cover
Contact Name
Noor Hasan
Contact Email
noor.nhs@bsi.ac.id
Phone
+628156652365
Journal Mail Official
jurnal.bianglala@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Barat, Gamping Kidul, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Bianglala Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Yogyakarta
ISSN : 23388145     EISSN : 23389761     DOI : http://dx.doi.org/10.31294/bi
Core Subject : Science,
JURNAL BIANGLALA INFORMATIKA telah memiliki ISSN baik versi cetak maupun online. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, dan Sistem Penunjang Keputusan.
Articles 222 Documents
Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan Rulia Puji Hastanti; Bambang Eka Purnama; Indah Uly Wardati - STKIP PGRI Pacitan
Bianglala Informatika Vol 3, No 2 (2015): Bianglala Inormatika 2015
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.88 KB) | DOI: 10.31294/bi.v3i2.581

Abstract

Abstract : Creating a media-based promotion and online sales website, design and manufacture is intended to facilitate the management, sales and promotions, also easier for buyers. Easier for consumers to choose fashion models, consumers without having to come to the store. Promoting a product should be accompanied, with a concept that is easy and interesting to be in demand by consumers and society. With this research is expected to create more effective marketing tool than previous systems on Tata Distro urban districts Ploso Pacitan thus increasing sales turnover at Tata distributions. Keywords: sales, media promotion, online   Deskripsi : Membuat sebuah media promosi dan penjualan online berbasis website, perancangan dan pembuatan ini dimaksudkan untuk memudahkan pengelolaan, penjualan dan promosi, juga mempermudah pembeli. Agar konsumen lebih mudah memilih model–model fashion, konsumen tanpa  harus datang ke toko. Mempromosikan suatu produk harus disertai,dengan konsep yang mudah dan menarik agar diminati oleh konsumen dan masyarakat. Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan mampu menciptakan sarana pemasaran yang lebih efektif daripada sistem sebelumnya pada Tata Distro kelurahan Ploso kabupaten Pacitan sehingga meningkatkan omset penjualan pada Tata Distro . Kata kunci: penjualan, media promosi, online
Aplikasi Program untuk Mendiagnosa Bakteri Chlamydia Trachomatis Menggunakan Metode Waterfall Suhardjono - AMIK BSI Jakarta
Bianglala Informatika Vol 5, No 2 (2017): Bianglala Informatika 2017
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.138 KB) | DOI: 10.31294/bi.v5i2.2554

Abstract

Abstract-Chlamydia is transmitted diseases contagious most commonly found and known the main cause of disease inflammation of the pelvis (pelvis), that will spoil a female reproductive and eye disease caused infertility (sterility) in women. Lack of information on chlamydia bacterium trachtomatis so with the expert system in implementasikan to diagnose chlamydia trachtomatis disease is needed to know disease early with the results of this program shows that expert system can be used as a media that can tell us and consultation of bacteria chlamydia trachomatis , and how to avoid.Keywords: Chlamydia Bacterium Trachtomatis, Diagnose Bacterium, Expert System, Waterfall. Abstrak - Chlamydia merupakan penyakit kelamin menular yang paling umum dijumpai dan dikenal penyebab utama penyakit peradangan pada pelvis (panggul), yang akan merusak alat reproduksi perempuan dan penyakit mata disebabkan infertilitas (kemandulan) pada perempuan. Kurangnya informasi tentang bakteri chlamydia trachtomatis maka dengan adanya sistem pakar yang di implementasikan untuk mendiagnosa penyakit chlamydia trachtomatis sangat dibutuhkan untuk mengetahui penyakit sejak dini dengan hasil program ini menunjukkan bahwa sistem pakar dapat dipergunakan sebagai suatu media yang dapat memberikan informasi dan konsultasi tentang bakteri Chlamydia Trachomatis, dan cara menghindarinya.Kata Kunci: Bakteri Chlamydia Trachomatis, DiagnosaBakteri, Sistem Pakar,  Waterfall.
Pendekatan Keamanan Serta Kecepatan Akses Data Pada Cloud Dengan Algoritma Huffman Dan Aes Wahyu Eko Susanto
Bianglala Informatika Vol 2, No 2 (2014): Bianglala Informatika 2014
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.322 KB) | DOI: 10.31294/bi.v2i2.548

