cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sketsa
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
VIDEO ILUSTRASI KREATIF TENTANG KULINER KOTA BANDUNG UNTUK MENUNJANG PARIWISATA Rikobi, Abi
Jurnal Sketsa Vol 2, No 1 (2015): Jurnal SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.398 KB)

Abstract

ABSTRACTBandung is known as a city of natural attractions, shopping, and gradually known as a city of culinary tourism. Title as the city of Bandung culinary demands continue to be creative and innovative in terms of culinary, including in conveying information about the culinary.The purpose of designing creative illustration video about Bandung city culinary is becoming one of the media information that is able to engage and influence people to travel in the city of Bandung. Illustration of Bandung city culinary packed with creative, unique, and interesting in the integrity of video. The design of this thesis using inductive analysis approach. Inductive means the process of taking a conclusion of the things that are special becomes general conclusions. The technique of collecting data through interviews, observation, and literature study.Results of designing video creative illustration of culinary Bandung city is expected to describe the city of Bandung perkulineran treasures to the public. Keywords: Creative Illustrations Video, Tourism, Bandung City Culinary ABSTRAKBandung dikenal sebagai kota wisata alam, belanja, dan kuliner. Predikat sebagai kota wisata kuliner menuntut Bandung terus kreatif dan inovatif dalam hal kuliner termasuk dalam menyampaikan informasi mengenai kuliner.Tujuan dari perancangan video ilustrasi kreatif mengenai kuliner Bandung adalah menjadi salah satu media informasi yang mampu mengajak dan memengaruhi orang untuk berwisata di kota Bandung. Ilustrasi tentang kuliner kota Bandung dikemas secara kreatif, unik, dan menarik dalam satu keutuhan sebuah video. Perancangan tugas akhir ini menggunakan pendekatan analisis induktif. Induktif berarti proses mengambil suatu kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka.Hasil dari perancangan video ilustrasi kreatif mengenai kuliner kota Bandung ini diharapkan mampu menggambarkan khazanah perkulineran kota Bandung kepada masyarakat luas.Kata kunci: Video Ilustrasi Kreatif, Pariwisata, Kuliner Kota Bandung
ANALISIS VISUAL ILUSTRASI KOMIK STRIP “OM PASIKOM” TERHADAP KARAKTER JURNALIS PADA HARIAN UMUM KOMPAS Yuliansyah, Hendy
Jurnal Sketsa Vol 1, No 2 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.703 KB)

Abstract

Abstract - Comic is one of the works of art, which has extensive functionality. As one of the popular public communication media, comics become an important tool in a variety of situations. Similarly, the comic om Pasikom. One of the daily comics in general daily compass. As work on the newspaper. Then proved, character follows the character om Pasikom journalists. In this study, it was found that the figure does not follow  the character om Pasikom journalists in general, so this comic om Pasikom more stylish society at large. Keyword: Design,  Journalist, Comic, Character.   Abstrak - Komik adalah salah satu karya seni, yang memiliki fungsi yang luas. Sebagai salah satu media komunikasi yang digemari masyarakat, komik menjadi alat penting dalam berbagai situasi. Begitu juga halnya, dengan komik om pasikom. Salah satu komik harian pada harian umum kompas. Sebagaimana pekerjaan pada surat kabar. Maka terbukti, tokoh om pasikom mengikuti karakter jurnalis. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa tokoh om pasikom tidak mengikuti karakter jurnalis pada umumnya, sehingga tokoh komik om pasikom ini lebih bergaya masyarakat pada umumnya. Kata Kunci: Desain,  Jurnalis, Komik, Karakter.
PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KEJAYAAN KERAJAAN PAKUAN PAJAJARAN Setiadi, Rali
Jurnal Sketsa Vol 2, No 1 (2015): Jurnal SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.007 KB)

