cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Bindo Sastra
ISSN : 25405305     EISSN : 25797379     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Bindo Sastra is a journal of Indonesian Language and Literature Education of Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Muhammadiyah Palembang. Journal Bindo Sastra includes articles of Indonesian Language and Literature Education and published in twice a year, march and September. Journal Bindo Sastra focusses on teachers, lecturers, students, reseacrhers who consentrate in Indonesian Language and Literature.
Arjuna Subject : -
Articles 121 Documents
PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PUNAKAWAN MENGGUGAT KARYA ARDIAN KRESNA Irma, Cintya Nurika
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Novel Punakawan Menggugat karya Ardian Kresna mengkisahkan tentang Punakawan (Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong) sebagai abdi setia sekaligus penasihat Pandawa. Novel tersebut akan diulas menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pandangan dunia pengarang, latar belakang sosial dan budaya masyarakat, dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Punakawan Menggugat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode content analysis. Validasi yang digunakan adalah triangulasi teori dengan tahapan pembacaan, pencatatan, dan analisis dokumen. Hasil penelitian diketahui bahwa (1)pengarang menampilan pandangan berbeda dari Punakawan sebagai tokoh utama melalui kisah heroik, pemikiran kritis, kebijaksanaan, kesetiaan, dan filosofi hidup, (2) latar belakang sosial budaya dalam novel Punakawan Menggugat dibagi dalam aspek pendidikan, agama, bahasa, dan adat kebiasaan budaya Jawa, dan (3) nilai pendidikan yang terkandung dalam novel tersebut adalah menanamkan serta mengajarkan nilai sosial, moral, budaya, agama, dan politik.
BAHASA INDONESIA DAN DAERAH SEBAGAI PEREKAT JATI DIRI DAN MARTABAT BANGSA DI ERA GLOBALISASI Sanjaya, Muhammad Doni
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengangkatan status bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan ternyata bukan hanya isu.Bahasa Indonesia bisa menjalankan fungsi sebagai pemersatu bangsa Indonesia. Dengan menggunakanbahasa Indonesia, rasa kesatuan dan persatuan bangsa yang berbagai etnis. Kehadiran bahasa Indonesia ditengah-tengah ratusan bahasa daerah tidak menimbulkan sentimen negatif bagi etnis yangmenggunakannya. Sebaliknya, justru kehadiran bahasa Indonesia dianggap sebagai pelindung sentimenkedaerahan dan sebagai penengah ego kesukuan. Penataan, pemilahan, dan pengalokasian fungsi bahasaIndonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing pada era globalisasi ini merupakan sebuah keniscayaan.Bahasa daerah yang dipelihara oleh para pemiliknya selayaknya tetap dijadikan ciri jati diri dan saranakomunikasi utama dilingkup lokalnya oleh sebagian besar para ahli warisnya.
ANALISIS STRUKTUR ESAI MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI IAIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN Helaluddin, Helaluddin
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu keterampilan menulis pada mata kuliah bahasa Indonesia untuk mahasiswa jurusan nonpendidikanbahasa adalah menulis akademik. Menulis akademik merupakan kegiatan menulis yangberbeda dengan menulis kreatif yang lebih bersifat bebas (karya sastra). Salah satu contoh tulisanakademik adalah menulis esai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untukmendeskripsikan struktur esai mahasiswa pada Prodi Ekonomi Syariah di IAIN Sultan MaulanaHasanuddin Banten. Data ini diperoleh dari tugas menulis esai pada mata kuliah bahasa Indonesia danselanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini dari 30 esaimahasiswa, 6 esai atau 20% esai mahasiswa sudah terkategori sangat baik, 12 esai atau 40% terkategoribaik, 10 esai atau 30% terkategori cukup, dan 2 esai atau 10% terkategori kurang. Beberapa kendala yangdihadapi mahasiswa dalam menulis esai mayoritas di bagian struktur kalimat dan tata bahasa sertapenggunaan diksi (pemilihan kata).
