cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen)
Published by Universitas Tidar
ISSN : 25808893     EISSN : 26142953     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) managed and published by Management Studies Program, Faculty of Economy, Universitas Tidar. Focus and scopes of this journal are Human Resources Management, Marketing Management, Finance Management, Operation Management, Strategic Management, and Business Management. This journal published twice a year every April and September
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2018)" : 8 Documents clear
Suksesi Kepemimpinan Perusahaan Di Indonesia Hanung Eka Atmaja
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/rn.v1i2.712

Abstract

Family business (bisnis keluarga) merupakan salah satu bentuk bisnis yang melibatkan sebagian anggota keluarga di dalam kepemilikan atau operasi bisnis..Bisnis keluarga juga memiliki budaya yang kuat baik di Indonesia maupun di negara lain. Corporate Culture dalam bisnis keluarga memiliki peran yang sangat besar dalam menciptakan kelancaran operasional dan produktifitas perusahaan. Perencanaan suksesi harus disertai dengan kepemimpinan yang kuat. Kepemimpinan yang baik akan bisa menyesuaikan situasi yang ada terkait dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam proses mempersiapkan suksesor yang meliputi persiapan suksesi, perusahaan harus memulai persiapan suksesi dengan strategi. Keterlibatan calon suksesor harus dipersiapkan sejak dini sehingga ia mampu mendapat banyak pengalaman dari keterlibatannya dalam kegiatan di dalam perusahaan tersebut. Implementasi Suksesi proses suksesi tidak lengkap sampai transisi dari pemimpin kepada pemimpin berikutnya dilakukan. Sebelum mengimplementasikan suksesi, keputusan yang akan dibuat harusdikomunikasikan di dalam keluargamaupun perusahaan.
Manajemen Administrasi Keuangan Desa Berbasis Informasi Teknologi di Desa Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Joko Widodo; Emma Dwi Ratnasari; Gentur Jalunggono
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/rn.v1i2.709

Abstract

Salah satu tolok ukur peningkatan sumber daya manusia merupakan peningkatan softskill pribadi pegawai. Untuk itu, harus terus dilakukan upaya-upaya guna menciptakan inovasi untuk kreativitas pegawai yang unggul, mandiri dan berkualitas, sehingga mampu bersaing dalam rangka meningkatkan kapasitas daya saing pekerjaan pegawai tersebut. Upaya penguasaan manajemen administrasi dan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tersebut. Keunggulan dalam mengelola administrasi dan operasional Teknologi informasi sangat penting dimasa ini, karena merupakan unsur yang sangat mendukung dalam melaksanakan segala aktifitas.Untuk mendukung hal tersebut maka pada program Pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang adalah untuk memberikan pelatihan Manajemen Administrasi Desa dalam rangka Pengembangan Softskill Aparat Dan Masyarakat Desa Berbasis Informasi Teknologi.Balesari sebagai wilayah pusat pemerintahan desa dan pusat pelayanan jasa maka sudah sewajarnya dituntut kualitas dari sumber daya aparat maupun sumber daya masyarakat yang ada di Desa Balesari dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat sehingga secara mandiri dapat meningkatkan kesejahteraannya. Adapun pelatihan manajemen dan pengembangan softskill yang diberikan kepada aparat desa dan masyarakat dibidang teknologi informasi ini diharapkan tercipta suatu iklim kerja oleh aparaturnya yang baik, mandiri dan kompetitif dilingkungan masyarakat Desa Balesari, sehingga mampu meningkatkan kualitas etos kerja, social, budaya dan ekonomi untuk aparat dan masyarakatnya.
Ekonomi Kreatif dan Kaizen Shinta Ratna
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/rn.v1i2.713

