cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
ISSN : 23391510     EISSN : 26847841     DOI : https://doi.org/10.35906/jurman
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023)" : 16 Documents clear
Pengaruh Ekuitas Merek yang Terdiri Dari Loyalitas Kesadaran Kualitas dan Kesan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tontowi Jauhari; Evi Husniati Sya'idah
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1495

Abstract

AbstractThe Fastly development of smartphone technology makes it easy to interact with others,  one of the important things to buy an item is brand equity. Good brand equity can encourage a company to increase profits by retaining potential customers.  The purpose of this research was to know the relationship between brand equity and the decision to purchase a Xiaomi mobile phone. The variables of this study were independent variables namely loyalty (X1), Consciousness (X2), Quality (X3) and Impression (X4) and  independent variable was a purchase decision (Y). The method of this research was descriptive correlative, using questionnaire instrument and The technique of  this research using total sampling technique,  The subject of the research were the students in the sixth semester of the pharmacist program of the Health sciences faculty of Kadiri University which consists of 73 students. The analysis technique  is multiple linear regression and correlation analysis. The results of the analysis states that partially or simultaneously variable loyalty, awareness and quality image, it has significant influence to purchasing decision and the  dominant  variable to influence purchasing decisions is  quality  variableKeywords: Brand Equity, Purchasing DecisionsAbstrakPerkembangan teknologi smartphone yang sangat cepat membuat seseorang mudah untuk berinteraksi dengan orang lain, salah satu hal yang menjadi pertimbangan seseorang membeli suatu barang adalah ekuitas merk. Kekuatan ekuitas merek yang baik dapat mendorong sebuah perusahaan untuk meningkatkan keuntungan yang diperoleh dengan cara mempertahankan pelanggan potensial. Tujuan penelitian ini ingin melihat hubungan ekuitas merk dengan keputusan dalam melakukan pembelian hand phone xiaomi. Penelitian ini menggunakan variabel loyalitas, variabel kesadaran, variabel kualitas dan varibel kesan merk sebagai varibel bebas (x), dan keputusan pembelian (y) dijadikan variabel terikat. Metodologi Penelitian ini menggunakan metode korelatif deskriptif, yang menggunakan populasi sejumlah 73 orang mahasiswa semester 6. Pengambilan sample menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sample dalam penelitian ini. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda serta analisis korelasi. Hasil analisis ini menyatakan bahwa ekuitas merek (loyalitas, kesadaran, kualitas, dan kesan) mempunyai pengaruh signifikan pada keputusan pembelian hand phone merk xiaomi, yang dilakukan secara parsial ataupun simultan, sedangkan variabel yang berpengaruh paling dominan adalah kualitas.Kata Kunci : Ekuitas Merk, Keputusan Pembelian
Pengaruh Kompetensi Disiplin Kerja dan Etos Kerja Terhadap Efektifitas Kerja Pegawai Giri Dwinanda; Ramy Akbar Awalul Zulhj; Muhammad Fajrul Islam
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1517

Abstract

Abstract This study aims to examine the effect of competence, work discipline and work ethic on work effectiveness. The population in this study were all employees of PT Telkom STO Makassar City Hall, totaling 117 people. The total population of STO City Hall of PT Telkom Makassar is 117 people, so using the slovin method a total sample of 90 people is obtained. The data that has been collected will then be analyzed using multiple linear regression analysis and in terms of data processing using the SPSS version 26 program. The results of the study found that competence, work discipline and work ethic have a positive and significant effect on work effectiveness.Keywords: competence, work discipline, work ethic, work effectivenessAbstrak Penelitian ini bertujuan ingin menguji pengaruh kompetensi, disiplin kerja dan etos kerja terhadap efektifitas kerja.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT Telkom Makassar STO Balaikota, yang berjumlah 117 orang. Jumlah populasi PT Telkom Makassar STO Balaikota adalah 117 orang, maka dengan menggunakan metode slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 90 orang. Data yang sudah dikumpulkan untuk selanjutnya akan dianalisa menggunakan analisis regresi linier berganda dan dalam hal pengolahan datanya menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menemukan bahwa kompetensi, disiplin kerja dan etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektifitas kerja.Kata Kunci: Kompetensi, Disiplin Kerja, Etos Kerja, Efektifitas Kerja
Peranan Pinjaman Modal yang Diberikan oleh Bank Umum pada Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia Selama Pandemi Covid-19 Rediyono Rediyono
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1142

