cover
Contact Name
Muhammad Ilham
Contact Email
muhammadilham@iainkendari.ac.id
Phone
+6285395492216
Journal Mail Official
jurnalatadib@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari Jln. Sultan Qaimuddin, No. 17 Baruga Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
ISSN : 19794908     EISSN : 25983873     DOI : https://doi.org/10.31332/
Core Subject : Education,
Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan is a forum publishing original articles related to research-based education or Islamic education. It is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari (Faculty of Education and Teaching, IAIN Kendari). This journal is for professionals, academics, researchers, and scholars whose empirical work focuses on curriculum, teaching methodology, learning activity, teaching media, learning approaches, learning achievement, character education, evaluation in education and the relationship between Islam and education. Authors are welcomed to submit their manuscripts for publication. Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan publishes articles on education in any area of study twice a year, every June and December. This journal charges no fees for publication.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 184 Documents
QUESTION AND ANSWER TECHNIQUE IN TEACHING ENGLISH IS THIS STILL FAVORED OR NOT? Abdul Halim
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 8, No 2 (2015): Vol. 8. No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdb.v8i2.409

Abstract

Penelitian ini membahas persepsi mahasiswa terhadap tehnik “question andanswer”. Penelitian ini dilakukan di semester 3 pada Jurusan Tarbiyah,Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Kendari. Penelitianini dilakukan karena sebagian besar mahasiswa pada dasarnya cenderungmenghindari belajar bahasa Inggris dan mudah bosan selama prosespembelajaran. Penelitian ini akan memberikan nuansa yang berbeda dalammengajar Bahasa Inggris serta mempresentasikan persepsi mahasiswaterhdap tehnik “question and answer” yang mereka sudah lakukan.Instrumen yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah senagaiberikut: observasi, kuesioner dan wawancara. Dari hasil trianggulasi,penelitian ini menemukan bahwa tehnik “question and answer” dapatmembantu mahasiswa untuk belajar, dan bahkan sebagian besar siswa setujujika mereka telah mendapatkan kepercayaan diri yang kuat setelah belajardengan menggunakan tehnik “question and answer”. Ini berarti bahwa siswamemiliki persepsi yang sangat tinggi. Faktor menarik yang membuat tehnikyang sederhana bisa effective dalam kelas adalah penelitian ini mencobamengintegrasikan lagu, bermain peran, dan presentasi. Pembahasanpenelitian ini diharapkan dapat memberikan ide-ide baru untuk bisamelakukan penelitian terkait lainnya di masa yang akan datang.Kata Kunci : Persepsi mahasiswa, question and answer technique,pelajaran Bahasa Inggris, Pendidikan Agama IslamSemester III,
PENGARUH METODE GUIDED INQUIRY DAN PENGETAHUAN OPERASI DASAR MATEMATIKA DALAM PRAKTIKUM FISIKA DASAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR Muh. Syihab Ikbal; Nurhayati Nurhayati; Y. Ahmad
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdb.v11i1.943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran (guided inquiry dan konvensional) dengan pengetahuan operasi dasar matematika (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajar pemahaman konsep fisika pada mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah factorial design dengan rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar angkatan 2013 yang memprogramkan mata kuliah Fisika Dasar berjumlah 128 orang yang terbagi atas 4 kelas. Sampel penelitian berjumlah 60 orang terdiri atas dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara: (1) mahasiswa yang mengikuti praktikum dengan metode guided inquiry dan secara konvensional; (2) mahasiswa yang memiliki pengetahuan operasi dasar matematika yang tinggi dan rendah; (3) mahasiswa dengan pengetahuan operasi dasar matematika tinggi yang mengikuti praktikum dengan metode guided inquiry dan secara konvensional; (4) mahasiswa dengan pengetahuan operasi dasar matematika rendah yang mengikuti praktikum dengan metode guided inquiry dan secara konvensional; dan (5) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran (guided inquiry dan konvensional) dengan pengetahuan operasi dasar matematika (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajar pemahaman konsep fisika pada mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar.Kata Kunci: Metode Guided Inquiry; Pengetahuan Operasi Dasar Matematika; Pemahaman Konsep Fisika.
KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI (Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam) Sitti Riadil Janna
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan No 2 (2013): VOL 6. NO. 2 JULI-DESEMBER 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdb.v6i2.304

