cover
Contact Name
Saeful Bahri
Contact Email
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Phone
+622666251992
Journal Mail Official
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Editorial Address
Jln cemerlang no 8 sukakarya kota sukabumi jawabarat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi) : Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial
ISSN : 2355990X     EISSN : 25495178     DOI : 10.31294/swabumi
SWABUMI merupakan jurnal di bidang Ilmu Komputer, Manajemen dan Sosial yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dan telah memiliki ISSN versi cetak. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, Sistem Penunjang Keputusan, Manajemen dan Humaniora
Articles 251 Documents
Sistem Informasi Antrian Konsumen Berbasis Desktop Pada PT Wom Finance Kemayoran Jakarta Eka Wulansari Fridayanthie
Swabumi Vol 5, No 2 (2017): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v5i2.2575

Abstract

AbstraksiSeiring  dengan  perkembangan  zaman  yang  semakin  maju  dan  modern  serta  teknologi  yang berkembang  dengan  pesat  saat  ini,  tentunya  memberikan  banyak  sekali  manfaat  dan kemudahan  bagi  kehidupan  manusia,  khususnya  pada  perusahaan  pembiayaan.  Mengantri adalah aktifitas menunggu untuk mendapatkan giliran. Di PT WOM Finance mengantri menjadi hal  yang  rutin  terjadi  dalam  setiap  proses  transaksi  dengan  konsumen.  Sistem  antrian  yang baik  akan  berpengaruh  terhadap  perilaku  dan  kepuasan  konsumen.  PT  WOM  Finance khususnya  Cabang  Kemayoran  juga  menerapkan  sistem  antrian  yang  masih  konvensional. Sistem antrian yang berjalan saat ini dianggap kurang efektif, khususnya apabila terjadi antrian panjang dan tidak teratur. Kondisi tersebut dapat membuat konsumen menjadi tidak nyaman. Oleh  karena  itu  dibuatlah  aplikasi  antrian  pelayanan  konsumen,  tujuannya  adalah  untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan terhadap konsumen. Disamping itu melalui aplikasi ini, perusahaan dapat lebih optimal dalam melayani konsumen.Kata Kunci : Sistem Antrian, Berbasis DesktopAbstractAlong with  the current development of an increasingly advanced and modern era and rapidly evolving technology nowadays, certainly provide a lot of benefits and convenience for human life,  especially  in  finance  companies.  Queuing  is  a  waiting  activity  to  get  a  turn.  In  PT  WOM Finance  queuing  is  a  routine  thing  happening  in  every  transaction  process  with  consumer.  A good  queue  system  will  affect  customer  behavior  and  satisfaction.  PT  WOM  Finance  in particular Kemayoran Branch also implemented a queuing system that is still conventional. The current  queuing  system  is  considered  ineffective,  especially  in  the  case  of  long  and  irregular queues. These conditions can make consumers become uncomfortable. Therefore, it is made an application service queue of consumers, the purpose is to provide comfort and satisfaction to consumers.  Besides,  through  this  application,  the  company  can  be  more  optimal  in  serving consumers. Keywords: Queuing System, Desktop Based
PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SELEKSI CALON KARYAWAN Nia Nuraeni
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3317

Abstract

Abstrak PT. Dolarindo Intravalas Primatama adalah perusahaan jasa keuangan non-perbankan di bidang money changer yang telah berdiri sejak 1999. Dalam proses pengembangan bisnis, PT Dollarindo membutuhkan tenaga kerja yang memiliki tingkat profesionalisme yang cukup. Proses rekrutmen adalah proses yang sangat awal yang menentukan prosesnya, sebuah tes seleksi yang efektif dan efisien adalah kuncinya. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang sering juga dikenal dengan metode penjumlahan tertimbang. Konsep dasar metode Saw adalah menemukan jumlah penilaian kinerja tertimbang pada setiap alternatif pada semua atribut. Data yang ditampilkan pada penelitian ini sebanyak 30 data calon Karyawan (dari ±281 calon Karyawan). Pemanfaatan metode ini akan menghasilkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu tim rekrutmen dalam melakukan proses seleksi di PT. Dolarindo Intravalas Primatama, sehingga bisa mempermudah proses pemilihan karyawan sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Simple Additive Weighting (SAW) memiliki nilai keakuratan tinggi (sebesar 81%), sehingga dapat diaplikasikan dalam proses perekrutan calon karyawan dibandingkan dengan penilaian tes seleksi karyawan secara manual. Kata Kunci: Pemilihan Karyawan, Pengambilan Keputusan, Simple Additive Weighting Abstract PT. Dolarindo Intravalas Primatama is a non-banking financial services company in the field of money changer which has been established since 1999. In the process of business development, PT Dollarindo requires a workforce that has a sufficient level of professionalism. the recruitment process is a very early process that determines the process, an effective and efficient selection test is the key. This research uses Simple Additive Weighting (SAW) method which is often also known as weighted summing method. The basic concept of the Saw method is to find a weighted sum of performance ratings on each alternative on all attributes. The data that exist in this research as many as 30 data prospective Employees (from ± 281 prospective employees).The utilization of this method will produce a decision support system that can assist the recruitment team in conducting the selection process at PT. Dolarindo Intravalas Primatama, so that it can simplify the process of selecting the appropriate employee with the needs. Based on the result of the research, it can be concluded that the use of Simple Additive Weighting (SAW) method has high accuracy value (81%), so it can be applied in the recruitment process of employee candidates compared to the assessment of employee selection test manually. Keywords: Decision Maker, Employee Selection, Simple Additive Weighting
STRATEGI PEMASARAN PADA PELATIHAN PUBLIC SPEAKING QUECARD SUKABUMI Dicki Prayudi
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4580

