cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Volume 5 No 2, September 2017
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS X AK I SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017 AL MUNAWAR, AHMAD
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari duasiklus. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melihat nilai hasil ujian shooting bolabasket kelas X AK I, untuk mengetahui letaka kesulitan pada pelajaran shooting bola basket,kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio-visual dan di akhiridengan pemberian tes tiap siklus I dan siklus II dengan instrumen penelitian lembaranpengamatan tes hasil belajar shooting bola basket dengan menggunakan lembar portofolio.Setelah data terkumpul dan dan dilakuakan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1)dari data hasil tes belajar siklus I diperoleh 16 orang (47%) yrng telah mencapai tingkatketuntasan belajar, sedangkan 18 orang (53%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,adapunnilai rata-rata siswa yang mencapai nilai KKM adalah 77,5. (2) dari tes hasil belajar siklus IIdiperoleh 26 orang (76,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 8 orang(23,5) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, adapun nilai rata-rata siswa yang mencapainilai KKM adalah 79. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa metodepembelajaran menggunakan media pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan hasil belajarshooting bola basket pada sisiwa X AK I SMK Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016 SYALEH, MUHAMMAD
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016 melalui metodedemontrasi dan Modifikasi Alat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tessiswa yang berbentuk aplikasi passing atas bola voli. Teknik pengumpulan data dengan penilaianhasil belajar passing atas bola voli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Melalui metode demontrasi danmodifikasi alat, sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswakelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Dari analisis yang diperolehpeningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hal ini diketahui dari tes awal hanya 8siswa yang tuntas (26,67%) dan 22 siswa yang tidak tuntas (73,33%) dengan nilai rata-rata53,33, disiklus I terdapat 16 siswa yang tuntas (53,33%) dan yang tidak tuntas 14 siswa (46,67%)dengan nilai rata-rata 62,49 dan siklus II terdapat 28 siswa yang tuntas (93,33%) dan yang tidaktuntas 2 siswa (6,67%) dengan nilai rata-rata 77,21.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOTTING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI METODE DEMONSTARSI PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 2 SATU ATAP PATUMBAK TAHUN AJARAN 2016/2017 ADITYA, RINALDI
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasilbelajar shooting menggunakan kaki bagian dalam Melalui Metode demonstarsi pada siswa kelasVIII-1 SMP Negeri 2 Satu Atap patumbak Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi penelitian inidilaksanakan di lapangan SMP Negeri 2 Satu Atap patumbak, penelitian dilaksanakan mulai 11agustus sampai 20 agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1SMP Negeri 2 Satu Atap patumbak Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 siswa yangterdiri dari 16 putra dan 14 putri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakankelas (PTK).Yang terdiri dari siklus I dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini makadilakukan tes hasil belajar siklus I dan tes hasil belajar siklus II yang berbentuk aplikasi teknikdasar shooting menggunakan kaki bagian dalam Melalui Metode demonstarsi pada permainansepak bola pembelajaran ini dilakukan sebanyak dua kali pertemuan.Dimana pembelajaran Melalui Metode demonstarsi. Dari tes hasil belajar denganmenggunakan metode demontrasi di siklus I diperoleh 21 siswa (70%) yang telah mencapaitingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (30%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan nilai rata-rata 74,36. Dari tes hasil belajar disiklus II diperoleh 27 siswa (90%) yangmencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (10%) belum mencapai tingkatketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 85,43. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadipeningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis datadikatakan bahwa Melalui Metode demonstarsi dapat meningkatkan hasil belajar shootingmenggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada VIII-1 SMP Negeri 2 SatuAtap patumbak Tahun Ajaran 2016/2017.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN DASAR SEPAKBOLA Nurdiyan Haris, Iyan
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipeSTAD terhadap hasil belajar keterampilan dasar sepakbola dan manakah yang lebih berpengaruhantara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model konvensionalterhadap hasilbelajar keterampilan dasar sepakbolasiswa kelas V, VI SD Negeri 6 Watampone.Desainpenelitian yang digunakan adalah RandomizePretest-Posttest Control Group Design. Analisisdata yang digunakan adalah Uji Paired Sample t-test dan Independent Sample t-testPosttest.Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STADterhadap hasil belajar keterampilan dasar sepakbola siswa, dan pengaruh model pembelajarankooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Pembelajaranpendidikan jasmani dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikemas secarakolaboratif mampu membuat siswa menjadi lebih kreatif
PENGARUH LATIHAN LEG EXTENSION DENGAN LEG PRESS MENGGUNAKAN MODIFIKASI BEBAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL LOMPAT JAUH RIYANTO, PULUNG
