cover
Contact Name
Aji Septiaji
Contact Email
ajiseptiaji@gmail.com
Phone
+6285294606969
Journal Mail Official
jurnaldiglosiaunma@gmail.com
Editorial Address
Jalan. K.H. Abdul Halim, No. 103, Kabupaten Majalengka
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Diglosia
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 25495119     EISSN : 25495119     DOI : -
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia tergabung dalam Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Jurnal ini memuat artikel ilmiah penelitian dan gagasan konseptual atau kajian teoretis dalam bidang pendidikan, kebahasaan, dan kesusastraan Indonesia. Setiap artikel melalui peer review process. Adapun scope penelitian pada jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan FEBRUARI dan AGUSTUS.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): Februari" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM TEKS SASTRA TRADISIONAL MELALUI MEDIA PETA PIKIRAN DIGITAL SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN BAGI GURU PENDIDIKAN DASAR Aji Septiaji
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (739.697 KB)

Abstract

Sastra selalu memikat perasaan dan pikiran kepada setiap pembaca. Penulisnya meramu hasil ciptaan dari sebuah gagasan melalui sebuah tulisan. Gagasan yang tercipta bukan hanya sebatas imajinasi melainkan dari kenyataan sebuah peristiwa yang dialami. Sastra dapat dikatakan sebagai media pembangun kesadaran. Setiap pembaca mampu meresapi aneka peristiwa yang tersaji dengan berbagai daya imajinasi. Sastra dapat dinikmati oleh semua kalangan termasuk anak-anak. Nilai-nilai karakter dalam sastra merupakan kekuatan yang dapat dimunculkan dalam berbagai cerita, meliputi tokoh, alur cerita, ataupun pesan yang ada di dalamnya. Nilai-nilai karakter yang dimaksud meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, kebangsaan, menghargai prestasi, ramah/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, berpikir logis, dan tanggungjawab. Guru sebagai aktor utama dalam menghadirkan, menyajikan, dan mengimplementasikan pembelajaran kepada peserta didik perlu memiliki inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Sastra sebagai dunia imajinasi bagi anak-anak perlu ditanamkan dan dieksplorasi oleh guru yaitu dengan menyajikan cerita-cerita yang mendidik dan berkarakter sehingga dapat berpengaruh pada pola karakter anak. Terdapat beberapa faktor permasalahan dalam pembelajaran terutama bidang sastra, yaitu penggunaan media pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penyajian bahan ajar. Penyajian bahan ajar sastra kepada siswa bukan hanya melalui teks sebagai medianya melainkan perlu media lain berbasis teknologi sebagai penunjang keberhasilan. Siswa bisa mudah memahami, memiliki daya tarik, dan dapat melatih kemampuan berpikir secara kreatif. Media peta pikiran digital (iMindMap) bisa sebagai solusi kreatif dan menyenangkan bagi siswa dalam memahami teks sastra tradisional terhadap isi teks. Bentuk media pembelajaran tersebut berupa perangkat lunak (software) dari model pembelajaran Mind Map. Kata Kunci: nilai-nilai karakter, teks sastra tradisional, peta pikiran digital, inovasi pembelajaran
ANALISIS UNSUR PENOKOHAN DAN PESAN MORAL DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI UPAYA PEMILIHAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA Didis Ariesandi
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.138 KB)

Abstract

Pembelajaran apresiasi sastra Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan perlu dipelajari lebih dalam, mulai dari Sekolah Dasar sampai ke perguruan Tinggi. Tujuan pembelajaran sastra adalah agar  siswa mampu menikmati, menghayati, memahami dan memanfaatkan karya sastra untuk menumbuh kembangkan kepribadiannya, memperluas wawasan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa melalui kegiatan berapresiasi dan berekspresi dengan cara membuat suatu karya sastra yang indah. Penulis merumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah penokohan dan pesan moral novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana karakter penokohan yang diperlihatkan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata? (2)Pesan moral apa yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata? (3)Berdasarkan pesan moral itu, apakah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dengan aspek pengajaran dan pembelajaran seperti kurukulum, bahan pengajaran edukatif, religius dan pesan moral yang berlaku di masyarakat, dapat dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, Teknik pengolahan data dalam penelitian ini, penulis meneliti apakah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata tersebut memiliki unsur penokohan dan pesan moral yang baik, dan dapat di realisasikan pada kehidupan sehari-hari, serta dapat dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Kata Kunci: unsur penokohan, pesan moral, novel sang pemimpi
CERITA RAKYAT NYI RAMBUT KASIH SEBAGAI WUJUD KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENDIDIKAN SASTRA DI MAJALENGKA Ima Siti Rahmawati
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.896 KB)

