cover
Contact Name
Aji Septiaji
Contact Email
ajiseptiaji@gmail.com
Phone
+6285294606969
Journal Mail Official
jurnaldiglosiaunma@gmail.com
Editorial Address
Jalan. K.H. Abdul Halim, No. 103, Kabupaten Majalengka
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Diglosia
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 25495119     EISSN : 25495119     DOI : -
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia tergabung dalam Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Jurnal ini memuat artikel ilmiah penelitian dan gagasan konseptual atau kajian teoretis dalam bidang pendidikan, kebahasaan, dan kesusastraan Indonesia. Setiap artikel melalui peer review process. Adapun scope penelitian pada jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan FEBRUARI dan AGUSTUS.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): Februari" : 7 Documents clear
MENGGALI PSIKOANALISIS DAN FEMINISME DALAM NOVEL RINAI KARYA SINTA YUDISIA (Kajian Pendekatan Sastra) Sofiatin Sofiatin
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 1, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.206 KB)

Abstract

Gagasan Konseptual berjudul Menggali Psikoanalisis dan Feminime dalam Novel Rinai Karya Sinta Yudisia dilatarbelakangi oleh adanya kekuatan muatan Psikologis dan muatan Feminisme yang terkandung di dalam novel tersebut. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menggali dan mengeksplorasi sejauhmana penulis cerita menjadikan dua muatan tersebut sebagai kekuatan alur cerita dan daya tarik bagi pembaca. Penulis mengkaji novel ini dari dua muatan tersebut dengan cara menggunakan pendekatan psikoanalisis dan pendekatan feminisme. Untuk pendekatan psikoanalisis terbagi lagi ke dalam dua pendekatan, yaitu pendekatan psikologis pembaca dan pendekatan psikologis pengarang. Pada setiap alinea dan bab novel Rinai jika dikaji dengan pendekatan psikologis pembaca, banyak terkandung muatan psikologis yang ditunjukkan dengan kalimat-kalimat  yang menggambarkan kondisi psikis tokoh-tokohnya. Berdasarkan pendekatan psikologis pengarang, Sinta Yudisia memiliki latar belakang sebagai seorang mahasiswa psikologi. Sinta pun seorang penulis cerita  dan pernah menjadi anggota Tim Bulan Sabit Merah Indonesia 2010, sehingga Ia pun mampu menggambarkan jalinan cerita dengan konflik-konflik yang pernah ia alami sebagai pengalaman hidupnya. Mengenai Pendekatan feminisme, unsur-unsur feminisme selalu muncul pda dialog yang diutarakan tokoh-tokoh di dalam cerita. Selain itu, latar belakang kehidupan Rinai dan Nora, serta pandangan-pandangan Nora tentang bagaimana selayaknya kedudukan kaum perempuan di mata masyarakat untuk saat ini sudah menunjukkan bahwa novel ini syarat pula dengan muatan feminisme. Pandangan lainnya tentang feminisme sering dilontarkan pula oleh tokoh Amaretta, Taufik, dan Sony. Kata kunci:  psikoanalisis, feminisme, novel 
ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI BAHASA INDONESIA DALAM SURAT KABAR RADAR MAJALENGKA EDISI 16 DAN 25 APRIL 2016 Deden Sutrisna
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 1, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.784 KB)