Abstract

Abstraksi QueCard adalah nama lembaga pelatihan yang fokus kepada pengembangan soft skill terutama dalam bidang komunikasi di Sukabumi. Tujuan didirikannya lembaga ini adalah untuk memberikan pilihan dan kemudahan bagi peserta dalam mengembangkan komunikasinya. Kelas Public Speaking adalah kelas yang ditujukan kepada mahasiswa atau pekerja yang memerlukan pelatihan komunikasi untuk menunjang kebutuhan pekerjaan ataupun kepentingan pribadinya. Peneliti dilakukan dengan pendekatan secara langsung kepada informan untuk mengamati perilaku, pendapat, sikap serta tanggapan informan terkait dengan subjek penelitian. Penelitian menggunakan parameter tunggal yang menjadi parameter studi yaitu STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning). Bauran pemasarannya berdasarkan yang dikemukakan oleh Kotler untuk pemasaran jasa yaitu: Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Evidence, dan People. Pada penelitian ini, metode kualitatif diambil sebagai metode yang akan digunakan peneliti dalam merumuskan skema penelitian lebih lanjut. Berdasarkan analisis lingkungan internal pemasaran QueCard Public Speaking yang diformulasikan pada matrik IFAS, pemasaran QueCard Public Speaking masih memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan kelemahan. Hasil matrik tersebut menghasilkan hasil pembobotan QueCard Public Speaking yang mempunyai skor 2,05 untuk kekuatan pemasaran dan 0,85 untuk hasil pembobotan kelemahan pemasaran QueCard Public Speaking. Hasil 2,90 yaitu hasil pembobotan kekuatan ditambah dengan kelemahan. Kata Kunci: Rancangan, Pemasaran, Analisis SWOT Abstract QueCard is the name of the training institute that focuses on the development of soft skills, especially in the field of communications in Sukabumi. The objective of establishing the institute is to provide choice and convenience for the participants to develop communication. Research also approaches descriptive analysis to interpret the data obtained with the fact that being in the field so as to get a research subjects. Research using a single parameter into parameter studies are STP (Segmenting, Targeting, and Positioning). Its marketing mix based on that proposed by Kotler's marketing services, such as: Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Evidence, and People. Researchers conducted a detailed elaboration in order to provide data and information for this study. Based on the analysis of the external environment of marketing QueCard Public Speaking at the point where the position is that the overall result of 2.95 is 1.75 and the point opportunities results threat there is a difference of 1.20 to 0.55. It is concluded that the external environment of marketing QueCard Public Speaking is above the average of point that have more opportunities than threats. Keyword: Marketing, SWOT Analyst, Public Speaking
PENERAPAN ALGORITMA CERTAINTY FACTOR UNTUK SISTEM PAKAR DIAGNOSIS URTIKARIA PADA WANITA DEWASA Fhariq Aulady; A Gunawan; Muhamad Ryansyah
Swabumi Vol 7, No 1 (2019): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v7i1.6173

