cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health, Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) adalah jurnal olahraga yang berlandasakan pendidikan. Memberikan informasi dalam berbagai lingkup isu-isu pendidikan jasmani, rekreasi dan olahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) diharapkan mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas publikasi ilmiah berdasarkan persfektif teori-teori dan terbarukan di Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 255 Documents
PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL TERHADAP NILAI DISIPLIN SISWA PADA MATA PELAJARAN PASCA PENDIDIKAN JASMANI Ummahatul Illiyyin Al Fath Fath Ermadinoto1; Mudjihartono M; Arif Wahyudi
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 2 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.329 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v1i2.5660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran permainan bola bakar terhadap nilai disiplin siswa pada mata pelajaran pasca pendidikan jasmani kelas VIII di SMP Negeri 2 Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Perlakuan diberikan sebanyak 12 kali pertemuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Subang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 44 siswa kelas VIII B. Instrumen yang digunakan adalah angket dan observasi. Angket yang valid sebanyak 39 butir soal dari 50 butir soal. Untuk uji reliabilitas diperoleh thitung (20,095) ≥ ttabel (2,040), yang berarti bahwa angket dinyatakan reliabel. Dari hasil pengolahan data diperoleh thitung (2,1350) ttabel (1,68), dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap nilai disiplin siswa pada mata pelajaran pasca pendidikan jasmani melalui pembelajaran permainan bola kecil (permainan bola bakar) di SMP Negeri 2 Subang.
Perbandingan Model Pendekatan Taktis Dan Pendekatan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Permainan Kasti Willy, Muhamad; Darajat, Jajat; Wahyudi, Arif
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.73 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v1i1.3659

Abstract

 Hasil temuan peneliti dari 40 siswi sebagai objek penelitian di dapat signifikansi sebesar 0,000 presentasi peningkatannya sebesar 23,14%  atau (8,35 ± 1,31 vs 10,70 ± 1,13) untuk pendekatan taktis dan 0,004 untuk pendekatan tradisional presentasi peningkatannya adalah sebesar 15,52% atau (8,05 ± 1,32 vs 9,30 ± 1,26) perbedaan didapat signifikasi sebesar 0,000 presentasi peningkatannya sebesar 88% atau (2,35 ± 0,67 vs 1,25 ± 0,55) dari hasil penelitian tersebut maka didapat hasil pendekatan taktis lebih besar signifikansinya dibandingkan pendekatan tradisional, maka dari itu peneliti merekomendasikan penggunaan pendekatan taktis untuk olahraga permainan.
Keterampilan Renang Gaya Kupu-Kupu melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Akuatik Sriningsih, Sriningsih
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 2 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.221 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i2.8178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan keterampilan renang gaya kupu-kupu pada mahasiswa di STKIP Pasundan Cimahi. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan (Actions Research) dengan pengambilan data kuantitatif, dimana pelaksanaan penelitian ini melibatkan 1 dosen mata kuliah renang dan 2 pelatih renang Kota Cimahi sebagai kolaborator dan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus pertama peneliti mengidentifikasi dan memberikan konsep teknik dasar renang gaya kupu-kupu pada mahasiswa melalui pendekatan bermain. Pada siklus ke dua, penelitian lebih diutamakan teknik nafas dan koordinasi renang gaya kupu-kupu lebih variatif melalui pendekatan bermain seperti permainan kibas tali tiga orang secara statis dan dinamis, kibas tali dua orang statis dan dinamis, serta gerakan tangan bebas kaki kupu-kupu. Melalui pendekatan bermain memberikan suasana berbeda didalam pelaksanaan pembelajaran, mahasiswa lebih aktif secara psikomotor. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan penguasaan renang gaya kupu-kupu.
Gaya Mengajar Otoriter dan Demokratis terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Ishak, Muchamad
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.14 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i1.6405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh gaya mengajar otoriter dan gaya mengajar demokratis terhadap hasil belajar renang gaya bebas di klub RYC CicalengkaKabupaten Bandung.   Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota klub renang RYC yang berjumlah 30 orang, dengan teknik total sampling. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu gaya mengajar otoriter dan gaya mengajar demokratis, serta satu variabel terikat yaitu renang gaya bebas. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes renang gaya bebas dengan jarak 25 meter. Metode penelitian adalah metode eksperimen.  Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan gaya mengajar demokratis terhadap hasil belajar renang gaya bebas di klub RYC Cicalengka Kabupaten Bandung. Gaya mengajar demokratis lebih signifikan dibandingkan dengan gaya mengajar otoriter terhadap hasil belajar renang gaya bebas di klub RYC Cicalengka Kabupaten Bandung.
Pengaruh Model Pembelajaran Personal terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Bermain Futsal Siswa Mila Amelia; Asep Sumpena
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.13 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i1.6395

