cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2014)" : 12 Documents clear
PENGARUH TINGKAT KETERAMPILAN GURU TERHADAP PRESTASI SISWA PADA SMKN 1 SUKAMAJU KAB. LUWU UTARA. Jabbar Hamseng; Goso Goso; Nuraeni Nuraeni
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.26

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh tingkat keterampilan guru Terhadap Prestasi Siswa Pada SMKN 1 Sukamaju Kab. Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII pada SMKN 1 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah kurang lebih 100 orang pertahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan penarikan rumus Slovin dihasilkan 50 sampel. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Sederhana, dimana variabel bebasnya yaitu Tingkat Keterampilan Guru sedangkan untuk variabel dependen yaitu Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabel Tingkat Keterampilan Guru berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa. Sedangkan untuk (Uji-t) dari hasil tersebut ternyata variabel Tingkat Keterampilan Guru berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan besaran nilai koefisien regresi sebesar 44,2%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menduga bahwa tingkat keterampilan guru dalam mengajar dapat berpengaruh terhadap prestasi siswa Pada SMKN 1 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara terbukti kebenarannya
PENGARUH PELAYANAN ERNA SALON TERHADAP KEPUASAN JASA KECANTIKAN (KONSUMEN) DI BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA Saharuddin Saharuddin; Ibrahim Halim; Anggraeni Endang Palupi
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.31

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pelayanan Erna Salon Terhadap Kepuasan Jasa Kecantikan (Konsumen) di Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pelanggan/konsumen pada Erna Salon selama tiga bulan terakhir yakni terhitung pada bulan Januari–Maret dimana sampel penelitian ini berjumlah 100 Sampel, yang diambil dari responden. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Linier Berganda, dimana variabel bebasnya yaitu Pendidikan (X1), Keterampilan Kerja (X2), Empati (X3), Pengalaman Kerja (X4) sedangkan untuk variabel dependen yaitu Keputusan Memilih Salon (Y).
PENGARUH INSENTIF DAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN TERHADAP PENINGKATAN OMZET PENJUALAN PADA PT. MULIA ABADI INDO DI PALOPO Lanteng Bustami; Abd. Hapid; Abdul Haris
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif dan produktivitas kerja karyawan terhadap peningkatan omzet penjualan pada PT. Mulia Abadi Indo di Palopo dengan menggunakan dua sumber data yakni data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari observasi dengan cara wawancara yang dapat memberikan data yang berhubungan dengan penulisan ini. Data sekunder adalah data yang diperoleh melalui dokumentasi dan laporan-laporan tertulis serta informasi tentang pemberian insentif, produktivitas kerja karyawan dan omzet penjualan pada PT. Mulia Abadi Indo di Palopo. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Untuk pemecahan masalah dalam penelitian ini, maka penulis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh insentif dan produktivitas kerja karyawan terhadap peningkatan omzet penjualan pada PT. Mulia Abadi Indo di Palopo. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan tambahan referensi wacana khususnya yang berkaitan masalah insentif dan produktivitas kerja kerja karyawan.
PENGARUH PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN AIR MINUM (PDAM) DI KABUPATEN LUWU UTARA A.M Hasbi Munarka; Jasman Jasman; Nurdianti Nurdianti
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.27

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pengawasan Internal Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) di Kabupaten Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah 32 orang yang sekaligus dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Sederhana dimana variabel bebasnya yaitu Pengawsan Internal sedangkan untuk variabel dependen yaitu Kinerja Karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabel Pengawasan Internal berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja Karyawan. Sedangkan untuk (Uji-t) dari hasil tersebut ternyata variabel Pengawasan Internal berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan besaran nilai koefisien regresi sebesar 73,3%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menduga bahwa Pegawasan internal berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Luwu Utara, terbukti kebenarannya.
MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEJAHTERA MELALUI SISTEM EKONOMI ISLAM Suhardi M. Anwar
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.32

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pembaca dan pemerhati kesejahteraan manusia, bahwa kesejahteraan manusia pada hakekatnya meliputi kebahagiaan lahir dan bathin maka apabila salah satunya saja yang terpenuhi ia menjadi tidak seimbang, sehingga kebahagiaan yang sebenarnya itu akan sulit tercapai dan pada akhirnya akan sulit pula membawa manusia itu pada tujuan akhirnya yakni keselamatan dunia dan akhirat, oleh sebab itu perlu upaya untuk senantiasan melakukan atau menciptakan keseimbangan dalam hidup ini. Islam melalui al-Qur’an dan Sunnah Rasul telah mengajarkan kepada umat manusia bagaimana mewujudkan kebahagiaan atau kesejahteraan tersebut, dan telah banyak dikaji dan dijabarkan oleh para ilmuan Islam melalui konsep ekonomi Islam sehingga ini dapat menjadi solusi bagi setiap bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat / rakyatnya. Adapun konsep ekonomi Islam yang dimaksud yaitu bahwa dalam upaya mewujudkan tujuan manusia untuk mencapai kebahagiaan/kesejahteraan dunia dan akhirat (falah) maka haruslah memenuhi unsur-unsur kesejahteraan (maslahah) sebagai berikaut, yakni: Ad-dien (agama / keyakinan), An-Nafs (Jiwa), Al-Aql (ilmu), Al-Maal (harta / materi), An-Nasl (keturunan). Selanjutnya memberadayakan, membangkitkan / menggairahkan kegiatan berZakat, berInfaq, berShadaqah dan berWakaf serta menjauhkan masyarakat dengan perbuatan riba dalam kehidupan masyarakat juga akan menjadi solusi yang sangat efektif dalam mewujutkan kesejahteraan masyarakat/rakyat suatu bangsa.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA PADA KANTOR CAMAT MALANGKE BARAT Salju Sanuddin; Jumawan Jasman; Akil Akil
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.23

