cover
Contact Name
Solikin
Contact Email
solikin@binainsani.ac.id
Phone
+6221-82436886
Journal Mail Official
bi_ict@binainsani.ac.id
Editorial Address
Jl.Siliwangi No.6 Rawa Panjang Bekasi Timur 17114 Jawa Barat - Indonesia
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Bina Insani ICT Journal
ISSN : -     EISSN : 25279777     DOI : -
Core Subject : Science,
Bina Insani ICT Journal (BIICT) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Bina Insani. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Algoritma, Augmented and Virtual Reality, Bahasa Komputasi, Computer Graphics, Game Teknologi, Mobile Computing, Operating Systems, Pengolahan Citra, Robotika, Sistem Pakar, Soft Computing, Software Engineering, Software Process and Life Cycle, Software Testing and Quality Assurance, System Software, User Experience (UX), User Interface (UI). Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (semester genap terbit Juni dan semester ganjil terbit Desember). P-ISSN: 2355-3421 pertama kali terbit Maret 2014 dan E-ISSN: 2527-9777 pertama kali terbit secara online sejak Juni 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 161 Documents
Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Pada SMK Taruna Bangsa Bekasi Abd Rohman; Herlawati Herlawati
Bahasa Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Bina Insani ICT Journal (Desember 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.876 KB)

Abstract

Abstrak: Praktek Kerja Industri atau biasa disebut Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakankegiatan yang wajib diikuti oleh setiap siswa-siswi SMK semasa sekolah sebagai bentuk daripengimplementasian ilmu ataupun sebagai penambah wawasan tentang dunia kerja yang akanmereka hadapi kedepannya. kebanyakan SMK memiliki program keahlian lebih dari satu dan terdiridari beberapa kelas. Tentu saja terdapat tugas sekolah tersendiri dalam mendistribusikan tiapsiswanya untuk melaksanakan praktek kerja industri secara menyeluruh. Bagian terkait yang bertugasjuga dituntut untuk menyajikan kebutuhan data dan informasi agar dapat mengurangi kerancuanseperti dalam proses pengajuan. Sistem informasi praktek kerja industri diperlukan untukmeningkatkan kinerja pihak sekolah dalam mendistribusikan maupun mengolah data dan informasi.Sistem ini dikembangkan menggunakan metode waterfall. Metode ini menyediakan pendekatan alurhidup perangkat lunak secara terurut dimulai dari analisis, desain, pengodean, pengujian dan tahapanpendukung. Hasil dari sistem ini tentu saja dapat membantu kegiatan praktek kerja industri karenasetiap data dan informasi terintegrasi dengan baik sehingga memudahkan tiap siswa dalammendapatkan informasi dan pihak sekolah dalam mengolah data mulai dari proses pengajuan,praktek kerja industri sampai dengan laporan.Kata Kunci : praktek kerja industri, sistem informasi, waterfall.Abstract:Industry Work Practice or commonly called the Job Training (PKL) is an activity that mustbe followed by every vocational students during school as a form of implementation of science or asan addition to an insight into the working world they will face in the future. Most vocational schoolhave more than one competence program and consists of several classes. Of course, there is thetask of separate schools in distributing each student to carry out industry work practice as a whole.Related division in charge is also required to present the data and information needs in order toreduce confusion as in the submission process. Information system of industry work practice neededto improve the performance of the school in distributing and processing data and information. Thissystem is developed using waterfall method. This method provides an approach of software workflowsequentially form analyzing, designing, coding, testing and supporting. Result of this system cancertainly help the activities of industrial work practice for each data and information are well integratedto facilitate each student to get information and the school process data from the process submission,industrial work practice until the report.Keywords: Industry Work Practice, Information System, Waterfall.
Optimasi Neural Network Dengan Algoritma Genetika Untuk Prediksi Hasil Pemilukada Mohammad Badrul
Bahasa Indonesia Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal (Juni 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.862 KB)