Abstract

ABSTRACTIn West Java, the opportunity for kids to get knowledge history of the ancestors is very rare, And then how to give back the values of nationalism among the young generation in West Java traced back to the issue of preservation and continuation of the nations history, and how to preserve the story of Pakuan Pajajaran and be continue to the next generation. Until this study, the authors tried to make design of interactive multimedia Kingdom of Pakuan Pajajaran characteristics and identity of wisdom local culture of Sunda. as a means of introduction to the history of the primary school students. With illustrations of authors try to explain and tell the history of the present, in order to provide moral message contained within the history.Keywords: Multimedia, Interactive, History, Pakuan Pajajaran. ABSTRAKDi Jawa Barat kesempatan anak-anak untuk mengenal sejarah leluhur sangat jarang, Bagaimana mengembalikan nilai nasionalisme dikalangan generasi muda di Jawa Barat dirunut kepada persoalan pelestarian dan penerusan sejarah bangsa, lalu bagaimana melestarikan kisah Pakuan Pajajaran serta diteruskan turun temurun kepada generasi berikutnya. Melalui penelitian ini, penulis mencoba merancang multimedia interaktif Kerajaan Pakuan Pajajaran ciri khas identitas lokal Tatar Sunda. sebagai sarana pengenalan sejarah pada siswa sekolah dasar. Dengan ilustrasi penulis mencoba memaparkan dan menceritakan sejarah yang ada, guna memberikan pesan moral yang terkadung dalam sejarah tersebut.Kata kunci: Multimedia, Interaktif, Sejarah, Pakuan Pajajaran
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus SDN Sukasenang) Sarrahdiba, Tyara Umi Yuhanis
Jurnal Sketsa Vol 1, No 1 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.198 KB)

Abstract

ABSTRAKKegiatan belajar mengajar Aksara Sunda di tingkat Sekolah Dasar sulit untuk dilaksanakankarena  banyaknya  hambatan.  Salah  satunya  yaitu  dengan keterbatasan  media  pembelajaran  yangsesuai dengan kemampuan dan  psikologis siswa kelas 4 & kelas 5 Sekolah Dasar. Perancangan mediapembelajaran aksara Sunda untuk siswa Sekolah Dasar ini, diharapkan memenuhi kebutuhan pendidikdan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar aksara Sunda. Tujuan perancangan yaitu untukmembuat anak tertarik untuk mempelajari aksara Sunda, serta mempermudah mereka dalammempelajarinya.Media   pembelajaran   yang   berupa   buku   ini,   disajikan   dalam   bentuk   komik.Perancangan buku ini merupakan perancangan media cetak dan menggunakan ilustrasi yang dibuatdengan CorelDraw X6.Kata kunci: aksara sunda, media pembelajaran, sekolah dasar, coreldraw x6    ABSTRACTSundanese script learning activities at elementary school level had been quiet hard becausea lot of obstacle. One of them is theres no Sundanese script learning media that appropiate forelementary  student  psychology  and  ability.  This  Sundanese  script  learning  media  design  forelementary school, be expected can fulfill the educator and the students needs in Sundanese scriptlearning activities. It has a purpose to make children interest learning Sundanese script, and make iteasier. This learning media which is in book form, presented in Manga style. This book design is aprint media, and the illustration made by CorelDraw X6.Keywords: coreldraw x6, elementary school, learning media, sundanese script
NARASI VISUAL DISKURSUS TUBUH PADA KARYA DIGITAL PAINTING DALAM TINJAUAN BUDAYA (STUDI KASUS KARYA MASSIVE WAR – AGAINST SAD RIPU) Yusa, I Made Marthana; Triyadi, Agus
Jurnal Sketsa Vol 1, No 2 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1402.956 KB)

Abstract

Abstract - Body discourse often implemented and visualized into art and design artform. This article reveals designing process with digital painting tehnique which narrate body discourse in term of cultural observation. The artwwork object entitled : Massive War – Against Sad Ripu. Methodology started with methodological phases to reveal the visual narration and conceptual meaning consisted. The next phase is to reveal the concept art connected with body discourse and phenomena about the ways human respond its issue visualized into artwork in cultural point of view. The cultural observation measured up to Eastern socio culture (Buddhisme-Hinduisme). The output of the observation reveals spesific values that narrates in visual way related to body discourse in scope of cultural observation. Keywords : Visual Narration, Body Discourse, Multiculturalism, Massive, War, Sad Ripu, Hinduisme, Buddhisme Abstrak - Diskursus terhadap tubuh seringkali divisualisasikan dalam wujud karya seni rupa dan desain. Pada artikel ilmiah ini diungkap proses penciptaan karya dengan teknik digital painting. Karya tersebut berjudul Massive War-Against Sad Ripu oleh I Made Marthana Yusa. Metodologi diawali dengan langkah-langkah metodologis mengungkap pesan dan narasi visual yang terkandung pada ilustrasi. Langkah selanjutnya mengungkap konsep karya yang berhubungan dengan diskursus tubuh dan bagaimana manusia merespon diskursus tubuh dalam visualisasinya pada karya dari sudut pandang budaya. Tinjauan budaya dibatasi pada socio-culture Timur (Buddhisme-Hinduisme). Hasil kajian mengungkap nilai-nilai khusus yang dinarasikan secara visual berdasar atas diskursus tubuh dalam batasan tinjauan budaya. Kata Kunci : Narasi Visual, Diskursus Tubuh, Multikulturalisme, Sad Ripu, Hinduisme, Buddhisme
Perancangan Visual Brand Army City untuk Menunjang Promosi Batik Kota Cimahi Nurjaman, Agus Ramdan
Jurnal Sketsa Vol 2, No 1 (2015): Jurnal SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.69 KB)

