cover
Contact Name
Joy Elly Tulung
Contact Email
joy.tulung@unsrat.ac.id
Phone
+6282311115902
Journal Mail Official
emba@unsrat.ac.id
Editorial Address
FEB UNSRAT
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
ISSN : 23031174     EISSN : 26226219     DOI : https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39971
Core Subject : Economy,
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles 4,407 Documents
EVALUASI SISTEM PENERIMAAN RETRIBUSI DAERAH DI KABUPATEN KAIMANA PAPUA BARAT TAHUN 2013-2014 Oruw, Ester; Afandi, Dhullo
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.865 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.10058

Abstract

Tanggal 1 Januari 2001, otonomi daerah mulai diberlakukan di Indonesia. Undang-undang Pemerintahan Daerah No.28 Tahun 2009 tentang Pajak Retribusi Daerah ditetapkan menjadi salah satu sumber penerimaan yang berasal dari dalam daerah.Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kaimana, dimana  penelitian ini bertujuan  menganalisis Prosedur Pendaftaran, Pendataan dan Penerimaan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan dan Retribusi Persampahan atau Kebersihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, Prosedur Pendaftaran, Pendataan dan Penerimaan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan dan Retribusi Persampahan atau Kebersihan yang diterapkan oleh Dinas Perizinan Umum Daerah Kabupaten Kaimana Papua Barat telah dilaksanakan sesuai dengan Standard Operating Procedure. Pimpinan Dinas Perizinan Umum Kabupaten Kaimana sebaiknya meningkatkan pelayanan yang baik sehingga dapat mendorong masyarakat untuk membayar Retribusi Izin Mendirikan Bangunan dan Persampahan/Kebersihan secara suka rela. Kata kunci: pendaftaran, pendataan, penerimaan retribusi, izin mendirikan bangunan
PERLAKUAN AKUNTANSI CAPITAL EXPENDITURE PADA REVENUE EXPENDITURE PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT NUSA UTARA MANADO Paseneke, Febe S.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.429 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.10059

Abstract

Capital expenditure dan revenue expenditure merupakan pengeluaran yang perlu dibedakan dalam kegiatan operasional suatu entitas tentunya dalam aset tetap. Oleh sebab itu dalam membedakannya membutuhkan standar yang menjadi acuan bagi entitas. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 16 mengatur tentang aset tetap, merupakan standar yang menjadi acuan dalam membuat kebijakan entitas terhadap pembedaan capital expenditure dan revenue expenditure. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perlakuan akuntansi capital expenditure dan revenue expenditure apakah telah sesuai dengan PSAK No. 16 tentang aset tetap dan juga melihat kebijakan yang dilakukan oleh PT. BPR Nusa Utara dalam pemisahan capital expenditure dan revenue expenditure. Kemudian di analisis dan dibuat perbandingan dengan PSAK Nomor 16. Sehingga mendapat gambaran yang jelas.  Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan analisis deskriptif, komparatif. Hasil penelitian  menunjukkan PT. BPR Nusa Utara telah sesuai dengan PSAK No. 16 dimana PT. BPR Nusa Utara dalam kebijakan dan memisakan capital expenditure dan revenue expenditure berdasarkan nilai perolehan aset tetap. Sebaiknya manejemen PT. BPR Nusa Utara Menyesuaikan dengan PSAK No.16 (Revisi 2011) karena sekarang ini PT.BPR Nusa Utara masih menggunakan PSAK No.16 (Revisi 2007). Kata kunci: kebijakan, pemisahan, belanja modal, pengeluaran, pendapatan
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA RUSH DI KOTA MANADO Masiruw, Cyntia Novyanti; Kawet, Lotje; Uhing, Yantje
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.382 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.10060