Abstract

Dalam semua sistem informasi, lalulintas data menjadi faktor penting.Sehingga dibutuhkan upaya bagaimana menjaga data agar dapat dijamin keamanannya sehingga kita mampu mendapatkan Confidentiality, Authorization, Authentication, Accountability, Integrity dari data tersebut. Dan apabila kita menggunakan cloud maka tidak hanya keamanan data saja namun juga bagaimana kita dapat mengkomunikasikan data ini dengan cepat dan ringan tanpa harus membebani bandwidth secara signifikan, keadaan ini berbanding urus dengan besar kecilnya data dan intensitas komunikasi data itu sendiri. Dalam Makalah ini metode yang penulis menggunakan metode penelitian development research. Dari masalah yang diatas, maka diperlukan perpaduan yang pas antara bagaimana kita mengkombinasikan algoritma-algoritma kompresi untuk memperkecil data yang akan di transmisikan dan algoritma enkripsi sebagai pelindung data agar dapat terjamin keamanannya baik ketika di transmisikan maupun ketika di simpan di cloud storage. Salah satu diantara algoritma-algoritma tersebut yang mempunyai kinerja terbaik menurut makalah ini adalah algoritma kompresi Huffman dan algoritma enkripsi AES dimana kedua algoritma ini apabila kita kombinasikan diharapkan dapat menghasilkan data dengan byte yang lebih kecil serta lebih aman ketika ditransfer ke cloud maupun ketika berada di cloude storage.
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian Pada Alea Zahra Shop Yogyakarta Supriyanta .; Suparlan - AMIK BSI Yogyakarta
Bianglala Informatika Vol 5, No 1 (2017): Bianglala Informatika 2017
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/bi.v5i1.1952

Abstract

Abstract - Information technology / internet is growing so fast that it impacts on many things. Alea Zahra Shop is trying to sell clothes by utilizing social media. Sales results are small, sales system is not practical, quite complicated. Various breakthroughs are made to improve and develop business. The design of information systems on the sale of clothing Alea Zahra Shop aims to use information technology / internet to sell online. The research method used in collecting data is observation, interview and literature study. Waterfall method used in creating website. Program created using Adobe Dreamweaver CS6 software as media editor in making web sales online. By using the program and made online in the hope to introduce products or promotions easily and widely, can be more practical transactions continuously 24 hours a day 7 days a week, facilitate consumers in the process of sales and profits increase.Keywords: Online Shopping, Information Technology Abstrak - Teknologi informasi/internet berkembang dengan sangat cepat sehingga berdampak pada berbagai hal. Alea Zahra Shop berusaha menjual pakaian dengan memanfaatkan media sosial. Hasil penjualan masih kecil/sedikit, sistem penjualan belum praktis, cukup rumit. Berbagai terobosan di lakukan untuk meningkatkan dan mengembangan usaha. Perancangan sistem informasi penjualan pakaian pada Alea Zahra Shop ini bertujuan memakai teknologi informasi/ internet untuk menjual secara online. Metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah pengamatan atau observasi, wawancara dan studi pustaka. Metode Waterfall di gunakan dalam membuat website. Program dibuat menggunakan software Adobe Dreamweaver CS6 sebagai media editor dalam pembuatan web penjualan online. Dengan memakai program dan di buat secara online di harapkan bisa memperkenalkan produk atau promosi secara mudah dan luas, bisa transaksi lebih praktis secara terus menerus 24 jam sehari 7 hari seminggu, memudahkan konsumen dalam proses penjualan dan keuntungan meningkat.Kata Kunci: Teknologi Informasi, Penjualan online, Meningkat
Audit Information Technology (IT) Governance Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Lombok Menggunakan Framework COBIT 4.1 Maulana Ashari - STMIK Lombok
Bianglala Informatika Vol 3, No 2 (2015): Bianglala Inormatika 2015
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.43 KB) | DOI: 10.31294/bi.v3i2.539