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Malangke Barat. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai pada Kantor Camat Malangke Barat. Sampel penelitian diambil dari 23 sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda, dimana variabel bebasnya terdiri dari tingkat pendidikan (X1) , pengalaman kerja (X2); variabel devenden kinerja (Y). hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama tingkat pendidikan (X1) dan pengalaman kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Sedangkan untuk uji t diketahui bahwa tingkat pendidikan (X1=0,001), pengalaman kerja (X2=0.081). Dari hasil tersebut di atas variabel tingkat pendidikan (X1) terbukti berpengaruh terhadap kinerja pegawai sedangkan variabel pengalaman kerja (X2) tidak diterima atau tidak terbukti kebenarannya.
PENGARUH PAJAK DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN LUWU Muh. Halim; Husmaruddin MP.; Nuriati Januse
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara pajak daerah terhadap PAD Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak daerah berpengaruh positif terhadap PAD Kabupaten Luwu. Hubungan antara pajak daerah dengan PAD memiliki korelasi kuat dengan nilai sig 1. Selain itu, persamaan hasil regresi yang didapatkan memberikan gambaran bahwa koefisien regresi pajak daerah, yaitu -1.529 yang berarti apabila pajak daerah turun sebesar Rp. 1, maka PAD akan mengalami penurunan penerimaan sebesar Rp.1.529 dengan tingkat error 0,05. Pajak daerah merupakan salah satu sumber penghasilan daerah yang sangat menunjung penerimaan PAD. Besar kecilnya penerimaan PAD tidak terlepas dari jumlah penerimaan pajak daerah yang diterima.
MEMBANGUN EKONOMI ISLAM MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT DI KOTA PALOPO H.M Najib Kasim
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.33

Abstract

Studi ini ingin menjelaskan bahwa upaya pengelolaan Zakat sangatlah penting karena dengan penerapan manajemen zakat sangat membantu Badan Amil Zakat dalam melaksanakan tugasnya. Upaya percepatan penerapan manajemen pengelolaan zakat saat ini sangat diperlukan dalam usaha memperbaiki Organisasi Badan Amil Zakat dalam melaksanakan pengelolaan zakat yang lebih maju, transparan dan akuntabel. Pelaksanaan zakat merupakan kewajiban seluruh ummat Islam yang berharta dan mampu untuk membayar zakat karena membayar zakat sesuai dengan perintah Allah SWT dalam Al-Quran dan Hadist yang mewajibkan ummat Islam untuk mengeluarkan zakat sesuai pendapatan yang diperolehnya akan sangat membantu Mustahiq dalam meningkatkan kesejahteraannya.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN NIKMAT SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA Haedar Haedar; Sapar Sapar; Asniah Asniah
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Rumah makan nikmat Sukamaju. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan rumah makan nikmat Sukamaju Kabupaten Luwu Utara sebanyak 78 pelanggan. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga sampel 65 konsumen. Rumus regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan yang dihipotesiskan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis regresi linier sederhana didapatkan persamaan regersi: Y = 12,469 + 0,418 X. Dimana Y kepuasan konsumen dan X adalah kualitas pelayanan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,161 menunjukkan bahwa 16,1% variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dalam persamaan regersi. Sedangkan sisanya sebesar 83,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
ANALISIS PERENCANAAN LABA PADA PERUM PEGADAIAN PASAR SENTRAL CABANG PALOPO Samsul Bachri; Rahmawati Rahmawati; Siti Nur Aisyah
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v1i1.29

Abstract

Penulisan dalam penelitian ini membahas tentang analisis perencanaan laba pada perum pegadaian pasar sentral cabang palopo. Penelitian ini didasari pada pemikiran bahwa pentingnya perhitungan biaya volume laba untuk mencapai target laba pada perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah perencanaan laba dapat meningkatkan laba perusahaan pada perum pegadaian pasar sentral cabang palopo. Salah satu bagian yang penting pada perusahaan adalah perhitungan biaya volume laba untuk mencapai target laba yang diinginkan. Data yang digunakan berasal dari objek penelitian yaitu laporan keuangan selama 2 periode pada perum pengadaian pasar sentral cabang palopo. Analisis data yang digunakan adalah biaya-volume-laba (cost-volume-profit). Dari hasil penilaian dengan analisis biaya-volume-laba dan kaitannya dengan perencanaan laba, maka dapat disimpulkan bahwa selama 2 tahun terakhir (2011-2012) Perum Pegadaian Pasar Sentral Cabang Palopo mengalami peningkatan laba pada tahun 2011 sebesar Rp. 428.613.984, pada tahun 2012 sebesar Rp. 492.953.187.

Page 1 of 2 | Total Record : 12