Abstract

Perusahaan saat ini saling berlomba dalam merebut pasar agar para konsumen membeli produk yang ditawarkan dan berusaha mempertahankan pelanggannya agar tidak berpaling pada perusahaan lain. Perubahan dan persaingan yang ada mengakibatkan pergerseran pandangan dan gaya hidup yang selanjutnya akan mempengaruhi pelanggan dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah kualitas layanan dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Mobil Toyota Rush pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Populasi penelitian yaitu pemilik mobil Toyota rush di kota Manado dan sampelnya 100 responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Citra Merek, Kualitas layanan, keputusan pembelian berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial. Sebaiknya manajemen Toyota tetap mempertahankan layanan berkualitas yang ditawarkan kepada konsumen bahkan mengembangkan keunggulan-keunggulan dari produk mobil Toyota Rush sehingga konsumen dapat meningkatkan pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan. Kata kunci: kualitas layanan, citra merek, keputusan pembelian
ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN BARANG MILIK DAERAH KOTA MANADO Budiarjo, Indra; Nangoy, Sientje; Mangantar, Maryam
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.914 KB) | DOI: 10.35794/emba.v3i3.10061

Abstract

Analisis sumber dan penggunaan dana atau yang disebut dengan analisis aliran dana, merupakan alat finansial yang sangat penting bagi manajemen keuangan, disamping alat finansial lainnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana dana digunakan dan bagaimana dana tersebut dibelanjakan. Penelitian ini untuk mengetahui Sumber dan Penggunaan Dana Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Manado selama dua tahun terakhir (2013-2014). Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis sumber dan penggunaan modal kerja pada BPKBMD ini menggunakan modal kerja yang berasal dari pendapatan asli daerah yang terdiri dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang disahkan serta pendapatan asli daerah lainnya. Dana  BPKBMD ternyata masih belum mampu untuk membiayai belanja langsung dan belanja tidak langsung dilihat pada pembahasan diatas yaitu pada tahun 2013 BPKBMD kekurangan modal kerja dan begtu juga pada tahun 2014. Manajemen sebaiknya melakukan perencanaan dana sebaik mungkin sehingga tidak mengalami kekurangan dana dan menggunakan manajemen pembelanjaan dana secara tepat dalam membuat kebijakan dan mengambil keputusan dalam hal penentuan besarnya kebutuhan dana bagi organisasi sendiri. Kata kunci: sumber dan penggunaan dana, modal kerja.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. AIR MANADO Harjono, Gerald Joseph; Lumanauw, Bode; Kaisar, Kana
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.232 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.10062

Abstract

Manajemen yang efektif dan efisien sangat penting bagi perusahaan terutama dengan adanya sumber daya manusia yang handal sehingga berpotensi dapat membawa perusahaan kearah yang lebih baik. Kepemimpinan yang baik akan memberikan pengaruh bagi para bawahannya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai, salah satunya adalah kepemimpinan transformasional dan self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan self efficacy terhadap kinerja karyawan di PT. Air Manado secara simultan dan parsial. Metode Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Populasi penelitian berjumlah 140, sampel berjumlah 92 responden. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan baik secara simultan maupun parsial. Manajemen PT Air Manado sebaiknya  tetap memperhatikan kepemimpinan transformasional yang dijalankan pemimpin dan self efficacy yang dimiliki bawahan agar dapat terus meningkatkan kinerja pegawai dan dapat mencapai suatu tujuan lebih dari yang diharapkan.   Kata kunci: kepemimpinan transformasional, self efficacy, kinerja pegawai
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN INSENTIF FINANSIAL TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT. ADIRA FINANCE MANADO Sambiran, Brando; Sepang, Jantje; Dotulong, Lucky
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.661 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.10063

