cover
Contact Name
Achmad Dhany Fachrudin
Contact Email
dh4nyy@gmail.com
Phone
+6285755847812
Journal Mail Official
edukasi.stkip@gmail.com
Editorial Address
Jalan Kemiri, Sidoarjo
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan
Published by STKIP PGRI Sidoarjo
ISSN : 24430455     EISSN : 25984187     DOI : https://doi.org/10.51836/je
Core Subject : Education,
Cakupan dan ruang lingkup materi terdiri dari (1) kurikulum pendidikan, (2) metode dan pendekatan pembelajaran, (3) media pembelajaran, (4) pembelajaran berbasis teknologi dan informasi, (5) penilaian dan evaluasi pembelajaran, (6) kreativitas dan inovasi pembelajaran, dan lain-lain yang terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan." : 7 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS 3 SD DENGAN KEGIATAN MEMBACA PADA MORNING ACTIVITI Rizka Amalia; Endang Wahju Andjariani
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v5i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan membaca dalam program morning activities dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 3-D SDIT Insan Kamil Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilakukan dengan 2 siklus yang diawali tahap pratindakan. Pada tahap pratindakan, hasil pratindakan hanya diperoleh 25% tingkat keberhasilannya. Hal tersebut disebabkan kemampuan membaca yang rendah dan tak adanya media atau program yang memudahkan siswa menulis. Dengan fakta tersebut, dilakukan tindakan siklus I. Pada siklus I, hasil yang diperoleh masih jauh dari tujuan. Hasilnya hanya diperoleh 45% saja. Hal tersebut disebabkan faktor membaca lantang yang kurang. Karena itu dilakukan tindakan siklus II. Siklus II, siswa mencapai 95%. Hal tersebut menunjukkan keberhasilan dari penelitian tindakan yang dilakukan pada siswa kelas 3-D.
STUDENT’S PERSPECTIVES TOWARD A-AIKEM 3 MODEL IN GROUP WORK PRESENTATION Henry Rio Putranto
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v5i2.6

Abstract

As there is a tendency to regard that a classroom without the label of cooperative learning is not a good one, recent instructional practices then often utilize group work to encourage students to gain knowledge from one another – to assist and to seek assistance from their peers in addition to from the classroom teacher. Classrooms have the typical characteristics of small groups. With the trend to incorporate cooperative learning in the classroom practices, this Positive Interdependence is undoubtedly to be imposed to obtain the beneficial outcomes of cooperative efforts.This research would like to employ a new model in group work presentation called A-aikem 3. This A-aikem 3 model is an innovative group work presentation model which emphasizes on CL approach. This model can be used to strengthen positive interdependence, individual accountability, interpersonal and also group processing skill from students. Basically,A-aikem 3 model is one of many A-aikem models formulated and designed by Tamah and Prijambodo on their book. The A-aikem 3 model developed based on three new insights that are (1) transition from individual (conventional) assessments to group assessment, (2) transition from individual assessment to peer assessment , and (3) transition from Individual assessment without discussion to a representative assessment with discussion. (Tamah & Prijambodo, 2015 in Tamah, 2017) Deriving from the title of this thesis and the background of the study, two relevant research questions are formulated as follows: How do the undergraduate students perceive A-aikem 3 model? What are the positive and negative feedbacks of A-aikem 3 model’? In relation to the research questions above, this study aims to investigate the student’s perspective towards A-aikem 3 model and also their feedback after experiencing A-aikem 3 model.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POINT-COUNTER-POINT BAGI MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG Dany Miftahul Ula; Muhammad Naharuddin Arsyad
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v5i2.5

Abstract

Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mendiskusikan tentang model pembelajaran Point-Counter-Point. Model Pembelajaran Point-Counter-Point adalah suatu cara dalam proses pembelajaran yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk aktif berargumen dalam mengajukan ide-ide atau gagasan dari permasalahan yang dimunculkan dalam pembelajaran sesuai dengan aturan-aturan yang ada. Sehingga diharapkan akan tercipta proses pembelajaran yang aktif dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh penerapan model pembelajaran point-counter-point terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan sejarah dan sosiologi di IKIP Budi Utomo Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, dokumentasi dan tes yang akan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-test lebih besar daripada pre-test, yakni (76,78 > 67,78) dan berdasarkan hasil uji-t Paired Samples Test Didapatkannya hasil – t-hitung < - t-tabel (-7,398 < -2,01537). T-hitung bernilai negatif berarti nilai rata-rata pre-test lebih rendah dari pada nilai rata-rata post-test. Dan karena nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih besar dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran point counter point dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi sejarah dan sosiologi IKIP Budi Utomo Malang
MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DARUT TAQWA PURWOSARI PASURUAN aulia Fitriany; Satrio Wibowo
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v5i2.4