Abstract

Penelitian ini mengambil dua sampel judul Artikel: Organda Tunggu SK dari Pemda Edisi 25 April 2016 dan Masa Tanam Kedua Lebih Awal dalam Surat Kabar Radar Majalengka Edisi 16 April 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesalahan berbahasa dari segi kata, bentuk kata, dan bagaimana pembetulannya. Ada dua tahapan yang dipakai pengumpulan data pada penelitian ini. Tahap pertama adalah pengambilan data dari sumberdata dengan cara disimak dan  dicatat. Tahap kedua penganalisisan data dan dan upaya pembetulannya. Teknik yang digunakan oleh penulis dalam menganalisis data yaitu dengan teknik simak dan catat, maksudnya adalah setiap data yang didapat disimak baik-baik kemudian dicatat kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi dan dicatat pula pembetulannya. Dalam sebuah surat kabar terdiri dari beberapa artikel yang tentunya dalam satu artikel dapat ditemukan kesalahan berbahasa terutama dari segi kata dan bentuk kata, seperti pada artikel Organda Tunggu SK dari Pemda yang ditemukan kesalahan pada paragraf ke-2, ke-3, ke-5 dan ke-7. Demikian pula terdapat kesalahan yang ditemukan pada artikel Masa Tanam Kedua Lebih Awal, yaitu pada paragraf ke-1, ke-2, ke-4, ke -7.Kata kunci: kesalahan morfologi, surat kabar, bentuk kata, teknik simak, teknik catat
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SUGESTI-IMAJINASI MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS Rianto Anto
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 1, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.284 KB)

Abstract

Penelitian ini diltarbelakangi oleh kurangnya penerapan metode pembelajaran dalam menulis cerpen, sehingga menjadi penyebab sulitnya mencari ide cerita serta rendahnya kualitas cerpen yang dihasilkan siswa. Tidak ada metode khusus ini membuat siswa lemah ide untuk dikembangkan menjadi cerpen yang berkualitas. Penulis mencoba menerapkan salah satu metode yaitu metode sugesti-imajinasi melalui media audio-visual dalam pembelajaran menulis cerpen.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi. Adapun teknik untuk mengumpulkan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan teknik tes melalui Pre test dan Post test. Penulis melakukan penelitian di kelas X SMA Negeri 1 Sukahaji, sebanyak  delapan kelas dengan jumlah populasi 210. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel acak (simple random sampling). Berdasarkan hasil random sampel secara tradisional ditetapkan siswa kelas X-3 dengan jumlah siswa 23 orang sebagai sampel.Perubahan kemampuan siswa dapat dilihat dari nilai tes awal dan tes akhir. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pengolahan data, terjadi peningkatan nilai antara tes awal dan tes akhir. Hal ini terbukti dari perhitungan rumus korelasi produk momen yaitu nilai rata-rata pretes sebesar 4.2, sedangkan nilai rata-rata postes sebesar 6.9, peningkatannya sebesar 2.7. dan nilai korelasi sebesar 0.727. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sugesti-imajinasi melalui media audio-visual dalam pembelajaran menulis cerpen di kelas X Sekolah Menengah Atas efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen. 
PENGEMBANGAN LITERASI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH Suherli Kusmana
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 1, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.584 KB)

Abstract

Perkembangan peradaban pada Abad 21 memerlukan cara pandang berbeda dalam pendidikan. Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat deras tidak dapat diantisipasi dengan cara menghalangi pemanfaatannya dalam dunia pendidikan. Banyak pengetahuan dan ilmu pengetahuan yang mudah tersampaikan melalui media teknologi yang perkembangannya sulit ditahan. Perkembangan peradaban harus menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik untuk mempersiapkan sumber daya unggul dan menjadi pemenang dalam persaingan global. Perbaikan dan pemberlakukan Kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilakukan agar dapat membekali peserta didik dengan kompetensi yang diperkirakan mereka dapat menjalani kehidupan di Abad 21. Pada era ini diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dalam ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara holistik. Mereka akan menjadi SDM Indonesia yang mampu bersaing dengan bangsa lain yang dalam perhitungan prediksi demografi dan perkembangan ekonomi global yang pada tahun 2030 diperlukan SDM terampil sebanyak 113 juta sedangkan saat ini baru terpenuhi 55 juta. Oleh karena itu, kondisi demikian menjadi tantangan khusus bagi guru untuk mempersiapkan SDM unggul melalui pengembangan literasi.Kata Kunci: literasi, kurikulum, pendidikan dasar, pendidikan menengah, abad 21
NILAI-NILAI KARAKTER DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI Risma Khairun Nisya
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 1, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.818 KB)