Abstract

Perkembangan suatu perusahaan pada umumnya dipengaruhi oleh kepemimpinan yang diterapkan dalam perusahaan tersebut. Pentingnya peranan tenaga para karyawan dalam organisasi yang dapat dimanfaatkan seefektif mungkin untuk itu, diperlukan cara-cara untuk menggerakkan mereka agar mau bekerja dan menggunakan skill atau keahlian secara maksimal. Seorang pemimpin harus mampu memotivasi kerja karyawannya dan menciptakan kondisi sosial yang menguntungkan bagi setiap karyawannya. Untuk meningkatkan motivasi karyawan, perusahaan PT. Adira Finance Manado memberikan insentif finansial berupa gaji pokok, tunjangan transport, tunjangan makan dan tunjangan hari raya. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif, populasi semua karyawan PT. Adira Finance Manado dan sampel yaitu 57 sampel karyawan. Hasil penelitian menunjukan kepemimpinan dan insentif finansial secara simultan berpengaruh positif terhadap motivasi kerja, kepemimpinan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan insentif finansial berpengaruh positif terhadap motivasi kerja. Sebaiknya pimpinan PT. Adira Finance Manado memperhatikan faktor-faktor kepemimpinan dan insentif finansial agar motivasi kerja dapat meningkat lebih baik dari sebelumnya. Kata kunci: kepemimpinan, insentif financial, motivasi kerja
PENERAPAN AKUNTANSI EKUITAS DANA PADA PEMERINTAH KOTA BITUNG Mole, Dance
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.041 KB) | DOI: 10.35794/emba.v3i3.10064

Abstract

Secara substansial dalam sistem pemerintahan Republik Indonesia terdapat lingkup-lingkup yang terdiri dari pemerintahan pusat, provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota. Lingkup pemerintahan ini merupakan entitas-entitas pelaporan yang menurut ketentuan perundang-undangan wajib menyampaikan laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBN/APBD berupa laporan keuangan, dimana bentuk dan isinya harus disusun dan disajikan sesuai standar akuntansi yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang Penerapan Akuntansi Ekuitas Dana Pada Pemerintah Kota Bitung. Data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan dan data primer yaitu diperoleh dengan cara mengadakan wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, Penerapan Akuntansi Ekuitas Dana Pada Pemerintah Kota Bitung sudah sesuai dengan  standar yaitu Basis Akrual Penuh. Tetapi dalam Penyajian dan pencatatan Laporan keuangan secara keseluruhan Pemerintah Kota masih berbasis CTA (Cash Toward Accrual)atau Berbasis Kas Menuju Akrual. Sebaiknya pemerintah Kota Bitung menerapkan pelaporan keuangan disesuaikan dengan standart laporan keuangan terbaru.   Kata kunci: standar akuntansi, ekuitas
PENGARUH ADVERTISING DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MENGUNJUNGI OBYEK WISATA PANTAI FIRDAUS DI KABUPATEN MINAHASA UTARA Lapian, Stephany Q. W.; Mandey, Silvya; Loindong, Sjendri
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.62 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.10112

Abstract

Iklan merupakan salah satu media komunikasi untuk memperkenalkan barang dan atau jasa kepada konsumen. Sedangkan daya tarik wisata dikatakan segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisata. Iklan yang baik dan daya tarik suatu daerah wisata yang kuat akan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan daya tarik wisata terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke daerah wisata pantai Firdaus. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke daerah wisata pantai Firdaus. Sebaiknya pihak pengelola menambah iklan, untuk bisa di kenal banyak orang, dan menimbulkan ketertarikan masyarakat untuk mengunjungi pantai Firdaus. Kata kunci: iklan, daya tarik, keputusan pembelian
PENGARUH CITRA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN OBJEK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA TAMAN LAUT BUNAKEN SULAWESI UTARA Sangkaeng, Stela; Mananeke, Lisbeth; Oroh, Sem G
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.323 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.10113

Abstract

Indonesia  memiliki lima wilayah  ekosistem  terumbu  karang  terindah  dan  terbaik  di  dunia  yang kesemuanya  menjadi  daya  tarik  bagi  wisatawan  mancanegara  maupun  lokal, salah satunya  adalah  taman Laut Bunaken. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Pariwisata, Promosi Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Pengukuran variabel menggunakan Skala likert. Populasi berjumlah 17.606 dan jumlah sampel berjumlah 100 responden, ditentukan dengan menggunakan rumus penarikan sampel dari slovin. Dari hasil uji secara simultan diperoleh Promosi Pariwisata, Kualitas Pelayanan Objek Wisata secara simultan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Wisatawan, dan secara parsial Promosi Pariwisata berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan, Kualitas Pelayanan Objek Wisata, secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan dan Citra Pariwisata secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Wisatawan. Mengingat Promosi Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata memiliki pengaruh positif yang signifikan serta memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Kepuasan Wisatawan di objek wisata Taman Laut Bunaken, maka pihak objek wisata Taman Laut Bunaken sebaiknya memperhatikan faktor Promosi Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata. Kata kunci: citra pariwisata, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan wisatawa
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PACKAGING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN ROKOK DUNHILL DI KOTA MANADO Pesoth, Mario Christo
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.205 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.10115