Abstract

AbstractBeginning in 2020 until now, all countries are experiencing the COVID-19 pandemic, which has made the economy enter a crisis phase, and Indonesia is no exception. At the start of the pandemic, the Indonesian economy experienced its lowest phase since the 1998 monetary crisis. All economic sectors experienced an extraordinary impact from the pandemic, including the micro, small, and medium enterprises sector. Seeing that the auxiliary sector during the 1998 financial crisis was declining, the government issued a policy of providing low-interest loan capital for micro, small, and medium enterprises. This policy yielded results with an increase in business actors in the micro, small, and medium sectors. Seeing these developments, this research wants to see how the role of capital loans and loan interest can develop micro, small, and medium enterprises every month from 2020 to July 2022. Using the autoregressive distributed lag (ARDL) method, this study finds that both in the short term and in the long term, providing capital will increase the number of micro small and medium enterprises. Conversely, interest rates actually have a negative effect because of the imposition of returns by business actors.Keyword: MSMEs, ARDL, Capital Loan, Covid-19AbstrakAwal tahun 2020 hingga saat ini, seluruh negara mengalami pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian memasuki fase krisis, tidak terkecuali Indonesia. Pada awal mula pendemi berlangsung, perekonomian Indonesia mengalami fase terendah setelah krisis moneter 1998. Semua sektor ekonomi mengalami dampak yang luar biasa dari adanya pandemi, termasuk sektor Usaha Mikro Kecil dan menengah. Melihat sektor penolong saat krisis moneter tahun 1998 sedang turun, pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan memberikan  modal pinjaman dengan bunga yang rendah bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Kebijakan tersebut membuahkan hasil dengan bertambahnya pelaku usaha di bidang Mikro Kecil dan Menengah. Melihat perkembangan tersebut, penelitian ini ingin melihat bagaimana peranan pinjaman modal dan bunga pinjaman dapat mengembangkan perusahaan Mikro Kecil dan Menengah setiap bulannya dari tahun 2020 hingga Juli 2022. Dengan menggunakan metode Autoregressive Distributed Lag (ARDL), penelitian ini menemukan bahwa baik pada jangka pendek maupun jangka Panjang, pemberian modal akan memberikan peningkatan pada jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sebaliknya pada suku bunga justru memberikan efek negatif karena adanya pembebanan pengembalian yang dilakukan oleh pelaku usaha.Kata Kunci: UMKM, ARDL, Pinjaman Modal, Covid-19
Pengaruh Kepuasan Kerja Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Badaruddin Badaruddin; Daviel Masuan; Titik Dwijayati
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1511

Abstract

Abstract This study aims to examine the effect of job satisfaction, organizational commitment and work motivation on Organizational Citizenship Behavior (OCB). This study uses a causal analysis design with quantitative research methods. The population in this study were all employees of PDAM Tirta Jeneberang, Gowa Regency, totaling 210 employees. As for the samples in this study, employees of PDAM Tirta Jeneberang Gowa Regency, the number of samples to be taken was determined by the slovin formula with an error rate of 5% so that the number of samples was determined as many as 50 which were then taken randomly without regard to class, age and gender. The data that has been collected will then be analyzed using multiple linear regression analysis with data analysis techniques used in this study are descriptive analysis, classical assumption test and multiple linear regression analysis, and in terms of processing the data using the SPSS version 26 program. The results of the research in finding that there is a positive and significant effect of job satisfaction, organizational commitment and work motivation on Citizenship Organizational Behavior in PDAM Tirta Jeneberang Gowa.Keywords: Job Satisfaction, Organizational Commitment, Work Motivation, Organizational Citizenship BehaviorAbstrak Penelitian ini bertujuan ingin menguji pengaruh kepuasan kerja, komitmen organisasi dan motivasi kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB).  Penelitian ini menggunakan desain analisis kausal dengan metode penelitian kuantitatif.  Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PDAM Tirta Jeneberang kabupaten Gowa sebanyak 210 pegawai. Adapun sampel dalam penelitian ini karyawan PDAM Tirta Jeneberang kabupaten Gowa, jumlah sample yang akan diambil ditentukan dengan rumus slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 5% sehinggah jumlah sample ditentukan sebanyak 50 yang selanjutnya diambil secara acak tanpa memperhatikan kelas, usia dan jenis kelamin. Data yang sudah dikumpulkan untuk selanjutnya akan dianalisa menggunakan analisis regresi linier berganda dengan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda, dan dalam hal pengolahan datanya menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian in menemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja, komitmen organisasi dan motivasi kerja terhadap Organisasional Citizenship Behavior pada PDAM Tirta Jeneberang Gowa.Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja, Organisasional Citizenship Behavior
Pengaruh Komunikasi dan Etos Kerja Terhadap Efektifitas Kerja Sri Nova; Husaini Abdullah; Mahrizal Mahrizal; Evi Maulida Yanti
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1540

