cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal EMT KITA
ISSN : 25797972     EISSN : 25496204     DOI : -
Core Subject : Economy,
The Jurnal Ekonomi Manajemen Teknologi (EMT) KITA is one of the scientific publications published by the KITA Institute. The purpose of this Journal is to support the theory and practice of development management in the dissemination of research findings in the field. This journal covers fields such as People's Knowledge and Management, Operations and Performance Management, Business Risk, Finance and Accounting, Entrepreneurship, Strategic Business and Strategic Marketing and Decision Making and Negotiation.
Arjuna Subject : -
Articles 358 Documents
Pengaruh Pemahaman Akuntansi dan Pengalaman Kerja Aparatur Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kota Banda Aceh Yenni, Evri
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 2 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.374 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i2.37

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh pemahaman akuntansi dan pengalaman kerja aparatur terhadap penyusunan laporan keuangan daerah baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Banda Aceh. Responden penelitian ini meliputi Pejabat penatausahaan (PPK) dan Pembantu Pejabat Penatausahaan Keuangan (Pembantu PPK) dengan jumlah sebanyak 78 responden. Penelitian ini menggunakan metode sensus sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi dan pengalaman kerja aparatur baik secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap penyusunan laporan keuangan daerah Kota Banda Aceh. Kata kunci: Pemahaman Akuntansi, Pengalaman Kerja Aparatur, dan Penyusunan Laporan Keuangan.  Abstract. The purpose of this study is to examine the effect of understanding of accounting and work experience of the apparatus towards the preparation of local financial statements either simultaneously or partially. This research was conducted at the Regional Device Work Unit (SKPD) Kota Banda Aceh. Respondents of this study include Administration Officials (PPK) and Assistant Financial Administration Officials (PPK Assistant) with the number of 78 respondents. This research uses census method while the analysis tool used is multiple linear regression. The results showed that the understanding of accounting and work experience apparatus either simultaneously or partially affect the preparation of local financial statements Banda Aceh. Keywords: Understanding Accounting, Work Experience Apparatus, and Preparation of Financial Statements
Analisis Pemetaan Industri Kreatif Subsektor Kerajinan Serta Dampak Peningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Aceh Besar Nasir, Nasir; Yuslinaini, Yuslinaini
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 1 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.147 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i1.20

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi Perkembangan Industri Kreatif khususnya subsektor kerajinan serta untuk melihat sejauh mana dampak terhadap peningkatan keseteraan masyarakat di kabupaten Aceh Besar, dengan melakukan pemetaan industri kreatif subsector Kerajiana di Kabupaten Aceh Besar, sampel penelitian ini dimulai dengan 4 (empat) Kecamatan  dimana kecamatan lainnya akan menjadi penelitian lanjutan, Kegiatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dalam hal ini tidak mengisolasi individu atau organisasi ke dalam variabel atau hipotesis tetapi memandangnya sebagai bagian dari suatu keutuhan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan formula statistik sederhana dan analisis SWOT untuk menentukan strategi daya saing produk dengan Matriks SWOT matriks kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subsektor industri kerajinan di 4 (empat) kecamatan yang ada pada Kabupaten Aceh Besar memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi pengangguran. Hal ini dapat dilihat dari penyerapan tenaga kerja pada industri kerajinan pada setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar. Kata kunci: Analisis Pemetaan, Industri Kreatif, Subsektor Kerajinan, Kesejahteraan Masyarakat Abstract. This study aims to look at the development of the Creative Industries in particular subsector of crafts as well as to see the extent of the impact of the increase in equality communities in Aceh Besar district, by mapping the creative industries subsector Kerajiana in Aceh Besar district, this sample began with four (4) sub-district where other districts will be further research, this research activity used a qualitative approach with descriptive type in this case does not isolate individual or organization into variables or hypothetical, but sees it as part of a wholeness. Data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative methods by using a simple statistical formula and SWOT analysis to determine product competitiveness strategy with SWOT Matrix qualitative matrix. The results showed that the craft industry subsector in 4 (four) districts in Aceh Besar district has a strategic role in improving social welfare and reduce unemployment. It can be seen from the absorption of labor in the handicraft industry in each sub-district in Aceh Besar. Keywords: Analysis Mapping, Creative Industries, Handicraft Subsector, Welfare Society
Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pendapatan : Data Panel 8 Provinsi di Sumatera Amri, Khairul
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 1 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.2 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i1.22