Abstract

Abstrak : Indonesia merupakan salah satu negara demokratis di dunia ini. Negara Indonesia yang terdiri dari beberapa kepulauan melahirkan berbagai macam suku dan budaya. Negara Indonesia yang terdiri dari beberapa kepulauan dibagi menjadi 33 provinsi. Negara Indonesia merupakan Negara demokratis. Pemilu yang diselenggarakan di Indonesia adalah untuk memilih pimpinan baik Presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPRD, dan DPD. Penelitian yang berhubungan dengan pemilu sudah pernah dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode decision tree atau dengan menggunakan neural network Dalam penelitian ini dibuatkan model algoritma neural network dan model algoritma neural network berbasis algoritma genetika. Setelah dilakukan pengujian dengan dua model yaitu algoritma neural network dan algoritma genetika maka hasil yang didapat adalah algoritma neural network menghasilkan nilai akurasi sebesar 98,50 % dan nilai AUC sebesar 0,982, namun setelah dilakukan penambahan yaitu algoritma neural network berbasis algoritma genetika nilai akurasi sebesar 93.03 % dan nilai AUC sebesar 0,971.Kata kunci : algoritma genetika, akurasi, pemilu, neural networkAbstract : Indonesia is one of the democratic countries in the world. State of Indonesia which consists of several islands spawned various tribes and cultures. State of Indonesia which consists of several islands divided into 33 provinces. Indonesia is a democratic country. Elections were held in Indonesia is to choose the heads of both the president and vice president, members of Parliament, Parliament and Council. Research relating to the election had been conducted by researchers is using decision tree method or by using a neural network In this study created a model neural network algorithms and neural network algorithm model based on genetic algorithms. After testing the two models of neural network algorithms and genetic algorithms then the results obtained is a neural network algorithm produces a value of 98.50% accuracy and AUC value of 0.982, but after the addition of a neural network algorithm that is based on a genetic algorithm accuracy value of 93.03 % and AUC value of 0.971.Keyword: accuracy, elections, genetic algoritm, neural network algorithm
Sistem Informasi Manajemen Ternak Ayam Boiler Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) Berbasis Web Pada PT. Bengkel Bumi Mandiri Fauzi Eko Saputro; Harjunadi Wicaksono
Bahasa Indonesia Vol 8 No 1 (2021): Bina Insani ICT Journal (Juni) 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.922 KB) | DOI: 10.51211/biict.v8i1.1491

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesatnya dengan didukungnya sumber daya manusia yang berkualitas dan memadai, hasil yang diperoleh berdasarkan pengujian yang telah dilakukan mampu membuat sistem yang dapat membantu pada bidang pertanian terutama dalam melakukan peternakan ayam broiler. Pembukuan dan laporan pada PT Bengkel Bumi Mandiri masih menggunakan sistem yang manual. Hal ini menyebabkan rentan akan kehilangan data, kurang efektif dak akurat dalam memberikan laporan. Sulitnya mencari data laporan yang sudah terjadi apabila diperlukan kembali dan direktur tidak mengetahui staff siapa yang menerima transaksi yang sudah terjadi serta pembuatan laporan hasil panen yang kurang akurat. Penelitian ini memiliki tujuan utama agar pembukuan menjadi lebih efektif terbangunnya sistem informasi manajemen yang dapat digunakan dalam sistem ternak ayam broiler. Metode yang digunakan adalah Rapid Application Development dengan model pengembangan SDLC yang mampu membuat sistem secara bertahap. Diharapkan dengan adanya sistem ini hasil yang didapat menjadi lebih baik untuk peternakan dan bisa memaksimalkan kinerja peternak dalam melakukan budidaya ayam broiler menjadi lebih efektif dan efesien. Dalam laporan hasil panen dapat menyajikan informasi yang lebih akurat. Kata kunci: Rapid Application Development, SDLC, sistem informasi, ternak ayam broiler, Unified Modelling Languange. Abstract: Advances The rapid development of technology and science with the support of qualified and adequate human resources, that results obtained based on the tests that have been carried out of able to create a system that can helped of agriculture industires, especially in conducting broiler chicken farms. Bookkeeping and reports at PT Bengkel Bumi Mandiri still use a manual system. This makes it vulnerable to data loss, less effective inaccurate in providing reports. Difficult to find the report data that has occurred if needed again and the director does not know the staff who received transactions that have occurred and the production of reports that are less accurate. This research has the main objective for bookkeeping to be more effective in the development of a management information system that can be used in a broiler-chicken system. The method used is Rapid Application Development with SDLC development model that is able to make the system in stages. It is expected that with this system the results obtained will be better for animal husbandry and can maximize the performance of breeders in conducting broiler chicken farming to be more effective and efficient. In the yield report can present more accurate information. Keywords: Rapid Application Development, SDLC, information systems, broiler chicken, Unified Modeling Language.
Sistem Informasi Penggajian Dan Perhitungan PPh 21 Pada PT. Lotron Indonesia Bekasi Reni Muspiawati; Rita Wahyuni Arifin
Bahasa Indonesia Vol 2 No 1 (2015): Bina Insani ICT Journal (Maret 2015)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1179.499 KB)