Abstract

Pada zaman globalisasi saat ini dimana dunia banyak mengalami kemajuan teknologi dan gaya hidup, termasuk di dalamnya Perusahaan British American Tabacco yang merupakan perusahaan penyedia produk rokok Dunhill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Packaging dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Pengukuran variabel menggunakan Skala likert. Populasi berjumlah 6.953.596 dan jumlah sampel berjumlah 100 responden, ditentukan dengan menggunakan rumus penarikan sampel dari slovin. Dari hasil uji secara simultan di peroleh Kualitas Produk, Packaging dan Brand Image secara simultan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan. Secara parsial Kualitas Produk dan Packaging berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Brand Image secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel yang mempunyai pengaruh paling lemah adalah Packaging sehingga kedepannya perusahaan diharapkan membuat pengemasan yang lebih baik lagi dengan cara berinovasi.   Kata kunci: kualitas produk, packaging, brand image dan kepuasan pelanggan

Page 1 of 441 | Total Record : 4407


Filter by Year

2012 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023) Vol. 11 No. 1 (2023): JE. Vol 11 No 1 (2023) Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3 Vol. 10 No. 4 (2022): JE. VOL 10 NO 4 (2022) Vol. 10 No. 3 (2022): JE. Vol 10 No 3 (2022) Vol 10, No 1 (2022): JE. Vol 10 No 1 (2022) Vol 9, No 4 (2021): JE. Vol 9 No 4 (2021) Vol 9, No 3 (2021): JE. Vol 9 No 3 (2021) Vol 9, No 2 (2021): JE VOL 9 NO 2 (2021) Vol 9, No 1 (2021): JE VOL 9 NO 1 (2021) Vol 8, No 4 (2020): JE VOL 8 NO 4 (2020) Vol 8, No 3 (2020): JE. VOL 8 NO. 3 (2020) Vol 8, No 3 (2020): JE VOL 8 NO 3 (2020) Vol 8, No 2 (2020): JE VOL 8 NO 2 (2020) Vol 8, No 1 (2020): JE VOL 8 NO 1 (2020) Vol 7, No 4 (2019): JE VOL 7 NO 4 (2019) Vol 7, No 3 (2019): JE VOL 7 NO 3 (2019) Vol 7, No 2 (2019): JE VOL 7 NO 2 (2019) Vol. 7 No. 2 (2019): JE VOL 7 NO 2 (2019) Vol 7, No 1 (2019): JE VOL 7 NO 1 (2019) Vol 6, No 4 (2018): JE VOL 6 NO 4 (2018) Vol 6, No 3 (2018): JE VOL 6 NO 3 (2018) Vol 6, No 2 (2018): JE VOL 6 NO 2 (2018) Vol 6, No 1 (2018): JE VOL 6 NO 1 (2018) Vol 5, No 2 (2017): JE Vol 5 No 2 (2017) Hal 1193-1314 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2 (2017) HAL.1060 -1192 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 487 - 611 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL. 5 No. 2 (2017) HAL. 363 - 486 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL. 5 No. 2 (2017) HAL. 235 - 362 Vol 5, No 1 (2017): JE VOL. 5 NO 1 (2017) HAL. 115 - 233 Vol 5, No 02 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2488 No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4475 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4365 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4235 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4095 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3985 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3885 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3764 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 No 3 (2017) HAL 3644 Vol 5, No 3 (2017): JE. VOL 5. NO. 3 (2017) HAL 3529 Vol 5, No 3 (2017): JE. VOL 5. NO. 3 (2017) HAL 3416 Vol 5, No 3 (2017): JE.VOL.5 NO 3 (2017) HAL. 3303 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3180 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3058 Vol 5, No 3 (2017): JE Vol 5 No 3 (2017) HAL 2938 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 2829 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 2713 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2597 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2385 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2286 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2193 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2099 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 1989 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1882 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1781 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1653 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1542 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 No 2 (2017) Hal 1433 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1315 Vol 5, No 1 (2017): JE VOL. 5 NO. 1 (2017) HAL. 1 - 114 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2 (2017) HAL. 955 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2. (2017). HAL 847 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 734 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL. 1145 - 1249 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL. 1025 - 1143 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1486-1604 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1356-1485 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1221-1335 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1097-1220 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL 903 - 1024 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 974-1096 Vol 4, No 5 (2016): JE Vol. 4 No. 3 (2016) Hal. 236 - 301 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL 783 - 892 Vol 4, No 3 (2016): JE VOL. 4 NO. 3 (2016) HAL. 651 - 781 Vol 4, No 3 (2016): JE. VOL 4 NO.3 (2016) HAL 545 - 649 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 (2016) Hal. 223 - 334 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol.4 No.3 (2016) Hal. 001-101 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 768-892 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 641-767 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 518-640 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 395-517 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 121-265 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 001-120 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 743-859 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 504-623 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 376-503 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 131-375 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 131-251 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 001-130 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.3 No.4 (2016) Hal. 860-973 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.3 No.4 (2016) Hal. 624-742 Vol 4, No 3 (2016): JE VOL. 4 NO. 3 HAL 411 - 554 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 Hal. 303 - 409 