Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS)
JOINTECS terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Agustus dan Pebruari dengan versi cetak p-ISSN: 2541-3619 dan versi elektronik dengan sistem OJS dengan e-ISSN: 2541-6448. (medio online) yang mewajibkan setiap naskah yang masuk, proses review, editing, sampai pada publikasi, dan semua yang berhubungan dengan sistem, wajib menggunakan Open Journal Sistem (OJS). JOINTECS dapat diakses melalui
website http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jointecs yang telah mendukung penuh fitur-fitur OJS tersebut.
Articles
148 Documents
Smarthome Automatic Lighting Berbasis Web
Ryan Afilusuf;
Fitri Marisa;
Indra Dharma Wijaya
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (2637.645 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v1i1.404
Dalam penelitian ini tujuan utama adalah untuk merancang sebuah Aplikasi Pengendali lampu rumah via website sebagai pengganti tombol atau saklar namun berbasis web "Online". Adapun protokol komunikasi data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Mikrokontoller Arduino Uno yang dirancang khusus agar dapat terintegrasi dengan Website. peralatan ini dapat digunakan untuk mengendalikan lampu dari jarak jauh tanpa harus menekan saklar konfensional. sehingga dapat membantu pemakai untuk mengendalikan dan melakukan perintah penjadwalan ON/OFF Berdasarkan Jam lampu listrik di rumah dari jarak jauh menggunakan web.
Sistem Penunjang Keputusan Pelayanan Teknis PT. PLN Dengan Metode Simple Additive Weighting
Mike Puji Arni Arni;
Laura Saraswati Nusantara;
M. Roziq Zainuddin
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (659.5 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v2i2.470
Intisari— Pelayanan Teknis adalah satu produk PT. PLN Persero dalam rangka peningkatan pelayananan kepada Pelanggan. Khususnya pada PT. PLN Rayon Gondang Wetan, Pasuruan, pelayanan teknis untuk gangguan berfungsi optimal apabila setiap pengaduan dan keluhan data pelanggan mampu terselesaikan dengan baik. Untuk itu dikembangkan sistem DSS (Decision Support System) agar data gangguan pelanggan dapat dikelola secara benar dan tepat, serta memberikan gambaran kepada Manager dan Supervisor Teknik guna memudahkan pengambilan keputusan. Pada penelitian ini untuk pengelompokan jenis gangguan, gejala gangguan dan variabel lain yang menunjang dalam proses penanganan gangguan digunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Dengan metode ini, dengan cepat mengetahui gangguan yang sering terjadi untuk cepat ditindak lanjuti dalam proses laporan kepada Pimpinan PT. PLN APJ Pasuruan.
Profil Pondok Pesantren Manarul Huda dan Diskusi Wali Santri
Wardianto -;
Fitri Marisa
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (614.426 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v2i1.416
Pondok Pesantren Manarul Huda memiliki program dalam mencetak kader dakwah ahlusunah waljama’ah, yang memiliki permaslahan dalam mempublikasi ke masyarakat, informasi tentang pondok pesantren, media informasi kajian – kajian islam, wadah komunikasi antara wali santri. Oleh karena itu tujuan penyusun karya pengabdian produktif ini adalah untuk mempublikasikan Profil Pondok Pesantren dan Diskusi Wali Santri berbasis web dengan ramah linkungan dalam penyebaran informasi kepada masyarakat dan wali santri. Website merupakan halaman informasi yang disediakan menggunakan internet sehingga bisa dibuka di seluruh dunia, apabila terkoneksi internet. Dalam website ini di lingkapi dengan chat komunikasi bagi pengunjung website. Berdasarkan hasil dari pembahasan dan kesimpulan yang dilakukan terhadap pembuatan profil pondok pesantren dan diskusi wali santri di pondok pesantren manarul huda Malang, bahwa profil pondok pesantren sudah dibuat dan dapat digunakan serta dapat membantu pondok pesantren dalam pembuplikasi mengenai informasi – informasi pondok pesantren yang membantu memudahkan wali santri dan masyarakat
Sistem Pengambil Keputusan untuk Menentukan Kelayakan Penerima Kredit Mobil di PT. Adira Finance Cabang Kota Pasuruan
Prakasa Putra Irawan;
M Misdram;
Ratih Fitri Aini
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (153.376 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v2i1.411
PT. Adira Finance branch at Pasuruan city is one of enterprise that budged in funding sector and vehicle insurance. Advisability policy give credit a car for customer still use conventional method and need a lot of time to give advisability policy give credit to customer. The purpose of this study is to built a software as device to help make decision for the leader in giving credit to customer and to make easier the customer in delivery information about submission their credit. The methodology of this research is field research , interview and library research. Determination of the feasibility of using five credit recipient C. Decision Support System credit aplication can make easier in take a decision to determine advisability a customer in accept credit. It can take in hand a process for renewal customer data, the data of car, and the reporting process so. It have documentation about a good software.