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kausalitas antara pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan. Data yang digunakan adalah data panel dari 8 provinsi di Sumatera selama periode tahun 2007-2015. Peralatan analisis data yang digunakan adalah panel vector autoregression (PVAR) dan panel granger causality test. Penelitian menemukan bahwa pertumbuhan ekonomi pada periode tahun tertentu secara signifikan dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya. Ketimpangan pendapatan pada periode tahun tertentu juga secara signifikan dipengaruhi oleh ketimpangan pendapatan tahun sebelumnya. Hasil panel granger causality test menemukan adanya unidirectional causality dari ketimpangan pendapatan ke pertumbuhan ekonomi. Kata kunci:    Pertumbuhan Ekonomi, Ketimpangan Pendapatan, Panel Vector Autoregression (PVAR) dan Granger Causality TestAbstract: This study aims to determine the causality relationship between economic growth and income inequality. Using panel data of 8 provinces in Sumatera during the period of 2007-2015. The data analyzed by panel vector autoregression (PVAR) and panel granger causality test. The study found that economic growth over a given period was significantly influenced by the economic growth of the previous year, and income inequality over a given year was also significantly influenced by the income inequality of the previous year. The result of panel granger causality test found that there is unidirectional causality from income inequality to economic growth. Keywords: Economic Growth, Income Inequality, Panel Vector Autoregression (PVAR) and Granger Causality Test.
Layanan Mobile Ho-Jak, Go-Jek dan Grab Terhadap Perbandingan Pengalaman Pengguna (Studi Pada Konsumen PT. Ho-Jak Indonesia, PT. Aplikasi Anak Bangsa dan PT. Grab Indonesia di Kota Banda Aceh) Farnita, Irma
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 2 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.246 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i2.38

Abstract

Abstrak. Penelitian ini menguji perbandingan pengalaman pengguna (user Experience) pada mobile apps Ho-Jak, Go-Jek dan Grab dengan melakukan survei untuk mecari perbedaan pengalaman yang dirasakan oleh satu kelompok pengguna ketiga aplikasi. User Experience diukur melalui Sub Variabel Happiness, Task Success, Earning dan Uptime. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian yang diteliti yaitu user Experience. Analisis data yang digunakan adalah paired t-test. Berdasarkan hasil penelitian, Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dari keempat sub variabel user Experience yaitu Happiness, Task Success, Earning, dan Uptime rata-rata penilaian positif diberikan kepada aplikasi Go-Jek sebagai platform yang dapat memberikan pengalaman yang baik kepada penggunanya. Hal ini salah satunya dikarenakan kemunculan Ho-Jak yang lebih dulu di Kota Banda Aceh jika dibandingkan dengan Go-Jek dan Grab, sehingga memungkinkan Ho-Jak dan bisnis sejenis dapat lebih memahami keinginan penggunanya berdasarkan dilakukannya kegiatan riset, perencanaan, pengembangan serta pengujian yang telah dilakukan di lingkungan Kota Banda Aceh. Kata kunci: Pengalaman pengguna, layanan mobile, Ho-Jak, Go-Jek, Grab. Abstract. This study tested the comparison of user experience (user Experience) on the mobile apps Ho-Jak, Go-Jek and Grab by doing surveys for mecari difference experience felt by a third user group application. User Experience is measured through Variable Sub Happiness, Task Success, Earning and Uptime. This research uses descriptive comparative analysis method with the quantitative approach. The research examined objects i.e. the user Experience. The analysis of the data used are the paired t-test. Based on the results of the study, a descriptive analysis of the Results showed that of the four sub variable user Experience that is Happiness, Task Success, Earning, and the average Uptime of the positive assessment given to applications Go-Jek as a platform that can be deliver a good experience to its users. This is one of them because of the emergence of Ho-Jak comes first in Banda Aceh if compared with the Grab and Go-Jek, thus allowing the Ho-Jak and similar business can better understand the desires of users based on doing the research activities , planning, development and testing that has been done in the neighborhood of Banda Aceh. Keywords: User Experience, mobile services, Ho-Jak, Go-Jek, Grab.
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Koqnitif, Kemampuan Personal dan Kompetensi Kepemimpinan Terhadap Kinerja Koperasi di Provinsi Aceh Rizal, Syamsul
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 1 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.178 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i1.16