Abstract

Cerita rakyat adalah karya sastra yang hidup atau pernah hidup dan berkembang di masyarakat yang ditularkan secara lisan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena diwariskan secara lisan seringkali ceritanya mendapatkan variasi atau tambahan si penutur cerita tersebut. Sebuah cerita rakyat yang sama akan diceritakan dalam versi atau cara yang berbeda meskipun isi ceritanya sama. cerita rakyat ini penting untuk dilakukan sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan nilai budaya berbasis kearifan lokal serta nilai lahir yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan struktur cerita rakyat Nyai Rambut Kasih (2) mesdeskripsikan dan menjelaskan nilai budaya berbasis kearifan lokal cerita rakyat di Kabupaten Majalengka (3) mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi cerita rakyat Kabupaten Majalengka dengan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kata Kunci: cerita rakyat, nyi rambut kasih, kearifan lokal, sastra
TEMA NGAYOGJAZZ SEBAGAI REPRESENTASI BENTUK PERMAINAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JAWA Yoga Adi Kuncara; Sudaryanto Sudaryanto; Aprilia Mirari; Anggita Fitria Prameswari; Eka Apriani Putri
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.985 KB)

Abstract

Permainan bahasa (language play) terjadi di dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya ialah kegiatan musik Ngayogjazz di Yogyakarta setiap tahunnya. Tema Ngayogjazz merupakan representasi bentuk permainan bahasa, khususnya Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Tema Ngayogjazz tahun 2009 adalah “Jazz Basuki Mawa Bea” yang merupakan bentuk plesetan dari ungkapan Jawa, “Jer Basuki Mawa Bea”, yang artinya ‘Meraih cita-cita perlu pengorbanan’. Melalui tema plesetan itu, panitia Ngayogjazz tahun 2009 hendak menyampaikan pesan bahwa menikmati musik Jazz itu perlu pengorbanan pula. Selain itu, tema Ngayogjazz juga merupakan bentuk permainan Bahasa Indonesia, seperti “Dengan Ngejazz Kita Tingkatkan Swasembada Jazz”. Tema Ngayogjazz tahun 2012 itu kata-kata khas Orde Baru (Orba).    Kata Kunci: tema Ngayogjazz, permainan bahasa, bahasa Indonesia, bahasa Jawa
HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO: KRITIK SASTRA MIMETIK Ayum Yayah Sefia; Aji Septiaji
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.591 KB)

Abstract

Sastra adalah bentuk kreasi imajinatif dengan paparan bahasa tertentu yang menggambarkan dunia rekaan, menghadirkan pemahaman, dan pengalaman tertentu, serta mengandung estetika yang bisa dibuat oleh anak-anak maupun orang dewasa sesuai dengan kegemarannya. Sastra sebagai karya imajinatif turut menghadirkan polemik antara khayalan, mimpi, dan realitas. Melalui kritik sastra, setiap karya dapat menjadi representasi kehidupan yang dialami oleh tokoh dalam suatu cerita. Mimetik suatu pendekatan dalam kritik sastra mengulas sudut pandang bahwa isi karya sastra mengenai tiruan atau rekaan atas kehidupan yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan analisis isi. peneliti ini menginterpretasikan dan berusaha memahami realita yang terdapat pada kumpulan puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Kata Kunci: kumpulan puisi, hujan bulan juni, pendekatan mimetik, kritik sastra
KESALAHAN EJAAN, DIKSI, DAN MORFOLOGI DALAM KARANGAN DESKRIPSI MAHASISWA ASAL TIONGKOK Anita Rahayu; Sudaryanto Sudaryanto
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.339 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena penggunaan bahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan masih terdapat banyak kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan wujud kesalahan berbahasa Indonesia yang meliputi kesalahan ejaan, diksi, dan morfologi dalam karangan deskripsi mahasiswa Tiongkok, (2) mendeskripsikan keterkaitan bentuk kesalahan berbahasa Indonesia yang ada dalam deskripsi mahasiswa Tiongkok dengan perkuliahan analisis kesalahan berbahasa Indonesia.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah karangan deksripsi mahasiswa Tiongkok dan objek penelitiannya berupa kesalahan berbahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca catat dan instrumen penelitian berupa kartu data. Teknik analisis data menggunakan teknik padan. Teknik pengecekatan data dilakukan dengan trianggulasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) wujud kesalahan berbahasa Indonesia yaitu (a) ejaan yang meliputi pemakaian huruf, penulisan kata dan penggunaan tanda baca, (b) diksi yang meliputi kekurangtepatan dalam pilihan kata, (c) morfologi yang meliputi penggunaan afiks (2) kaitan kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Tiongkok dengan perkuliahan analisis kesalahan berbahasa Indonesia yang dijadikan alternatif bahan ajar perkuliahan analisis kesalahan berbahasa Indonesia yang meliputi ejaan, diksi, dan morfologi. Kata kunci: kesalahan, berbahasa, Indonesia, karangan deskripsi
TEKNIK CELUP TOTAL BAGI PEMELAJAR ASING BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS KEBANGSAAN GUANGXI (GXUN), TIONGKOK Sudaryanto Sudaryanto; Rizka Abri Pradani; Khairunnisa Hatminingsih; Selvi Rosianingsih; Fahmi Ahyani
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.665 KB)