Abstract

Abstract – An implementation of information technology in an organization or an institution in the business process is a very valuable asset, where the role of information technology is able to change the performance of the workers or even the employees in an organization. Significant role of information technology is certainly to be balanced with appropriate governance and management, so that the losses that might occur can be avoided or minimized as much as possible it is necessary to audit the Information Technology (IT). This study describes how to conduct an audit of Information Technology (IT) Governance at using COBIT 4.1 framework. The purpose of this study is to assess the performance of Information Technology (IT) Governance using COBIT 4.1 framework to produce recommendations and improvements of Information Technology (IT) Governance in STMIK Lombok. The process of auditing Information Technology (IT) Governance at Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok is analyzed using COBIT 4.1 standard. Phase evaluation of Information Technology (IT) Governance by COBIT 4.1 default in five stages, such as identification of Business Goals, identification of Information Technology (IT) Goals, identification of Information Technology (IT) Process, Control Objectives identification and calculation of Maturity Level. With the audit of Information Technology (IT) Governance at Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok then obtained performance assessment of on going information technology process and recommendations for improvement of Information Technology (IT) Governance. Keywords: STMIK Lombok, Audit, Information Technology (IT) Governance, COBIT.4.1.   Abstrak – Penerapan teknologi informasi pada sebuah organisasi atau dalam proses bisnis suatu instansi adalah aset yang sangat berharga, dimana peranan teknologi informasi mampu mengubah kinerja para pekerja atau bahkan karyawan dalam sebuah organisasi. Peranan teknologi informasi yang signifikan ini tentu harus diimbangi dengan pengaturan dan pengelolaan yang tepat, sehingga kerugian-kerugian yang mungkin akan terjadi dapat dihindari atau diminimalisir semaksimal mungkin maka diperlukan audit Teknologi Informasi (TI). Penelitian ini memaparkan bagaimana melakukan audit Information Technology (IT) Governance pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok menggunakan framework COBIT 4.1. Tujuan dari penelitian ini adalah menilai kinerja Information Technology (IT) Governance menggunakan framework COBIT 4.1 sehingga menghasilkan rekomendasi dan perbaikan Information Technology (IT) Governance di STMIK Lombok.   Proses audit Information Technology (IT) Governance di STMIK Lombok dilakukan menggunakan standar COBIT 4.1. Tahap evaluasi Information Technology (IT) Governance menurut standar COBIT 4.1 ada 5 tahap yakni identifikasi Business Goals, identifikasi Information Technology (IT) Goals, identifikasi Information Technology (IT) Process, identifikasi Control Objectives, dan perhitungan Maturity Level. Dengan dilakukannya audit Information Technology (IT) Governance pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok maka didapatkan penilaian kinerja dari proses teknologi informasi yang sedang berjalan  serta rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kualitas Information Technology (IT) Governance. Kata kunci: STMIK Lombok, Information Technology (IT) Governance, COBIT.4.1.
Penggunaan Watchguard Firebox Sebagai Penyaring Konten Pada Jaringan Internet Kantor BSITV Supriyadi - STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA
Bianglala Informatika Vol 3, No 1 (2015): Bianglala Informatika 2015
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.665 KB) | DOI: 10.31294/bi.v3i1.572

Abstract

ABSTRACT - The use of content filtering system has been carried out in the Office BALI TV. Content filter used is Firebox which has the advantage of doing block the content of a website as a whole. Detection of viruses, worms or movements that lead to action in the form of hack can run optimally with the device. But blocking the entire content contained on a website raises problems, because not all content contained on the site a negative. This study uses a qualitative method to see the extent to which the use of content filtering is done at the Office BSITV. This usage is expected to be an input to determine the effective use of content filtering. It is advisable to create a device capable of detecting a content page by page, so that the selection process can be carried out relevant content.Keywords: Firebox, detection, content filter ABSTRAK - Pemakaian sistem penyaring konten telah dilakukan di Kantor BSITV.  Penyaring  konten  yang  dipakai  adalah  firebox yang  memiliki keunggulan   melakukan   blok   terhadap   konten   sebuah   website   secara   menyeluruh. Pendeteksian virus, worm maupun gerakan yang mengarah pada tindakan berupa hack dapat  berjalan  secara  maksimal  melalui  perangkat  ini.  Namun  pemblokiran  seluruh konten yang terdapat pada sebuah website memunculkan permasalahan, karena tidak semua   konten   yang   terdapat   pada   sebuah   situs   tersebut   negatif.   Penelitian   ini menggunakan metoda kualitatif untuk melihat sejauh mana penggunaan konten filtering dilakukan di Kantor BSITV. Penggunaan ini diharapkan menjadi masukan untuk  menentukan  penggunaan  konten  filtering  yang  efektif. Disarankan  untuk  menciptakan  sebuah  perangkat  yang  mampu  mendeteksi  sebuah konten  page  per  page,  sehingga  proses  penyeleksian  konten  dapat  dilakukan  secara relevan.  Kata Kunci : firebox, pendeteksian, penyaring konten
Perancangan Sistem Pakar Untuk Deteksi Gangguan Jaringan LAN Dengan Metode Forward Chaining Anik Andriani - AMIK BSI Yogyakarta; Ubaidillah - AMIK BSI Jakarta
Bianglala Informatika Vol 4, No 2 (2016): Bianglala Informatika 2016
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/bi.v4i2.816

