cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains
ISSN : 25483447     EISSN : 25484176     DOI : -
Core Subject : Education,
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains is a national journal which published by the Institute of Islamic Studies (IAIN) of Ponorogo managed by Its PGMI department. Ibriez journal, has been publishing both online and print since December 2016. The journal published to facilitate publication of the research result to improve quality and quantity of science. Ibriez journal publishes in twice a year around June and December. This journal also invites the Author who has opus which focus on education, Islam and science to submitted the research result.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam" : 10 Documents clear
Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif Muyasaroh, Siti
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.453 KB) | DOI: 10.21154/ibriez.v4i1.58

Abstract

Pengelolaan kelas adalah kegiatan yang terencana yang sengaja dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal, membangun iklim sosio-emosional yang positif serta menciptakan suasana hubungan interpersonal yang baik. Sehingga diharapkan proses belajar dan mengajar dapat berjalan secara efektif dan efesien, sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Peningkatan mutu pendidikan akan tercapai apabila proses belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diharapkan. Karena pada dasarnya proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, di antaranya guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses belajar mengajar di dalam kelas.
Komunikasi Eksternal Efektif Sebagai Kunci Keberhasilan Hubungan Masyarakat Alipi, Alipi
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.98 KB) | DOI: 10.21154/ibriez.v4i1.59

Abstract

Jurnal ini ditulis untuk memenuhi salah satu tugas UAS Supervisi pendidikan diInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Tujuan penulisan jurnal ini untuk menjelaskan tentang Komunikasi Eksternal Sebagai Kunci Keberhasilan Humas.Komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sampaicara yang kompleks, namun sekarang ini perkembangan teknologi telah merubah cara kita berkomunikasi secara drastis. Komunikasi yang efektif diperlukan oleh semua organisasi baik bagi organisasi profit maupun non profit. Hal ini penting dalam upaya mencapai tujuan mereka. Organisasi yang produktif ditunjang oleh penguasaan komunikasi didalam organisasi (internal) maupun komunikasi dengan pihak-pihak di luar organisasi (eksternal). Komunikasi eksternal organisasi, terutama dengan masyarakat dapat berwujud pemberian informasi atau pelayanan. Adanya perhatian masyarakat kepada organisasi dalam berbagai bentuk merupakan bukti terjadinya proses komunikasi secara timbal balik, yaitu dari organisasi kepada masyarakat dan juga sebaliknya.
Pengelolaan Majlis Taklim Dan Pengajian Umum Rifa'i, Muh. Khoirul
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.733 KB) | DOI: 10.21154/ibriez.v4i1.60

Abstract

Majlis taklim merupakan perkumpulan pengajian, sehingga motifnya adalah mencari ilmu agama dan mendapatkan pahala dari Allah, sehingga pesertanya semakin berkembang pesat di berbagai daerah. Supaya berlangsung efektif dan efisien, maka majlis taklim perlu dikelola dengan baik dengan ditata kurikulumnya sampai pada pembinaan juga rolling ustadz yang memberikan materi. Pengajian umum adalah pengajian ilmu agama yang sifatnya ditampilkan untuk umum dan semua khalayak. Pengajian umum mendapatkan berbagai tantangan dan untuk menghadapi tantangan tersebut maka pengajian umum perlu langkah-langkah strategis.
Pendidikan Khusus Peserta Didik Tunagrahita di SDN Inklusi 4 Karang Patihan Kecamatan Balong Dan SDLB Pertiwi Ponorogo Fitriawan, Fuad; Ulfa, Risa Alfiyah
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.938 KB) | DOI: 10.21154/ibriez.v4i1.63

