cover
Contact Name
Hendra
Contact Email
hendra.wijayanto@uta45jakarta.ac.id
Phone
+6281908756400
Journal Mail Official
hendra.wijayanto@uta45jakarta.ac.id
Editorial Address
retnayu.prasetyanti@uta45jakarta.ac.id
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA)
ISSN : -     EISSN : 24600369     DOI : -
Core Subject : Social,
Fokus IJPA memusatkan perhatian pada permasalahan utama dalam pengembangan keilmuan administrasi publik meliputi: 1. Perkembangan Birokrasi dan Administrasi Pemerintahan 2. Desentralisasi, Otonomi Daerah, Pelayanan Publik 3. Kebijakan Publik dan Good Governance 4. Manajemen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015" : 5 Documents clear
AKUNTABILITAS SOSIAL PADA PEMERINTAHAN LOKAL (Studi Terbentuknya Akuntabilitas Sosial Masyarakat Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu) Catur Wulandari
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v1i2.270

Abstract

ABSTRAK Reposisi administrasi publik telah menempatkan masyarakat sebagai aktor penting dalam upaya pelayanan public sebagaimana diatur dalam KEPMENPAN 63 / KEP / M.PAN / 7/2003. Akuntabilitas merupakan sarana dan tujuan yang akan dicapai dalam reformasi administrasi. Ketika akuntabilitas tidak berjalan maka masyarakat memiliki kekuasaan untuk memaksakan akuntabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan akuntabilitas sosial serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pendekatan dalam penelitian ini memakai pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan pengkodean (coding) terbuka dan tertutup. Data dari setiap wawancara informan berlabel atau kode kemudian muncul kategori. Proses atau elemen yang membentuk akuntabilitas sosial adalah: a) Entry point dalam bentuk kemampuan pemimpin; b) Kemampuan untuk memproses dan menyampaikan tuntutan publik untuk pemimpin; c) Mendukung dari masyarakat; d) Pengiriman Klaim dengan penggunaan media demonstrasi, negosiasi, dan forum evaluasi kerja; e) Respon dari pemerintah; f) Hasil akuntabilitas tidak langsung menjadi media kontrol dalam peningkatan kinerja pemerintah. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah Pertama, kurangnya kemampuan pejabat negara untuk menerapkan tata kelola yang manusiawi (governance manusia). Kedua, karakter masyarakat untuk mengelola potensi yang ada, kemudian mengirimkannya ke pemerintah. Akuntabilitas sosial Kalisoro masyarakat desa terbentuk sebagai hasil dari suara publik terhadap pemerintah atau pemimpin. Penilaian ini kemudian membentuk akuntabilitas sosial dengan tuntutan suksesi kepala.
PEMBERDAYAAN DIFABEL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI DESA SURUH, KECAMATAN TASIKMADU, KABUPATEN KARANGANYAR Hendra Wijayanto
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v1i2.271

Abstract

ABSTRAK Penyandang cacat merupakan bagian dari Indonesia, namun keberadaan mereka dalam kehidupan masih terpinggirkan. Cacat memiliki hak yang sama, kewajiban dan peran yang sama dengan warga negara lainnya. Kesempatan untuk mendapatkan kesetaraan, hak dan kewajiban bagi penyandang cacat. Masalah dengan cacat timbul karena gangguan dalam kegiatan sosial menghambat fisik mereka, sehingga mengurangi hak-hak ekonomi dan politik penyandang cacat untuk mencapai kesejahteraan. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung dan review dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan model interaktif. Memberdayakan penyandang cacat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Desa Katakan, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar termasuk pemberdayaan yang mental, fisik, dan keterampilan sosial dengan memberikan keterampilan memasak, menjahit, bengkel atau mekanik, video yang elektro audio dan teknik memijat. Cacat pemberdayaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial tidak dapat dipisahkan dari peran pendampingan dan penguatan peran cacat potensial. Tidak hanya itu, pemberdayaan penyandang cacat juga dihadapkan dengan sejumlah kendala seperti pola perilaku, masalah kerja dan dampak ekonomi, sosial, dan psikologis pada sejumlah aspek saja dari segi psikologis, dan ekonomi cacat aksesibilitas.   Kata kunci :    Pemberdayaan, Masyarakat, Disability, Birokrasi.
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR KECAMATAN KELAPA GADING DI JAKARTA UTARA Raymundus I Wayan Ray
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v1i2.272

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris tentang pengaruh disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja PNS di Kantor Kecamatan Kelapa gading, Jakarta Utara. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kinerja PNS, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah disiplin kerja dan budaya organisasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuissioner. Jumlah kuissioner yang dibagikan kepada 40 responden, yang merupakan PNS dari Kecamatan Kantor Kelapa Gading Jakarta Utara. Sebuah analisis parsial dari hasil penelitian membuktikan bahwa disiplin pengaruh pekerjaan terhadap kinerja PNS begitu pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja urusan petugas sipil. Sedangkan hasil analisis secara simultan diperoleh bahwa semua tes berngaruh signifikan antara disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja PNS.   Kata kunci: Disiplin Kerja, Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PAMSIMAS (PENYEDIAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT) Vifin Rofiana
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v1i2.273

Abstract

ABSTRAK Air merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, tetapi kenyataannya tetap bahwa tidak semua orang memiliki akses ke air bersih dan sehat memadai, sesuai dengan kebutuhannya. Masalah air dan sanitasi yang buruk di Indonesia menelurkan Program Pamsimas. Tujuan Program Pamsimas adalah untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin di pedesaan dan pinggiran kota, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup sehat dengan membangun / menyediakan prasarana dan sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan dan dapat diadopsi oleh orang-orang untuk mencapai MDGs sasaran. Atas dasar ini, perlu untuk memeriksa pelaksanaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat.   Kata Kunci: Implementasi, PAMSIMAS, Pengembangan, Sanitasi.
IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT BANYUWANGI (JPKMB) DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN KESEHATAN PRIMER BAGI SELURUH LAPISAN MASYARAKAT Bayu Mitra
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v1i2.269

Abstract

ABSTRAKDi era pemerintahan otonomi seperti saat ini, pemerintah daerah harus lebih kreatif dalam menciptakan terobosan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sejumlah permasalahan masih dihadapi oleh masyarakat salah satunya pemenhan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Pelayanan kesehatan yang dimaksud disini adalah program JPKMB di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program JPKMB dalam mewujudkan pelayanan kesehatan bagi semua tingkat masyarakat dan bagaimana pencapaian program tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program JPKMB menghasilkan prestasi yang memuaskan, termasuk peningkatan jumlah kunjungan tingkat ke pusat-pusat kesehatan masyarakat, cakupan imunisasi, cakupan kunjungan ibu, bersalin ditangani oleh cakupan tenaga kesehatan, dan cakupan gizi. Kata kunci :  Implementasi, Pelayanan Kesehatan Utama, Program JPKMB.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2024): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) jANUARI-JUNI 2024 Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023 Vol 9, No 1 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI- JUNI 2023 Vol 8, No 2 (2022): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2022 Vol 8, No 1 (2022): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2022 Vol 7, No 2 (2021): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) |JULI - DESEMBER 2021 Vol 7, No 1 (2021): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2021 Vol 6, No 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2020 Vol 6, No 1 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2020 Vol 5, No 2 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2019 Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019 Vol 4, No 2 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2018 Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018 Vol 3, No 2 (2017): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2017 Vol 3, No 1 (2017): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2017 Vol 2, No 2 (2016): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2016 Vol 2, No 1 (2016): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2016 Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2015 More Issue