Abstract

Man Jadda Wajada, orang yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Kata mutiara inilah yang mampu memompa semangat para santri di Pondok Madani dalam berjuang mencari pendidikan di jalan Allah Swt. Kisah inspiratif Alif dan kelima temannya dalam menjalani kehidupan di pondok pesantren dan semangat juang mereka dalam mencari pendidikan diceritakan Ahmad Fuadi dalam novelnya Negeri Lima Menara. Sebuah novel inspiratif yang mampu mencerahkan pikiran pembaca dalam menghadapi hidup, kehidupan, dan memilih jalan hidup. Disampaikan melalui tokoh utama Alif, seorang anak rantau dari pinggiran Danau Maninjau yang berani memutuskan melanjutkan pendidikan di Jawa. Meski diawali dengan keraguan, pertentangan batin, hingga akhirnya berhasil merebut kemerdekaannya menyelesaikan perjuangan di Pondok Madani. Semangat para tokoh untuk maju dan setingkat lebih maju dari orang lain, menjadi menarik untuk dipaparkan lebih dalam. Sebagai kisah inspiratif, banyak nilai-nilai karakter dalam cerita ini yang dapat dijadikan motivasi dan teladan bagi pembaca.  Kata kunci: nilai-nilai karakter, negeri lima menara, pondok madani. 
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE DRIVE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Engkos Kosasih
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 1, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.767 KB)

Abstract

Model pembelajaran google drive, dipilih sehubungan dengan semakin popularnya penggunaan internet oleh para mahasiswa itu sehingga kompetensi mereka dalam bidang tersebut selayaknya untuk lebih dioptimalkan, khususnya dalam kepentingan tulis-menulis karya ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni dengan mengujicobakan proses belajar mengajar menulis artikel dan mengkaji pengaruh model tersebut terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel. Pelaksanaan model ini terdiri atas lima tahap yang dilakukan secara tatap muka di kelas dan secara online, yaitu a) persiapan yang terdiri atas kegiatan menentukan masalah, merumuskan judul, menentukan garis-garis besar materi, dan mengumpulkan bahan sebagai sumber referensi; b) penulisan; c) penyuntingan; d) silang baca; dan e) revisi. Adapun hasilnya ternyata bahwa model pembelajaran menulis akademik berbasis google drive dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel mahasiswa di kelas eksperimen. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata nilai di kelas eksperimen. Pada praperlakuan rata-rata nilai mahasiswa adalah 60,35 meningkat pada pascates menjadi 84,11. Kata Kunci: model pembelajaran, google drive, keterampilan menulis
PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI Ima Siti Rahmawati
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 1, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (896.495 KB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari tiga permasalahan: Bagaimana aktivitas pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model kontekstual? Apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan deskripsi pada kelas kontrol dengan menggunakan model ceramah dan kelas eskperimen dengan menggunakan model kontekstual pada pengukuran akhir (posttest)? Bagaimana karakteristik karangan deskripsi hasil kerja siswa menggunakan model kontekstual? Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X-1 dan X-3 SMAN 1 Sukahaji. Desain penelitian yang digunakan adalah Quacy Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Pretes-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model kontekstual termasuk kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan pada hasil observasi pada kelas eksperimen bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama termasuk kriteria cukup, dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi kriteria sangat baik. Sementara itu untuk kelas kontrol  pada pertemuan pertama termasuk dalama  kriteria cukup dan pada pertemuan kedua termasuk kriteria baik. Terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan deskripsi pada kelas kontrol dengan menggunakan model ceramah dan kelas eskperimen dengan menggunakan model kontekstual hal ini dapat dilihat pada pengukuran akhir (posttest). Berdasarkan skor posttest diketahui peningkatan rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi kelas eksperimen termasuk kategori sedang, sedangkan rata-rata peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah. Karakteristik karangan deskripsi hasil kerja siswa dengan menggunakan model kontekstual sudah memperlihatkan hasil yang baik.Kata kunci: model kontekstual, menulis, karangan deskripsi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7