Perancangan Visualisasi Tiga Dimensi (3D) Pesawat Lepas Landas
Ahmad Jery Ramadhan;
Ina Agustina;
M Gufroni
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (575.637 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v2i2.476
Penelitian ini membahas pemodelan dalam bentuk 3D dengan mengambil objek pesawat terbang sebagai objek utama. Membuat benda pesawat terbang dibuat semudah mungkin oleh penulis menggunakan benda standar 3D dan berubah bentuk. Dalam pemodelan ada tambahan efek khusus agar terlihat lebih atraktif. Perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan model pesawat adalah Unity 3D. diharapkan pembuatan model pesawat model 3D akan bermanfaat bagi pembaca, terutama penggemar animasi model 3D. Dengan demikian teknik pemodelan menggunakan Unity 3D maka objek animasi yang menghasilkan kelancaran dan sangat cocok untuk pembuatan model organik.
Sistem Penunjang Keputusan Pembelian Smartphone Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto
Aditya Anggun;
Fitri Marisa;
Indra Dharma Wijaya
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (3124.782 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v1i1.405
Logika fuzzy merupakan salah satu metode untuk melakukan analisis sistem yang mengandung ketidakpastian. Pada penelitian ini digunakan metode Fuzzy Tsukamoto. Perancangan sistem untuk memperoleh output dilakukan dalam 3 tahapan, yaitu Fuzzyfikasi, Inferensi, dan defusifikasi. Pada penelitian ini defuzzyfikasi dilakukan dengan menggunakan metode weight average dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Berbasis Web). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu nilai output yang dapat membantu user untuk menentukan smartphone yang akan dibeli berdasarkan suatu spesifikasi. Metode ini memeriksa dan menghitung parameter-parameter yang telah ditentukan, kemudian mencocokkan dengan aturan-aturan, dan terakhir menghitung nilai akhir sebagai hasil penilaian.
Analisis Kepuasan Pelanggan Travel Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality
Hesti Sholikah;
Syahroni Wahyu Iriananda
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (662.764 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v2i2.468
Travel Satria Trans merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa travel dan juga rental mobil. Supaya dapat terus berkembang dan dapat bersaing di dunia bisnis Satria Trans perlu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Untuk mengukur kualitas pelayanan dapat menggunakan metode metode Fuzzy-Servqual yang digunakan untuk menentukan variabel kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi dengan menghitung gap (kesenjangan) antara pelayanan yang diberikan dengan harapan pelanggan sebagai voice of costumer. Kriteria yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki dan peningkatan kualitas pelayanan jasa adalah dimensi Tangibles. Hasil penilitian menunjukkan nilai gap negatif adalah -0,912, artinya harapan pelanggan masih belum tercapai. Hasil perhitungan Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) sebesar 83,76%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggannya.
Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM
Aditya -;
Fitri Marisa;
Dwi Purnomo
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (373.943 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v1i1.408
Kemudahan untuk menjual suatu produk di pasaran menggunakan media internet membuat banyaknya pedagang – pedagang baru bermunculan. Keterbatasan modal menjadi kendala sebagian besar pedagang baru tersebut. Penerapan algoritma apriori untuk mencari produk yang laku di pasaran dapat mengatasi masalah pedagang baru tersebut. Algoritma apriori merupakan salah satu cabang dari data mining, yang berfungsi untuk mencari informasi – informasi dari sebuah kumpulan data. Dalam penelitian ini, hasil algoritma apriori dapat digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran, pengoptimalan penjualan, serta sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penyetokan ulang.
RANCANGAN VIDEO MEDIA PROMOSI BERBASIS MOTION GRAPHIC 2D UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG
RIa Diajeng Anita;
Fitri Marisa
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (564.176 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v2i1.417
Dalam suatu instansi diperlukan sebuah proses pemasaran untuk mempertahankan keberlangsungan sistem pada suatu instansi tersebut. Oleh karena itu, perlu diciptakan sebuah media promosi yang menarik dan efektif. Penulis merancang media promosi universitas widyagama malang dengan konsep animasi 2 dimensi. Hal ini dikarenakan sebuah informasi akan lebih mudah diserap dengan penyajian informasi melalui audio dan melalui visual. Animasi yang dirancang oleh penulis merupakan video animasi dalam bentuk 2D yang menjelaskan dan memperkenalkan universitas widyagama malang. Animasi 2D ini dibuat dengan menggunakan macromedia flash 8. Diedit dengan adobe premiere.
Rancang Bangun Aplikasi Dengan Linear Congruent Method (LCM) Sebagai Pengacakan Soal
Muhammad Ganda Arizqia;
Anang Aris Widodo
JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1043.462 KB)
|
DOI: 10.31328/jointecs.v2i1.412
Pendidikan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Kualitas pendidikan dapat diketahui dengan melalui pelaksanaan ujian untuk mengetahui pencapaian kemampuan dan keberhasilan dalam memahami bidang studi yang ditempuhnya. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sistem ujian sudah tidak lagi menggunakan media konvensional melainkan sudah secara komputerisasi. pelaksanaan ujian secara konvensional rentan terhadap kebocoran soal yang akan diajukan sebelum ujian dan kecurangan yang dilakukan seperti mencontek jawaban teman. Adanya kelemahan itulah perlu dilakukan perancangan pengacakan soal. Pengacakan soal tersebut dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan metode Linear Congruent Method (LCM). Pengacakan soal ini diharapkan mampu mengatasi kelemahan dari cara yang ada sehingga setiap pihak dapat membuat soal nya sendiri secara efektif dan efisien.