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK SISWA KELAS VII SMP SANDIKA SUKAJADI Listini, Listini; Saraswati, Saraswati
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kreativitas siswa dalam menuangkan ide ke dalam bentuktulisan karena model pembelajaran yang digunakan tidak dapat mengembangkan motivasi-motivasi siswadalam mengembangkan dan mengekspresikan perasaannya. Penelitian ini bertujuan meningkatkankemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Sandika Sukajadi dengan menggunakan modelPembelajaran Sinektik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakandalam tiga siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) tes, (2) observasi. Subjekdalam penelitian adalah siswa kelas VII 3 SMP Sandika Sukajadi dengan jumlah siswa 33 orang, terdiridari 16 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil penelitian ini membuktikan peningkatan kemampuan menuliscerpen siswa kelas VII 3 SMP SANDIKA Sukajadi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai tes rataratasiswa pada prasiklus yaitu 66,2 dengan klasikal ketuntasan belajar siswa sebesar 57,5%. Pada tessiklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 70,1 dengan klasikal ketuntasan belajar siswa sebesar 63,6%.Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa 74,7 dengan klasikal ketuntasan dalam belajar sebesar84,8%, hanya 5 orang yang belum mencapai KKM 70. Berdasarkan temuan di atas, kesimpulan penelitianini adalah model pembelajaran sinektik telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpensiswa kelas VII 3 SMP SANDIKA Sukajadi. Oleh karena itu, disarankan pada sekolah agar menerapkanmodel pembelajaran sinektik, karena dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Dengandemikian, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat sekitar terhadap kualitas yang dimiliki olehsekolah.
BAHASA PENGANTAR DALAM PENDIDIKAN SERTA FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA STUDI KOMPARATIF: SISWA DI KABUPATEN OKU Sanjaya, Muhammad Rama
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang penggunaan bahas pengantar dalamdunia pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode tinjauan pustaka. Teknik pengumpulan datamenggunakan teknik dokumentasi yang bersumber dari beberapa data referensi, seperti buku, jurnal daninternet. Pada analisis data digunakan beberapa langkah, diantaranya reduksi data, seleksi data, sintesis,interpretasi dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh, yaitu penggunaan bahasa asing dan daerah dalamdunia pendidikan dapat disikapi dengan mengubah karakter bangsa melalui bahasa Indonesia,menggunakan bahasa asing dan bahasa Indonesia secara proporsional, menggunakan bahasa Indonesiapada forum-forum resmi, meningkatkan pemakaian bahasa Indonesia secara baik dan benar, menjagakarakteristik bangsa Indonesia melalui bahasa Indonesia
KESALAHAN MORFOLOGI DALAM KARANGAN BEBAS SISWA KELAS XII SMK TRISAKTI BATURAJA Awalludin, Awalludin; Anam, Samsul
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kesalahan pengimbuhan kata dalam karanganbebas siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja, (2) mendeskripsikan kesalahan pengulangan kata dalamkarangan bebas siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja, dan (3) mendeskripsikan kesalahanpemajemukan kata dalam karangan bebas siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja. populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja yang berjumlah 48 orang dengansampel penelitian berjumlah 26 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis karangan dan teknik analisis datamenggunakan teknik nonstatistik (teknik kualitatif). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasilidentifikasi dan analisis kesalahan pengimbuhan terdapat 7 orang (43,75), kesalahan pengulangan terdapat6 orang (37,5%), dan kesalahan pemajemukan hanya terdapat 1 orang (6,25%) dari 16 orang siswa yanghadir pada saat tes dilakukan.Temuan lain peneliti dari hasil pengamatan kesalahan morfologis dalamkarangan siswa adalah kesalahan seputar penulisan preposisi dan partikel. Berdasarkan hasil danpembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas XII SMK dalam mengolah kata yangmeliputi pengimbuhan, pengulangan, dan pemajemukan sudah baik.