Abstract

Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Kebangsaan Guangxi (Guangxi University for Nationalities, GXUN), Tiongkok, dibuka sejak tahun 2005. Dalam proses pembelajarannya, dosen tamu asal Indonesia menerapkan teknik celup total bagi pemelajar asing di jurusan tersebut. Dalam mata kuliah Menyimak, misalnya, dosen tamu tadi memutarkan film 5 cm, musikalisasi puisi “Sajak Kecil tentang Cinta”, dan pembacaan puisi Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) bagi pemelajar asing. Dalam mata kuliah lainnya, Berbicara, dosen tamu tadi juga mengajak pemelajar asing untuk praktik memasak masakan khas Indonesia, seperti nasi kuning, mi goreng, perkedel, dan siomai. Kemudian pemelajar asing praktik berbicara tentang proses pembuatan masakan khas Indonesia tadi dalam bahasa Indonesia. Melalui penerapan teknik celup total itu, diharapkan para pemelajar asing bahasa Indonesia di GXUN dapat semakin lancar dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Kata Kunci: celup total, pemelajar asing, bahasa Indonesia, GXUN
STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL SUNSHINE BECOMES YOU KARYA ILANA TAN Nega Ferdiant Nugraha
Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Februari
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.025 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Struktur Kepribadian Tokoh dalam Novel Sunshine Becomes You Karya Ilana Tan. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu permasalahan perilaku remaja yang sudah terpengaruhi perkembangan zaman, sehingga mengurangnya sopan santun, saling menghargai dan bersosialisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh dalam novel Sunshine Becomes You karya Ilana Tan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Sunshine Becomes You karya Ilana Tan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif sehingga diperoleh simpulan sebagai berikut. Dalam struktur kepribadian tokoh penulis mengambil teori dari Sigmud Freud. Terdapat tiga aspek struktur kerpibadian diantaranya adalah, Id yang merupakan aspek biologis, Ego yang merupakan aspek psikologis, dan Superego yang merupakan aspek sosioligis. Ketiga aspek tersebut mempunyai masing-masing karakteristik yaitu dalam Id terdapat insting dan energi psikis, dalam Ego terdapat karakteristik tokoh untuk memperoleh energi dari id dan mengetahui subjektif dan objektif, dan dalam Superego terdapat kata hati yang menghukum tingkah laku yang salah serta ego ideal yang mengganjar tingkah laku yang baik. Saran bagi guru Bahasa Indonesia, jika memerlukan bahan ajar tambahan  mengenai cerminan perilaku yang baik, maka struktur kepribadian tokoh dari novel Sunshine Becomes You karya Ilana Tan dapat menjadi alternatif lain untuk menambah bahan ajar agar lebih variatif. Kajian mengenai struktur kepribadian tokoh juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengenal kepribadian yang baik dan bisa menjadi contoh dan cerminan sebagai anak bangsa yang baik. Kata Kunci: struktur kepribadian, tokoh, novel

Page 1 of 1 | Total Record : 8