cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
ISSN : 23391510     EISSN : 26847841     DOI : https://doi.org/10.35906/jurman
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018)" : 5 Documents clear
PREDIKSI KEBANGKRUTAN BERDASARKAN METODE ALTMAN Z-SCORE (studi kasus perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada BEI 2011-2016) Chicha Lestari; Muhammad Halim; Junaidi Junaidi
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.865 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v4i1.297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis prediksi kebangkrutan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016 menggunakan metode Alman Z-Score. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Altman Z-Score menggunakan lima rasio yaitu Working Capital to Total Asset (X1), Retained Earning to Total Asset (X2), Earning Before Interest and Tax to Total asset (X3), Market Value of Equity to Book Value Of Total Liabilities (X4), Sales to Total Asset. Hasil dari penelitian ini adalah dari tahun 2011-2016 terdapat tujuh perusahaan makanan dan minuman berada pada kondisi keuangan yang sehat, tiga perusahaan makanan dan minuman berada pada kondisi grey area ( daerah abu-abu), dan satu perusahaan makanan dan minuman berada pada kondisi bangkrut.Kata Kunci : Kebangkrutan, Perusahaan Makanan dan Minuman, Metode Altman Z-Score.
PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus pada PT. Unilever Indonesia Periode 2010-2017) Fitria Hamka; I Ketut Patra; Jumawan Jasman
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.279 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v4i1.298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan good corporate governance terhadap kinerja keuangan pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Komponen corporate governance yang digunakan dalam penelitian ini yaitu komisaris independen, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data laporan tahunan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan good corporate governance berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan CFROA. Secara parsial kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaanKata kunci : Good Corporate Governance, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kinerja Keuangan
PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di BEI 2013-2017) Siti Umaroh
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.816 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v4i1.299

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh variabel keputusan investasi dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan pada perusahaan telekomunikasi periode tahun 2013-2017 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan tipe judgement sampling dimana pemilihan sampel dengan mendasarkan pada kriteria tertentu. Sebanyak 5 (lima) laporan tahunan dari 5 (lima) perusahaan telekomunikasi yang menerbitkan laporan yang diperoleh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Pengujian menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Package for Social Sciences), dengan variabel keputusan investasi menggunakan ukuran price earnings ratio (PER) yang lebih merujuk kepada signaling theory dan/atau agency theory dan variabel kebijakan hutang menggunakan ukuran debt to equity ratio (DER).Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah libraryresearch,  field research dan internet research. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui uji analisis deskriptif, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2),dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keputusan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Perusahaan yang memiliki PER positif akan direspon positif oleh investordengan membeli saham sehingga menaikkan nilai perusahaan, sedangkan variabel kebijakan hutang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, hal tersebut karena investor cenderung melihat kepada pihak manajemen dalam pengelolaan dana untuk mencapai nilai tambah bagi nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Signaling Theory, Keputusan Investais, dan Kebijakan   Hutang
PENGARUH KOMPENSASI FINANCIAL DAN NON FINANCIAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI KERJA KARYAWAN (studi kasus PT. Telkom Cabang Palopo) Nurul Afni Aulia; Muhammad Kasran; Haedar Haedar
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.371 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v4i1.300

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kompensasi finansial dan non finansial terhadap motivasi dan prestasi kerja karyawan pada PT. Telkom Cabang Palopo.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 49 orang.Metode pengambilan sampel adalah metode full sampling.Kuesioner yang terkumpul adalah 49 orang.Data yang digunakan adalah data primer yang di peroleh dari penyebaran kuesioner kepada responden.Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode analisis jalur untuk menjawab masalah penelitian dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompensai Finansial berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Motivasi Kerja. (2) Kompensasi Non Finansial berpengaruh negatif dan signifikan Terhadap Motivasi Kerja. (3) Kompensai Finansial berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Prestasi Kerja.(4) Kompensasi Non Finansial berpengaruh negatif dan signifikan Terhadap Prestasi Kerja.(5) Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Prestasi Kerja.(6) Kompensasi Finansial dan Non Finansial terhadap Motivasi melalui Prestasi Kerja Karyawan berpengaruh positif dan signifikan.Kata Kunci : Kompensasi Financial, Non Financial, Motivasi, Prestasi Kerja
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (studi kasus bank BNI cabang palopo) Anne Attas; M Risal; Muhammad Yusuf Qamaruddin; Rahmad Solling Hamid
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.836 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v4i1.296

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menguji apakah ada pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dan untuk menguji seberapa besar pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat di kota Palopo, yang pernah melakukan transaksi perbankan di PT Bank BNI Tbk Cabang Palopo. Pengujian dan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS dengan bantuan regresi dan metode korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Relationship Management (CRM) mempengaruhi Loyalitas Pelanggan.Kata Kunci: Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5