cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Elektum : Jurnal Teknik Elektro
ISSN : 19795564     EISSN : 25500678     DOI : -
eLEKTUM adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Fokus dan ruang lingkup jurnal eLEKTUM meliputi (namun tidak terbatas pada) Tenaga Listrik Industri, Elektronika Industri, Sistem Kontrol dan Material elektronika.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 13, No 2 (2016): eLEKTUM" : 6 Documents clear
ANALISA TRIP GAS TURBIN DARI PROTEKSI FLAME OFF DI PLTGU MUARA TAWAR Muchtar, Husnibes; Agus Prasetyo, Zuli
eLEKTUM Vol 13, No 2 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.13.2.16-20

Abstract

Turbin gas dapat beroperasi karena adanya udara panas yang bertekanan pada combustor. Salah satu komponen instrument yang mengindikasikan adanya pembakaran dalam combustor adalah sensor flame monitor. Apabila ada permasalahan atau kerusakan pada peralatan ini maka akan mengakibatkan unit gas turbin trip. Unit pembangkit yang handal adalah unit yang jarang terjadi trip pada gas turbin.Untuk menjaga agar gas turbin tidak sering terjadi trip haruslah dilakukan pemeliharaan yang baik.Pemeliharaan haruslah dilakukan dengan benar agar tidak terjadi kerusakan yang berulang pada sistem.
PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM PEMANTAUAN PEMAKAIAN AIR SECARA DIGITAL DALAM RANGKA MENINGKATKAN AKURASI PENCATATAN PEMAKAIAN AIR PELANGGAN Bahri, Saeful; Arista Pratama, Putra
eLEKTUM Vol 13, No 2 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.13.2.21-25

Abstract

Alat sistem pemantauan pemakaian air secara digital dimaksudkan untuk meningkatkan akurasi pencatatan pemakaian air pelanggan menggunakan sensor aliran air (Flowmeter) berbasis Arduino Uno.Tujuan perancangan alat ini untuk meningkatkan ketelitian pencatatan pemakaian air pelanggan . Sistem ini terdiri dari beberapa bagian yaitu sensor aliran air G1/2, shield LCD, Arduino Uno, modul GSM dan perangkat komputer. Protipesistem pemantauan pemakaian air secara digital ini menggunakan sensor aliran air G1/2 untuk mengukur laju dan volume air. Sistem kerja sensor ini adalah dengan memanfaatkan fenomena efek Hall. Efek Hall ini didasarkan pada efek medan magnetik terhadap partikel bermuatan yang bergerak sehingga didapatkan nilai frekuensi. Frekuensi kemudian dikalkulasikan menjadi kecepatan laju air dan volume total. Hasil pengukuran kemudian ditampilkan pada LCD 2 x 16 karakter berupa laju air dan volume total sedangkan yang ditampilkan oleh interface pada komputer berupa pulse, laju air, dan volume total, serta hasil tersebut disimpan dalam komputer. Untuk mengetahui ketelitian alat, penulis melakukan ujicoba dengan data pembanding berupa data volume air botol air mineral ukuran 550 ml .penulis melakukan uijcoba sebanyak 5 kali dan didapatkan ketelitian pengukuran sebesar 88.48% untuk pemakaianair dan 83.76 % untuk ketelitian pengukuran tagihan air.
SIMULASI STUDI SISTEM TRAFFIC LIGHT TERINTEGRASI PADA PERLINTASAN KERETA API Isyanto, Haris; Fadliondi, Fadliondi; Aprinol, Aprinol
eLEKTUM Vol 13, No 2 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.13.2.26-35

Abstract

Perkeretaapian di Indonesia memang mengalami perkembangan yang sangat baik, dari segi pelayanan, system control serta system keamanan di perlintasan juga sudah ditingkatkan.tetapi tetap aja ada pemasalahan terutama diperlintasan kereta sering menjadi pusat titik kemacetan. .selain lalu lintas kereta yang menjadi penyebab kemacetan,ternyata traffic light yang terdapat pada perlintasan tersebut cukup menjadi salah satu penyebabnya.Untuk itu dirancanglah suatu simulasi system terintegrasi antara trafik light dengan perlintasan kereta.agar dapat mengurangi kemacetan dengan cara mengoptimalkan fungsi trafik light pada perlintasan tersebut.cara kerja sistemnya adalah dengan memanfaatkan salah satu system persinyalan yang ada pada KRL, yaitu system SSI. pada system ini, pendeteksi keberadaan kereta api menggunakan system track circuit. track circuit bekerja berdasarkan terhubung singkatnya kedua rel oleh roda dan ganjar kereta api. Track circuit ini berfungsi sebagai sensor ketika ada kereta yang melewatinya. Yang kemudian akan memberikan input pada mikrokontroler, kemudian mikrokontroler akan memberikan perintah kepada traffic light sesuai dengan yang kita program.
SISTEM PENGENDALIAN MOTOR SINKRON SATU FASA BERBASIS MIKROKONTROLER Almanda, Deni; Nur Alamsyah, Anodin
eLEKTUM Vol 13, No 2 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.13.2.1-6

