cover
Contact Name
Benny Rahmawan Noviadji, S.Sn., M.Sn
Contact Email
-
Phone
(031) 7346375
Journal Mail Official
p3m@ikado.ac.id
Editorial Address
Jl. Pattimura No. 3 Surabaya 60189
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Artika
ISSN : 23558121     EISSN : 25497251     DOI : -
Core Subject : Art,
Jurnal Artika adalah jurnal ilmiah yang berisi tulisan seputar seni dan desain yang berasal dari hasil penelitian empiris atau artikel konseptual.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2018): Juli 2018" : 6 Documents clear
Eksplorasi dan Penerapan Ragam Hias Batik Jawa Timur Pada Kerajinan Sulam Tangan Pramita Larasati; Dudy Wiyancoko; Gita Winata
Artika Vol 3 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/artika.v3i1.215

Abstract

Sulam merupakan salah satu kerajinan yang telah ada di Indonesia sejak dulu kala. Biasanya kerajinan sulam diaplikasikan pada berbagai barang keperluan adat seperti pelaminan pernikahan, penutup hantaran hingga digunakan sebagai penghias busana yang dikenakan. Kerajinan sulam di Indonesia banyak berkembang di pulau Sumatera dan Kalimantan. Namun, karna tingkat kesulitan dan lamanya waktu pembuatan kerajinan sulam khas Indonesia memiliki harga jual yang cukup tinggi. Hal ini menyebabkan kerajinan sulam di Indonesia kalah pamor dengan kriya tekstil lainnya seperti batik dan songket. Padahal kerajinan sulam ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Saat ini mulai bermunculan berbagai UKM yang mengangkat kerajinan sulam tangan. Salah satunya yang berada di Jember Jawa Timur. Para pengrajin sulam di daerah ini memiliki kemampuan sulam yang mumpuni, namun sayangnya dari segi kemampuan desain mereka masih kurang. Para pelaku UKM ini kebanyakan belum mengangkat potensi daerah yang ada di sekitar mereka. Sehingga hasil kerajinan sulam mereka masih cenderung seragam dan tidak memiliki ciri khas yang menonjol satu sama lain. Melalui penelitian ini, diharapkan para pelaku UKM nantinya mampu mengembangkan hasil desain sulaman mereka dengan menggunakan pengembangan dari ragam hias yang terdapat di batik Jawa Timur. Sehingga mereka dapat mengembangkan produk mereka ke pangsa pasar yang lebih luas.
Perancangan Board Game Edukatif Untuk Mengenalkan Cita-Cita Bagi Anak Usia 6-9 Tahun Muhammad Nasrulloh; Benny Rahmawan Noviadji; Ime Kristalydia
Artika Vol 3 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/artika.v3i1.216

Abstract

Permainan yang baik dan mendidik akan membantu perkembangan otak serta moral anak. Namun, anak-anak lebih terfokus pada permainannya dan mulai kurang memperhatikan pendidikannya. Untuk mengembalikan minat belajarnya, diperlukan motivasi dengan memberikan gambaran tentang masa depannya, guna untuk mengarahkan anak-anak dalam mengeksplorasi cita-cita dan tujuan mereka. Digunakan metode gamifying, yang memasukkan unsur pembelajaran dalam permainan yang menyenangkan sehingga menjadikan anak-anak menikmati proses pembelajaran tanpa terbeban. Pengumpulan data yang digunakan, adalah kuantitatif dengan cara wawancara mendalam dan focus group discussion, sedangkan untuk kualitatif dilakukan dengan kuesioner. Anak akan diajak untuk bermain bersama, sambil mencocokan keahlian tiap profesi serta mengenal kesukaan serta kemampuan masing-masing anak Setelah selesai melengkapi kartu profesi beserta kartu keahliannya, anak akan diajak untuk mengenal bangunan tempat profesi itu bekerja serta berlomba-lomba untuk mengumpulkan koin untuk menjadi pemenang. Perancangan ini diharapkan untuk menjadi solusi bagi permasalahan yang ada serta menjadi motivasi dan inspirasi untuk anak dalam mewujudkan citacitanya.
Perancangan Board Game Sebagai Media Penanaman Moral Bagi Anak Usia 6-9 Tahun Melalui Pendekatan Pendidikan Agama Kristen Angga Hendrawan; Christyan Budi Susilo; Cherly Barbara
Artika Vol 3 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/artika.v3i1.217

Abstract

Dengan adanya moral, manusia dapat menjalankan fungsi sebagai makhluk sosial dan ekonomi. Kemudian dilakukan sebuah penelitian untuk mendapatkan solusi dengan cara mengumpulkan data primer dan sekunder. Penulis merancang board game untuk menanamkan moral anak melalui pendekatan agama Kristen dengan topik khusus (toleransi dan kepedulian sosial) dengan genre christian’s children board game, khususnya untuk anak usia 6-9 tahun, memberi pengalaman perjalanan pelayanan Yesus melalui tantangan dan aktivitas rohani. Board game The Sheepo Adventure ini telah diuji coba dan memberikan dampak yang baik bagi anak. Board game The Sheepo Adventure dikembangkan menjadi kategori moral yang lain, sehingga anak-anak dapat bermain dan belajar mengenai topik moral lainnya.
Perancangan Buku Cerita Tentang Bangunan Peninggalan Zaman Penjajahan Kolonial Belanda di Kota Surabaya Novi Nugroho; Benny Rahmawan Noviadji; Christyan Budi Susilo
Artika Vol 3 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/artika.v3i1.218