Abstract

Pendidikan anak merupakan sesuatu yang urgen untuk diperhatikan.Karena anak terlahir dengan memiliki potensi yang perlu untuk ditumbuhkembangkan.Selain itu anak merupakan bagian terpenting dari seluruh prosespertumbuhan manusia. Berkualitas atau tidaknya ia dimasa dewasa sangatdipengaruhi oleh proses pengasuhan dan pendidikan yang diterima di masakanak-kanaknya. Oleh karena itu pendidikan anak berarti perencanaanperadaban dan kemajuan bangsa. Sehingga tanpa pendidikan anaksesungguhnya tidak akan pernah ada peradaban dan kemajuan bangsa.Al-Ghazali memiliki konsep pendidikan anak yang holistik yaitumencakup aspek spiritual, moral, sosial, kognitif dan fisik. Tujuanpendidikannya pun tidak terbatas pada taqorrub ila Allah tapi jugapengembangan potensi jasmani dan rohani. Hal itu karena Al-Ghazalimemandang anak sebagai pribadi yang dilahirkan dengan potensi-potensinyadan mempunyai kecenderungan fitrah ke arah baik dan buruk sehingga sangatmemerlukan pendidikan. Adapun materi pendidikan anak yang ditetapkan Al-Ghazali adalah berdasarkan aspek-aspek pendidikan yang dirumuskannya.Sedangkan metode pendidikan yang ditetapkannya adalah bervariasi dantentunya hal itu disesuaikan dengan periodisasi anak.Adapun implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam adalahhendaknya pendidikan selalu disesuaikan dengan tahap-tahap perkembanganpeserta didik seperti perkembangan kognitif dan moralnya. Karena pendidikanmerupakan proses sinergis antara pendidik, peserta didik, metode dan materidalam mencapai tujuan pendidikan Islam.Kata Kunci : Pendidikan Anak, Pendidikan Agama Islam
PENGARUH STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DAN SIKAP KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PKn Zulrahmat Zulrahmat; Herlina Herlina
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2016): Vol. 9 No. 2 Juli-Desember 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdb.v9i2.518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning dan sikap kreatif terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan treatment by level 2x2, Sampel penelitian berjumlah 48 orang yang terbagi dalam dua kelas perlakuan. Analisis data dilakukan dengan Analisis Varians (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran Problem Based Learning mampu memberikan dampak lebih baik bagi peningkatan hasil belajar dibanding strategi ekspositori; (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap kreatif terhadap hasil belajar; (3) hasil belajar siswa yang memiliki sikap kreatif tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki sikap kreatif rendah jika diajarkan strategi problem based learning; (4) hasil belajar siswa yang memiliki sikap kreatif rendah lebih tinggi daripada siswa yang memiliki sikap kreatif tinggi jika diajar strategi ekspositori. Kata kunci: strategi problem based learning; strategi ekspositori; kreativitas; hasil belajar.
KARTU PERMAINAN: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEKSTUAL Wa Muna
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 2014: Vol. 7 No. 1 Januari - Juli 2014
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdb.v7i1.245