Abstract

ABSTRACTThe design of the study was intended to inform and introduced batik of Cimahi through the design a brand Army City. The design a brand Army City to promote batik of Cimahi use the qualitative method is descriptive by understanding the data obtained, in the form of survey directly to the community Cimahi City. Batik of Cimahi is the batik is still considered new, hence batik of Cimahi need to be promoted so the citizens own Cimahi city know that Cimahi also owns batik design of any its territory. Brand Army City as a medium alternative to promote batik of Cimahi city will be to provide batik innovation applied to that packed interesting and unique.This brand will be to provide fashion who follows of era development, so as to make the community more interested and be attracted to only know batik Cimahi especially addressed to teenagers mature.  Brand Army city is expected to introduced change the perception of teenagers and adults against batik used in certain places that impressed old and formal.Keywords : Batik of Cimahi, Innovation of Fashion, Brand Army City                                                                            ABSTRAKPerancangan dari penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan dan mengenalkan batik kota Cimahi melalui perancangan sebuah brand Army City. Perancangan sebuah brand Army City untuk mempromosikan batik kota Cimahi menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan memahami data yang didapat, berupa penelitian secara langsung ke masyarakat kota Cimahi. Batik Cimahi merupakan batik yang terbilang masih baru, oleh karena itu batik kota Cimahi perlu dipromosikan agar masyarakat kota Cimahi sendiri mengetahui bahwa Cimahi juga mempunyai batik khas dari setiap daerahnya. Brand Army City sebagai media alternatif untuk mempromosikan batik kota Cimahi ini berupa inovasi batik terapan yang dikemas menarik dan unik. Brand Army City ini berupa fashion yang mengikuti perkembangan jaman, sehingga membuat masyarakat lebih berminat dan tertarik untuk mengenal batik Cimahi khususnya yang ditujukan kepada remaja dewasa.Brand Army City diharapkan dapat mengenalkan batik kota Cimahi dan merubah pandangan remaja dewasa terhadap batik yang dipakai di tempat-tempat tertentu yang terkesan tua dan formal.Kata kunci : Batik Cimahi, Inovasi fashion, Brand Army City
PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PROPAGANDA GERAKAN BIKE TO WORK UNTUK MENGURANGI KEMACETAN DI KOTA BANDUNG Anugrah, Ecky Esa; Triyadi, Agus
Jurnal Sketsa Vol 1, No 2 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.167 KB)

Abstract

Abstract - The high volume of traffic crossing the main roads in the Bandung city tend to cause congestion at some crossroads. Traffic management is one way to way to resolve the issue. This study aims to determine how much influence the implementation of traffic management to reduce congestion in the Bandung city. Data collected through observation and interviews directly. Furthermore, provide solutions to reduce congestion in the Bandung city. Keyword : : Bike To Work, Reduce, Congestion, City, Bandung  Abstrak - Tingginya volume lalu lintas yang melintasi jalan-jalan utama di kota Bandung cenderung menimbulkan kemacetan pada beberapa persimpangan jalan. Manajemen lalu lintas merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan manajemen lalu lintas untuk mengurangi kemacetan di kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara secara langsung. Selanjutnya memberikan solusi untuk mengurangi kemacetan di kota Bandung. Kata Kunci : Bike To Work, Mengurangi, Kemacetan, Kota, Bandung
APLIKASI ILUSTRASI KOMIKAL PADA GAYA BOBODORAN SUNDA KANG IBING Umri, Gilang Abiogi
Jurnal Sketsa Vol 2, No 1 (2015): Jurnal SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.739 KB)