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran personal terhadap kepercayaan diri siswa dan hasil belajar bermain futsal siswa pada ekstrakurikuler futsal putra SMA Nasional Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Nasional Bandung yang mengikuti ekstrakurikuler futsal sebanyak 20 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh, yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen kepercayaan diri menggunakan angket, sedangkan hasil belajar bermain menggunakan GPAI (Game Performance Assesment Instrument).  Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang diperoleh dapat diketahui nilai signifikansinya adalah 2,024 dengan hasil pengujian angket kepercayaan diri 2,512 dan hasil pengujian hasil belajar bermain 3,715. Karena nilai signifikansi lebih besar dari 2,024 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran personal (personal models) berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar bermain futsal siswa.
Penerapan Model-Model Permainan Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Aktivitas Permainan Rounders Fikri, Ikbal Kemal
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.81 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v1i1.3664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah penerapan model-model permainan pada pembelajaran aktivitas permainan  rounders dalam pembelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi partisipasi. Semua data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik prosentase, nilai partisipasi siswa pada observasi pra-siklus 19%, kemudian setelah dilakukan penelitian pada siklus 1 nilai partisipasi siswa 53% mengalami kenaikan 34% pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 nilai partisipasi siswa 84% mengalami kenaikan 31%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model permainan pada pembelajaran aktivitas permainan  rounders dalam pembelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan partisipasi siswa.
Implementasi Pembelajaran Basketball Like Games untuk Mengembangkan Pola Gerak Dasar Lempar dan Tangkap pada Pembelajaran Permainan Bola Basket Aji Zaenal Mutaqin; Sufyar Mudjianto; Lukmanul Hakim Lubay
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 2 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.306 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i2.8185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah implementasi pembelajaran basketball like games dapat mengembangkan pola gerak dasar lempar dan tangkap pada pembelajaran permainan bolabasket. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V  di SDN Kampung Sawah 02 Kabupaten Bogor. Dengan menggunakan desain penelitian atau langkah-langkah penelitian tindakan yaitu perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, dan refleksi atau reflecting. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, GPAI, catatan lapangan, dokumentasi, dan evaluasi. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran basketball like games dapat mengembangkan pola gerak dasar lempar dan tangkap pada pembelajaran permainan bolabasket. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil proses pembelajaran siswa pada pra observasi 47.91%, pada siklus 1 tindakan 1 56,54%, siklus 1 tindakan 2 63,24%, siklus 2 tindakan 1 69,93%, dan pada siklus 2 tindakan 2 77,22%. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan penerapan basketball like games maka pola gerak dasar lempar dan tangkap dalam pembelajaran permainan bolabasket semakin meningkat.
Pembelajaran Pendidikan Kesehatan Berbasis Riset: Ulasan dan Implementasinya di Indonesia Wijayanti, Kurnia Eka; Wibowo, Ricky
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 2 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.246 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i2.8174

Abstract

Pendidikan kesehatan merupakan salah satu materi yang diajarkan pada pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.  Materi yang diberikan beragam dan diberikan disela-sela pembelajaran pendidikan jasmani di setiap semesternya. Adalah penting untuk menjadikan pendidikan kesehatan di dalam PJOK sebagai media untuk meningkatkan literasi mengenai kesehatan di Indonesia.  Pendidikan kesehatan juga harus bisa menjadi bagian dari solusi bagi permasalahan kesehatan di Indonesia. Oleh sebab itu, pendidikan kesehatan harus dirancang berbasis riset, baik dari segi materi  maupun metode penyampaiannya. Di Indonesia hal ini dapat dikatakan baru, akan tetapi kita dapat belajar dari profesi lain dan dari negara lain bagaimana mempersiapkan dan memulai pembelajaran pendidikan kesehatan berbasis riset.
Implementasi Pendidikan Luar Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Kurnia Eka Wijayanti
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.549 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i1.6400