Abstract

Abstract This study aims to determine the effect of communication and work ethic on effectiveness at the Population and Civil Registration Office of Pidie Regency and to find out which one is more dominant which influences work effectiveness. Correspondents in this study were as many as 40 people. The method used in data collection is to use a questionnaire, in analyzing the data using technical data which includes multiple regression analysis, t test, F test, coefficient of determination (R2), validity test, and reliability test as well as the classical assumption test. The results showed that the communication variable had a significant effect on work effectiveness, the work ethic variable had an effect on work effectiveness, the variable that had a more dominant effect on work effectiveness was the communication variable.Keywords: Communication, Work ethic, Work EffectivenessAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan etos kerja terhadap efektivitas pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie serta untuk mengetahui mana yang lebih dominan yang mempengaruhi efektivitas kerja. Koresponden dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner, dalam menganalisis datanya menggunakan teknis data yang meliputi analisis regresi berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2), uji validitas, dan uji realibilitas serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komunikasi berpengaruh signifikansi terhadap efektivitas kerja, variabel etos kerja berpengaruh terhadap efektivitas kerja, variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap efektivitas kerja adalah variabel komunikasi.Kata Kunci: Komunikasi, Etos Kerja, Efektivitas Kerja
Analisis Dampak Promosi dan Inovasi Menu Terhadap Kepuasan Pelanggan Aletta Dewi Maria
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1292

Abstract

AbstractThe purpose of this study was to find out how promotions and menu changes affect customer satisfaction of The Kitchen at Hotel Horison Pekalongan. Samples were selected from the customers and one hundred of them were randomly selected as respondents. In this survey-based research, respondents were selected randomly. Validity, reliability, multiple linear analysis, t-test, f-test, and the study of the coefficient of determination are all components of this research. This study found that although promotion had no impact on customer satisfaction, menu innovation did. Based on the F test, The Kitchen at Hotel Horison Pekalongan saw a simultaneous and quite large effect on customer satisfaction both from promotion efforts and menu innovation. Keywords:   Customer Satisfaction, Menu Innovation, PromotionAbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana promosi dan perubahan menu mempengaruhi kepuasan pelanggan The Kitchen di Hotel Horison Pekalongan. Sampel dipilih dari pelanggan berjumlah 100 secara acak sebagai responden. Dalam penelitian berbasis survei ini, responden dipilih secara acak. Validitas, reliabilitas, analisis linier berganda, uji-t, uji-f, dan studi koefisien determinasi adalah semua komponen penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun promosi tidak berdampak pada kepuasan pelanggan, sedangkan inovasi menu berpengaruh. Berdasarkan uji F, The Kitchen di Hotel Horison Pekalongan melihat pengaruh yang simultan dan cukup besar terhadap kepuasan pelanggan baik dari upaya promosi maupun inovasi menu.Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Inovasi Menu, Promosi
Pengaruh Motivasi Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nganjuk Desinta Johana Pangestuti; Harry Widyantoro
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1404