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar lompat jauh antaramelakukan latihan leg ekstension dengan leg press menggunakan modifikasi beban terhadappeningkatan hasil lompat jauh pada siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode eksperimen dengan desain Pre test – Post tes Desain. Populasi dalam penelitianadalah siswa putra SMA 1 Panjalu, sedangkan yang dijadikan sampel terdiri dari 30 orang siswaputera. Dari jumlah sampel 30 siswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Asebanyak 15 orang dan kelompok B sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian sebagai pengumpuldata adalah tes lompat jauh gaya Schnepper. Hasil penghitungan dan analisis data menunjukanbahwa kelompok A sebesar nilai Thitung = 2,3 lebih besar dari Ttabel = 1,701 pada taraf nyata ( )= 0,10 dengan dk = 28. Dengan demikian latihan leg ektension memberikan pengaruh yangsignifikan terhadap peningkatan hasil lompat jauh gaya Schnepper pada siswa SMA 1 Panjalu.Hasil penghitungan dan analisis data menunjukan bahwa kelompok B sebesar nilai Thitung= 0,65 lebih kecil dari Ttabel = 1,701 pada taraf nyata ( ) = 0,10 dengan dk = 28. Dengandemikian latihan leg press tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatanhasil lompat jauh gaya Schnepper pada siswa SMA 1 Panjalu. Selanjutnya berdasarkanpenghitungan perbedaan rata-rata dengan uji dua pihak (Uji T) antara latihan leg ekstensiondengan leg press diperoleh nilai Thitung = 1,96 lebih besar dibandingkan dengan Ttabel = 1,701pada taraf nyata ( ) = 0,10 dengan dk = 28. Artinya latihan leg ekstension memberikanpengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil lompat jauh menggunakan gaya Schnepperpada siswa SMA 1 Panjalu dibandingkan dengan menggunakan latihan leg press.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI GAYA MENGAJAR LATIHAN PADA SISWA KELAS V SD 014669 SEI KAMAH KAB.ASAHAN TAHUN AJARAN 2016/2017 SIDIK SIREGAR, FAJAR
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar LompatJauh Gaya Jongkok Melalui Gaya mengajar latihan pada siswa kelas V SD 014669 Sei KamahKab.Asahan tahun ajaran 2016/2017. waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2017.Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari12 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupaGaya Mengajar Latihan terhadap hasil belajar Lompat Jauh.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I dapat dilihatbahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Lompat Jauh masih rendah. Dari 25orang siswa terdapat 15 orang (60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10orang (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswaadalah 76,3. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukantes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang (88%)yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (13%) belum mencapai ketuntasanbelajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,7, sehingga terdapat kenaikan 25%hasil belajar dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hal itu maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui gaya mengajarlatihan dapat meningkatkan hasil belajar Lompat Jauh pada siswa kelas V SD 014669 Sei KamahKab.Asahan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BACKHAND SHORT SERVICE DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016 Sari, Liliana Puspa
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Backhand ShortService Pada Permainan Bulutangkis pada siswa kelas VII SMP NEGERI 7 tahun ajaran2015/2016. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan agustus 2016.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihatbahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Backhand Short Service masih rendah.Dari 30 orang siswa terdapat 10 orang (33%) yang tidak mencapai ketuntasan belajar,sedangkan 20 orang (66%) telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajarsiswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalammelakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 30 orang siswa terdapat 26orang (87%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (13%) belum mencapaiketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16.Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melaluiPenerapan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar backhand short service padasiswa kelas VII SMP NEGERI 7 Medan tahun ajaran 2015/2016.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 014646 TELUK KIRI KAB. ASAHAN TAHUN AJARAN 2016/2017 MUGO RAHARJO, FAJAR
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil Hasil BelajarMenggiring Bola Dengan Sisi Kaki Bagian Dalam Melalui Pendekatan Bermain Siswa Kelas VSD NEGERI 014646 TELUK KIRI KAB. ASAHAN tahun ajaran 2016/2017.Waktu penelitiandilaksanakan pada bulan Mei 2017.Berdasarkan hasil belajar siswa pada data awal setelah tes hasil belajar dapat dilihatbahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Menggiring Bola dengan Sisi KakiBagian Dalam masih rendah dari 30 orang siswa terdapat 9 orang (30%) yang mencapaiketuntasan dan 21 orang (70%) yang belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata63. Pada Siklus I dapat kita lihat dari 30 orang siswa terdapat 21 orang (70%) yang telahmencapai ketuntasan belajar, Sedangkan 9 orang (30%) belum mencapai ketuntasan belajar,Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,3. Kemudian pada Siklus II dapat dilihatbahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar Menggiring Bola dengan Sisi KakiBagian Dalam secara klasikal sudah meningkat. Dari 30 orang siswa terdapat 26 orang (87%)yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (13%) belum mencapai ketuntasanbelajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,2. Berdasarkan penjelasan diatasmaka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Pendekatan Bermain dapatmeningkatkan hasil belajar Menggiring Bola dengan Sisi Kaki Bagian Dalam pada Siswa KelasV SD NEGERI 014646 TELUK KIRI KAB. ASAHAN tahun ajaran 2016/2017.
