cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 88 Documents
Peran entering behaviour terhadap efektivitas pembelajaran matematika di kota salatiga Muhammad Istiqlal
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.89 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.643

Abstract

Penelitian ini berusaha menjelaskan pola entering behaviour dengan cara mengoptimalkan kegiatan pembuka dan kegiatan penutup dalam pembelajaran matematika di kelas.  Permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran adalah tidak adanya perencanaan pembelajaran yang baik dari guru. Hal ini mengakibatkan waktu yang disediakan dirasa tidak mencukupi untuk menyampaikan materi yang telah dirumuskan dalam silabus. Guru dapat memangkas waktu pembelajaran dengan teknik memulai dan mengakhiri pembelajaran (entering behaviour) yang tepat. Dengan menjadikan setiap pertemuan menjadi sebuah mata rantai pembelajaran yang tidak terputus maka guru dimungkinkan dapat melaksanakan pembalajaran dengan efisien dan efektif. Optimalisasi kemampuan membuka dan menutup pelajaran juga dimungkinkan untuk menekan atau bahkan meniadakan pekerjaan rumah siswa. Kreativitas guru menjadi bagian yang terintegrasi dengan entering behaviour. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui peran entering behaviour terhadap efektivitas pembelajaran matematika di Kota Salatiga.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dinyatakan berhasil jika nilai rata-rata kelas III atau V MI mencapai lebih dari atau sama dengan 76,00, ketuntasan belajar termasuk dalam kategori baik dari jumlah peserta didik seluruhnya, dan keaktifan guru dan peserta didik termasuk dalam kategori baik berdasarkan hasil pengamatan guru peneliti dan pengamat. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini diharapkan peserta didik dapat menyelesaikan program pembelajaran lebih cepat dari yang sudah direncanakan.Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan pola Entering Behaviour memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hasil belajar siswa juga meningkat dan dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Nasional. Selain itu, dengan menggunakan pola ini, siswa tidak lagi terbebani dengan banyaknya PR, karena tugas sudah langsung dikerjakan dan selesai saat pembelajaran berakhir.
Pendekatan problem solving pada pembelajaran matematika Muh. Fajaruddin Atsnan; Rahmita Yuliana Gazali
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.541 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.651

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving pada materi statistika. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Banjarmasin yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tak terstruktur untuk mengetahui bagaimana siswa mengecek kembali proses dan hasil penyelesaian masalah secara mendalam. Sedangkan dokumentasi berupa hasil penyelesaian masalah yang disajikan pada LKS 1 dan LKS 2. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan persentase dan kualitatif dengan deskripsi tentang hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan problem solving (pemecahan masalah) pada materi statistika di kelas VIII E SMP Negeri 7 Banjarmasin berjalan 75% Dari empat langkah pendekatan problem solving, 3 langkah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan menyelesaikan dilaksanakan oleh siswa pada saat berkelompok. Diperlukan pembiasaan menyajikan soal-soal pemecahan masalah (non rutin), agar anak terbiasa dan memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Perbedaan model problem based learning dan discovery-inquiry ditinjau dari hasil belajar matematika siswa Riski Nur Istiqomah Dinnullah
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.123 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.654

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery-Inquiry pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Malang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang dipilih dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Kedua kelas diberikan perlakuan yang bebeda dengan materi yang sama yakni Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV). Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan tes yang terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sampel T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery-Inquiry pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Malang tahun ajaran 2017/2018 dengan diperoleh signifikansi0,05 yaitu 0,0130,05. Selanjutnya, nilai rata-rata kelas yang menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada kelas dengan Model Discovery-Inquiry, yaitu dengan nilai rata-rata masing-masing kelas adalah 79,839 dan 71,613. Hal ini menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) lebih unggul daripada Model Discovery-Inquiry
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Erdawati Nurdin; Ridha Herlina; Risnawati Risnawati; Granita Granita
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.954 KB) | DOI: 10.26486/jm.v4i1.500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan open ended dan mengetahui kelayakan produk LKS dari aspek kevalidan dan kepraktisan, serta untuk melihat kemampuan berpikir siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) setelah penggunaan LKS. LKS berbasis pendekatan open ended ini dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis open ended ini valid dan praktis, serta mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. LKS berbasis open ended ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi pembelajaran matematika sekolah.
Analysis of Geometry Misconceptions In The BSE Book As A 2013 Curriculum Book Reference Dafid Slamet Setiana; Nuryadi Nuryadi; Rusgianto Heri Santoso
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.919 KB) | DOI: 10.26486/jm.v4i1.1022