Abstract

Abstrak Penerapan Algoritma Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Urtikaria Pada Wanita Dewasa. Urtikaria adalah reaksi pada kulit akibat bermacam-macam sebab, sinonim penyakit ini adalah biduran, kaligata, hives, nettle rash. Ditandai oleh edema (bengkak) setempat yang timbul secara mendadak dan menghilang perlahan-lahan berwarna kemerahan dan pucat, meninggi di permukaan kulit, sekitarnya dapat dikelilingi halo (bulatan). Angka kejadian urtikaria cukuplah tinggi sebanyak 15%-20% penduduk pernah mengalami urtikaria dalam kehidupannya dan 25% diantaranya mengalami urtikaria kronik, penyakit ini lebih banyak dijumpai pada perempuan. Pada penerapan ini dibuat sistem pakar menggunakan Certainty Factor. Dengan aplikasi sistem pakar diagnosis urtikaria pada wanita dewasa diharapkan dapat membantu memasyarakatkan pengetahuan dan pengalaman pakar-pakar yang ahli dibidangnya, mengetahui tingkatan penyakit berdasarkan gejala-gejala yang dialami dari penyakit urtikaria, tidak memerlukan biaya, menghemat waktu dalam pengambilan keputusan dan integrasi aplikasi sistem pakar lebih efektif mencakup aplikasi yang lebih luas. Kata kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor, Urtikaria, Aplikasi Mobile Abstract Application of the Certainty Factor Algoritm for urticarial diagnostic system experts in adult women. Urticaria is a reaction to the skin due to various causes, synonyms of this disease are biduran, chilblains, hives, nettle rash. Marked by local edema (swelling) that arises suddenly and disappears slowly reddish and pale, rising on the surface of the skin, the surroundings can be surrounded by halo (spherical). The incidence of urticaria is quite high as much as 15% -20% of the population has experienced urticaria in their lives and 25% of them experience chronic urticaria, this disease is more common in women. In this application an expert system is created using Certainty Factor. With the application of an expert system of diagnosis of urticaria in adult women is expected to help popularize the knowledge and experience of experts who are experts in their fields, know the level of disease based on the symptoms experienced from urticaria, no need for cost, save time in decision making and integration of expert system applications more effective covering wider applications. Keywords: Expert System, Certainty Factor, Urticaria, Mobile Application
Analisis Algoritma KNN Berbasis Feature Selection untuk Memprediksi Nasabah Pengguna Deposito Melalui Pemasaran Langsung Ami Rahmawati; Ita Yulianti; Yuri Yuliani; Nurhadianto Nurhadianto; Hafifah Bella Novitasari
Swabumi Vol 8, No 1 (2020): Volume 8 Nomor 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v8i1.7581

Abstract

Sebuah bank menggunakan teknik pemasaran langsung dalam menargetkan segmen nasabah dengan cara menghubungi nasabah tersebut untuk memenuhi tujuan tertentu. Setelah menghubungi nasabah, bank mendapatkan informasi apakah nasabah tersebut sudah berlangganan produk yang ditawarkan oleh bank atau belum. Salah satu produk yang ditawarkan oleh bank antara lain yaitu deposito. Dari banyaknya informasi nasabah yang dikumpulkan, bank mampu menawarkan produk dan layanan kepada nasabah. Kemampuan tersebut dapat menggunakan teknologi data mining, seperti tujuan dibuatnya penelitian ini yaitu memprediksi nasabah yang berlangganan deposito dengan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) dan feature selection yang diproses menggunakan tools Anaconda dan bahasa pemrograman python. Dari hasil penelitian yang diperoleh, akurasi dari penggunaan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) sebesar 74,37% dengan nilai K=9, sedangkan akurasi algoritma klasifikasi K-Nearest Neighbor dengan menggunakan feature selection sebesar 89,72% dengan nilai K=3, sehingga didapat selisih peningkatan akurasi sebesar 15,35%.Kata Kunci : Anaconda, Bank Marketing, KNN, Python
SISTEM PAKAR PENGIDENTIFIKASI HAMA PADA TANAMAN ANGGREK TERESTRIAL BERBASIS MOBILE Satia Suhada; Taufik Hidayatulloh
Swabumi Vol 1, No 1 (2014): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2014
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v1i1.988

Abstract

Expert System Identifiers Terrestrial Orchids Pests Based Mobile. Orchid is a high aesthetic value of ornamental plants and are important in the flower trade. In 2002, Indonesia exported orchid cut flowers as much as 1,975,595 kg valued at U.S. $ 2,752,281 and in 2003 decreased to 1,275,305 kg valued at U.S. $ 3,741,560. One cause of the decline in exports of cut orchid flowers is causedby a number of pests that attack the orchid plants. Pest is one of the important issues to be considered in the production of business plants in general, because the pest is able to reduce significantly the production of both qualitative and quantitative. Therefore it is necessary for early treatment to control these pests on orchids. Based on the description, needed a system that could represent an expert who has the knowledge base and experience in the terrestrial orchid, which is an expert system.Later in 2013, the trend in mobile based technologies more rapidly. Therefore, in order to obtain the value of information more quickly and flexibly, this expert system will be applied in the form of Android-based mobile applications.
Penerapan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Penempatan Barang Berdasarkan Data Transaksi Penjualan Rizal Amegia Saputra; Sri Wasiyanti; Rusli Nugraha
Swabumi Vol 8, No 2 (2020): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v8i2.9031