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN CONTROL BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA TAHUN 2016 matondang, mahmudin
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan control bola dalampermainan sepakbola. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain Sekolah SepakbolaPTPN II, Sekolah Sepakbola Tunas Muda desa Tanjung selamat dan Sekolah Sepakbola SampaliPutra Tahun 2016. Model yang telah dibuat terlebih dahulu divalidasi 3 orangahli dibidangolahraga yaitu 2 orang merupakan pelatih sepakbola dan 1 orang merupakan akademisi olahragayang berasal dari universitas yang mempunyai latar belakang pendidikan olahraga. Uji kelompokkecil melibatkan 10 orang pemain Sekolah Sepakbola PTPN II, Sekolah Sepakbola Tunas MudaTanjung Selamat Percut dan uji kelompok besar melibatkan 30 orang pemain SekolahSepakbolaPTPN II, Sekolah Sepakbola Tunas Muda desa Tanjung selamat dan SekolahSepakbola Sampali Putra.Hasil validasi pengembangan Model latihan Control bola dalam permainan sepakbolaberjumlah 7 model. Hasil dari validasi ahli bahwa keseluruhan model tersebut dapat digunakanuntuk meningkatkan control sepakbola dimana persentase validitasnya adalah 81%-94%. Hasiluji kelompok kecil terhadap 10 orang pemain Sekolah Sepakbola PTPN II dan SekolahSepakbola Tunas Muda Tanjung Selamat Percut menunjukkan bahwa 10 model tersebut sudahmemenuhi criteria layak atau valid. Persentase validitas dari angket yang telah dibagikan kepadasampel menunjukkan bahwa 80%-100% mereka mengakui bahwa variasi tersebut sudahmemenuhi kriteria untuk meningkatkan kemampaun control dalam permainansepakbola.Hasil uji kelompok besar terhadap 30 orang pemain Sekolah SepakbolaPTPN II, SekolahSepakbola Tunas Muda desa Tanjung selamat dan Sekolah Sepakbola Sampali Putramenunjukkan bahwa 7 model tersebut sudah memenuhi criteria layak digunakan. Persentasevaliditas dari angket yang telah dibagikan kepada sampel menunjukkan bahwa 83%-92% merekamengakui bahwa variasi tersebut sudah memenuhi kriteria untuk meningkatkan kemampauncontrol sepakbola. Dapat disimpulkan ketujuh control tersebut baik untuk meningkatkankemampuan control sepakbola dan pada setiap control mempunyai variasi-variasi karena haltersebut sangat penting dalam latihan agar latihan tersebut tidak membosankan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SWA BINA KARYA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016 EVRIASNYAH LUBIS, ADE
Volume 5 No 2, September 2017 Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : Volume 5 No 2, September 2017

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing sepak bolapada siswa kelas X SMK Swasta Swa Bina Karya Medan, melalui variasi pembelajaran.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam duasiklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber datadalam penelitian ini berupa tes kepada para siswa yang berbentuk aplikasi teknik dasar passingsepak bola. Teknik pengumpulan data dengan penilaian hasil belajar passing sepak bola. Teknikanalisis data yang digunakan secara deskriptif berdasarkan pada analisis kualitatif denganprosentase.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa melalui variasi pembelajaran,dapat meningkatkan hasil belajar passing sepak bola, diperoleh peningkatan yang signifikan padasetiap siklus dari hasil analisis data yang dilakukan

Page 1 of 2 | Total Record : 11