Abstract

Abstract: The era of globalization, information technology moving rapidly. The computer is theequipment created to facilitate human work, to achieve good progress in hardware andsoftware.PT. Lotron Indonesia need an information system that support and facilitate the workprocess. To the writer tries to make research on the system of payroll and income tax reporting21 PT. Lotron Indonesia which is still not computerized. PT. Lotron Indonesia is a companyengaged in the textile field. Existing payroll system at PT. Lotron Indonesia is still done manually,from inputting attendance, payroll calculation, payroll and taxes, preparing reports salaries andtaxes up to data storage - other data related to payroll processing up to journal entries, so asenable during the process occurs recording errors, lack of accurate statements are made and thedelay in the search for the required data. Computerized system is the best solution to solveproblems - problems that exist in this company, as well as the computerized system can achievean activity which is effective and efficient in supporting the activities of this company. Keywords: Computerized system, Existing payroll system, Tax reporting 21 Abstrak: Era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan pesat. Adapunkomputer yang merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia,sampai mencapai kemajuan baik di dalam hardware dan software.PT. Lotron Indonesiamembutuhkan sebuah sistem informasi yang menunjang dan memberikan kemudahan dalamproses pekerjaannya. Untuk itu penulis mencoba membuat penelitian mengenai sistempenggajian karyawan dan pelaporan PPh 21 pada PT. Lotron Indonesia yang sampai saat inimasih belum terkomputerisasi.PT. Lotron Indonesia ini merupakan perusahaan yang bergerak
Prototype Alat Pengukur Jarak Dan Sudut Kemiringan Digital Menggunakan Sensor Ultrasonik Dan Accelerometer Berbasis Arduino Nano Akbar Sugih Miftahul Huda; Tjut Awaliyah Zuraiyah; Fajar Lukmanul Hakim
Bahasa Indonesia Vol 6 No 2 (2019): Bina Insani ICT Journal (Desember 2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.828 KB)

Abstract

Abstrak: Pengukuran adalah satu bentuk aktivitas membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur. Pengukuran merupakan sesuatu hal yang penting, segala sesuatu yang berbentuk pasti ada ukurannya, baik itu panjang, tinggi, berat, volume, ataupun dimensi dari suatu objek. Berbagai penelitian berbasis teknologi digital telah banyak dilakukan sehingga mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya pegukuran jarak dengan menggunakan sensor ultrasonic dan pengukuran sudut kemiringan menggunakan accelerometer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sepuluh tahapan yaitu project planing, research, part testing, mechanical design, electrical design, software design, functional test, integration overall testing, optimization. Hasil pembacaan sensor jarak akurat sampai 200 cm. Mulai menurun hingga terdapat error sebesar 2.3% pada jarak 400 cm. pembacaan sudut kemiringan dapat dilakukan dari -90° sampai 90° Kata kunci: Accelerometer , Alat Pengukur, Jarak, Kemiringan, Sensor Ultrasonik Abstract: Measurement is a form of activity comparing a quantity that is measured by a measuring instrument. Measurement is something important, everything that is shaped must have a size, be it length, height, weight, volume, or dimensions of an object. Various digital technology-based studies have been carried out so as to facilitate human work, one of which is distance measurement using ultrasonic sensors and slope angle measurements using an accelerometer. The method used in this study consists of ten stages, namely project planning, research, part testing, mechanical design, electrical design, software design, functional tests, integration overall testing, optimization. Proximity sensor readings are accurate to 200 cm. Begin to decrease until there is an error of 2.3% at a distance of 400 cm. the tilt angle reading can be done from -90° to 90°. Keywords: Accelerometer, Distance, Measuring Instruments, Tilt, Ultrasonic Sensor
Animasi Interaktif Pengenalan Perangkat Hardware Dan Software Untuk Kelas X Teknik Komputer Jaringan Imam Eka Saputra; Rita Wahyuni Arifin
Bahasa Indonesia Vol 5 No 1 (2018): Bina Insani ICT Journal (Juni 2018)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (910.385 KB)