Abstract

Pemerintah Indonesia tengah gencar mendorong industri kreatif menjadi agent of development dalam meningkatkan perekonomian negara. Industri Kreatif merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang terkait dengan menciptakan ataun penggunaan pengetahuan. Industri kreatif memberikan peranan penting terhadap perekonomian suatu negara. Sebagian orang berpendapat bahwa industri kreatif bergantung pada sumber daya manusianya; hal tersebut dikarenakan sumber daya utama industri kreatif adalah pemanfaatan kreatifitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Melimpahnya jumlah penduduk akan menguntungkan dari sisi pembangungan sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi. Impasnya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Namun berkah ini bisa berbalik menjadi bencana jika bonus ini tidak dipersiapkan kedatangannya. Masalah yang paling nyata adalah ketersediaan lapangan kerja. Kalau pun lapangan pekerjaan tersedia, mampukah sumber daya manusia yang melimpah ini bersaing di dunia kerja dan pasar internasional ? Sementara human development index (HDI) Indonesia masih rendah. Dari 182 negara di dunia, Indonesia berada di urutan 111. Sementara di kawasan ASEAN, HDI Indonesia berada di urutan 6 dari 10 negara (Data BPS, 2017). Potensi industri kreatif masih terbuka luas untuk digarap pelaku usaha di Indonesia. Kekayaan budaya dan tradisi Indonesia masih bisa terus digali untuk dikembangkan, namun mensyaratkan kreativitas tinggi. Pelaku industri kreatif nasional harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Optimalisasi sumber daya manusia bisa dilakukan untuk memperkuat industri kreatif yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum, manfaat serta sejauh mana optimalisasi sumber daya manusia berpengaruh pada peningkatan industri kreatif dengan menggunakan metode Keizen. Kaizen berasal dari kata kai yang berarti perubahan dan zen yang berarti menjadi lebih baik. Istilah ini mencakup pengertian perbaikan yang melibatkan semua aspek, baik manusianya, manajerialnya, dan juga mencakup permasalahan biaya. Filsafat Kaizen berpandangan bahwa cara hidup kita apakah itu kehidupan kerja atau kehidupan sosial maupun kehidupan rumah tangga hendaknya berfokus pada upaya perbaikan secara terus menerus. Konsep Kaizen menjelaskan mengapa perusahaan tak dapat tetap statis untuk jangka waktu lama di Jepang. Manajemen Barat, di sisi lain, memuja inovasi: perubahan besar-besaran melalui terobosan teknologi; konsep manajemen atau teknik produksi mutakhir. Kaizen adalah pendekatan dengan resiko dan biaya yang relatif rendah.. Penerapan dan implementasi konsep Keizen dalam industri kreatif menjadi menarik untuk dikaji karena banyak faktor yang mempengaruhi dalam penerapan Keizen pada sebuah Pemerintah Indonesia tengah gencar mendorong industri kreatif menjadi agent of development dalam meningkatkan perekonomian negara. Industri Kreatif merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang terkait dengan menciptakan atau penggunaan pengetahuan. Industri kreatif memberikan peranan penting terhadap perekonomian suatu negara. Sebagian orang berpendapat bahwa industri kreatif bergantung pada sumber daya manusianya; hal tersebut dikarenakan sumber daya utama industri kreatif adalah pemanfaatan kreatifitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Melimpahnya jumlah penduduk akan menguntungkan dari sisi pembangungan sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi. Impasnya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Namun berkah ini bisa berbalik menjadi bencana jika bonus ini tidak dipersiapkan kedatangannya. Masalah yang paling nyata adalah ketersediaan lapangan kerja. Kalau pun lapangan pekerjaan tersedia, mampukah sumber daya manusia yang melimpah ini bersaing di dunia kerja dan pasar internasional ? Sementara human development index (HDI) Indonesia masih rendah. Dari 182 negara di dunia, Indonesia berada di urutan 111. Sementara di kawasan ASEAN, HDI Indonesia berada di urutan 6 dari 10 negara (Data BPS, 2017). Potensi industri kreatif masih terbuka luas untuk digarap pelaku usaha di Indonesia. Kekayaan budaya dan tradisi Indonesia masih bisa terus digali untuk dikembangkan, namun mensyaratkan kreativitas tinggi. Pelaku industri kreatif nasional harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Optimalisasi sumber daya manusia bisa dilakukan untuk memperkuat industri kreatif yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum, manfaat serta sejauh mana optimalisasi sumber daya manusia berpengaruh pada peningkatan industri kreatif dengan menggunakan metode Keizen. Kaizen berasal dari kata kai yang berarti perubahan dan zen yang berarti menjadi lebih baik. Istilah ini mencakup pengertian perbaikan yang melibatkan semua aspek, baik manusianya, manajerialnya, dan juga mencakup permasalahan biaya. Filsafat Kaizen berpandangan bahwa cara hidup kita apakah itu kehidupan kerja atau kehidupan sosial maupun kehidupan rumah tangga hendaknya berfokus pada upaya perbaikan secara terus menerus. Konsep Kaizen menjelaskan mengapa. Perusahaan tak dapat tetap statis untuk jangka waktu lama di Jepang. Manajemen Barat, di sisi lain, memuja inovasi: perubahan besar-besaran melalui terobosan teknologi; konsep manajemen atau teknik produksi mutakhir. Kaizen adalah pendekatan dengan resiko dan biaya yang relatif rendah.. Penerapan dan implementasi konsep Keizen dalam industri kreatif menjadi menarik untuk dikaji karena banyak faktor yang mempengaruhi dalam penerapan Keizen pada sebuah 
Pengembangan Produksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sektor Pertanian Berbasis Potensi Lokal Darwanto Darwanto; Susilo Toto Raharjo; Achma Hendra
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/rn.v1i2.710