Abstract

Dalam dunia industri tidak sedikit dibutuhkan suatu alat yang kerjanya konstan terutama dalam hal kecepatan putar untuk menggerkakkn benda kerja supaya hasil yang didapatkan maksimal dan berkualitas. Motor sinkron adalah motor AC yang mempunyai sifat konstan dalam hal putarannya karena berbanding lurus dengan frekuensi tegangan inputnya. Permasalahan yang belum terselesaikan mengenai motor sinkron adalah dalam hal putaran awalnya yang masih harus dibantu dengan putaran motor lain yang disatukan sumbunya sehingga setelah mencapai kecepatan tertentu baru kemudian bisa diberi tegangan pada motor sinkron tersebut. Hal ini terjadi apabila diberi tegangan dengan frekuensi yang sudah tinggi maka rotor pada motor sinkron tidak bisa mengikuti putaran medan pada stator yang pada akhirnya motor tidak bisa berputar. Untuk itu penulis mencoba untuk membuat suatu alat yang bisa digunakan untuk menggerakkan motor sinkron. Yaitu berupa driver yang dikontrol menggunakan IC mikrokontroler supaya menghasilkan tegangan dengan frekuensi yang bisa diatur mulai dari frekuensi rendah terus bertahap sampai mencapai frekuensi tinggi. Sehingga motor sinkron bisa berjalan tanpa harus menggunakan putaran motor lain. Selain itu alat ini bisa mengontrol kecepatan dengan mengatur frekuensi, sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.
APLIKASI KONTROL DAN MONITORING PEMBATAS DAYA LISTRIK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328 Budhy Prasetya, Eka
eLEKTUM Vol 13, No 2 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.13.2.36-39

Abstract

Sumber energi listrik telah banyak dimanfaatkan manusia untuk menjalankan aktifitasnya, hal ini terlihat pada kegiatan manusia yang sebagian besar menggunakan alat bantu kerja menggunakan sumber energi listrik. Energi listrik selain memiliki manfaat yang besar bagi penggunanya juga memiliki potensi bahaya. Potensi bahaya tersebut adalah arus lebih yang disebabkan oleh short circuit pada instalasi. Berdasarkan hal tersebut maka dibuat suatu alat yang dapat memantau dan mengontrol pemakaian daya listrik, menggunakan sensor arus, sensor tegangan, Mikrokontroler ATMega328P, Relay dan Modul GSM sebagai SMS Gateway sehingga pengguna mengetahui sedini mungkin potensi gangguan. Pada saat sistem dinyalakan, sensor arus dan tegangan mengirim data menuju mikrokontroler selanjutnya data diproses dan bila terjadi arus beban berlebih, relay akan bekerja dan sim900 mengirim sms. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat berfungsi dengan apa yang diharapkan.
EVALUASI PENENTUAN RUGI-RUGI TRANSFORMATORDALAM PENGARUH ARUS NON-SINUSOIDAL Dermawan, Erwin; Marthalia, Arini
eLEKTUM Vol 13, No 2 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.13.2.7-15

Abstract

Transformator pada umumnya di rancang dan dipergunakan di rating frekuensi dan arus beban sinusoidal sempurna. Adanya beban non-linier yang dibebankan pada transformator, membuat terjadinya rugi-rugi transformator yang mengakibatkan gangguan harmonik. Gangguan lain yang dapat juga muncul adalah pemanasan yang berlebihan pada komponen sistem transformator tersebut, yang membuat kerugian yang lebih besar, kelelahan awal isolasi, serta dapat mengurangi lifetime atau masa hidup suatu transformator.Lifetime atau masa hidup suatu transformator dapat menjadi lebih pendek dikarenakan faktor – faktor yang telah disebutkan diatas tadi, hal tersebut dapat diketahui dari nilai efisiensi (%) nya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6