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman multikultural di kalangan pelajar. Mata pelajaran sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai multikultural. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Madrasah Aliyah Darut Taqwa Purwosari. Penelitian ini diawali dengan penelitian pendahuluan dengan mengumpulkan informasi tentang pembelajaran sejarah. Selanjutnya mengembangkan model pembelajaran sejarah dan pengujian efektivitas model yang dikembangkan. Hasil penelitian adalah: (1) Proses pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Darut Taqwa cenderung berpusat pada guru sehingga masih perlu adanya inovasi dan kreatifitas guru untuk mencari dan menemukan model pembelajaran yang mendukung pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah. (2) Model pembelajaran dikembangkan berdasarkan temuan dari studi pendahuluan. Pengembangan model pembelajaran dimulai dari penyusunan desain awal, validasi ahli, revisi sesuai catatan ahli dan uji coba terbatas. (3) Berdasarkan uji keefektifan, model pembelajaran sejarah yang dikembangkan efektif dalam pembelajaran.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PRODUK VLOG PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA Iman Subekti; Hariyanto Hariyanto
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v5i2.3

Abstract

Mata kuliah Pendidikan Pancasila sampai saat ini masih dipandang sebagai mata kuliah nomor dua atau mata kuliah yang tidak terlalu penting untuk diikuti dengan sungguh-sungguh. Hal ini juga tidak lepas dari proses pembelajarannya yang masih menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui efektivitas dari implementasi proses pembelajaran yang berbasis proyek produk vlog sebagai model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila di Universitas Kristen Petra Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan prestasi belajar mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran proyek berbasis produk vlog dengan mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Penelitian ini memiliki dua variabel yang meliputi keterampilan dalam berproses dan prestasi belajar. Data keterampilan dalam berproses diambil melalui kegiatan pengamatan, sedangkan data prestasi belajar diambil melalui tes tertulis. Analisa data meliputi uji pengaruh (regresi linear/ANOVAb), uji ketuntasan (One Sample T Test), dan uji perbedaan (Independent Sample T Test). Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh besar (74,70%) keterampilan proses dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek produk vlog terhadap prestasi belajar mahasiswa, terdapat perbedaan 18,75 dari nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen (86,13) dan nilai rata-rata kelas kontrol (67,38). Pembelajaran berbasis proyek produk vlog lebih efektif jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah Pendidikan Pancasila
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA.5 SMA NEGERI 1 OGAN KOMERING ULU St Karamah
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v5i2.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajarandiscovery learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada Peserta didik Kelas XIIPA.5 SMA Negeri 1 Ogan Komering Ulu. Penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang bertujuan untukmemperbaiki dan mencari solusi dari persoalan yang nyata dan praktis dalammeningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam penelitian ini terdapatbeberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yang saling terkait danberkesinambungan yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan(acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan diSMA Negeri 1 Ogan Komering Ulu. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan padabulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2019 tahun pelajaran 2019/2020. Indikatorkeberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman belajar peserta didikyang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik dibandingkandengan tahun sebelumnya yaitu minimal peserta didik memperoleh nilai 70. Sedangkanuntuk keberhasilan klasikal jika 85% dari seluruh peserta didik memperoleh nilai ≥70. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajarmengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelumtindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (31.43%), siklus I (68.57%), dan siklus II(91.43%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran discoverylearning dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik XI IPA.5 SMA Negeri 1 OganKomering Ulu serta model pembelajaran discovery learning ini dapat digunakansebagai salah satu alternatif pembelajaran PAI.
KOMUNIKASI MATEMATIKA TERTULIS SISWA MA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN JENIS KELAMIN Arezqi Tunggal Asmana
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v5i2.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematika tertulis siswa MA berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah soal persamaan lingkaran berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data utama tentang keakuratan, kelengkapan, dan kelancaran komunikasi matematika tertulis berupa kata-kata tertulis. Subjek penelitian sebanyak 2 siswa berkemampuan matematika tinggi kelas XI MIPA MAN 1 Lamongan yang terdiri dari satu siswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya sedikit perbedaan komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dengan perempuan. Keakuratan dan kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi adalah sama-sama akurat dan lancar untuk setiap informasi yang disampaikan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi adalah lengkap untuk setiap informasi yang disampaikan sedangkan siswa laki-laki hanya tidak lengkap untuk menggunakan aturan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7