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti Kecerdasan Emosional, Perilaku Koqnitif, Kemampuan Personal, Kompetensi Kepemimpinan, dan Kinerja Pimpinan Pimpinan Koperasi terhadap Kinerja Koperasi di Provinsi Aceh. Penelitian ini akan membahas terhadap 4 (empat) Aspek yang meliputi; Koqnitif (Coqnitive Behavior), Peran Fungsional (Functional roles), Kapabilitas Personal (Personal capabilities) dan Kentrampilan Personal (Personal skill). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh koperasi yang ada pada   Provinsi Aceh. Populasi dalam penelitian ini berjumlah    207 orang (Koperasi) mencakup seluruh koperasi yang ada di Propinsi Aceh. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Perilaku Koqnitif, Kemampuan Personal, Kompetensi, Kinerja Koperasi  Abstract. This study was conducted to investigate the Emotional Intelligence, Behavior Koqnitif, Personal Capability, Competence Leadership and Leadership Performance Leadership Cooperative to Cooperative Performance in Aceh province. This study will explore the four (4) aspects which include; Koqnitif (Coqnitive Behavior), Functional Role (Functional roles), Capability Personal (Personal capabilities) and Kentrampilan Personal (Personal skill). The population in this study are all cooperatives in the province. The population in this research were 207 people (Cooperative) include all cooperatives in the province of Aceh. Keywords: Emotional Intelligence, Cognitive Behavioral, Personal Capability, Competence, Performance Cooperative
Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Menggunakan Mobile Banking (M-Banking) Pada Bank BCA Cabang Banda Aceh Rizal, Syamsul; Munawir, Munawir
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 2 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.919 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i2.34

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kulitas pelayanan terhadap keputusan konsumen yang menggunakan M-Banking pada Bank BCA Cabang Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada Bank BCA Cabang Banda Aceh terhadap konsumen M-Banking, dan yang menjadi objek penelitian adalah tentang kepuasan konsumen dalam menggunakan M-Banking. Penarikan sampel dilakukan dengan metode “Convinience Sampling” terhadap 100 konsumen yang menggunakan M-Banking pada Bank BCA Cabang Banda Aceh. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kepuasan nasabah terhadap penggunaa M-Banking pada Bank BCA Cabang Banda Aceh baik dilihat dari variable keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati dan berwujud adalah memuaskan hal ini dapat dilihat dari perolehan dari nilai rata-rata dari tanggapan responden untuk semua variabel adalah di atas 3,500. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinan (R2) bernilai 92,2 persen menunjukkan bahwa variabel keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati dan variabel berwujud berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah yang menggunakan M-Banking pada Bank BCA Cabang Banda Aceh sebesar 92,2 persen dan sisanya 7,8 persen dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar model penelitian ini. Pengujian yang dilakukan baik dengan menggunakan uji F-hitung maupun dengan menggunakan uji t-hitung maka dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh signifikan baik secara partial maupun secara simultan terhadap kepuasan nasabah yang menggunakan M-Banking pada Bank BCA Cabang Banda Aceh, dengan kata lain hipotesis dalam penelitian ini diterima. Untuk menumbuhkan rasa percaya kepada konsumen, disarankan fitur-fitur, kecepatan dan layanan lainnya serta keamanan dalam penggunaan M-Banking harus ditingkatkan supaya kepercayaan konsumen semakin bertambah. Kata kunci: Kepuasan Konsumen Menggunakan M-Banking, Bank BCA Cabang Banda Aceh.  Abstract. The purpose of this study is to determine the effect of service quality to consumer decisions using M-Banking at Bank BCA Branch Banda Aceh. This research was conducted at Bank BCA Branch of Banda Aceh to M-Banking consumer, and the object of research is about consumer's satisfaction in using M-Banking. Sampling was done by "Convinience Sampling" method to 100 consumers using M-Banking at Bank BCA Branch of Banda Aceh. From the result of the research, it can be seen that customer satisfaction level toward M-Banking user at Bank BCA Branch of Banda Aceh is seen from variable of reliability, keresponsifan, belief, empathy and tangible is satisfying this can be seen from the acquisition of the average value of the responses of respondents to all variable is above 3,500. The results showed that the determinant coefficient (R2) was 92.2 percent indicating that the variables of reliability, responsiveness, confidence, empathy and tangible variables influence the level of customer satisfaction using M-Banking at BCA Bank of Banda Aceh Branch at 92.2 percent and the rest 7.8 percent is influenced by other variables outside of this research model. Testing done either by using F-test or by using t-test, it can be concluded that all independent variables in this study significantly influence both partially and simultaneously to customer satisfaction using M-Banking at Bank BCA Branch Banda Aceh, in other words the hypothesis in this study is accepted. To cultivate a sense of trust to consumers, recommended features, speed and other services as well as security in the use of M-Banking should be increased so that consumer confidence increases.  Keywords: Consumer Satisfaction Using M-Banking, Bank BCA Branch of Banda Aceh
Adsense Mobile dan Respon Pengguna Smartphone: Intrusiveness dan Irritation Wali, Muhammad
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 2 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.443 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i2.39