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 PALEMBANG Supriatini, Supriatini
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari masalah bagaimana menerapkan media audio visual dalam meningkatkanketerampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Hal ini didasari karena menulispuisi di kalangan siswa biasanya dianggap sebagai suatu hal yang rumit dan membingungkan. Sebagiansiswa biasanya bingung dalam menentukan objek tulisan, sebagian lagi karena siswa kesulitanmengembangkan daya imajinasi. Untuk mengetahui hal ini, peneliti mencoba menerapkan penggunaanmedia audiovisual, khususnya lagu dalam bentuk instrumentalia sebagai salah satu cara membangkitkanketerampilan siswa agar menyukai pembelajaran menulis puisi sehingga dapat meningkatkanketerampilan siswa menulis puisi. Lagu yang digunakan peneliti dalam penelitian ini berjudul “Bunda”(Melly Goeslaw) dan “Ibu” (Iwan Fals). Dalam penelitian ini, memberikan tema kepada siswa tentang“Ibu”. Alasan peneliti memberikan tema tersebut untuk menjadikan siswa memiliki rasa cinta, nilai rasahormat, dan nilai rasa sayang terhadap orang tua, khususnya ibu. Dengan menggunakan metode penelitiantindakan kelas, peneliti berharap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembangmeningkat. Hal ini ditandai dengan pemerolehan nilai siswa yang meningkat daripada sebelumnya secarasignifikan
MENULIS DAN MENCATAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) Anggraini, Tri Riya
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menulis dan mencatat dengan menggunakan metode peta pikiran (mind mapping), sehingga dalam prosespembelajaran dapat berkembang lebih inovatif-aplikatif yang diharapkan mampu mengubah persepsi guruyang masih menggunakan cara kuno dan tertinggal dalam belajar menjadi lebih baik dan berkualitas.Mind mapping merupakan cara paling mudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak, dan untukmengambil informasi dari otak. Cara ini adalah cara yang kreatif dan efektif dalam membuat catatan danmenulis, sehingga boleh dikatakan mind mapping memetakan pikiran
PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PANTUN DALAM BUKU BAHASA INDONESIA 4: UNTUK SD DAN MI KELAS IV KARYA KASWAN DARMADI DAN RITA NIRBAYA Nurulanningsih, Nurulanningsih
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pantun merupakan karya sastra lama yang perlu dilestarikan. Pelestariannya dapat dilakukan dengan memasukkan pantun tersebut ke dalam buku pelajaran di sekolah. Salah satu buku pelajaran yang melestarikan pantun adalah buku Bahasa Indonesia 4: untuk SD dan MI Kelas IV Karya Kaswan Darmadi dan Rita Nirbaya Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Melalui pantun ini pula dapat dimasukkan pembinaan watak atau karakter siswa, atau pengajaran yang berdimensi moral. Untuk itu, dalam tulisan ini akan mendeskripsikan pantun-pantun apa saja dan penanaman nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat pada buku tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data digunakan analisis isi. Hasil yang di dapat berupa 7 buah pantun yang terdapat pada halaman 77, halaman 90, halaman 103, halaman 107, halaman 115, halaman 122, dan halaman 123. Pantun halaman 77, 107, 155, 122, dan 123 merupakan pantun nasihat. Sedangkan pantun halaman 90 dan 103 merupakan pantun gembira. Penanaman nilai-nilai karakter pada pantun-pantun tersebut yakni gemar membaca, rasa kasih sayang, cinta damai, rasa tanggung jawab, baik dan rendah hati, hormat dan santun, pertemanan, jujur, disiplin, kerja keras dan pantang menyerah.
ANALISIS TINDAK TUTUR BAHASA KOMERING DESA TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Sariasih, Yanti
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan jenis tindak tutur ilokusi bahasa Komering desa Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir berdasarkan kajian pragmatik. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja berusia 16 tahun berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap. Penelitian ini juga menggunakan teknik catat dan dibantu dengan teknik lanjutan berupa teknik rekam. Hasil penelitian ini adalah (1) Tindak tutur asertif bentuk mengklaim, mengeluh, menyatakan, jenis tindak tutur direktif bentuk bertanya, memerintah, meminta, jenis tindak tutur ekspresif bentuk pujian, mengkritik, rasa senang, jenis tindak tutur deklarasi bentuk pernyataan benar, tidak setuju, dan setuju. (2) Jenis tindak tutur komisif tidak ditemukan dalam penelitian ini, hal tersebut disebabkan oleh situasi tutur. (3) Situasi tutur pada saat peristiwa tutur berlangsung tidak mendukung atau mendorong penutur untuk melakukan tindak tutur yang akan melibatkan dirinya pada beberapa tindakan akan datang, misalnya berjanji, bersumpah, dan memanjatkan (doa). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, selain adanya tindak tutur ilokusioner dalam penelitian ini juga ditemukan jenis tindak tutur yang lain. Jenis tindak tutur yang ditemukan, yaitu tindak tutur lokusioner, tindak tutur tidak literal, dan tindak tutur tidak langsung.

Page 1 of 13 | Total Record : 121