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang peran outdoor education dalam mengembangkan karakter siswa. Pengembangan pendidikan karakter dapat dilakukan dimana dan oleh siapa saja, salah satunya dapat dilaksanakan melalui outdoor education. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menemukan hasil implementasi pendidikan luar sekolah (outdoor education) terhadap pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah terwujudnya implementasi yang baik yang berfokus kepada pendidikan luar sekolah (outdoor education) terhadap pembentukan karakter pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent pre test-post test control group design (pre test-post test dua kelompok). Subjek penelitian dipilih dengan teknik non-probabilitas dari sampel purposif (purposive sampling). Instrumen penelitian berupa angket yang dianalisis dengan teknik statistik yaitu ukuran gejala pusat dan Uji T berpasangan (paired t test), berdasarkan penghitungan diatas diperoleh t hitung = 4,67 dan nilai t tabel = 1,743 artinya hipotesis ditolak yang berarti bahwa terdapat implementasi positif yang signifikan dari pendidikan luar kelas (outdoor education) terhadap pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Hasil penelitian siswa cenderung menggunakan atau memanfaatkan alat atau fasilitas di lingkungan kita tanpa harus membelinya sehingga perlu daya imajinasi dan kreativitas yang tinggi, kemampuan problem solving pada anak, menstimulasi perkembangan bahasa dan kemampuan verbal, mengembangkan keterampilan sosial,  dan merupakan wadah pengekspresian emosi.
KUALITAS HIDUP ORANG DENGAN HIV POSITIF, PENGGUNA NAPZA, DAN MASYARAKAT MISKIN KOTA YANG MENGIKUTI AKTIVITAS STREET SOCCER DI RUMAH CEMARA BANDUNG Hanwar, Ramdhani; Nugraha, Eka; Wijayanti, Kurnia Eka
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 2 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.65 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v1i2.5661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hidup orang dengan HIV Positif, pengguna napza, dan masyarakat miskin kota yang mengikuti aktivitas street soccer di Rumah Cemara Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dan sampel yang digunakan adalah pemain Timnas Homeless World Cup 2015 di Rumah Cemara Bandung terdiri dari 8 orang dengan kriteria 2 orang dengan HIV Positif, 2 orang mantan pengguna napza dan 4 orang masyarakat miskin kota, dengan teknik pengambilan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner WHOQOL-BREF. Hasil penelitian : adanya peningkatan domain kesehatan fisik besarnya 6% untuk orang dengan HIV positif ; 18.5% untuk pengguna napza ; 9.25% untuk masyarakat miskin kota. Domain kesejahteraan psikologis pada orang dengan HIV positif tidak mengalami peningkatan ; peningkatan untuk pengguna napza besarnya 11% ; 9.25% untuk masyarakat miskin kota. Domain hubungan sosial besarnya 12.5% untuk orang dengan HIV positif ; 12.5% untuk pengguna napza ; 10.75% untuk masyarakat miskin kota. domain hubungan dengan lingkungan besarnya 6.5% untuk orang dengan HIV positif ; 13.5% untuk pengguna napza ; 14% untuk masyarakat miskin kota. Simpulan penelitian menggambarkan telah terjadi peningkatan kualitas hidup pada orang dengan HIV positif, pengguna napza, dan masyarakat miskin kota yang mengikuti aktivitas street soccer di Rumah Cemara Bandung.

Page 1 of 26 | Total Record : 255


Filter by Year

2016 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 2 (2023): Health Benefits of Exercise and Physical Activity Vol 8, No 1 (2023): Health Benefits of Exercise and Physical Activity Vol 7, No 2 (2022): Physical Activity and Exercise for Health and Well-being Vol 7, No 1 (2022): Physical Activity and Exercise for Health and Well-being Vol 6, No 2 (2021): Opportunities from The Sport and Health Education to Improve Quality of Life Vol 6, No 1 (2021): Opportunities from The Sport and Health Education to Improve Quality of Life Vol 5, No 2 (2020): Improving Physical Education to Promote Healthy Growth Vol 5, No 1 (2020): Improving Physical Education to Promote Healthy Growth Vol 4, No 2 (2019): Promote a More Active and Healthier lifestyle Through Physical Education Vol 4, No 1 (2019): Promote a More Active and Healthier lifestyle Through Physical Education Vol 3, No 2 (2018): Empowering all student to active live and healthy through physical education Vol 3, No 2 (2018): Empowering all student to active live and healthy through physical education Vol 3, No 1 (2018): Empowering all student to active live and healthy through physical education Vol 3, No 1 (2018): Empowering all student to active live and healthy through physical education Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 2 2017 Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 2 2017 Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 2017 Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 2017 Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 2 2016 Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 2016 More Issue