Abstract

ABSTRACTFinal Project aims to entertain and hopefully can be used as a historical knowledge about the Sunda bobodoran pioneer . By taking the title "De Kabayans" , a story made by Kang Ibing adapted to fairy tales that have previously been dispersed in the form of audio , using elements of Sundanese culture , all designed to preserve the cultural values existing Sunda . With its main target is the adult reader . To promote this comic , required some supporting media such as posters , X - banner , Mug , Sticker , T - Shirt , and othersKeywords: Comic, Sundanese Joke, Kang Ibing ABSTRAKKarya Tugas Akhir ini bertujuan untuk menghibur dan semoga dapat digunakan sebagai sarana pengetahuan sejarah tentang perintis bobodoran sunda. Dengan mengambil judul “De Kabayans”, cerita yang dibuat disesuaikan dengan dongeng Kang Ibing yang sebelumnya sudah tersebar dalam bentuk audio, dengan menggunakan unsur budaya Sunda dalam tampilannya, semua ini dirancang guna melestarikan nilai-nilai budaya Sunda yang ada. Dengan target utamanya adalah pembaca dewasa. Untuk mempromosikan komik ini, diperlukan beberapa media penunjang berupa Poster, X-banner, Mug, Sticker , T-Shirt, dan lain-lain.Kata Kunci: Komik, Bobodoran Sunda, Kang Ibing.
PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KACANG ATOM GDR UNTUK PEMASARANNYA DI KOTA BANDUNG Raihan, Raihan
Jurnal Sketsa Vol 1, No 1 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1062.296 KB)

Abstract

ABSTRAKSalah satu aspek desain komunikasi visual adalah mempromosikan barang atau jasa secarakomersil melalui media visual untuk menyampaikan tujuan. Dalam pemasaran suatu produk, jika tidakdidukung oleh kegiatan promosi, informasi dan pesan tentang produk akan sulit tersampaikan kepadatarget  sasaran.  Kacang  Atom  GDR  telah  berkecimpung  dalam  usaha  makanan  ringan  sejakpertengahan tahun 1992, pemasarannya telah meliputi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Jambidan Mentawai. Perusahaan lokal ini sangat yakin dengan kualitas dan cita rasa dari produk yangdihasilkan, produk ini akan memasuki wilayah kota Bandung sebagai langkah baru dalampemasarannya. Promosi yang kreatif sangat diperlukan dalam mengenalkan produk ini kepadamasyarakat  kota  Bandung,  dan  diharapkan  dengan  media  komunikasi  visual  yang  dirancang,masyarakat dapat mengenal dan  menjadikan  kacang atom GDR sebagai  makan  ringan  kesukaanmereka.Kata kunci : desain, desain komunikasi visual, promosi, iklan komersial, makanan ringan, kacangatom gdrABSTRACTVisual communication  be the kind of  aspect to promote some goods or useful thing throughvisual media to get of   goal. In marketing a product, if it is not supported by promotionactivities,information and messages about the product delivered to the same target will be difficult tothe target audience.Kacang atom GDR has been in the snack food business since the mid 1992. Thearea market of this product are West Sumatera, North Sumatera, Riau, Jambi and also mentawai. Thelocal company is Very confidentwith the quality and flavorof the products produced.this product willenter the city of Bandung as a new step in its marketing.Creative promotional indispensabl e inintroducing this product to people in Bandung. And with the expected visual communications mediadesigned,community can get to know and make peanut GDR atom as their favorite snack.Keyword : design, design comunication visual, promotion, commersial advertising, snacks, atom nuts
PERANCANGAN MEREK DAN KEMASAN PRODUK KERUPUK UDANG YANG DIPRODUKSI DAN DI DISTRIBUSIKAN OLEH CV. BAHAGIA MANDIRI DI CIREBON SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN CITRA PRODUK ASLI CIREBON Johani, Acep; Yuliansyah, Hendy
Jurnal Sketsa Vol 1, No 2 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.412 KB)

Abstract

Abstract - Within product selling process, good packaging have an important subject to define the result. Most of marketers threat packaging issue as one of product selling strategy. Choosing the right promotional media needs to pick the right media who can be used to promote its shrimp crackers in a right way and effective. Besides that, it also can bring budget effectiveness from their total promotional event budgets. Keyword : Brand, Packaging, Promotional Media, Shrimp Cracker, Cirebon, CV. Bahagia Mandiri, Marketing, Product Strategy, Design.  Abstrak - Dalam pemasaran suatu produk, pemberian wadah atau kemasan dapat memegang suatu peranan yang penting. Banyak orang pemasaran, memperlakukan masalah kemasan sebagai salah satu elemen dari strategi produk. Pemilihan media promosi perlu dilakukan untuk dapat memilah media mana saja yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk kerupuk udang tersebut secara efektif dan tepat sasaran. Selain itu pemilihan media juga diperlukan untuk mengefesienkan biaya yang diperlukan dalam melakukan promosi untuk penyelenggaraan kegiatan promosi tersebut. Kata Kunci : Merek, Kemasan, Media Promosi, Kerupuk Udang, Cirebon, CV. Bahagia Mandiri, Pemasaran, Strategi Produk, Desain