Abstract

Kartu permainan ialah salah satu bentuk media pembelajaranbahasa Arab yang dapat digunakan sebagai bentuk ungkapan secaraverbal yang dituang dalam bentuk tulisan melalui potongan-potongankertas yang keras atau tebal dipotong-potong menjadi beberapabagian sesui selera guru atau penggunanya, sehingga menjadi katukartupermainan bahasa yang unik dan menarik.Kartu Permainan merupakan salah satu media kontekstualkarena media ini secara tidak langsung dapat membawa peserta didikke alam nyata melalui alat peraga (kartu permainan). Ada 12 kartupermainan bahasa Arab yang mudah digunakan yaitu: Kartupertanyaan dan jawaban (Bithoqah al As-ilah wa al-ijabah)., KartuPenyempurna (Bithoqah al Takmilah), Kartu Kosa kata (Bithoqah almufradat), Kartu Tiruan (Bithoqah al mushoghor), Kartu StickFigures (gambar hasil tangan) atau yang disebut bithoqah tashwir alyadi, “Kartu susun kata (Bithoqah tarkib al mufradat), Kartu tusukkata, Kartu pindah gambar, Papan tulis berkata, Temukanpasanganku.Media pengajaran bahasa Arab dapat diklasifikasikan menjaditiga jenis yaitu; “(1) media perangkat/peralatan (al ajhizah),(2)media materi pembelajaran (al mawad al ta’limiyah al ta’allumiyah),dan (3) kegiatan penunjang pembelajaran (al nasyathath alta’limiyah. Penggunaan media pembelajaran apabila “dikaitkandengan indra yang digunakan manusia untuk memperolehpengetahuan media diklasifikasikan menjadi tiga macam yaitu: (a)Media Bashariyah (media pandang/visual) yakni papan tulis dan alatperaga, (b) Media Sam’iyyah (media dengar/audio) yakni taperecorder, voic recorder, (c) Media Sam’iyyah-Bashariyyah (mediadengar- pandang/audio-visual) yakni TV, VCD, computer danlaboratorium bahasa yang sederhana.Kata Kunci: Kartu Permainan, Media Pembelajaran Bahasa Arab
PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BARUGA KOTA KENDARI Jufri Jufri; Jumarddin La Fua; Ratna Umi Nurlila
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.1133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pendidikan lingkungan dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di Sekolah Dasar 1 Baruga Kota Kendari. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar 1 Baruga Kota Kendari menunjukkan bahwa sekolah dasar sebagian tempat untuk mengajarkan pendidikan  lingkungan pada siswa dalam membentuk sikap dan perilaku cinta lingkungan sangat tepat, dengan mengenalkan sejak awal tentang pendidikan lingkungan pada generasi muda. Pendidikan lingkungan yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri 1 Baruga telah dilaksanakan untuk membentuk karakter peduli lingkungan. Bentuk kegiatan atau program yang dilakukan meliputi integrasi dalam kegiatan pembelajaran melalui pendekatan tematik, program-program ekstrakurikuler yang berbasis pengelolaan lingkungan dan sosialisasi pendidikan lingkungan melalui pesan-pesan teks yang disampaikan kepada siswa yang menegaskan tentang kewajiban untuk memelihara dan menjaga lingkungan.Kata Kunci : Pendidikan Lingkungan; Pembelajaran; Karakter Peduli Lingkungan 
DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN MODERN Batmang Batmang
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan No 2 (2013): VOL 6. NO. 2 JULI-DESEMBER 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdb.v6i2.313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode langsung dalampembelajaran bahasa Arab di Pesantren modern, dan untuk mengetahuifaktor pendukung dan faktor penghambat serta solusinya. Denganpenelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepadasemua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab padaumumnya dan khusunya di Pondok Pesantren modern.Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi antara kualitatifdan kuantitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian utama danpenelitian kuantitatif adalah merupakan penelitian pelengkap untukmencari data-data dengan menggunakan angka. Pegumpulan datadilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara,kuisioner denganmengorganisasikan fakta-fakta atau hadil pengamatan dan data-datakuantitatif sehingga kemudian ditarik kesimpulan dari hasil tersebut.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, metode langsungdalam pembelajaran bahasa Arab di Pesantren modern sudah baik. halini dapat dibuktikan dengan hasil angket yang telah penulis lakukan yaitu80 % peserta didik dapat memahami pelajaran yang diberikan. Keduaefektifitas belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arabmelalui metode langsung sudah efektif. Hal tersebut dapat dibuktikandengan hasil tes yang kemudian dihitung denga rumus statistikMx=Fx:N, dan diperoleh hasil 75,5. Angka tersebut termasuk kriteriaefektif dalam standar keberhasilan yang lazim digunakan.Kata Kunci: Bahasa Arab, Pembelajaran, Metode Langsung.
Evaluasi Pelaksanaan Standar Produk Hasil Belajar pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Laode Anhusadar
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Volume 13 Nomor 1 2020
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdbwv13i1.1775