Abstract

ABSTRACT - The detection of interference on the LAN (Local Area Network) often takes lama.Hal is because not all LAN users to understand the handling of disturbances in the LAN.Selain LAN administrator itself sometimes requires substantial time in detecting disturbances in the study LAN.Tujuan is to build an expert system to detect tampering LAN.Sistem this expert network LAN users can use to help detect tampering on the LAN and can be used as an expert by the administrator assistant LAN.Metode used in the construction inference engine for expert system is a method Forward Chainning.Sebelum construction inference engine of expert knowledge extraction using graphical representations and dependency diagram.Hasilnya represented in the knowledge Based Table which is further used for the development of expert system development pakar.Hasil system consists of admin and user pages. Through the admin page can be inputed knowledge based and on the user's page can be consulted in the form of question and answer. The results of the debriefing will return the type of disturbance on the LAN. The use of this expert system can shorten the time of detection of the type of disturbance on the LAN.Keywords: expert system, LAN, forward chainning ABSTRAK - Pendeteksian gangguan pada LAN (Local Area Network) seringkali membutuhkan waktu yang lama.Hal ini dikarenakan tidak semua pengguna LAN mengerti penanganan gangguan pada LAN.Selain itu administrator LAN sendiri terkadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam mendeteksi gangguan pada LAN.Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pakar untuk mendeteksi gangguan jaringan LAN.Sistem pakar ini dapat digunakan pengguna LAN untuk membantu mendeteksi gangguan pada LAN dan dapat dijadikan sebagai asisten pakar oleh administrator LAN.Metode yang digunakan dalam pembangunan inference engine untuk sistem pakar ini adalah metode Forward Chainning.Sebelum pembangunan inference engine dilakukan ekstraksi pengetahuan dari pakar dengan menggunakan representasi grafis dan dependency diagram.Hasilnya direpresentasikan ke dalam Knowledge Based Table yang selanjutnya digunakan untuk pembangunan sistem pakar.Hasil pembangunan sistem pakar terdiri dari halaman admin dan pengguna. Melalui halaman admin dapat diinputkan knowledge based dan dari halaman pengguna dapat dilakukan konsultasi dalam bentuk tanya jawab. Hasil dari tanya jawab akan memberikan hasil berupa jenis gangguan yang terjadi pada LAN. Penggunaan sistem pakar ini dapat mempersingkat waktu pendeteksian jenis gangguan yang terjadi pada LAN.Kata kunci: sistem pakar, LAN, forward chainning
Aplikasi Konversi Suara Ke Teks Berbasis Android Menggunakan Google Speech Api Supriyanta Bekti Pudji
Bianglala Informatika Vol 2, No 2 (2014): Bianglala Informatika 2014
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.056 KB) | DOI: 10.31294/bi.v2i2.530

Abstract

Memasukkan teks ke dalam perangkat mobile lambat dan rentan kesalahan dibandingkan dengan mengetik pada keyboard ukuran penuh.  Google menawarkan fitur pada Android yang bertujuan untuk membuat suara sebagai alternatif metode input, misal penelusuran menggunakan suara, input suara ke dalam text field tertentu dan Application Programming Interface (API) suara untuk pengembang aplikasi. Untuk menelusuri menggunakan suara, pengguna secara sederhana mengetuk ikon mikropon pada kotak pencarian desktop atau dengan menahan tombol pencarian fisik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi yang mengkonversi suara ke dalam teks dengan Bahasa Indonesia. Aplikasi dibuat menggunakan API Google Speech, bahasa pemrograman yang digunakan bahasa pemrograman Java. Editor Java yang digunakan Eclipse. Aplikasi diujicoba pada smartphone Android. Manfaat dari aplikasi ini adalah mengurangi kesalahan memasukkan input pada bidang teks. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam pembicaraan yang hasil rekamanya sudah langsung berbentuk teks
RULE-BASED CLASSIFIER UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT LIVER Pudji Widodo
Bianglala Informatika Vol 2, No 1 (2014): Bianglala Informatika 2014
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.998 KB) | DOI: 10.31294/bi.v2i1.563

