cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Indonesia
Published by Universitas Telkom
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 217 Documents
KEADILAN ORGANISASIONAL DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR GURU SMA DAN SMK KOTA MADIUN*) Veronika Agustini Srimulyani; Dyah Kurniawati; Sri Rustiyaningsih
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (800.71 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v17i2.1063

Abstract

Keadilan organisasional memiliki potensi untuk menciptakan manfaat besar bagi organisasidan karyawan, dan salah satu manfaatnya adalah menumbuhkan extra-role behavior (ERB)atau organizational citizenship behavior (OCB). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisiskonsekuensi keadilan organisasional (keadilan distributif, keadilan prosedural, dan keadilaninteraksional) pada organizational citizenship behavior guru SMA dan guru SMK diKota Madiun. OCB dibagi menjadi dua jenis yaitu citizenship behaviors directed towardindividuals (OCB-I) dan citizenship behaviors directed towards the organisation (OCB-O).Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitianini adalah 409 guru, yang dipilih secara non-acak. Data diperoleh dengan menyebarkankuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian disimpulkan: keadilandistributif dan keadilan interaksional berpengaruh positif signifi kan terhadap OCB-I danOCB-O; keadilan prosedural tidak berpengaruh signifi kan terhadap OCB-I tetapi keadilanprosedural berpengaruh positif signifi kan terhadap OCB-O.
INFLATION, INTEREST RATE AND CREDIT RATE IN INDONESIA Eneng Nur Hasanah
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1379.888 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v17i2.1064

Abstract

Infl asi akan mempengaruhi tingkat suku bunga. Ketika infl asi naik maka tingkat suku bungaakan meningkat begitupun sebaliknya, ketika infl asi turun maka tingkat suku bunga akanmenurun juga. Tidak seperti negara lain, Indonesia memiliki keadaan yang unik, terkadangmeskipun BI Rate turun namun tingkat kredit tidak turun. Jadi, berdasarkan kasus ini, makalahini mengkaji hubungan Infl asi, Suku Bunga dan Tingkat Kredit. Dengan menggunakanmodel Vasicek, paper ini mengevaluasi fi tting long-term, speed and volatility dari setiaptingkat kredit berdasarkan kategori bank di Indonesia. Kemudian menilai tingkat fl uktuasipada masing-masing bank. Tingkat masing-masing kategori bank sangat fl uktuasi namuntidak lebih dari 0,005 dan tidak lebih rendah dari 0,005.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA ONLINE DI PROVINSI PULAU JAWA Januar Israhmawan Putra; Damayanti Octavia
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (905.128 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v17i2.1065

Abstract

Penggunaan internet di Indonesia yang tumbuh dengan pesat diikuti dengan banyak bermunculansitus e-commerce yang merubah budaya dan gaya berbelanja masyarakat menjadiserba online. Pertumbuhan pasar e-commerce ini harus dibarengi dengan pelayanan yangakan diberikan kepada konsumennya secara baik agar konsumen merasa puas ketika bertransaksikepada perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yangmempengaruhi kepuasan konsumen berbelanja online pada situs jual beli Lazada, Zalora,dan Mataharimall. Variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini yaitu WebsiteDesign, Security, Information Quality, Payment Method, E-service Quality, Product Quality,Product Variety, Delivery Service dan variebel dependent adalah Customer Satisfaction. Respondendalam penelitian ini adalah konsumen Lazada, Zalora, dan Mataharimall yang beradadi wilayah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dengan jumlah respondensebanyak 400 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaituporposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisisdata regresi berganda dan teknik analisis deskriptif. Hasil peneltian ini menunjukan bahwawebsite design, information quality, product vaiety, delivery service berpengaruh signifi kanterhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja online.
JURNAL MANAJEMEN INDONESIA Vol. 17 - No. 2 Agustus 2017 35 ANALISA DAN USULAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA UMKM PAKAN IKAN WARINGIN BANDUNG) Caroline Caroline; Laura Lahindah
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.54 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v17i2.1067