Abstract

Abstrak. Meningkatnya penggunaan smartphone dan munculnya layanan Adsense Mobile (Admob) untuk menyampaikan pesan pemasaran belum diikuti dengan bukti empiris efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pengguna smartphone terhadap Adsense Mobile (Admob) intrusiveness terhadap consumer irritation, sikap pada iklan, sikap konsumen terhadap produk yang dimunculkan, dan niat beli konsumen terhadap iklan yang muncul pada smartphone. Pengujian efektivitas layanan Adsense Mobile (Admob) ini didasarkan pada fenomena meningkatnya penggunaan smartphone untuk menyampaikan pesan pemasaran pada konsumen secara demografis yang berbeda. Kerangka awal penelitian dibangun berdasarkan Advertising Avoidance Theory. Untuk pengumpulan data, self-administered survey dilakukan dengan menerapkan purposive sampling dan melibatkan 70 responden yang berdomisili di Aceh dan pernah memainkan smartphone application. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin konsumen merasa bahwa iklan yang muncul pada smartphone, Adsense Mobile (Admob) mengganggu kenyamanan mereka (intrusive), selain itu semakin tinggi perasaan marah (irritation) yang muncul pada diri pengguna smartphone dari iklan yang muncul. Perasaan marah konsumen berpengaruh negatif dalam pembentukan sikap pada Adsense Mobile (Admob) dan sikap pada produk yang diiklankan. Semakin baik sikap pada Adsense Mobile (Admob) berpengaruh pada semakin positif sikap konsumen pada produk yang diiklankan. Begitu pula semakin positif sikap pengguna smartphone pada produk yang mucul, semakin positif pula niat pengguna untuk membeli produk yang diiklankan. Menariknya, sikap pada smartphone Adsense Mobile (Admob) tidak berpengaruh terhadap niat beli. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi praktisi pemasaran yang menggunakan layanan Adsense Mobile (Admob) sebagai media placement dalam strategi periklanan mereka. Kata kunci: intrusiveness, irritation, smartphone, Adsense Mobile (Admob), sikap, iklan Abstract. The increasing use of smartphones and the advent of Adsense Mobile Service (Admob) to deliver the marketing message has not been followed by empirical evidence of their effectiveness. This research aims to test the influence of smartphone users against Adsense Mobile (Admob) intrusiveness toward consumer irritation, the attitude on advertising, consumer attitudes towards products that are presented, and consumer purchasing intentions against ads that appear on a smartphone. Testing the effectiveness of service Adsense Mobile (Admob) is based on the phenomenon of the increasing use of smartphones to deliver marketing messages on consumers in a different demographic. Preliminary research framework built upon Advertising Avoidance Theory. For data collection, self-administered survey conducted by applying the purposive sampling and involving 70 respondents who are domiciled in Aceh and never play a smartphone application. The results showed that more consumers feel that ads appearing on Smartphones, Adsense Mobile (Admob) interfere with their comfort (intrusive) and the higher feelings of anger (irritation) that form on smartphone users or application. The influential consumer negative feelings of anger in the formation of attitude on Adsense Mobile (Admob) and stance on the product being advertised. The better the attitude on Adsense Mobile (Admob) effect on the increasingly positive attitude of consumers to the product being advertised. So did the increasingly positive attitude of smartphone users on the product appeared, the more positive the user's intention also to buy the product being advertised. Interestingly, the attitude on the Adsense Mobile Smartphones (Admob) has no effect against the intention to buy. The results of this study contribute to marketing practitioners who use Adsense Mobile Service (Admob) as media placement in their advertising strategies.  Keywords: intrusiveness, irritation, smartphone, Adsense Mobile (Admob), attitudes, advertising
Tanggapan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pembayaran Air PDAM Tirta Daroy Banda Aceh Ihsanuddin, Ihsanuddin
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 1 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.177 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i1.17

