifikasi media pembelajaran, metode pemecahan  masalah.

Page 1 of 32 | Total Record : 317


Filter by Year

2012 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olahraga More Issue