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 Hal. 102-221 Vol 4, No 2: JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 266-394 Vol 3, No 3 (2015): JE Vol.3 No.3 (2015) Hal. 1266-1395 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 621-728 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 509-619 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 395-508 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 279-394 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 143-277 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 001-142 Vol 3, No 2 (2015): JE V3 No.2 Juni 2015, Hal. 001 - 123 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1008 - 1123 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1204- 1323 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1072- 1203 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 878 - 1003 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 884- 1007 Vol 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1126 - 1265 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 951- 1071 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 744 - 877 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 483 - 607 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 241 - 362 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 119 - 240 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 001 - 118 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 758- 883 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 629- 757 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 375-499 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 247- 374 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 124- 246 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 841- 950 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 592- 716 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 474- 591 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 358- 473 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 118- 230 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 001- 117 Vol 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 500- 628 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1686 - 1814 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1564 - 1685 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1443 - 1563 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1330 - 1442 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1214 - 1329 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1089 - 1213 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1594 - 1722 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1472 - 1592 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1212-1338 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 973 - 1089 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 714- 831 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 613- 713 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 482- 612 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 364- 481 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 233- 363 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 117- 232 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 853 - 972 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 727 - 852 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 598 - 726 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 477 - 597 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 361 - 476 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 116 -235 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 001 - 115 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 716-840 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 595-715 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 470 - 594 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 353 - 469 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 234 - 352 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 124 - 233 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 01 - 122 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1- 116 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2264 - 2381 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2143 - 2263 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2015 - 2142 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1892 - 2014 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1770 - 1891 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1650 - 1768 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1533 - 1649 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1406 - 1532 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1285 - 1405 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1165 - 1284 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1054 - 1164 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1193 - 1312 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1080 - 1193 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 936 - 1053 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 960 - 1079 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 821 - 935 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 709 - 820 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 582 - 708 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 462 - 581 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 344 - 461 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 235 - 342 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 882 - 997 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 841 - 959 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 722 - 840 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 603 - 721 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 558-663 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 476 - 601 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 446-557 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 356 - 475 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 339-445 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 233 - 354 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 230-338 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 118 - 232 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 110-229 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 001 - 117 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1 - 115 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 1-109 Vol 1, No 4 (2012): Jurnal EMBA, HAL 116 - 234 More Issue