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti tanggapan masyarakat terhadap pelayanan pembayaran rekening air pada PDAM Tirta Daroy Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang melakukan pembayaran rekening air pada PDAM Tirta. Daroy Banda Aceh yang berjumlah 16.886 orang. Mengingat populasi terlalu banyak, maka penulis mengambil beberapa sampel. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik acak sederhana (simple random sampling) tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi sehingga populasi dianggap homogen. Penelitian ini menggunakan variabel bebas keresponsifan, empati, kehandalan jaminan dan keterwujudan sedangkan variabel terikatnya tanggapan masyarakat dalam pembayaran rekening air pada PDAM Tirta Daroy Banda Aceh. Berdasarkan kelima variabel yang diteliti, temyata variabel keresponsifan mempunyai penganih dominan terhadap tanggapan masyarakat dalam pembayaran rekening air pada PDAM Tirta Daroy Banda Aceh diikuti oleh variabel empati, kehandalan jaminan dan keterwujudan.Hasil regresi linear berganda diperoleh penjelasan bahwa semua variabel bebas yang diteliti mempunyai koefisien korelasi (hubungan) yang erat dan positif dan mempunyai determinasi (pengaruh) yang kuat dan positif terhadap tanggapan masyarakat dalam pembayaran rekening air pada PDAM Tirta Daroy Banda Aceh. Kata kunci: Tanggapan Masyarakat, Pelayanan, Pembayaran, AIR PDAM, Tirta Daroy Banda Aceh  Abstract. This study was conducted to examine the community's response to the water bill payment services at PDAM Tirta Daroy Banda Aceh. The study population was the whole community who pay water bills on PDAM Tirta. Daroy Banda Aceh, amounting to 16 886 people. Given the population is too many, the authors take a few samples. Sample was conducted with a random technique (simple random sampling) without regard to strata that exist in the population so that the population is homogeneous. This study uses independent variable responsiveness, empathy, reliability assurance and keterwujudan community feedback while the dependent variable in the payment of water bills on PDAM Tirta Daroy Banda Aceh. Based on the five variables studied, turned out to have a responsive variable penganih dominant to the public response in the payment of water bills on PDAM Tirta Daroy Banda Aceh followed by a variable empathy, reliability assurance and multiple linear regression keterwujudan.Hasil obtained the explanation that all independent variables studied had a correlation coefficient (relations) close and positive and have determination (influence) a strong and positive impact on the public response in the payment of water bills on PDAM Tirta Daroy Banda Aceh. Keywords: Response Society, Services, Payment, AIR PDAM Tirta Daroy Banda Aceh
Pengaruh Efektifitas Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Perkreditan Pada PT. Bank Bukopin Banda Aceh di Kota Banda Aceh (Studi pada PT. Bank Bukopin Banda Aceh di Kota Banda Aceh) Eliana, Eliana
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 2 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.871 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i2.35

