cover
Contact Name
Hendra
Contact Email
hendra.wijayanto@uta45jakarta.ac.id
Phone
+6281908756400
Journal Mail Official
hendra.wijayanto@uta45jakarta.ac.id
Editorial Address
retnayu.prasetyanti@uta45jakarta.ac.id
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA)
ISSN : -     EISSN : 24600369     DOI : -
Core Subject : Social,
Fokus IJPA memusatkan perhatian pada permasalahan utama dalam pengembangan keilmuan administrasi publik meliputi: 1. Perkembangan Birokrasi dan Administrasi Pemerintahan 2. Desentralisasi, Otonomi Daerah, Pelayanan Publik 3. Kebijakan Publik dan Good Governance 4. Manajemen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019" : 5 Documents clear
ANALISIS AKTOR YANG BERPERAN DAN MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TATA RUANG : STUDI DI KABUPATEN PANDEGLANG AGUS LUKMAN HAKIM
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v5i1.1647

Abstract

Abstrak: Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten telah menetapkan Perda No. 03 tahun 2011 tentang Tata Ruang Kabupaten Pandeglang 2011-2031. Pasca implementasi Perda tersebut  belum berdampak pada pembangunan Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktor yang berperang dan berpengaruh dalam implementasi Perda RTRW. Penelitian ini menggunakan data primer berupa observasi, angket dan wawancara serta data sekunder berupa dokumen terkait kebijakan tata ruang. Pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan alat analisis stakeholder dan Content Analysis. Hasil penelitiannya adalah aktor yang berkepentingan dan berpengaruh dalam implementasi kebijakan tata ruang di Kabupaten Pandeglang adalah Bupati. Adapun instansi yang memiliki kepentingan dan pengaruh besar dalam kebijakan tata ruang adalah Bappeda, Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Selanjutnya, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pemukiman, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan,  Komisi I DPRD Pandeglang, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja. Pemain kunci atau key player dalam implementasi kebijakan adalah Bupati dan Dinas/Badan yang terkait.  Adapun aktor yang memiliki kepentingan kecil dan pengaruhnya besar  dalam kebijakan tata ruang di Pandeglang, yaitu Investor, Wartawan, LSM dikategorikan ke dalam Contest Setter (pendukung). Adapun aktor yang memilik kepentingan dan pengaruh kecil adalah media massa sehingga dikategorikan sebagai crowd (pengikut lain). Implementasi kebijakan tata ruang sangat tergantung keberpihakan tata ruang dari pengambil kebijakan yaitu kepala daerah sehingga kebijakan tata ruang merupakan aspek politik bukan aspek teknis.Kata kunci : Kebijakan Tata Ruang, Aktor Berkepentingan dan Berpengaruh, Politik Tata Ruang
DINAMIKA PERENCANAAN ANGGARAN PADA ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DAERAH (APBD) BURU SELATAN MARNO WANCE
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v5i1.1648

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika perumusan APBD Buru Selatan. Rencana anggaran merupakan cara untuk memperdiksi perencanaan pembangunan satu tahun ke depan yang mencakup pendapatan, pengeluaran serta pembiayaan. Perencanaan anggaran merupakan tahapan yang sangat penting karena anggaran yang tepat sasaran akan berpengaruh pada indeks pembangunan daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan instrument wawancara serta dokumentasi. Pendekatan yang digunakan langsung dari responden atau objek yang diteliti, sedangkan sumber data adalah sumber data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen tertulis yaitu Kebijakan Umum Anggaran-Platfom Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS), Rencana Kebijakan Anggaran-Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Buru Selatan, dokumen pandangan fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah mapun instansi atau lembaga yang berhubungan dengan penelitian. Analisis permasalahan pada penelitian ini menggunakan konsep proses legislasi daerah, konsep perencanaan anggaran serta konsep tahapan-tahapan anggaran. Pendekatan penelitian menggunakan teori model ROCCIPI (Rule, Capacity, Comunication, Interest, Ideologi).Kata kunci: dinamika anggaran; perumusan, APBD Buru Selatan.
PUSAT STRATEGI DAN LAYANAN EKONOMI MASLAHAT (SATRYA EMAS) MELALUI EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN PASURUAN Sisman Prasetyo
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v5i1.1653