Abstract

Abstrak: Komputer memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan selain untuk kelancaran proses belajar mengajar, komputer dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran karena sudah didukung dengan perangkat multimedia sehinggga pembelajaran akan lebih interaktif dan mudah dipahami. Penggunaan teknologi komputer pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yadika 13 Tambun Utara dalam media pembelajaran masih terbatas. Pada pelajaran mengenai pengenalan komputer khususnya kelas X Teknik Komputer dan Jaringan, proses penyampaian materi pelajaran hanya berupa teks dan gambar yang kurang menarik sehingga menimbulkan rasa jenuh, bosan dan pemahaman terhadap materi pelajaran kurang maksimal. Selain itu, belum adanya media pembelajaran berbasis multimedia mengenai materi pengenalan komputer. Untuk menunjang penelitian ini, metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan Luther yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dalam penelitian ini penulis hanya sampai tahap testing. Diharapkan dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi tentang pengenalan dasar komputer dan siswa tidak menjadi bosan. Kata kunci: Animasi, Interaktif, Model Luther, Macromedia Flash Abstract: Computers have an important role in the world of education in addition to smooth teaching and learning process, computers can be used as a medium of learning because it is supported with multimedia devices so learning will be more interactive and easy to understand. The use of computer technology at Yadika Middle School Vocational (SMK) 13 North Tambun in the medium of learning is still limited. In the lessons about the introduction of computers, especially the class X Computer and Network Engineering, the process of delivering lesson material only in the form of text and images that are less interesting, causing a sense of saturation, boredom and understanding of lesson material maximum. In addition, the absence of multimedia-based learning media on computer recognition materials. To support this research, development method used is Luther development method which consist of 6 stages, namely concept, design, collecting material, assembly, testing and distribution. In this study the authors only until the testing phase. It is expected that with the multimedia-based learning media can help teachers in delivering materials about basic introduction of computers and students do not become bored. Keywords: Animation, Interactive, Luther Model, Macromedia Flash
Sensitivitas Keputusan Terhadap Nilai Eigenvector DenganPendekatan Weight Product Model Akmaludin Akmaludin
Bahasa Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Bina Insani ICT Journal (Desember 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.384 KB)

Abstract

Abstrak: Analytic Hierarchical Process (AHP) merupakan suatu metode yang cukup banyakdigunakan untuk menentukan prioritas keputusan yang bersifat majemuk, karena mampumengolah data dengan banyak kriteria baik data yang bersifat kualitatif, kuantitatif, maupunkombinasi keduanya. Perubahan terhadap nilai keputusan ada yang bersifat kuat atau lemahterhadap hasil keputusan yang telah diproses secara empiris. Dengan demikian keputusanglobal yang telah di sintesis dapat mengalami perubahan, jika keputusan parsial mengalaminilai sensitivitas yang lemah. Oleh karena itu untuk membuktikan bahwa keputusan local setiapnilai pairwise matrix yang diuji dari nilai eigenvector hasil normalisasi belum tentu memberikankekuatan keputusan yang sempurna, hal ini dapat terlihat jika dilakukan proses uji sensitivitas dari masing-masing nilai eigenvector keputusan parsial. Hasil pengujian sensitivitas ini akanmemberikan besaran nilai keputusan yang memiliki nilai jangkauan tertentu terhadap batas nilaisensitivitas minimum dan sensitivias nilai maksimum yang dapat mempengaruhi prioritas nilaikeptusan global hasil sintesis. Kata kunci: analytic hierarchical process, eigenvector, prioritas, sensitivitas. Abstract: Analytic Hierarchical Process (AHP) is a widely used method for determining thepriority decision is plural, because it is able to process data with a lot of good data criteria arequalitative, quantitative, or a combination of both. Changes to the value of the decision that isstrong or weak against the decisions that have been treated empirically. Thus the globaldecisions that have been in the synthesis can be amended, if the partial decision experiencingweak sensitivity. Therefore, to prove that local decisions each value tested pairwise matrix ofvalues normalized eigenvector results do not necessarily provide perfect power, it can be seen ifthe process is carried out sensitivity tests of each eigenvector value of the partial decision. Thesensitivity of the test results will give the amount of value judgment which has the value of acertain range of the limit value of the minimum sensitivity and sensitivity maximum value thatcan affect the priority value of the global decisions synthesis results. Keywords: analytic hierarchical process, eigenvector.priority, sensitivity.
Efektifitas Endorsment Pada Media Sosial Instagram Pada Produk Skin Care Sari Hartini
Bahasa Indonesia Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal (Juni 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.538 KB)

