cover
Contact Name
Achmad Dhany Fachrudin
Contact Email
dh4nyy@gmail.com
Phone
+6285755847812
Journal Mail Official
edukasi.stkip@gmail.com
Editorial Address
Jalan Kemiri, Sidoarjo
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan
Published by STKIP PGRI Sidoarjo
ISSN : 24430455     EISSN : 25984187     DOI : https://doi.org/10.51836/je
Core Subject : Education,
Cakupan dan ruang lingkup materi terdiri dari (1) kurikulum pendidikan, (2) metode dan pendekatan pembelajaran, (3) media pembelajaran, (4) pembelajaran berbasis teknologi dan informasi, (5) penilaian dan evaluasi pembelajaran, (6) kreativitas dan inovasi pembelajaran, dan lain-lain yang terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan." : 7 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING hernany
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v8i2.411

Abstract

ABSTRAK Suatu proses pembelajaran dikatakan baik, apabila proses tersebut dapat membangkitkan kegiatan belajar yang efektif, dan sasaran yang akan dicapai dari pembelajaran bisa terlaksana dengan baik, sehingga hasil belajar yang diinginkan bisa tercapai. Hambatan dalam melaksanakan proses belajar adalah pembelajaran terasa membosankan siswa dan sangat monoton. Pembelajaran seperti itu berdampak pada rendahnya hasil belajar. Rendahnya hasil belajar terindikasi atau ditandai dengan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 11 siswa yang mendapat nilai tertinggi diatas 80.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IX-2 SMP Negeri 33 Palembang.Penelitian ini berlangsung selama 3 bulan yaitu bulan September hingga bulan November 2019. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 33 Palembang yang berjumlah 32 siswa, yaitu 18 laki-laki dan 14 perempuan.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas IX-2 SMP Negeri 33 Palembang setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kesimpulan, bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (43,75%), siklus I (65,63%), siklus II (43,75%). Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil 66,32% pada siklus I, dan pada siklus II aktivitas siswa selama proses pembelajaran meningkat lagi menjadi 88,89%.Meningkatnya motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. Kata kunci: Hasil Belajar, PPKN, Snowball Throwing
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Ilya
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v8i2.412

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan,proses pembelajaran di sekolah masih kurang dalam meningkatkan motivasi dan tingkat kreativitas peserta didik yang akan memiliki dampak pada hasil belajar peserta didik. Dari hasil ulangan harian IPA kelas IX.A SMP Negeri 51 Palembang yang dilakukan menunjukkan masih terdapat hasil belajar rendah yang dicapai oleh peserta didik. Dari data yang diperoleh, sebanyak 15 peserta didik atau (46,88%) yang berhasil mencapai KKM ≥70, sedangkan 17 peserta didik lainnya atau mendapat nilai yang rendah yakni dibawah standar KKM <70.Maka peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing peserta didik IX.A SMP Negeri 51 Palembang?”. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing peserta didik kelas IX.A SMP Negeri 51 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.A SMP Negeri 51 Palembang yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil di kelas IX.A pada bulan Agustus s/d Oktober tahun 2019 tahun ajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Ketuntasan belajar meningkat dari Pra siklus, siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 46,88%, 71,88% dan 87,50% Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik. Kata Kunci: Hasil Belajar,IPA, Snowball Throwing
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK REALITA DALAM MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI KURANG (UNDERACHIEVER) zolyanah
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v8i2.413

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar adalah suatu motif atau dorongan untuk melakukan suatu kegiatan/pekerjaan guna mencapai tujuan dalam rangka merubah tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungannya baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Rumusan masalah yang diajukan adalah “Apakah melalui layanan bimbingan kelompok realita dapat meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi kurang (underachiever) pada siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 42 Palembang pada tahun pelajaran 2019/2020? Sedangkan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi kurang (underachiever) melalui layanan bimbingan kelompok realita pada siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 42 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 12 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Dari hasil analis didapatkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (40%) dan siklus II (80%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Berprestasi Kurang
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING nelly
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v8i2.414