Abstract

Abstract The purpose of this study was to examine the influence of motivation, leadership and organizational culture on job satisfaction and their effect on employee performance in the Public Works and Regional Planning Office of Nganjuk Regency. Purposive sampling was used in this sampling method. Analysis used Partial Least Square (PLS) SEM (Structural Equating Modeling) and data collection using a paper form. The results of this study indicate that motivation has no positive and significant effect on job satisfaction with a coefficient (β) of 0.166 and p-values of 0.125, while motivation has a positive and significant effect on employee performance with a performance coefficient value (β) of 0.280 and p -values 0.004, leadership has a positive and significant effect on job satisfaction, with a coefficient (β) 0.461 and p-value 0.001, leadership has a positive and significant effect on employee performance with a coefficient (β) 0.363 and p-value 0.003, organizational culture has an effect positive and significant effect on job satisfaction with a coefficient (β) of 0.264 and p-values 0.018, organizational culture has no positive and not significant effect on employee performance coefficient value (β) -0.027 and a p-value of 0.741, job satisfaction has a positive and significant effect on employee performance with a coefficient (β) of 0.288 and a p-value. n of 0.008.Keywords: Motivation, Leadership, Organizational Culture, Job Satisfaction, and Employee PerformanceAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Nganjuk. Pendekatan pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling. Analisis menggunakan Structural Equating Modeling (SEM) pada Partial Least Square (PLS) dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk hardcopy. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Motivasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai koefisien (β) 0.166 dan p-values sebesar 0.125, Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai koefisien (β) 0.280 dan p-values sebesar 0.004, Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai koefisien (β) 0.461 dan p-values sebesar 0.001, Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai koefisien (β) 0.363 dan p-values sebesar 0.003, Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai koefisien (β) 0.264 dan p-values sebesar 0.018, Budaya Organisasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai koefisien (β) -0.027 dan p-values sebesar 0.741, Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai koefisien (β) 0.288 dan p-values sebesar 0.008.Kata Kunci: Motivasi, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Karyawan
Pengaruh Customer Satisfaction Digital Marketing dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intention Tania Rahma Florendiana; Dewi Andriani; Misti Hariasih
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1491

Abstract

AbstractThe diversity of basic needs is shown through facial care or skincare which is a basic need for men and women. The growth of the beauty industry is supported by the emergence of local beauty products which have an impact on the high competition in the beauty industry in Indonesia, one of which is the somethink cosmetic brand. The purpose of this research is to see whether the current use of customer satisfaction, digital marketing, and brand trust is still effective or not to increase repurchase intention for somethink cosmetic brands. This study used a quantitative method with a population of all consumers of somethink cosmetics at the Muhammadiyah University of Sidoarjo and a sample of 100 people. Data collection techniques used questionnaires via Google Form and literature review from previous research. The use of a Likert scale 1-5 as a measurement scale in this study. This research uses Smart-PLS version 4 software as a data processing tool. The results of the study show that customer satisfaction, digital marketing and brand trust have an effect on the repurchase intention of some think cosmetics consumers. Suggestions that can be given for further research are that intervening and moderating variables can be added. Population expansion and addition of research samples also need to be considered so that research can reach all regions. Future research can also consider the criteria used as a sample of respondents.Keywords : Customer Satisfaction, Digital Marketing, Brand Trust, Repurchase IntentionAbstrakKeberagaman kebutuhan pokok ditunjukkan melalui perawatan wajah atau skincare menjadi kebutuhan pokok pada kalangan pria dan wanita. Pertumbuhan industri kecantikan didukung dengan kemunculan produk kecantikan lokal yang memberikan efek pada tingginya persaingan industri kecantikan di Indonesia salah satunya yakni brand kosmetik somethinc. Tujuan adanya penelitian ini untuk melihat apakah penggunaan customer satisfaction, digital marketing, dan brand trust saat ini masih efektif atau tidak untuk meningkatkan repurchase intention pada brand kosmetik somethinc. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi seluruh konsumen somethinc cosmetics yang ada di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner melalui google form dan kajian literatur dari penelitian terdahulu. Penggunaan skala likert 1-5 sebagai skala pengukuran pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan software Smart-PLS versi 4 sebagai alat pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer satisfaction, digital marketing dan brand trust berpengaruh terhadap repurchase intention konsumen somethinc cosmetics. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya yakni dapat ditambahkan variabel intervening dan moderasi. Perluasan populasi dan penambahan sampel penelitian juga perlu diperhatikan agar penelitian bisa menjangkau ke segala wilayah. Penelitian selanjutnya juga dapat mempertimbangkan kriteria yang dijadikan sampel responden.Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Pemasaran Digital, Kepercayaan Merek, Niat Beli Ulang
Pengaruh Dukungan Keluarga Dukungan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan yang Dimediasi Budaya Kerja Achmad Amin; Edi Jusriadi; Sitti Nurbaya; Muhammad Rusydi
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1506