Abstract

Abstrak: Persaingan usaha yang sangat ketat saat ini mengharuskan perusahaan harus selalu mencari strategi penjualan baru agar bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lainnya, salah satu aktivitas sebuah perusahaan adalah menjual untuk mendapatkan keuntungan ,untuk mencapai tujuan tersebut sebuah perusahaan dituntut agar dapat memperkenalkan serta memasarkan produk yang dijualnya secara cepat tetapi tidak banyak resource yang terbuang. Perkembangan tekhnologi internet sangat cepat saat ini berdampak hampir kesegala bidang kehidupan manusia, hampir semua aspek kehidupan manusia saat ini dipengaruhi oleh internet tidak terkecuali bidang penjualan. Adanya internet berdampak pada munculnya tren Periklanan digital dimana Para pemilik merek mulai menjadikan media digital sebagai media promosi dan pemasaran yang baru. aktivitas digital marketing yang tren dilakukan saat ini adalah social media endorsement untuk membangun merek. Fenomena strategi pemasaran baru ini menjadi suatu dasar pemikiran peneliti untuk meneliti seberapa efektifnya endorsement pada instagram terhadap pemasaran produk skin care dengan menggunakan pendekatan EPTIC model. Kata kunci: instagram, model EPTIC ,periklanan digitalAbstract: Competition is very tight today requires that companies should always look for strategies new sales in order to compete with companies other, one of the activities of a company is sold for profit, to achieve the goal of a company is required in order to introduce and market products sold quickly, but not a lot of resources are wasted. The development of very fast internet technology currently impacting almost kesegala areas of human life, nearly all aspects of human life is influenced by the sale of the Internet is no exception. Their impact on the emergence of internet digital advertising trend by which the owner of the mark began to make digital media as media campaigns and new marketing. digital marketing activity that trends do today is social media to build brand endorsement. The phenomenon of this new marketing strategy becomes a rationale for researchers to examine how effective endorsement on instagram relation to the marketing of skin care using approach EPTIC.. Keywords: digital advertising , instagram, EPTIC model
Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada SMK Patriot 1 Bekasi Desi Apriliani; Rizki Aulianita
Bahasa Indonesia Vol 7 No 1 (2020): Bina Insani ICT Journal (Juni 2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.376 KB) | DOI: 10.51211/biict.v7i1.1328

Abstract

Dengan adanya media sosial khususnya facebook tidak dapat dipungkiri bahwa perilaku cyberbullying dapat dilakukan bahkan dialami oleh para pengguna terutama pengguna pada kalangan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media sosial facebook terhadap perilaku cyberbullying pada siswa SMK Patriot 1 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif data diambil dari kuesioner yang dibagikan kepada siswa. Peneliti menggunakan 3 variabel bebas yaitu kesenangan, komunikasi dan informasi. Sedangkan variabel terikatnya adalah cyberbullying. Untuk menentukan sebarapa besar pengaruh dari ketiga variabel tersebut peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Y = 5,838 + 0X1 + -0,137X2 + 1,085X3 sedangkan nilai koefisien determinasi (Rsquare) sebasar 0,103 atau 10,3%. Angka tersebut menunjukkan bahwa pengaruh media sosial facebook cukup dan sisanya 89,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini.
Integrasi Data Akademik Dengan Aplikasi Feeder PDDIKTI Berbasis Web service Slamet Widodo; Herlambang Brawijaya; Samudi Samudi; Endang Retnoningsih
Bahasa Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Bina Insani ICT Journal (Desember 2018)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.814 KB)

Abstract

Aplikasi Feeder PDDIKTI merupakan sebuah aplikasi yang digunakan oleh Perguruan Tinggi Swasta untuk proses pelaporan data akademik yang dilakukan secara berkala kepada DIKTI. Proses pelaporan dilakukan dua kali setiap semester, yaitu di awal semester dan di akhir semester. Data akademik yang banyak dan bervariasi menjadi sebuah kendala dalam proses pemasukan ke dalam aplikasi Feeder PDDIKTI. Kendala tersebut meliputi waktu proses yang cukup lama dan rentan mengalami kesalahan dalam pemasukan data ke aplikasi Feeder PDDIKTI. Tujuan penelitian ini memanfaatkan teknologi web service yang memiliki keunggulan dapat bekerja multi platform sistem operasi untuk integrasi data dengan Aplikasi Feeder PDDIKTI. Modul web service yang diimplementasikan terdiri dari get, insert, update, dan delete. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini adalah metode siklus hidup pengembangan perangkat lunak (Software Development Life Cycle) yang meliputi analisis, desain, implementasi, uji coba dan perawatan. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi web service yang terdiri dari tiga modul utama yang dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan pelaporan data akademik yang sudah berjalan ke DIKTI. Aplikasi ini telah diterapkan sejak 2016 untuk keperluan pelaporan akademik pada perguruan tinggi swasta

Page 1 of 17 | Total Record : 161