Abstract

ABSTRAK Dalam pengelolaan pembelajaran Matematika di sekolah, guru harus dapat memberikan pengetahuan peserta didik mengenai konsep yang terkandung dalam materi Matematika Berdasarkan hasil ulangan harian yang di lakukan peneliti, masih mendapatkan hasil belajar siswa di kelas VII.7 SMP Negeri 7 Palembang yang kurang maksimal. Hasil belajar masih di luar harapan yang telah di tetapkan sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 7 Palembang di kelas VII.7 diajarkan berjalan belum seperti yang diharapkan. Pembelajaran terasa membosankan siswa dan sangat monoton. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah peningkatkan hasil belajar Matematika setelah diterapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada peserta didik kelas VII.7 SMP Negeri 7 Palembang?”. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) peserta didik kelas VII.7 SMP Negeri 7 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VII.7 SMP Negeri 7 Palembang yang berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil di kelas VII.7 tahun ajaran 2018/2019 pada bulan Agustus s/d Oktober tahun 2018. Penelitian tindakan kelas ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining.Ketuntasan belajar meningkat dari Pra siklus, siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 37,50 %, 65,63% dan 87,50% Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik. Kata Kunci: Hasil Belajar,Matematika,Student Facilitator And Explaining
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 121 PALEMBANG Oktarina
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK PKn merupakan mata pelajaran diwajibkan untuk jenjang pendidikan dasar, menengah dan mata kuliah wajib untuk pendidikan tinggi.Hasil ulangan harian PKn di kelas VI SD Negeri 121 Palembang hanya mencapai rata- rata 59,30 dan hanya 44,44% peserta didik mencapai nilai 65. Kondisi tersebut disebabkan oleh kenyataan sehari-hari yang menunjukkan bahwa peserta didik kelihatannya jenuh mengikuti pelajaran PKn. Pembelajaran sehari-hari menggunakan metode ceramah dan latihan-latihan soal secara individual, dan tidak ada interaksi antar peserta didik yang pandai, sedang, dan normal.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas VI SD Negeri 121 Palembang ?. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn peserta didik kelas VI SD Negeri 121 Palembang melalui model pembelajaran Learning Together.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 121 Palembang yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2017.Penerapan model pembelajaran Learning Together mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban peserta didik yang menyatakan bahwa peserta didik tertarik dan berminat dengan model pembelajaran learning together sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.Ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus, siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 44,44%, 74,07% dan 92,59% Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci: Hasil Belajar,PKn, Learning Together
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS X SMK Serafina Jenia; Lailatul Mubarokah; Risdiana Chandra Dhewy
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v8i2.422

Abstract

To make it easier to understand in learning mathematics, it is necessary to be related to the daily activities of students. As applied to the material of ranked numbers in this study. The purpose of this study is to explore what activities teachers and students do in CTL learning, knowing learning outcomes and student responses. The results of the study will be described descriptively with a quantitative approach. . The research was conducted at SMK PGRI 1 Sidoarjo class X TKJ. The number of learners in a class is 34 people. The result of the data analysis carried out was the ability of teachers to manage CTL learning on ranked number material obtained a value of 4.00 which is included in the very active criteria. The activities of students during the learning process can already be said to be active, because of the 34 students 26 active criteria and 8 are still less active criteria because they did not participate in the first meeting. The learning outcomes of class X TKJ students after taking the ranking number question test are said to be complete because the percentage of completeness of learning outcomes reaches 88.23%. The response of students is said to be positive because all items of the statement fall into the category of very positive and positive, so the response of students is said to be positive. So that the application of the CTL learning model can be said to be effective.
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA INGGRIS Miftahul Farid Mochamad Ahyar; Fitri Senny Hapsari; Nurul Frijuniarsi
JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan.
Publisher : LPPM STKIP PGRI Sidoarjo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51836/je.v8i2.476

Abstract

The implementation of quality education and learning is inextricably linked to the role of educators (teachers/lecturers) who master teaching materials and an educator's ability to apply learning models appropriate for the classroom environment. The use of learning models can be used to improve the quality of learning, which can have an impact on learning outcomes. Students who like challenges, socialism, and free expression and have begun to be trained to think logically are very suitable for the problem-based learning principle model to improve learning outcomes in English courses that are not a significant subject and are less appealing to students. Classroom Action Research is used to implement the PBL learning model over two cycles. It is known that PBL was successfully implemented for 70 students, with a significant increase from the average student score before implementation, namely 65, to 75 in the first cycle and increasing to 80 in the second cycle.

Page 1 of 1 | Total Record : 7