Abstract

Abstrak: Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam merupakan aspek utama dalam pembangunan. Oleh karena itu perlu adanya inovasi untuk memperbaiki perkembangan ekonomi dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki masyarakat. Daerah pasuruan yang mayoritas bermata pencarian di sektor pertanian. Membuat Pemerintah Kabupaten Pasuruan melakukan inovasi dengan melaksanakan program Pusat Strategi dan Pelayanan Ekonomi Maslahat (SATRYA EMAS) yang merupakan pengembangan konsep Business Development Services (BDS) atau semacam klinik ekonomi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Program ini memaksimalkan layanan kewirausahaan yang mandiri, dan profesional untuk menghadapi perkembangan dan tantangan globalisasi dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Salah satu sasaran pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pasuruan Tahun 2013-2018 adalah berkembangnya kerjasama dan jejaring dengan pendidikan tinggi, lembaga-lembaga riset, dunia usaha dan pemerintah pusat.      Kata Kunci : Ekonomi Kreatif, SATRYA EMAS, UMKM
PERAN PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT Sri Henny Indarti
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v5i1.1650

Abstract

Abstrak. Globalisasi telah membawa warna dan pengaruh yang bisa dikatakan cukup berarti, baik dari sisi kehidupan maupun dari materi serta sasaran yang menjadi ruang lingkupnya. Tak terlepas juga dari peran perempuan yang juga selalu menjadi sorotan dan materi yang menarik untuk dibahas. Melalui beberapa pendekatan, peran perempuan dapat kita lihat kiprahnya dalam membentuk perbedaan perilaku, status, dan otoritas antara laki-laki dan perempuan, telah memberikan persepsi tersendiri mengenai masalah peran perempuan. Namun pada kenyataannya peran perempuan dalam proses pembangunan baik langsung maupun tidak langsung, dapat dikatakan merupakan bukti nyata peran itu sendiri. Kiprah bagi kaum perempuan di Indonesia telah terbuka sebagai buah hasil dari perjuangan-perjuangan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh perempuan dalam memperjuangkan hak-haknya dalam segala aspek kehidupan masyarakat Kata Kunci : peran, perempuan, pembangunan, masyarakat.
EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK ONLINE PADA BADAN PENDAPATAN DAN ASET DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN Felix Venancio Sikone; Wiliam Djani; Zed Soni Libing
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v5i1.1654

Abstract

Abstrak:: Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan online pada kantor Samsat Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kabupaten Timor Tengah Selatan telah efektif karena telah memberikan kepuasan melalui mekanisme, prosedur, dan mutu pelayanan yang sederhana, mudah, lancar, tidak berbelit-belit, jelas, pasti dan pelayanan dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan ekonomis serta ketepatan waktu, namun demikian masih terdapat hambatan-hambatan yang perlu dibenahi yaitu sering terganggunya jaringan, sering terjadinya pemadaman listrik, alat vendor yang digunakan hanya satu, jam pelayanan yang terbatas sampai jam 14.00 wita, loket pendaftaran dan loket penyerahan hanya satu dan belum terlalu sosialisasi tentang persyaratan pembayaran pajak kepada masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya pembenahan terhadap hambatan-hambatan tersebut diatas dengan menyiapkan alat vendor cadangan, menambah jam pelayanan kepada masyarakat wajib pajak, menambah loket pendaftaran dan penyerahan serta melakukan sosialisasi tentang persyaratan pembayaran pajak kepada masyarakat.Kata kunci: Efektivitas Pelayanan Publik, E-Govenment, E-Services, Samsat Online.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2024): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) jANUARI-JUNI 2024 Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023 Vol 9, No 1 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI- JUNI 2023 Vol 8, No 2 (2022): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2022 Vol 8, No 1 (2022): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2022 Vol 7, No 2 (2021): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) |JULI - DESEMBER 2021 Vol 7, No 1 (2021): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2021 Vol 6, No 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2020 Vol 6, No 1 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2020 Vol 5, No 2 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2019 Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019 Vol 4, No 2 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2018 Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018 Vol 3, No 2 (2017): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2017 Vol 3, No 1 (2017): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2017 Vol 2, No 2 (2016): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2016 Vol 2, No 1 (2016): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2016 Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2015 More Issue