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Bentuk Pedidikan Khusus serta strategi pelaksanaan dan hasil pendidikan di SDN 4 Karangpatihan dan SDLB Pertiwi Ponorogo. Hasil Dari Penelitian ini yaitu bentuk desain layanan pendidikan khusus di SDN 4 Karangpatihan dari aspek kognitifnya adalah dengan penggunaan kelas sumber sebagai center education bagi siswa ABK, sedangkan sebagai penunjang afektif dan psikomotornya adalah diselenggarakannya ekstrakurikuler pramuka dan karawitan. Bentuk program pendidikan inklusif di SDN 4 Karangpatihan adalah program pembelajaran  intensif di ruang sumber bagi peserta didik tunagrahita yang dilakukan secara kontinyu dengan memperhatikan kebutuhan individual anak untuk meningkatkan kemampuan dan potensi mereka. Sedangkan di SDLB C Pertiwi Ponorogo bentuk pelayanan pendidikan nya menggunakan pembelajaran intensif 4 hari dan dua 2 dengan kegiatan latih bina diri. Strategi dalam menerapkan program pendidikan inklusif di SDN 4 Karangpatihan yaitu (a) memberikan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik dan kondisi sekolah, (b) pembelajaran ABK  secara terpadu (semua ABK belajar dalam satu kelas dengan suasana pembelajaran yang sama) dan (c) peningkatan kualitas guru. Sedangkan di SDLB Pertiwi Ponorogo dengan mengadakan Gebyar ABK dan strategi pembelajaran person by person. Hasil pelaksanaan program pendidikan inklusif di SDN 4 Karangpatihan yaitu dapat memberikan perubahan positif dan bervariatif sesuai potensi dan kebutuhan anak dengan menekankan pada perkembangan kognitif, sedangkan peningkatan aspek sikap dan pikomotorik belum bisa maksimal. Sedangkan hasil pelaksanaan program di SDLB C pertiwi Ponorogo yaitu mereka mampu membaca walaupun belum memahami arti bacaannya, sedangkan dari aspek latih bina diri mampu menghasilkan kemampuan bina diri dan ketrampilan yang baik.
Tindak Tutur Ilokusi dalam Percakapan Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam Surakarta Zuhriyah, Siti Aminataz; Rosita, Farida Yufarliana
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.978 KB) | DOI: 10.21154/ibriez.v4i1.64

Abstract

Penelitian yang berjudul “Tindak tutur Ilokusi Percakapan Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam Surakarta: Kajian Pragmatik” bertujuan untuk mendeskripsikan atau menganalisis wujud ilokusi yang digunakan santri dalam berinteraksi di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode kualitatif pragmatis. Metode ini merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan makna tuturan pada suatu komunitas sesuai dengan objek keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam berinteraksi, antara santri satu dengan yang lainnya terdapat wujud ilokusi menyimpangan bahasa yang digunakan santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam
Eksistensi Tunagrahita dalam Pembuatan Batik Ciprat Nasyiithoh, Hikma Khilda
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.899 KB) | DOI: 10.21154/ibriez.v4i1.65

Abstract

Kesan tunagrahita sebagai pribadi yang tidak mandiri seperti terbantahkan ketika melihat keadaan kampung peduli tunagrahita yang berada di Desa Simbatan,  Nguntoronadi  Kab. Magetan. Tunagrahita yang banyak ditemui di Desa Simbatan dihimpun menjadi satu oleh pemerintah desa dan dinas sosial serta diberikan pelatihan pembuatan batik ciprat. Penelitian  ini bertujuan untuk  mendeskripsikan eksistensi tunagrahita di Desa Simbatan dalam membuat batik ciprat. Penelitian ini termasuk ke dalam  jenis deskriptif kualitatif, dengan  memperoleh data hasil penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyandang tunagrahita di Simbatan mampu menghasilkan  karya berupa batik ciprat. Pembuatan batik dilakukan dengan cara mencipratkan malam (bahan pewarna membatik) ke kain dengan menggunakan kuas. Dipilihnya batik ciprat karena yang memungkinkan tunagrahita bisa mengerjakannya dengan mudah. Selain menghasilkan karya kain batik ciprat, karya lain yang dihasilkan berupa taplak meja dan sepatu kain dengan motif batik ciprat.
Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun Kusumawati, Naniek
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.395 KB) | DOI: 10.21154/ibriez.v4i1.66

Abstract

Kurang antusiasnya siswa dalam kegiatan pembelajaran mengakibatkan perlu dikembangkan model dan media pembelajaran yang efektif. Siswa merasa bosan dengan model pembelajaran konvensional yang sering digunakan guru. Dalam memilih model pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisisiswa, sifat materi bahan ajar, fasilitas media yang tersedia. Model pembelajaran Scramble dengan media Question Card merupakan daya dukung utama bagi guru untuk menciptakan suasana belajar siswa secara aktif, menumbuhkan kreativitas dan semangat siswa untuk mempelajari materi-materi  yang  ada  di  dalamnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian True Eksperimental. Desain penelitian Postest Only Control desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas IV eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol. Penentuan sampel di dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Dalam menganalisis data menggunakan metode statistik dengan rumus uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Scramble dengan media Question Card terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kertosari II di Kabupaten Madiun. Ini terlihat pada hasil belajar nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan model tersebut 82,91, sedangkan siswa yang diajarkan dengan model konvensional 68,75, serta diperoleh = 6,074,lebih besar dari = 1,679.
Menulis Teks Eksplanasi Ilmiah Dengan Menggunakan Media Media Flash Card Setyawan, Bambang
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.472 KB)