Abstract

AbstrakToko Berkah Baru merupakan toko penjualan berbagai barang-barang plastik dan lain-lain, toko ini memiliki kesulitan dalam penempatan barang, karena banyak jenis barang yang berada ditoko tersebut, menjadi kurang teraturnya posisi barang pada rak, yang mengakibatkan terkadang ada barang yang dicari oleh karyawan tapi malah tidak di temukan di bagian rak, yang berdampak pada kurang baik terhadap pelayanan kepada pembeli. Tujuan penelitian ini menerapkan teknik association data mining yaitu algoritma apriori yang dapat menganalisa transaksi penjualan dari data historis. Pengetahuan baru diperoleh berdasarkan hasil perhitungan algoritma yang diimplementasikan menggunakan aplikasi RapidMiner. Informasi yang didapat dari pengolahan yaitu mengetahui kecenderungan pembeli dalam melakukan pembelian barang yang digunakan untuk memberikan rekomendasi pengadaan barang dan kebijakan tata letak barang berdasarkan intensitas penjualan dalam rangka menunjang aktifitas transaksi penjualan barang. Dari hasil analisa terhadap 31 transaksi penjualan  yang menggunakan nilai minimum support sebesar 6% dan minimum confidence sebesar 60% didapatkan rekomendasi tata letak barang terhadap klasifikasi penempatan barang yaitu  kantong plastik →  tambang, rodeo → sterofom, plastik 9x25 → karet dan plastik 11x30 → sedotan.Kata Kunci: Apriori, Association Rules, Penempatan Barang AbstractThe Berkah Baru shop is a shop selling various plastic goods and others, this shop has difficulty in placing goods, because many types of goods are in the shop, the position of goods on the shelves is not orderly, which results in sometimes there are items that employees are looking for. but not even found on the shelf, which has a negative impact on service to buyers. The purpose of this study is to apply association data mining technique, namely a priori algorithm that can analyze sales transactions from historical data. New knowledge is obtained based on the results of algorithm calculations implemented using the RapidMiner application. Information obtained from processing, namely knowing the tendency of buyers to make purchases of goods used to provide recommendations for procurement of goods and policies on layout of goods based on sales intensity in order to support the activity of selling goods. From the results of the analysis of 31 sales transactions using a minimum support value of 6% and a minimum confidence of 60%, a recommendation for the layout of goods on the classification of goods placement is obtained, namely plastic bag → mine, rodeo → sterofom, plastic 9x25 → rubber and plastic 11x30 → straw.Keywords: Apriori, Association Rules, Placement of Goods
PERBANDINGAN DEFUZZIFIKASI CENTROID DAN MAXIMUM DEFUZZIFIER PADA METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT JANTUNG Satia Suhada; Dwiza Riana
Swabumi Vol 4, No 2 (2016): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v4i2.1018

Abstract

In the past decade, heart disease was ranked first of the highest cause of death in the world. Asrevealed by the World Health Organization (WHO), as many as 7.4 million people died every year dueto this disease. Application of fuzzy logic is often used for several reasons, among them because ofthe underlying mathematical concepts of fuzzy reasoning is very simple and easy to understand, veryflexible, has a tolerance of the data inappropriately. Basic fuzzy logic that is fuzzy set theory, in whichthe role of determining the existence of degrees of membership as elements in a set is absolutelyessential. In addition the use of fuzzy logic in the current medical diagnosis is quite inflated. The mainprocesses in the Mamdani fuzzy logic starts from the input whose value was changed into fuzzy sets,fuzzy inference, then defuzzification to return the fuzzy set into crisp output. The process ofdefuzzification has an important role, because different defuzzification methods will produce the setfirmly. In this study compared defuzzifikasi centroid with maximum defuzzifier model mean of maxima.The results for diagnosis using the defuzzifikasi centroid has the accuracy rate of 90.3% and fordefuzzifikasi mean of Maxima results of diagnosis is only 86,5%.
PERANCANGAN APLIKASI AKUNTANSI PELAYANAN APOTEK PADA APOTEK ATING XI BANDUNG Dudus Kurnia; Lis Saumi Ramdhani; Rizal Amegia Saputra
Swabumi Vol 5, No 1 (2017): Volume 5 Nomor 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v5i1.1736