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan studi empiris tentang pengaruh efektivitas pengendaliaan intern terhadap kinerja perkreditan pad PT. Bank Bukopin Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas pengendaliaan intern terhadap kinerja perkreditan pada PT. Bank Bukopin Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer dan karyawan bagian perkreditan pada PT. Bank Bukopin Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan lembaran pertanyaan (kuesioner) yang telah dipersiapkan kepada responden. Data primer dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menjelaskan efektifitas pengendalian intern berpengaruh signifikan terhadap kinerja perkreditan pada PT. Bank Bukopin Banda Aceh. Peran variabel efektivitas sistem pengendalian intern terhadapa kinerja penyaluran kredit pada PT. Bank Bukopin Banda Aceh lebih dominan dibanding peran variabel lainnya. Kata kunci: Efektifitas sistem pengendalian intern, kinerja perkreditan. Abstract. This research is an empirical study about the influence of effectiveness of internal finance to credit performance at PT. Bank Bukopin Banda Aceh. The purpose of this study is to determine the effect of internal finance effectiveness on credit performance at PT. Bank Bukopin Banda Aceh. Population in this research is all manager and employee of credit at PT. Bank Bukopin Banda Aceh, totaling 20 people. Data collection is done by distributing questionnaires that have been prepared to the respondent. Primary data were analyzed by using simple linear regression. The results explain the effectiveness of internal control significant effect on credit performance at PT. Bank Bukopin Banda Aceh. The role of variable effectiveness of internal control system on the performance of credit distribution at PT. Bank Bukopin Banda Aceh is more dominant than the role of other variables. Keywords: Effectiveness of internal control system, credit performance
Pengaruh Sumber-Sumber Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh Fahmi, Ijal
Jurnal EMT KITA Vol 1, No 1 (2017): Journal EMT KITA
Publisher : Lembaga KITA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.617 KB) | DOI: 10.35870/emt.v1i1.18

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti dan mendapatkan bukti empiris, apakah sumber-sumber stres kerja, yaitu dimensi desain pekerjaan, karakteristik individu, kelompok kerja dan struktur organisasi secara serentak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh serta untuk mengetahui apakah desain pekerjaan merupakan sumber sires kerja yang mempunyai pengaruh dominan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Ruang Lingkup penelitian ini adalah stres kerja dengan produktivitas kerja karyawan. Sedangkan penelitian ini bersifat inferensial yaitu penelitian yang bermaksud mengungkapkan suatu masalah, keadaan ataupun peristiwa dengan memberikan penilaian secara menyeluruh, luas dan mendalam dari sudut ilmu yang relevan. Populasi dalam penelitian adalah karyawan PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh yang berjumlah 43 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara sensus sehingga jumlah sampel akhir menjadi 43 orang atau mengikutsertakan seluruh populasi dalam penelitian sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian masih ada faktor lain diluar penelitian yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh seperti adanya perbedaan tingkat pendidikan karyawan, promosi jabatan maupun tingkat kesejahteraan. Kata kunci: Shopaholic, Stimuli Lingkungan, Faktor Sosial, Emosi Positif  Abstract. This study was conducted to investigate and obtain empirical evidence, whether the sources of job stress, the dimensions of job design, characteristics of the individual, work group and organizational structure simultaneously have a significant influence on employee productivity PT. Bank Syariah Branch Aceh Banda Aceh as well as to determine whether the design work is a source of working sires that have a dominant influence on employee productivity PT. Bank Syariah Branch of Banda Aceh Aceh. Scope of this research is the stress of work with employee productivity. While this research is inferential research that intends to reveal a problem, situation or event by providing a thorough assessment, extensive and profound in terms of the relevant science. The population in this study are employees of PT. Bank Syariah Aceh Banda Aceh Branch totaled 43 and sampling was conducted by census so that the amount of the final sample to 43 people or involve the entire population in the study as the study sample. According to the research there are other factors beyond the research which may affect the employee's productivity PT. Bank Syariah Branch of Banda Aceh Aceh such as differences in education levels of employees, promotion and welfare. Keywords: Shopaholic, Stimuli Buying, Environment, Social Factor, Positive Emotion

Page 1 of 36 | Total Record : 358