Abstract

Kemampuan menulis kelas VI sekolah dasar adalah kemampuan menulis teks penjelasan (eksplanasi) dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif. Namun pada kenyataannya, siswa kelas VI SDN Rejomulyo 1 Kras Kediri masih kesulitan menulis karangan, apalagi berupa teks eksplanasi ilmiah. Siswa membutuhkan media yang dapat   memfasilitasi daya imajinasinya untuk mengembangkan menjadi sebuah karangan. Penggunaan media flash card ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis teks eksplanasi ilmiah pada siswa kelas VI. Kemampuan mengembangkan teks eksplanasi ilmiah ini akan berpengaruh kepada kompetensi dasar yang lain, terutama yang berkaitan langsung dengan suatu gejala atau fenomena alam. Media ini dapat memfasilitasi siswa dalam  mengembangkan gagasannya kemudian menuangkan dalam kalimat efektif dengan  menggunakan kata-kata baku, sehingga siswa tidak mengalami kebuntuan dalam menulis kalimat. Karya inovasi media pembelajaran flash card ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas selama dua siklus dan masing-masing siklus berlangsung selama dua pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini menilai peningkatan kemampuan menulis teks ekplanasi ilmiah sebagai data utama. Setiap akhir pertemuan, siswa dinilai kemampuannya menulis teks eksplanasi ilmiah. Pada akhir siklus satu terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 18,52 menjadi 75,37. Hasil siklus satu belum memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan karena belum mencapai ≥ 77,78 % jumlah siswa yang mengalami ketuntasan. Siklus kedua menunjukkan hasil bahwa terjadi peningkatan rata- rata kelas sebesar 10,74 dari siklus satu menjadi 86,11. Sehingga penggunaan media flash card kardus bekas ini mampu menaikkan ketrampilan menulis teks eksplanasi ilmiah sebesar 29,26.
Identifikasi Problematika Mahasiswa Calon Guru SD/MI dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dasar Irawan, Edi
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (871.036 KB) | DOI: 10.21154/ibriez.v4i1.68

Abstract

Pentingnya keberadaan dan peran matematika dalam segala lini kehidupan menuntut untuk dipahami dan dikuasai dengan baik. Terlebih bagi guru atau calon guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah yang akan menanamkan konsep matematika dasar pada para peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi permasalahan utama yang dihadapi oleh mahasiswa calon guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dalam menyelesaikan masalah matematika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Prodi PGMI IAIN Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, terdapat dua problematika utama yang dihadapi mahasiswa calon guru sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah di IAIN Ponorogo. Pertama, masih rendahnya pemahaman terhadap konsep dasar matematika. Logika matematika merupakan materi dengan angka ketidakpahaman tertinggi dibandingkan materi lain. Ketidakpahaman konsep terjadi secara merata pada masing-masing kelompok mahasiswa, baik yang berasal dari MA, SMA, maupun SMK. Namun, angka ketidakpahaman konsep pada mahasiswa yang berasal dari SMK cenderung lebih tinggi. Kedua, terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada materi bilangan dan operasi aljabar. Namun demikian, meskipun dalam jumlah terbatas, ditemukan juga miskonsepsi pada konsep matematika dasar lainnya. Miskonsepsi cenderung terjadi pada mahasiswa yang berasal dari SMA dan MA.
Diagnosa Kesulitan Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo Dalam Membelajarkan Bilangan Pecahan Fatmahanik, Ulum
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 1 (2019): Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.069 KB) | DOI: 10.21154/ibriez.v4i1.70

Abstract

Pecahan merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam matematika yang mencakup konsep dasar dan materi prsayarat dalam mempelajari bilangan yang lain serta  mengembangkan kemampuan penalaran aljabar mahasiswa. Tetapi kebanyakan mahasiswa calon guru SD/MI mengalami kesulitan dalam membelajarkan bilangan pecahan. Hal ini perlu dianalisis karena apabila calon seorang guru dalam mengajarkan banyak terjadi kesalahan maka dapat dipastikan bahwa siswa yang diajar juga akan mengalami hal yang sama. Sehingga sebagai mahasiswa calon guru SD/MI harus mempunyai bekal penguasaan materi yang memadai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data mengenai permasalahan mahasiwa PGMI IAIN dalam membelajarkan bilangan pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dialamai mahasiswa calon guru SD/MI dalam membelajarkan bilangan pecahan diantaranya yaitu: 1) kesulitan dalam membelajarkan makna pecahan, 2) kesulitan dalam membelajarkan pecahan senilai, 3) Kesulitan dalam membelajarkan penjumlahan bilangan bilangan pecahan jika mempunyai penyebut yang tidak sama, 4) Kesulitan dalam membelajarkan pengurangan bilangan pecahan dengan penyebut tidak sama, 5) Kesulitan dalam membelajarkan perkalian pecahan, 6) Mahasiswa mengalami kesulitan dalam membelajarkan makna dan hasil pembagian pecahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10