Abstract

Sektor perikanan di Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu sumber bagi pertumbuhanekonomi nasional. Saat ini pasokan ikan di Indonesia berasal dari perikanan budidaya(FAO, 2005). Keberhasilan produksi perikanan budidaya ikan sangat dipengaruhi oleh ketersediaanpakan ikan. PD Waringin merupakan produsen pakan ikan lokal yang berlokasi diBandung yang sedang mengalami permasalahan dalam pemasaran. Penelitian ini dilakukanuntuk mengusulkan alternatif strategi pemasaran pada PD Waringin. Data-data yang diperlukandiperoleh melalui wawancara kepada pemilik dan menyebarkan kuesioner kepada konsumen.Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan matriks EFE dan IFE untukmengetahui posisi eksternal dan internal perusahaan saat ini. Kemudian dilanjutkan dengananalisa SWOT untuk memperoleh alternatif strategi berdasarkan hasil penyesuaian antarakekuatan dan kelemahan internal dengan peluang dan ancaman eksternal. Hasil analisalingkungan perusahaan menunjukkan bahwa PD Waringin berada pada posisi eksternal daninternal yang kuat namun masih memerlukan perbaikan. Berdasarkan hasil analisa menggunakanmatriks SWOT, diketahui bahwa PD Waringin perlu untuk melakukan pengembanganproduk, mengoptimalkan pertumbuhan penjualan dengan cara memperluas jaringan distribusidan menciptakan strategi promosi baru selain word of mouth untuk menarik konsumenbaru misalnya dengan melakukan penjualan secara online.
IMPROVING EMPLOYEE ENGAGEMENT IN DIMENSION OF JOB DEMAND AT PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK PEMBANGUNAN JAWA BAGIAN TENGAH I Prima Amalia; Aurik Gustomo
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1051.124 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v17i2.1068

Abstract

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBTI) menghadapi tantangan dalam pengelolaan bakat dan keterikatan mereka dengan perusahaanberdasarkan target skor KPI yang belum tercapai dalam perspektif OrganizationalReadiness Organization (OCR) dalam indikator Kesiapan Budaya yang diukur denganEmployee Engagement. Penelitian ini difokuskan pada identifi kasi akar penyebab skorJob Demand yang tinggi sebagai dimensi negatif dan mengusulkan perencanaan peningkatanketerlibatan karyawan berdasarkan Job Demand-Resources Model. Dari hasilpenelitian diketahui bahwa pengukuran dan pengendalian penugasan tambahan merupakansolusi terbaik untuk mengurangi ketegangan kerja karyawan dan meningkatkan skorEmployee Engagement terhadap dimensi Job Demand yang dapat memberikan dampaktertinggi terhadap penurunan nilai Tuntutan Pekerjaan di PLN UIP JBT I.
EVALUASI MODEL BISNIS PADA LAUNDRY BAR DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS Mediany Kriseka Putri; Angga Dwi Utama
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.238 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v17i2.1069

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi penerapanmodel bisnis pada Laundry Bar sebagai bisnis yang dapat dikatakan baru. Teori yangdigunakan dalam penelitian ini adalah teori business model canvas. Metode yang digunakandalam penelitian ini bersifat deskriptif dan tipe analisis yang digunakan pada penelitian iniadalah analisis kualitatif dengan menggunakan in-depth interview dalam mengumpulkandata primer yang dibutuhkan pada penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah berupa evaluasimodel bisnis Laundry Bar berdasarkan analisis SWOT pada setiap elemen business modelcanvas yang sudah dilakukan untuk lebih memperhatikan kualitas layanan dan tidak lagi berfokuspada minimasi biaya seperti sebelumnya sehingga struktur biaya bisnis juga berubahdari cost-driven menjadi value-driven. Diharapkan dengan dilakukannya evaluasi model bisnismelalui penelitian ini, hasilnya dapat bermanfaat bagi perkembangan dan keberlangsunganbisnis Laundry Bar kedepannya.
FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI E-COMMERCE PAD PT. GRE Yuniarty Yuniarty; Bahtiar S. Abbas
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 18 No 2 (2018): Jurnal manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.239 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v18i2.1150