Abstract

Kota Surabaya zaman penjajahan kolonial Belanda, merupakan kota yang dikelilingi oleh tembok, kawasan dalam tembok inilah yang dikenal sebagai Kota Bawah (Benedenstaad) atau Soerabaia Lama (Oud Soerabaia), kawasan tersebut kini menjadi lingkungan cagar budaya, namun hingga saat ini masih terdapat bangunan peninggalan zaman penjajahan kolonial Belanda yang kurang terawat, bahkan masyarakat Surabaya khususnya para generasi muda banyak yang tidak mengenali sejarah bangunan peninggalan kolonial Belanda tersebut. Maka perlunya peracangan buku cerita tentang bangunan peninggalan zaman penjajahan kolonial Belanda di Kota Surabaya, dengan menggunakan teknik ilustrasi digital. Perancangan buku cerita tersebut terbagi menjadi 3 seri meliputi, seri 1 dan 2 yang membahas mengenai kawasan Eropa, serta seri 3 mengenai kawasan Pecinan dan Arab, hal ini bertujuan untuk menjadi sarana informasi serta edukasi untuk masyarakat kota Surabaya untuk mengenal sejarah bangunan zaman kolonial Belanda. Dengan adanya buku cerita ini diharap bisa menumbuhkan rasa nasionalisme serta rasa cinta terhadap kota Surabaya, khususnya para generasi muda.
Perancangan Buku Photo Essay Tentang Rekam Jejak Peninggalan Trem di Kota Surabaya Prayuda Djaya Kusuma; Muhammad Nasrulloh; Arjuna Bangsawan
Artika Vol 3 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/artika.v3i1.219

Abstract

Surabaya memiliki jalur trem pertama kali tahun 1886 berupa trem uap. Trem listrik di resmikan di Surabaya pada tahun 1923. Persaingan ketat dengan transportasi lain membuat trem mati pada tahun 1970. Namun peninggalan trem uap dan trem listrik masih dapat dijumpai, beberapa peninggalan seperti benda, bangunan, dan jalur sudah mulai hilang dan tidak terawat. Mengingat buku yang membahas tentang sejarah trem di perpustakaan dan instansi sangat sedikit. Ada beberapa buku yang membahas tentang trem seperti buku “Soerabaia Tempoe Doloe” dan buku “Mana Soerabaia Koe” namun belum membahas trem secara spesifik, banyak masyarakat kota Surabaya yang tidak mengetahui bahwa jaman dahulu di kota Surabaya ada transportasi trem uap dan trem listrik. Dalam konsep penelitian ini dipilih media buku foto esai untuk mengajak masyarakat mengetahui sejarah trem kota Surabaya, maka dibuatlah “Perancangan Buku Photo Essay Tentang Rekam Jejak Peninggalan Trem di Kota Surabaya”. Media buku foto esai dipilih untuk memberikan kesan memorial dalam menyampaikan sebuah peristiwa dan tidak menggunakan foto tunggal (single photo). Melainkan terdiri dari rangkaian foto dan dikemas menjadi buku foto esai yang merekam jejak peninggalan trem di kota Surabaya.
Perancangan Media Komunikasi dan Informasi Sekolah PPPK Petra Surabaya Dalam Bentuk Aplikasi Smartphone Berbasis Android Christyan Budi Susilo; Benny Rahmawan Noviadji; Robi Wigeno
Artika Vol 3 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/artika.v3i1.220

Abstract

Sekolah PPPK Petra merupakan salah satu lembaga pendidikan di Surabaya. Media informasi dan komunikasi cetak yang dibagikan kepada siswa, orang tua, serta guru dan karyawan selama ini sangat jarang dibaca, bahkan yang diedarkan kepada siswa di jenjang SMP dan SMA banyak ditemukan di tempat sampah dan juga dibuat sebagai mainan pesawat kertas. Hal tersebut menjadi tidak efisien, karena dana yang dikeluarkan untuk pencetakan tidak sedikit. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu prototyping. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara mendalam, kuesioner, observasi dan survei. Selain itu juga dilakukan studi komparator dan kompetitor terhadap aplikasi sejenis. Sedangkan dalam membantu analisis dan perancangan desain User Interface menggunakan kuesioner kriteria desain. Hasil dari penelitian pada Sekolah PPPK Petra dilakukan perancangan media komunikasi dan informasi dalam bentuk aplikasi smartphone berbasis Android. Penggunaan aplikasi mobile pada Android diharapkan mampu menjadi media komunikasi bagi sekolah dan dapat menyampaikan informasi secara cepat dan mudah kepada siswa dan orangtua. Selain pembuatan aplikasi, tentunya diperlukan media untuk mempromosikan aplikasi ini agar orang-orang dapat mengetahui keberadaan aplikasi ini. Media pendukung yang digunakan untuk melakukan promosi meliputi poster, spanduk, x-banner dan web banner pada website PPPK Petra.

Page 1 of 1 | Total Record : 6