Abstract

Hati merupakan organ yang paling besar dan penting bagi tubuh kita. Kita tidak bisa hidup tanpa hati. Penyakit hati tidak mudah ditemukan pada stadium awal. Penanganan pasien penyakit hati pada stadium awal akan memperpanjang usia pasien. Untuk mendeteksi penyakit hati, pasien harus melakukan tes darah. Program klasifikasi otomatis bisa mengurangi beban kerja dokter. Makalah ini menyajikan penerapan algoritma berbasis rule untuk mendeteksi penyakit hati berdasarakan hasil tes darah. Dataset yang digunakan pada penelitian ini adalah dataset Indian Liver Patient Dataset (ILPD) yang diambil dari UCI Machine Learning Repository. Algoritma berbasis rule yang digunakan pada penelitian ini adalah ZeroR, OneR, RIPPER dan C4.5. Algoritma tersebut dibandingkan berdasarkan empat kriteria, yaitu accuracy, presition, sensitivity dan spesificity. Berdasarkan hasil perbandingan, diperoleh algoritma berbasis rule terbaik dalam mendeteksi penyakit hati.                   
Penggunaan Qr Code Sarana Penyampaian Promosi Dan Informasi Kebun Binatang Berbasis Android Adiguna Wijaya - STMIK Nusa Mandiri Jakarta; A. Gunawan - AMIK BSI Sukabumi
Bianglala Informatika Vol 4, No 1 (2016): Bianglala Informatika 2016
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1247.062 KB) | DOI: 10.31294/bi.v4i1.586

Abstract

Abstract - Use Of QR Code Submission Facility Promotions And Informations On Zoo Based Android. The QR (Quick Response) code is a two-dimensional barcode developed by the Japanese company Denso-Wave in 1994, and was approved as an ISO International Standard and Chinese National Standard in 2000. Biodiversity, the most fascinating aspect of biology, includes variability among living organisms from all sources including interalia, terrestrial, marine and other aquatic ecosystems and the ecological complexes of which they are part it includes diversity within species and ecosystem. The purpose of writing this paper is to understand the types of biodiversity and to conserve biodiversity to visitors. The method used in writing this paper with reference to study literature and journals, authors are looking for materials via the internet. Management of the zoo require visitors for the survival and progress of the management of the zoo, for the promotion and dissemination of information becomes important. In this digital age of information can be easily accessed by facilities which the number of smartphone users continues to grow each year, and could be a captive market for the zoo. The zoo has not utilize media technology to the needs management of information facilities and promotion. Use of QR code application makes it easy for visitors to the zoo because of access to information and the promotion of far more effective and flexible for visitors, because it no longer need to access several times to get information and promotions. With the application of QR code management of zoo can harness and use as a medium of information and media promotions for visitors the zoo. QR code application that for used submission facilities promotion and information at the zoo is ZXing Library. Key Word : QR code, Promotions, Informations, Zoo, Smartphone Android   Abstrak - QR (Quick Response) kode adalah dua dimensi barcode yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang Denso-Wave di tahun 1994, dan telah disetujui sebagai standar internasional ISO dan Standar Nasional Cina pada tahun 2000. Keanekaragaman hayati, aspek yang paling menarik dari biologi, termasuk variabilitas antara organisme hidup dari semua sumber termasuk interalia, darat, laut dan ekosistem air dan ekologi kompleks, itu termasuk keanekaragaman dalam spesies dan ekosistem. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memahami jenis – jenis keanekaragaman hayati dan untuk melestarikan keanekaragaman hayati kepada pengunjung. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini dengan melakukan studi pustaka dan referensi jurnal, penulis mencari bahan – bahan melalui internet. Pengelola kebun binatang memerlukan pengunjung untuk kelangsungan dan kemajuan pengelolaan kebun binatang, untuk itu promosi dan penyebarluasan informasi menjadi hal yang penting. Di era digital ini informasi dapat mudah dijangkau oleh sarana smartphone yang jumlah penggunanya setiap tahun terus bertambah, dan bisa menjadi captive market untuk pengelola kebun binatang. Kebun binatang belum memanfaatkan media teknologi untuk kebutuhan pengelolaan sarana informasi dan promosi. Penggunaan aplikasi QR code ini memberikan kemudahan bagi pengunjung kebun binatang karena akses informasi dan promosi jauh lebih efektif dan fleksibel bagi pengunjung, karena tidak perlu lagi akses beberapa kali untuk mendapatkan informasi dan promosi. Dengan adanya aplikasi QR code pengelola kebun binatang dapat memanfaatkan dan menggunakan sebagai media informasi dan media promosi kepada pengunjung kebun binatang. Aplikasi QR code yang digunakan untuk sarana penyampaian promosi dan Informasi di kebun binatang adalah Zxing Library. Kata Kunci : QR code, Promosi, Informasi, Binatang, Smartphone Android

Page 1 of 23 | Total Record : 222