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah UMKM merupakan salah satu sektor unggulan yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian nasional. UMKM bergerak di berbagai sektor ekonomi salah satunya adalah sektor pertanian. Penelitian bertujuan untuk pengembangan UMKM sektor pertanian Provinsi Jawa Tengah khususnya subsektor tanaman pangan melalui pemetaan potensi produksi tanaman pangan kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah dan kelembagaan UMKM sektor pertanian. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Data analisis data menggunakan metode location quotient (LQ). Data penelitian adalah data sekunder subsektor tanaman pangan tahun 2011 hingga tahun 2016. Data diperoleh dari dokumentasi Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Pertanian. Pemetaan potensi komoditas tanaman pangan menjadi basis di kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah merupakan dasar pembentukan pola kelembagaan distribusi produk/bahan baku komoditas pangan bagi UMKM sektor pertanian khususnya subsektor tanaman pangan yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah. 
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organitazional Citizenship Behavior : Politik Organisasi Sebagai Variabel Mediating (Studi pada Kantor Cabang bank BTN (Persero) Semarang ) Dian Marlina Verawati
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/rn.v1i2.716

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), serta menyatakan bahwa politik organisasional menengahi hubungan ini. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Cabang Bank BTN (persero) Semarang, dengan jumlah responden sebesar 168 pegawai, menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program SPSS AMOS 16.0. Dengan menggunakan analisis SEM, dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap politik organisasi; Kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap politik organisasi; Gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB); Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB); dan Politik Organisasi berpengaruh negatif terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). 
Saluran Distribusi Pemasaran dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Sebuah Hotel Tettie Setiyarti; I Wayan Wisnu Wardhana
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/rn.v1i2.714

Abstract

Saluran distribusi merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran yang memegang peranan penting dalam kegiatan pemasaran sebuah hotel. Tulisan ini, yang sepenuhnya berpijak pada sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh besaran saluran distribusi, baik langsung maupun tidak, terhadap pendapatan sebuah hotel. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif, yang bersumber pada data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saluran distribusi langsung berpengaruh negatif tidak signifikan dan saluran distribusi tidak langsung berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan hotel. Saran yang diberikan adalah sebaiknya manajemen hotel mengintensifkan pemasaran melalui agen dengan menjalin kerjasama yang lebih luas. Di samping itu, manajemen hotel juga perlu lebih mendayagunakan website portal dan online booking untuk meningkatkan pendapatan hotel.
Analisis Pengaruh Etika Kerja Islami Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi Dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan Di Yayasan Al Huda Kebumen siti nur azizah; Diana Ma'rifah
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/rn.v1i2.715

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh etika kerja Islam terhadap kepuasan kerja dan komitmenpada karyawan yayasan Al Huda Kebumen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 karyawan sebagai sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien determinasi dan uji statistik. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel etika kerja Islam memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel etika kerja Islam tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB dan etika kerja Islam memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional pada karyawan di Yayasan Al Huda Kebumen.
Determinasi Kinerja Tenaga Penjual Studi Kasus Pada SPBU Majapahit Sendangguwo - Sendangguwo 44.501.15 Andhatu Achsa
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/rn.v1i2.711

Abstract

SPBU Majapahit Sendangguwo 44.501.15 merupakan salah satu usaha dagang yang berorientasi kepada pelanggan,walaupun terjadi penurunan jumlah penjualan di SPBU Majapahit Sendangguwo sejak tahun 2005 hingga pertengahan tahun 2008. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan SPBU Majapahit Sendangguwo yang berjumlah 32 orang. Data diperoleh melalui data primer dengan cara membagikan kuesioner untuk ditanggapi dan dengan data sekunder melalui beberapa data yang diperoleh dari SPBU Majapahit Sendang-guwo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan serta kepuasan kerja terhadap kinerja penjualan pada SPBU Majapahit Sendangguwo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian regresi berganda menunjukan bahwa (a) orientasi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan, (b) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan. .

Page 1 of 1 | Total Record : 8