Abstract

This study aimed to determine the factors that influence purchasing decisions through e-commerce on PT. GRE. The reasearch was conducted to determine whether there is influence of information quality, company reputation, appearance of the site, the benefits received from online shopping, trust, experience shopping through e-commerce, and demographic characteristics to the purchasing decisions through e-commerce. This study took a sample of 96 customers of package tours at PT. GRE that ever make transactions through e-commerce site at least one time. The method of analysis used to test the influencing is binary logistic regression after tested the validity and reliability and confirmatory factor analysis. The results showed that the information quality, the reputation of the company, the benefit received from online shopping, trust, and experience shopping through e-commerce, has a significant influence on the decision to buy through e-commerce at PT. GRE. PT. GRE as the e-commerce businesses are expected to pay more attention to these factors in attracting more customers to make purchases through the e-commerce. Information quality is the factor that most influences buying decisions through e-commerce at PT. GRE and appearance of the site, age, and gender had no significant influence on purchase decisions through e-commerce. PT. GRE can also focus on improving the quality of information in the website. Keywords—Purchase Decision; E-commerce; Binary Logistic Regression Abstrak Penelitian ini bertujuan menentukan faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui ecommerce pada PT. GRE. Pengujian dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas informasi, reputasi perusahaan, tampilan situs, keuntungan yang diterima dari belanja online, kepercayaan, pengalaman belanja melalui e-commerce, dan karakteristik demografi terhadap keputusan membeli melalui e-commerce. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 96 pelanggan paket tur PT. GRE yang setidaknya satu kali pernah melakukan transaksi melalui situs e-commerce. Metode analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh ini adalah regresi logistik binari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi, reputasi perusahaan, keuntungan yang diterima dari belanja online, kepercayaan, dan pengalaman belanja melalui e-commerce, berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli melalui e-commerce PT. GRE. PT. GRE sebagai pelakuecommerce diharapkan untuk lebih memperhatikan faktor-faktor tersebut dalam menarik lebih banyak pelanggan untuk melakukan pembelian melalui e-commerce. Kualitas informasi merupakan faktor yang paling mempengaruhi keputusan membeli melalui e-commerce pada PT. GRE dan tampilan situs, usia, dan genderberpengaruh tidak signifikan pada keputusan membeli melalui e-commerce. PT. GRE juga dapat menfokuskan peningkatan kualitas informasi dalam website. Kata kunci—Keputusan Pembelian; E-commerce; Regresi Logistik Binari
KAJIAN KONSEP DIAMOND FRAUD THEORY DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGADAAN BARANG/JASA DI PEMERINTAH KOTA BOGOR Edy Purwanto; JMV. Mulyadi; Choirul Anwar
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 3 (2017): Jurnal Manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.888 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v17i3.1153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar konsep diamond fraud theory dalam menunjang efektivitas pengadaan barang/jasa di Pemerintah Kota Bogor. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 auditor yang terdiri dari 35 orang auditor Inspektorat Kota Bogor, 45 orang auditor Inspektorat Provinsi Jawa Barat, 30 orang auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat, dan 20 orang auditor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Jawa Barat yang memenuhi kriteria penelitian yaitu auditor yang pernah bertugas memeriksa di Kota Bogor, karena penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pemilihan sampel. Sedangkan metode analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda (multiple linear regression) dengan bantuan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian secara uji silmultan (Uji F) diperoleh bahwa pressure, opportunity, rationalization, dan capability secara simultan berpengaruh terhadap fraud pengadaan barang/jasa di Pemerintah Kota Bogor, hasil penelitian secara parsial (uji t) diperoleh bahwa pressure berpengaruh negatif dan signifikan terhadap fraud pengadaan barang/jasa di Pemerintah Kota Bogor sedangkan opportunity, rationalization, dan capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap fraud pengadaan barang/jasa di Pemerintah Kota Bogor dimana tingkat kesalahan yang digunakan adalah 5% atau 0,05 pada taraf signifikan 95%.
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN WORD OF MOUTH (WOM) DAN PRODUK PEMBIAYAAN SYARIAH TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA (NASABAH) PADA BAITUL TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM) KOTA BANDAR LAMPUNG Syifa Zakia Nurlatifah; R. Masykur
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 3 (2017): Jurnal Manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1026.292 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v17i3.1154

Abstract

Promosi Word Of Mouth dalam dunia perbankan semakin penting dan memiliki strategi yang lebih efektif dibandingakan dengan strategi promosi yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran dengan Word of Mouth terhadap minat menjadi anggota (nasabah), menganalisis pengaruh produk pembiayaan syariah terhadap minat dan bagaimana pengaruh strategi pemasaran Word of Mouth terhadap keputusan. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui pengaruh produk pembiayaan syariah terhadap keputusan, serta pengaruh minat terhadap keputusan. Proses analisis dilakukan dengan pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan kuisioner. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisa yang dipergunakan untuk menganalisis data adalah analisis SEM (Structural Equation Model). Analisis SEM pada penelitian ini menggunakan PLS dengan bantuan software Smart PLS. Hasil penelitian dilihat bahwa original sample Word of Mouth berpengaruh positif dan pengaruh yang signifikan (berarti) terhadap minat, sample Word of Mouth memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan dengan pengaruh yang signifikan (berarti), untuk sampel produk berpengaruh positif terhadap minat dan berpengaruh yang positif terhadap keputusan, dan sampel terakhir minat terhadap keputusan terbukti tidak berpengaruh signifikan antara terhadap keputusan.
PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LAB AUSAHA SAMSUNG Co TAHUN 2009-2015 Asep Mulyana
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 3 (2017): Jurnal Manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.54 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v17i3.1155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh biaya produksi dan biaya promosi secara simultan terhadap laba, (2) pengaruh biaya produksi secara parsial terhadap laba, (3) pengaruh biaya promosi secara parsial terhadap laba pada perusahaan Samsung Co. dengan laporan keuangan dari tahun 2009-2015. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh secara simultan dari biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba usaha sebesar 85,8% hasil hitung F = 12,118 F-tabel = 6,94 hasil dari kesalahan 5%, (2) tidak ada pengaruh secara parsial dari biaya produksi terhadap laba usaha -7.37 renndah dari hasil = 2,776 hasilnya adalah signifikan 5%, (3) ada secara parsial ada pengaruh dari terhadap laba usahadari biaya promosidari hitung t = 2.959 t tabel lebih = 2,776 nilai signifikan 5%

Page 1 of 22 | Total Record : 217