Abstract

Teknologi  informasi  berkembang  sangat  pesat,  salah  satu  perangkat  yang  terkena adalah komputer. Dari waktu ke waktu ada kemajuan pada perangkat ini kedua perangkat lunak dan  perangkat  keras.  Apotek  Ating  XI  yang  sampai  sekarang  belum  terkomputerisasi  dan benar-benar  membutuhkan  aplikasi  untuk  mendukung  dan  memberikan  pelayanan  yang memuaskan kepada konsumen dan untuk mendukung pembuatan laporan lebih cepat, akurat, efektif dan efisien. Apotek Ating XI adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan obatobatan  dan  alat  kesehatan.  Pencatatan  transaksi  mulai  dari  pembelian  barang,  penjualan barang  dan  pembuatan  laporan  masih  dilakukan  secara  manual  sehingga  rentan  terjadi kesalahan  selama  proses  transaksi  berlangsung.  Kurangnya  aplikasi  komputer  membuat transaksi sedikit terhambat, terutama dalam hal laporan keuangan. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu, observasi, wawancara, dan sastra. Desain aplikasi akuntansi ini adalah solusi  terbaik  untuk  memecahkan  masalah  dan  kendala  yang  terjadi  di  perusahaan  ini  untuk masukan proses pembelian, proses penjualan barang dan pelaporan proses bisa berjalan lebih cepat dan yang paling penting, laporan dapat dihasilkan lebih akurat . Dengan desain aplikasi akuntansi perusahaan ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut di tengah tigh persaingan di dunia bisnis saat ini
Rancangan Aplikasi E-Recruitment Karyawan Dengan Metode Waterfall Syahriani Syahriani; Jaya Satria
Swabumi Vol 5, No 2 (2017): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v5i2.2576

Abstract

AbstraksiSumber  daya  manusia  merupakan  modal  utama  dalam  membangun  suatu  organisasi  atau instansi. Semakin berkembang suatu organisasi, maka kebutuhan akan sumber daya manusia pun  akan  semakin  meningkat.  Untuk  memenuhi  kebutuhan  sumber  daya  manusia,  maka dilakukan  suatu  proses  rekrutmen  dan  seleksi  karyawan.  Proses  rekrutmen  dan  seleksi karyawan  di  PT  BFI  Finance  Indonesia  Tbk  Cabang  Meruya  Jakarta  masih  menggunakan metode  konvensional  atau  manual  dan  menggunakan  kertas.  Hal  tersebut  menimbulkan beberapa masalah seperti  data pelamar  yang mudah hilang  dan rusak, butuh banyak  tempat penyimpanan dokumen, diperlukan waktu yang lama dalam melakukan proses rekrutmen dan seleksi  karyawan,  dan  juga  adanya  kesulitan  dalam  pengadaan  kelas  dan  pengawas  untuk seleksi. Penerimaan merupakan sebuah metode perekrutan para calon tenaga kerja  baru pada perusahaan  dengan  melewati  segala  tahapan-tahapan  yang  telah  diberikan  oleh  perusahaan dan menggunakan media komunikasi elektronik  modern  seperti  internet, sehingga perekrutan dapat  dilaksanakan  dengan  lebih  menghemat  waktu  dan  tenaga  guna  mendapatkan  tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.Kata Kunci: Konvensional, Seleksi, Penerimaan, Web, InternetAbstractHuman  resource  is  the  main  capital  in  building  an  organization  or  instance.  Growing  an organization,  the  need  for  human  resources  will  increase.  To  meet  the  needs  of  human resources, then carried out a process of recruitment and selection of employees. The process of recruitment  and  selection  of  employees  at  PT  BFI  Finance  Indonesia  Tbk  Jakarta  Branch Meruya  still  use  manual  methods  and  use  of  paper.  This  raises  several  issues  such  as  the applicant data are easily lost and damaged, it took a lot of document storage, it takes a long time in the process of recruitment and selection of employees, and also their difficulties in class procurement and supervisor for selection. Acceptance is a method of recruitment of prospective new employees to the company by passing through all the stages that have been granted by the company and the use of electronic communication media modern such as   the internet, so that recruitment can be implemented more saves time and effort in order to obtain employment in accordance with needs company.Keywords: Conventional, Selection, Admission, Web, Internet

Page 1 of 26 | Total Record : 251