cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains
ISSN : 25483447     EISSN : 25484176     DOI : -
Core Subject : Education,
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains is a national journal which published by the Institute of Islamic Studies (IAIN) of Ponorogo managed by Its PGMI department. Ibriez journal, has been publishing both online and print since December 2016. The journal published to facilitate publication of the research result to improve quality and quantity of science. Ibriez journal publishes in twice a year around June and December. This journal also invites the Author who has opus which focus on education, Islam and science to submitted the research result.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2019): Kependidikan Dasar" : 6 Documents clear
KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PGMI DI IAIN PONOROGO Hidayati, Kurnia
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 2 (2019): Kependidikan Dasar
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21154/ibriez.v4i2.85

Abstract

METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN MEDIA BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Mardayanti, Mella
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 2 (2019): Kependidikan Dasar
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21154/ibriez.v4i2.82

Abstract

Peningkatan prestasi belajar siswa menjadi salah satu keberhasilan proses belajar-mengajar, dimana semakin baik usaha siswa dalam belajar, maka semakin baik prestasi belajar siswa. akan tetapi persoalannya tidak semua siswa memiliki peningkatan prestasi belajar. Persoalan tidak adanya peningkatan prestasi belajar siswa menjadi persoalan dalam proses belajar mengajar untuk segera dicarikan solusinya. Hal ini juga terjadi di SMK Negeri I Surakarta Jurusan Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran mengalami persoalan dalam prestasi belajar yang diberikan dikelas X AP 1 dan X AP 2. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dimana pengambilan data menggunakan wawancara, obesrvasi, dokumentasi, tes hasil belajar mengajar. Sedangkan validitas data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik trianggulasi, selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media berbasis Information Communication Technology (ICT) ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, dimana masing-masing pertemuan berlangsung selama 90 menit. Penerapan Metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media berbasis Information Communication Technology (ICT) telah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dimana pada penerapan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media berbasis Information Communication Technology (ICT), siswa diajak untuk serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental tetapi juga melibatkan fisik. Dengan variasi pembelajaran yang terdiri dari diskusi kelompok dan presentasi membuat siswa merasakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan materi yang disajikan dalam bentuk slide menjadi lebih mudah dipahami.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN KOTA BOGOR Hasanah, Faridatul; Kamalludin, Chodidjah; Kamalludin, Kamalludin
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 2 (2019): Kependidikan Dasar
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21154/ibriez.v4i2.80

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut : (1. ) Untuk mengetahui ruang lingkup materi Akidah Akhlak di MI Nurul Yaqin Kota Bogor,  (2). Untuk mengetahui cara apa saja yang dapat meningkatkan nilai-nilai karakter religius dikalangan MI Nurul Yaqin Kota Bogor, (3). Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru  dalam mengajarkan Akidah Akhlak dalam membina karakter religius siswa di MI Nurul Yaqin Kota Bogor, (4). Untuk mengetahui metode apa saja yang bisa  menerapkan pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak, (5). Untuk mengetahui media apa saja yang bisa digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak, (6) Untuk mengetahui cara  penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MI Nurul yaqin Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitiaan lapangan (field research) di MI Nurul Yaqin-Kota Bogor. Metode penelitiannya menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Ruang lingkup materi Akidah Akhlak meliputi kalimat Thayyibah, sifat-sifat Asmaul Husna, beriman kepada kitab-kitab Allah, akhlak terpuji dan akhlak tercela. 2). Cara-cara meningkatkan nilai karakter reigius, (3) mengetahui hambatan yang dihadapi guru yaitu mengurangi dan memecahkan permasaahan atau hambatan dalam belajar baik dari siswa, guru (internal) ataupun luar peserta didik (eksternal), (4) Metode yang digunakan saat pembelajaran Akidah Akhlak diantaranya yaitu ceramah, diskusi, drama atau role playing, praktek langsung atau demonstrasi dan tanya jawab. (5). Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak adalah media visual seperti gambar atau slide dan audio visual berupa film atau video (6) Cara penerapan pendidikan  Karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak dapat melalui contoh sehari-hari, mengaitkan nilai karakter dengan cerita dan demonstrasi nilai karakter atau praktek langsung oleh siswa sendiri.
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA CANDISARI WINDUSARI MAGELANG Banjari, Muh; Hasanudin, Achmad
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 2 (2019): Kependidikan Dasar
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21154/ibriez.v4i2.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode, penerapan, faktor penghambat dan pendukung supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Tenik pengambilan data melalui dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan  kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertama, Supervisi akademik kepala sekolah menggunakan metode pendekatan kolaboratif. Teknik supervisi yang digunakan, menggunakan dua teknik yaitu teknik individu dan kelompok. Teknik individu meliputi: kujungan kelas, observasi dan pertemuan individu.  Teknik kelompok dengan mengadakan rapat dan pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi guru. Kedua, Penerapan supervisi akademik diterapkan kepada semua guru. Dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru, setiap bulan secara terjadwal dan tidak terjadwal (insidental). Ketiga, faktor penghambat meliputi: (a) waktu pelaksanaannya tidak sesuai dengan jadwal, (b) faktor kesehatan guru dan supervisor, (c) faktor sosial guru yang disupervisi usianya lebih tua dari supervisor. Faktor pendukung meliputi: (a) faktor keterbukaan guru, (b) kepala sekolah dapat mengontrol, membimbing dan mengembangkan keterampilan guru, (c) kepala sekolah termotivasi untuk beribadah meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT Asiawati, Linda; Badruttamam, Badruttamam; Hidayat, Alfin; Basri, Hasan
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 2 (2019): Kependidikan Dasar
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21154/ibriez.v4i2.75

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bentuk scaffolding yang akan diberikan kepada siswa berdasarkan kesalahannya. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di sekolah dasar di Pamekasan dengan 14 siswa. Metode pengumpulan data dimulai dengan meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal terkait operasi bilangan bulat khususnya penjumlahan dan pengurangan selanjutnya mengidentifikasi kesalahan melalui lembar jawaban siswa kemudian dilakukan wawancara untuk memastikan pola kesalahan siswa. Hasilnya dari 14 siswa ditemukan 4 jenis kesalahan yang dilakukan diantaranya siswa tidak memahami bilangan negatif; siswa tidak dapat membuat model matematika pada soal cerita dengan baik; siswa kesulitan pada saat ada operasi pengurangan dan tanda negatif pada bilangan yang berurutan; siswa tidak teliti dalam mengerjakan. Adapun scaffolding yang diberikan berdasarkan kesalahan siswa adalah bagi siswa yang tidak memahami bilangan negatif bisa di ilustrasikan dengan menggunakan kartu bermuatan; bagi siswa yang kesulitan dalam memodelkan soal cerita dengan benar, menggunakan ilustrasi dari kehidupan nyata yang sering dihadapi; menggunakan alat peraga kartu bilangan bermuatan atau dengan menggunakan garis bilangan dengan aturan yang telah ditetapkan terlebih dahulu; untuk siswa yang ceroboh, memberikan saran agar selalu mengecek jawaban setelah mengerjakan soal. Berdasarkan hasil pre tes dan post tes terlihat bahwa ada perbaikan hasil nilai siswa setelah memperoleh scaffolding.
ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PADBP) KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR Hakim, Hasan; Huda, Samsul
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 4 No 2 (2019): Kependidikan Dasar
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21154/ibriez.v4i2.71

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 6