Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 1 (2014)"
:
12 Documents
clear
PENGARUH INSENTIF DAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN TERHADAP PENINGKATAN OMZET PENJUALAN PADA PT. MULIA ABADI INDO DI PALOPO
Lanteng Bustami;
Abd. Hapid;
Abdul Haris
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.22
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif dan produktivitas kerja karyawan terhadap peningkatan omzet penjualan pada PT. Mulia Abadi Indo di Palopo dengan menggunakan dua sumber data yakni data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari observasi dengan cara wawancara yang dapat memberikan data yang berhubungan dengan penulisan ini. Data sekunder adalah data yang diperoleh melalui dokumentasi dan laporan-laporan tertulis serta informasi tentang pemberian insentif, produktivitas kerja karyawan dan omzet penjualan pada PT. Mulia Abadi Indo di Palopo. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Untuk pemecahan masalah dalam penelitian ini, maka penulis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh insentif dan produktivitas kerja karyawan terhadap peningkatan omzet penjualan pada PT. Mulia Abadi Indo di Palopo. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan tambahan referensi wacana khususnya yang berkaitan masalah insentif dan produktivitas kerja kerja karyawan.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA PADA KANTOR CAMAT MALANGKE BARAT
Salju Sanuddin;
Jumawan Jasman;
Akil Akil
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.23
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Malangke Barat. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai pada Kantor Camat Malangke Barat. Sampel penelitian diambil dari 23 sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda, dimana variabel bebasnya terdiri dari tingkat pendidikan (X1) , pengalaman kerja (X2); variabel devenden kinerja (Y). hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama tingkat pendidikan (X1) dan pengalaman kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Sedangkan untuk uji t diketahui bahwa tingkat pendidikan (X1=0,001), pengalaman kerja (X2=0.081). Dari hasil tersebut di atas variabel tingkat pendidikan (X1) terbukti berpengaruh terhadap kinerja pegawai sedangkan variabel pengalaman kerja (X2) tidak diterima atau tidak terbukti kebenarannya.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN NIKMAT SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA
Haedar Haedar;
Sapar Sapar;
Asniah Asniah
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.24
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Rumah makan nikmat Sukamaju. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan rumah makan nikmat Sukamaju Kabupaten Luwu Utara sebanyak 78 pelanggan. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga sampel 65 konsumen. Rumus regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan yang dihipotesiskan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis regresi linier sederhana didapatkan persamaan regersi: Y = 12,469 + 0,418 X. Dimana Y kepuasan konsumen dan X adalah kualitas pelayanan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,161 menunjukkan bahwa 16,1% variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dalam persamaan regersi. Sedangkan sisanya sebesar 83,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
PENGARUH PEMBERIAN KREDIT TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN INDUSTRI KECIL DI KOTA PALOPO
Imran Ukkas
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.25
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pemberian kredit oleh Dinas Koperindag Kota Palopo dalam meningkatkan pendapatan per bulan Industri Kecil di Kota Palopo pada tahun 2012. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dari analisis tersebut akan diperoleh informasi tentang efektifitas pemberian kredit. Sedangkan uji hipotesa yaitu dengan uji t. Adapun sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana sampel yang diambil merupakan keseluruhan jumlah populasi yakni 21 industri kecil di Kota Palopo yang menerima bantuan kredit. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian kredit terhadap tingkat pendapatan industri kecil. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat diimplementasikan oleh Dinas Koperindag Kota Palopo dalam perencanaan pengembangan Industri Kecil di Kota Palopo pada tahun mendatang.
PENGARUH TINGKAT KETERAMPILAN GURU TERHADAP PRESTASI SISWA PADA SMKN 1 SUKAMAJU KAB. LUWU UTARA.
Jabbar Hamseng;
Goso Goso;
Nuraeni Nuraeni
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.26
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh tingkat keterampilan guru Terhadap Prestasi Siswa Pada SMKN 1 Sukamaju Kab. Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII pada SMKN 1 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah kurang lebih 100 orang pertahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan penarikan rumus Slovin dihasilkan 50 sampel. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Sederhana, dimana variabel bebasnya yaitu Tingkat Keterampilan Guru sedangkan untuk variabel dependen yaitu Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabel Tingkat Keterampilan Guru berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa. Sedangkan untuk (Uji-t) dari hasil tersebut ternyata variabel Tingkat Keterampilan Guru berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan besaran nilai koefisien regresi sebesar 44,2%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menduga bahwa tingkat keterampilan guru dalam mengajar dapat berpengaruh terhadap prestasi siswa Pada SMKN 1 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara terbukti kebenarannya
PENGARUH PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN AIR MINUM (PDAM) DI KABUPATEN LUWU UTARA
A.M Hasbi Munarka;
Jasman Jasman;
Nurdianti Nurdianti
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.27
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pengawasan Internal Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) di Kabupaten Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah 32 orang yang sekaligus dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Sederhana dimana variabel bebasnya yaitu Pengawsan Internal sedangkan untuk variabel dependen yaitu Kinerja Karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabel Pengawasan Internal berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja Karyawan. Sedangkan untuk (Uji-t) dari hasil tersebut ternyata variabel Pengawasan Internal berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan besaran nilai koefisien regresi sebesar 73,3%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menduga bahwa Pegawasan internal berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Luwu Utara, terbukti kebenarannya.