Abstract

Abstract The banking industry has experienced a weakening of the intermediary function in the last 2 years which can be seen from the low-profit growth. Based on the observation at 5 branches of PT. Bank Sulselbar, profit achievement in 2020-2021 in all branches has not yet reached the target of 100%. This study aims to identify and analyze the influence of family support, organizational support, and work culture on employee performance. This associative study used a quantitative approach. It involved 118 employees from 5 branches of PT. Bank Sulselbar as samples. Data were collected by distributing questionnaires and data were analyzed using PLS-SEM analysis. The results of the study showed that family support, organizational support, and work culture had a positive and significant effect on employee performance. Family support and organizational support had a positive and significant effect on work culture. The Sobel test showed that work culture can mediate the influence of family support and organizational support on employee performance in some branches of PT. Bank Sulselbar Makassar.Keywords: Family Support, Organizational Support, Work Culture, PerformanceAbstrakDunia industri perbankan dalam 2 tahun mengalami pelemahan fungsi intermediasi, hal ini terlihat dari pertumbuhan laba yang melemah. di PT. Bank Sulselbar sendiri dari 5 cabang yang diteliti pencapaian laba dari tahun 2020-2021 belum ada yang mencapai target 100%. Sehingga tujuan diadakannya penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor dukungan keluarga, dukungan organisasi, dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 118 karyawan dari 5 cabang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis SEM PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa dukungan keluarga, dukungan organisasi, dan budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dukungan keluarga dan dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya kerja. Hasil uji sobel test bahwa budaya kerja dapat memediasi pengaruh dukungan keluarga dan dukungan organisasi terhadap kinerja karyawan pada beberapa cabang PT. Bank Sulselbar Makassar.Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Dukungan Organisasi, Budaya Kerja, Kinerja
Pengaruh Budaya Kerja Stres Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Ridwan Ridwan; Syahidatul Fatimah Ridwan; Mursalim Mursalim
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v9i1.1541

Abstract

Abstract This study aims to examine the effect of work culture, work stress and work spirit on employee performance at PT Semen Tonasa (Pangkep). This type of research used is quantitative research. This study uses an associative approach. The population in this study were all 102 employees of PT Semen Tonasa (Persero) in the personnel section of the Tonasa IV Unit. While the number of samples was determined using the Slovin approach, so that the sample obtained was 50 people. The analysis model used is a multiple linear regression model. This study found that work culture has a significant positive effect on employee performance at PT Semen Tonasa (Pangkep); work stress has no significant effect on employee performance at PT Semen Tonasa (Pangkep) and work enthusiasm has a significant positive effect on employee performance at PT Semen Tonasa (Pangkep).Keywords: Work Culture, Work Stress, Work Spirit, Employee PerformanceAbstrakPenelitian ini bertujuan menguji pengaruh budaya kerja, stress kerja dan semangat kerja terhadap kinerja pegawai pada PT Semen Tonasa (Pangkep). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiasi. Seluruh karyawan PT Semen Tonasa (Persero) staf unit Tonasa IV menjadi populasi penelitian ini berjumlah 102 orang. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan pendekatan Slovin, diperoleh sampel sebanyak 50 orang. Model analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda.  Penelitian ini menemukan bahwa budaya kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT Semen Tonasa (Pangkep); stress kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT Semen Tonasa (Pangkep) dan semangat kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT Semen Tonasa (Pangkep).Kata Kunci: Budaya Kerja, Stres Kerja, Semangat Kerja, Kinerja Pegawai

Page 1 of 2 | Total Record : 16