cover
Contact Name
Yuhefizar
Contact Email
jurnal.resti@gmail.com
Phone
+628126777956
Journal Mail Official
ephi.lintau@gmail.com
Editorial Address
Politeknik Negeri Padang, Kampus Limau Manis, Padang, Indonesia.
Location
,
INDONESIA
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi)
ISSN : 25800760     EISSN : 25800760     DOI : https://doi.org/10.29207/resti.v2i3.606
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Rekayasa Sistem, Teknik Informatika/Teknologi Informasi, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi di bidang Teknologi dan Informasi. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) menerima artikel ilmiah dengan lingkup penelitian pada: Rekayasa Perangkat Lunak Rekayasa Perangkat Keras Keamanan Informasi Rekayasa Sistem Sistem Pakar Sistem Penunjang Keputusan Data Mining Sistem Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligent System Jaringan Komputer Teknik Komputer Pengolahan Citra Algoritma Genetik Sistem Informasi Business Intelligence and Knowledge Management Database System Big Data Internet of Things Enterprise Computing Machine Learning Topik kajian lainnya yang relevan
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017): April 2017" : 11 Documents clear
Studi atas Pemanfaatan Blockchain bagi Internet of Things (IoT) Arief, Lathifah; Sundara, Tri A
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29207/resti.v1i1.26

Abstract

Ekosistem Internet of Things (IoT) berkembang dengan sangat cepat dan diperkirakan akan menghubungkan 5-20 miliar perangkat pada tahun 2020. Data yang dihimpun dari perangkat ini akan mencapai jumlah yang sangat besar. Saat ini, ekosistem IoT pada umumnya menggunakan model sistem terpusat. Model tersebut memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya pemeliharaan yang relatif tinggi, Sistem terdistribusi dapat menjadi alternatif solusi. Blockchain, teknologi ledger terditribusi, memungkinkan transaksi peer-to-peer tanpa perlu adanya perantara pihak ketiga yang terpercaya. Paper ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pengintegrasian Blockchain ke dalam ekosistem IoT. Hasil penelitian berupa model dan use-case pemanfaatan Blockchain dalam IoT.
Pengukuran Tingkat Kematangan Pengembangan Business Intelligence Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Perguruan Tinggi Primadewi, Ardhin; Yudatama, Uky; Nugroho, Setiya
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29207/resti.v1i1.18

Abstract

In the era of globalization, the role of Information and Communication Technology (ICT) is the main asset in winning the global competition. Currently the role of ICT in education is enormous. High education have used ICT as an implementation of e-business. But the implementation of ICT business intelligence in high education still sporadic. High education need direction of measurable and targeted ICT development with business intelligence overview. It needs a reference of management and monitoring of ICT business intelligence implementation at high education as a benchmark. The benchmark in this study is using BIDM framework that can evaluate the development of business intelligence implementation from technological, human and process perspective. The result is a level in terms of implementation of ICT business intelligence in high education that became the basis of making the next strategic plan of higher education. Then the existing problems can be mapped using Value chain analysis. Combining these two ways is expected to be a reference for the development of implementation of ICT business intelligence in high education to be more systematic.
Kajian Signifikansi Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan e-Learning Pada Siswa SMK Global Informatika Tangerang Butarbutar, Forkas Tiroy Santos; Haryanto, Yuli
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29207/resti.v1i1.13

Abstract

Increasing the role of information systems / information technology through e-Learning media allows evaluated so as to know the needs that need to be developed and maintained its existence. For that, there needs to be a study to find out how much e-learning earmarking role in the learning process students in school. The research was done by using Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model that able to explain and predict the factors that significantly influence in the use of e-Learning at SMK Global Informatika Tangerang. The UTAUT model in this study was tested by validation process on the factors that significantly influence in the use of e-Learning done by using SEM analysis and AMOS software. The result of this research is that Effort Expectancy and Facilitating Condition have significant effect on Behavior Intention and Use Behavior. Thus the conclusion obtained is the e-Learning media accessed by students of SMK Global Informatika Tangerang is very easy to understand coupled with the availability of facilities that contribute to the progress of student learning.
Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD Fauzi, Ahmad; Harli, Eko
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29207/resti.v1i1.16