PENGARUH PAJAK DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN LUWU
Muh. Halim;
Husmaruddin MP.;
Nuriati Januse
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.28
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara pajak daerah terhadap PAD Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak daerah berpengaruh positif terhadap PAD Kabupaten Luwu. Hubungan antara pajak daerah dengan PAD memiliki korelasi kuat dengan nilai sig 1. Selain itu, persamaan hasil regresi yang didapatkan memberikan gambaran bahwa koefisien regresi pajak daerah, yaitu -1.529 yang berarti apabila pajak daerah turun sebesar Rp. 1, maka PAD akan mengalami penurunan penerimaan sebesar Rp.1.529 dengan tingkat error 0,05. Pajak daerah merupakan salah satu sumber penghasilan daerah yang sangat menunjung penerimaan PAD. Besar kecilnya penerimaan PAD tidak terlepas dari jumlah penerimaan pajak daerah yang diterima.
ANALISIS PERENCANAAN LABA PADA PERUM PEGADAIAN PASAR SENTRAL CABANG PALOPO
Samsul Bachri;
Rahmawati Rahmawati;
Siti Nur Aisyah
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.29
Penulisan dalam penelitian ini membahas tentang analisis perencanaan laba pada perum pegadaian pasar sentral cabang palopo. Penelitian ini didasari pada pemikiran bahwa pentingnya perhitungan biaya volume laba untuk mencapai target laba pada perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah perencanaan laba dapat meningkatkan laba perusahaan pada perum pegadaian pasar sentral cabang palopo. Salah satu bagian yang penting pada perusahaan adalah perhitungan biaya volume laba untuk mencapai target laba yang diinginkan. Data yang digunakan berasal dari objek penelitian yaitu laporan keuangan selama 2 periode pada perum pengadaian pasar sentral cabang palopo. Analisis data yang digunakan adalah biaya-volume-laba (cost-volume-profit). Dari hasil penilaian dengan analisis biaya-volume-laba dan kaitannya dengan perencanaan laba, maka dapat disimpulkan bahwa selama 2 tahun terakhir (2011-2012) Perum Pegadaian Pasar Sentral Cabang Palopo mengalami peningkatan laba pada tahun 2011 sebesar Rp. 428.613.984, pada tahun 2012 sebesar Rp. 492.953.187.
PENGARUH PENERAPAN FUNGSI – FUNGSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA GURU PADA SDN 143 ARUSU KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA
Hendra Safri;
Muh. Kasran
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.30
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Terhadap Kinerja Guru Pada SDN 143 Arusu Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah Guru Pada SDN 143 Arusu Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah 17 orang yang sekaligus dijadikan sebagai sampel. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Sederhana, dimana variabel bebasnya yaitu Fungsi-Fungsi Manaemen sedangkan untuk variabel dependen yaitu Kinerja Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (Uji-t) bahwa variabel Fungsi-Fungsi Manajemen berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru dengan besaran nilai koefisien regresi sebesar 64,9% dengan tingkat signifikan 0,014. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menduga bahwa Pengaruh Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen terhadap Kinerja Guru Pada SDN 143 Arusu Kecamatan Malangke barat Kabupaten Luwu Utara adalah terbukti kebenarannya.
PENGARUH PELAYANAN ERNA SALON TERHADAP KEPUASAN JASA KECANTIKAN (KONSUMEN) DI BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA
Saharuddin Saharuddin;
Ibrahim Halim;
Anggraeni Endang Palupi
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35906/jm001.v1i1.31
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pelayanan Erna Salon Terhadap Kepuasan Jasa Kecantikan (Konsumen) di Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pelanggan/konsumen pada Erna Salon selama tiga bulan terakhir yakni terhitung pada bulan Januari–Maret dimana sampel penelitian ini berjumlah 100 Sampel, yang diambil dari responden. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Linier Berganda, dimana variabel bebasnya yaitu Pendidikan (X1), Keterampilan Kerja (X2), Empati (X3), Pengalaman Kerja (X4) sedangkan untuk variabel dependen yaitu Keputusan Memilih Salon (Y).