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi pencapaian hasil belajar yang telah ditetapkan berdasarkan standar produk pada satuan pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi model CIPP dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi di lapangan, wawancara terhadap guru dan kepala sekolah, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaporan hasil belajar anak sudah menyertakan seluruh aspek  pengembangan anak. Pelaporan dibuat dalam bentuk narasi berdasarkan rekapitulasi jumlah angka yang diperoleh anak dalam penilaian harian. Kelemahan penilaian semacam ini adalah kurangnya fakta berupa laporan atau catatan tertulis tentang kemajuan anak sebagai dasar membuat laporan akhir.
REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA YANG BEKERJA Sitti Aisyah Mu'min
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 9, No 1 (2016): VOL 9. NO. 1 JANUARI-JUNI 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdb.v9i1.499

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena mahasiswa yang bekerja, dimana mahasiswa memiliki prestasi belajar yang bervariasi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana regulasi diri dalam belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari yang bekerja. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang bekerja yang ditentukan dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi  kemudian data dianalisis menggunakan teknik reduksi, display, verifikasi dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari yang bekerja berjumlah 107 orang atau 9,94 %. Mahasiswa tersebut ada yang bekerja setiap hari, akhir pekan dan ada yang bekerja pada libur kuliah saja. Mahasiswa yang bekerja pada akhir pekan memiliki regulasi diri dalam belajar yang baik, mereka dapat mengatur waktu belajar dan mengerjakan tugas perkuliahan dengan baik. Disamping itu, mereka juga memiliki prestasi belajar yang baik. Kata Kunci: Regulasi diri, belajar, mahasiswa, bekerja.
Kedudukan Manusia di Dunia (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam) Nuryamin Nuryamin
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 10, No 1 (2017): Vol. 10 No. 1, Januari-Juni 2017
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/atdb.v10i1.556

Abstract

Manusia memiliki daya-daya untuk melaksanakan fungsinya, baik sebagai ‘abdi (mu’abbid), khalifah fi al-ardh, maupun immarah fi al-ardh. Sebagai Mu’abbid, manusia dituntut tidak hanya semata-mata dalam konteks ibadah wajib seperti shalat, puasa, zakat, dan lain sebagainya, tetapi juga segala sesuatu aktivitas yang bernilai baik dalam kehidupannya yang dilakukan dengan tujuan pendekatan diri pada penciptanya, Tuhan. Baik sebagai mu’abbid, maupun sebagai khalifah dituntut untuk merefleksikan sifat-sifat Tuhan ke dalam dirinya dan menjadikan sifat-sifat itu aktual dalam berbagai tindakannya. Pengupayaan sifat-sifat Tuhan ini merupakan suatu keniscayaan dalam pembentukan humanitas manusia muslim sebagai potret dan lambang kebaikan dan kebajikan yang mesti selalu ditiru dan diupayakan agar nantinya menjadi sikap diri menuju aktualisasi diri. Ia bertugas untuk menata dunia sedemikian rupa sehingga dapat menjadikan manusia hidup sejahtera, damai, sentosa dan bahagia.Kata kunci: aktualisasi; Mu’abbid; kedudukan; potensi.

Page 1 of 19 | Total Record : 184