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin berkembang, hal ini terlihat dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi sebesar 5,18% di tahun 2016. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya bidang usaha yang berkembang dan menimbulkan persaingan usaha yang juga semakin ketat. Persaingan usaha tidak hanya berlaku pada bagaimana cara memperoleh pelanggan sebanyak mungkin, namun sekarang ini persaingan usaha juga berupa bagaimana mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan sehingga pelanggan merasa dilayani sebagai raja. Customer Relationship Management merupakan salah satu cara dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, kesulitan-kesulitan dalam memahami dan menganalisis kebutuhan pelanggan dapat dilakukan dengan membangun CRM yang baik. Metode Rapid Application Development dapat memberikan kecepatan dan efisiensi dalam membangun CRM. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode RAD, proses pembangunan sistem CRM menjadi lebih cepat dan sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha. Selain itu dengan adanya CRM, tingkat kepuasan pelanggan meningkat hingga 85% dan memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.
Pengembangan SMS Gateway Layanan Informasi Akademik di STMIK GI MDP Sihotang, Fransiska Prihatini; Jumeilah, Fithri Selva
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29207/resti.v1i1.12

Abstract

Information technology can be utilized in education such as e-Learning and Academic Information System. STMIK GI MDP has applied information technology that provides ease for the dissemination of academic information to students. However, the parents of the students have not obtained the academic information of their children due to the lack of internet-related knowledge. Therefore, this study aims to create a service that is able to convey information to parents directly with SMS Gateway service. This research begins with the collection of user needs through observation techniques and interviews to academic staff and parents. Then performed the required feature analysis. Then the design of SMS Gateway application that will be embedded in existing academic applications and coding system. Gammu is used as a link between applications with mobile phones. The result of this research is the application of SMS Gateway service that can give the student academic information to the parents.
Purwarupa Sistem Pendataan Pengunjung dan Pengendalian Perangkat Laboratorium Dalam Pengembangan Smart Campus Pratiwi, Heny Ispur; Satyaputra, Alfa; Aribowo, Arnold
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29207/resti.v1i1.10

Abstract

The laboratory visitors data collection system serves as a timestamp data collection of laboratory visitors, and the control system is set for controlling electrical devices such as air conditioners, lights, and door locks inside the laboratory room according to the visitors amount, both are integrated as one system for implementing the development of Smart Campus and supporting conveniences and security for Lecturers, staff and students. The system uses hardware such as door lock solenoid, relay board, RFID reader, serial-cables and Arduino microcontrollers. Some software are used such as Node.js scripts (JavaScript runtime environment) as the central logic and communication, one Arduino microcontroller programmed with Arduino software program, and another Arduino microcontroller is embedded with firmware Firmata and application software such as server XAMPP for web pages using Bootstrap framework and Javascript library such as AngularJS, JQuery and Javascript Bootstrap. Furthermore, MySQL is used as a database by using a serial protocol, and then WebSocket and Johnny-Five Framework are used as a complement system solution. Overall integration of the systems is expected to run smoothly as designed.
Penerapan Support Vector Machine (SVM) untuk Pengkategorian Penelitian Jumeilah, Fithri Selva
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29207/resti.v1i1.11

Abstract

Penelitian setiap perguruan tinggi akan terus bertambah. Penelitian akan disimpan dalam bentuk softcopy dan hardcopy. Penyusunan penelitian hendaknya harus perkategori agar mempermudah pencarian orang yang membutuhkan refrensi. Untuk mengkategorikan penelitian maka dibutuhkan sebuah metode untuk penambangan teks, salah satunya dengan implementasi Support Vector Machines (SVM). Data yang digunakan untuk mengenali ciri dari tiap kategori maka dibutuhkan data sekunder yang merupakan kumpulan dari abstrak penelitian. Data tersebut akan dilakukan praprosesing dengan beberapa tahapan yaitu case folding mengubah semua huruf menjadi huruf kecil, stopwords removing penghapusan kata-kata yang sangat umum, tokenizing membuang tanda baca, dan stemming mencari akar kata dengan membuang awalan dan akhiran. Selanjutnya data yang sudah mengalami preprocessing akan diubah menjadi bentuk numerik dengan untuk tahap term weighting yaitu pemberian bobot kontribusi setiap kata. Dari hasil term weighting maka diperoleh data yang bisa digunakan untuk data traning dan data uji. Proses training dilakukan dengan memberikan masukan berupa data teks yang diketahui kelas atau kategorinya. Kemudian dengan menggunakan algoritma Support Vector Machines, data-data hasil masukan tersebut ditransformasikan ke dalam suatu aturan, fungsi, ataupun model pengetahuan yang nantinya dapat digunakan dalam proses prediksi. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa pengkategorian penelitian yang dihasilkan oleh SVM sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan leh hasil pengujian yang menghasilkan tingkat akurasi 90%.
Sistem Informasi Kearsipan Tata Kelola Surat Pada Kantor Inspeksi BRI Kota Padang Suherman, Yanni
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29207/resti.v1i1.7