Abstract

This study aims to find out empirical data from the analysis of Electronic School Books (BSE) for students of Class IX Middle Semester I. There are 3 (three) triangles elements, namely the vertex, angle and length of the sides of the triangle, each consisting of 3 (three). But to determine the existence of a triangle requires only two elements, namely the angle and length of the sides of the triangle. However, not the two elements that are used to determine the existence of a triangle, but each must be known. To determine it enough to know 3 (three) elements of the two elements, namely: a. The length of the three sides, b. The length of both sides and one of its angles, c. The length of one side and the size of both angles. The results of the study based on literature review found an error that the BSE Student Mathematics book for class IX contained a triangular image error with 5 elements of two elements (3 side lengths and 2 angles) which proved impossible after analysis using painting and trigonometric calculations.
Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ananda Putri Iskandar; Leonard Leonard
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.33 KB) | DOI: 10.26486/jm.v4i1.801

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Kemampuan penalaran matematika adalah kemampuan menggunakan nalar dalam menyimpulkan, membuktikan, membangun gagasan baru, dan menyelesaikan masalah-masalah matematika yang perlu dimiliki oleh setiap siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posstest-only. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Sampel penelitian sebanyak 60 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas (30 kelas eksperimen dan 30 kelas kontrol). Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Setia Negara dan SMP Gelora Depok. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran NHT dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan uji chi-kuadrat, uji fisher dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata nilai peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran numbered heads together dengan strategi tugas dan paksa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran penemuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis mununjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran numbered heads together dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa.
Peranan Metode Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Yova Bella; Huri Suhendri; Rita Ningsih
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jm.v3i2.821

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran the power of two terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa kelas VIII MTs Nurussaadah Jakarta dan SMP Perguruan Rakyat 1 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang diambil berasal dari populasi kelas VIII MTs Nurussaadah Jakarta dan kelas VIII SMP Perguruan Rakyat 1 Jakarta sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas ekperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel ada 2 tahap : (1) teknik sampling purposive (2) teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data variabel pemecahan masalah matematika dilakukan dengan pemberian soal essay untuk variabel kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan hasilnya thitung ttabel. Sehingga dapat disimpulankan terdapat pengaruh metode pembelajaran the power of two terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Sehingga metode pembelajaran the power of two dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan siswa menjadi lebih aktif.
Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika Mulin Numan
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.674 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i2.762

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika terutama pada materi statistika non parametrik yang layak digunakan dalam perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (Research and Development). Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang diadaptasi dari Borg Gall, yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan validasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika dengan model pengembangan Borg Gall yang meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi. Bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika yang dikembangkan mendapat kategori validitas Sedang dari validator dengan skor 0,793 dan respon mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika yaitu mahasiswa sangat senang dan antusias terhadap penggunaan bahan dalam pembelajaran.
Pengembangan Laboratorium Matematika Virtual Dengan Software Appy Pie Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Adaptive E-Learning Isna Kholifa; Suswanti Suswanti; Nuryadi Nuryadi
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.723 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i2.876

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika virtual berbasis Android  ditinjau dari kemampuan komunikasi dan adaptive e-learning yang valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran matematika virtual yang dihasilkan berbasis Android pada materi pokok bilangan dibuat dengan bantuan software Appy Pie yang berisikan teks, gambar, video, link, dan game interaktif. Prosedur pengembangan media matematika virtual menggunakan 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba yang dilakukan meliputi ujicoba ahli/validasi ahli (expert judgement), uji coba kelompok kecil (small group try-out) dan uji coba lapangan (field try-out). Uji coba lapangan (field try-out) dilakukan pada dua kelas X di SMA N 1 Sedayu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, dan instrumen tes keefektifan media. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor data kuantitatif yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media matematika virtual berbasis Android dengan berbantukan software Appy Pie memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan adaptive e learning.
PERFORMANCE OF TRAPEZOIDAL METHOD AND GAUSS-LEGENDRE METHOD IN SETTLEMENT OF CERTAIN INTEGRAL ASSISTED MATLAB Adi Prasetia
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (982.155 KB) | DOI: 10.26486/mercumatika.v1i1.189

Abstract

 This study aimed to compare the performance of a particular integral calculation using the Trapezoid and Gauss-Legendre method in five integral cases to determine the accuracy of the integral results value of both methods which are based on the relative error percentage. This study is a literature research which formulate mathematical problem that can be solved with the usual arithmetic operations or calculations which are addition, subtraction, multiplication and division to obtain numeral with the best accuracy. Trapezoidal method formula used is while the Gauss-Legendre formula used is , This study shows that the Gauss-Legendre method has better performance by giving the percentage of error which is relatively better than Trapezoid method used in the five cases. Keywords: Numerical Methods, Trapezoid method, the method of Gauss-Legendre