Abstract

A letter is a means to submit a statement or information in writing from one party to another. The information may be a notice, statement, request, report, thought, rebuttal and so on. The management of letters within an institution is categorized into two, namely incoming and outgoing mail. An incoming letter is a letter received by an organization / institution made by another official organization / institution and an outgoing letter is a letter sent by an organization / institution made by another official organization / institution. BRI Inspection Office is representative of BRI directors in regions that perform supervisory function of operational working units in the region, or it can be said is the eyes and ears of directors in the region. Including the Inspection Office of BRI Padang City, which oversees the operational work units located in the Padang City area and conducts audits with the aim of ensuring that internal controls in the operational work units in their working areas are effective especially in Padang City. In the mail archiving system, there are many piles of unorganized letters so that when supervisors want to check incoming mail or outgoing mails they will not be properly managed. This new letter governance information system is expected to make it easier for the BRI Inspection Office to manage the archiving of incoming and outgoing mail.
Aplikasi Computer Assisted Test (CAT) Pada Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam (STTP) Putrawansyah, Ferry
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to develop a valid and practical Computer Assisted Test (CAT) Application. This research is based on a less than optimal test process because it still uses paper sheets and graduation announcement process waiting for a long time. The instrument used in this study is the expert review to test the validity and test of one to one to know the practicality. Based on the Expert Review results of this product is stated valid from the average value of the assessment of media experts, design experts and evaluation experts with a score of 3, 9 so that the product category is valid. Then the practicality of this product was assessed by 3 respondents with an average score of 3.9 with practical criteria. So based on the CAT application product that is valid and practical. Then suggested to the next researcher to be able to research on the Android operating system. Keywords : Computer Assisted Test (CAT), Validity, Practicalization
Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Waktu Penangkaran Burung Walet Berbasis Mikrokontroller Ikhsan, Ikhsan
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29207/resti.v1i1.5

Abstract

Budidaya Walet menjadi primadona bagi sebagian kalangan masyarakat pembudidaya, karena sarang Walet dapat menjadi komoditas baru. Sebagian besar para pembudidaya walet membuat rumah burung walet (RBW) baik di rumahnya maupun ditempat lain. Untuk memancing jenis burung ini agar datang dan bersarang pada rumah yang dibuat, dibutuhkan teknik pemanggil. Tekniknya, diputarkan audio burung Walet sebagai sarana pemanggilnya. Namun, suara ini tidak harus diperdengarkan setiap saat, ada jam-jam tertentu, sehingga akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih untuk menghidupkan berkali-kali setiap hari. Walaupun dipasaran sudah banyak jenis suara burung yang dikemas dalam bentuk twitter, namun harganya masih terlalu tinggi. Untuk itu sistem otomatisasi waktu ini memiliki peranan penting agar proses on/off audio Walet dapat terorganisir dengan baik. Perancangan dilakukan dengan metode penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut : Penelitian Lapangan, Wawancara, Penelitian Pustaka, dan terakhir Penelitian Laboratorium. Hasilnya; sistem ini dapat berjalan memainkan suara walet yang disimpan dalam sebuah IC Suara berdasarkan waktu yang sudah diset sebelumnya, sehingga dapat mengefesienkan waktu untuk menghidupkan dan mematikan suara burung Walet, disamping itu, sistem otomatisasi ini juga dapat mengefesienkan biaya jika dibandingkan dengan membeli twitter otomatis.

Page 1 of 2 | Total Record : 11